KASUM TNI: MPOME Jawab Tantangan Baru Operasi Pemeliharaan Perdamaian Dunia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 05 Desember 2019 - 03:00 WIB

Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto
Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto

INDUSTRY.co.id - Bogor- Lokakarya Making Peace Operations More Effective (MPOME) ke 5 tahun 2019 yang diinisiasi oleh Small Arms Survey dan PMPP TNI merupakan jawaban atas berbagai tantangan baru yang dihadapi dalam operasi pemeliharaan perdamaian dunia.

Demikian amanat Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto pada saat acara pembukaan lokakarya MPOME ke 5 tahun 2019 di Auditorium PMPP TNI, Sentul Bogor, Selasa (3/12/2019).

Pada kesempatan tersebut Kasum TNI menyampaikan bahwa lokakarya MPOME diharapkan dapat menghasilkan upaya strategis yang mendukung terwujudnya Inisiatif Action For Peacekeeping (A4P) yang difokuskan pada konsep perlindungan bersifat proaktif dan terbentuknya sistem pengamanan serta terjaminnya keamanan para pasukan penjaga perdamaian.

Selanjutnya Kasum TNI menyampaikan sistem manajemen pengamanan dengan mengendalikan distribusi senjata api menjadi hal yang relevan untuk dilakukan dan saat ini menjadi salah satu pokok perhatian yang penting bagi PBB.

“Secara faktual banyak kasus kehilangan senjata api yang tidak dapat terhindarkan dalam pelaksanaan operasi pemeliharaan perdamaian dunia, pasukan penjaga perdamaian berpotensi menjadi sasaran penghadangan saat melaksanakan tugasnya”, tambahnya.

Pada kesempatan yang sama Director of Cooperation Partnership Small Arms Survey Mr. Eric Berman menyampaikan bahwa lokakarya MPOME 2019 terlaksana atas dukungan dan kerjasama dari pemerintah Indonesia sebagai tuan rumah, Kementerian Luar Negeri Australia, Kanada dan Swedia.

Lebih lanjut disampaikan bahwa tantangan para peacekeepers  di medan tugas pada masa mendatang semakin meningkat seiring dengan tindakan pihak pihak yang bertikai berani merampas senjata para peacekeepers ini.

“Tujuan lokakarya ini diantaranya untuk membekali para peacekeepers pengetahuan perihal upaya menekan korban baik pasukan sendiri maupun masyarakat sipil serta dalam upaya mengimplementasikan teknik pengamanan personel dan materiil peacekeepers di daerah operasi”, tutupnya.

Lokakarya MPOME ke 5 tahun 2019 diikuti 13 negara peserta dan akan dilaksanakan selama 3 hari hingga Kamis, 5 Desember 2019 di Auditorium PMPP TNI, Sentul, Jawa Barat.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Jumat, 19 April 2024 - 06:58 WIB

Trans Papua Segera Dibangun, Konsorsiun HK-HKI Menangkan Lelang

Menutup Triwulan I Tahun 2024, Konsorsium PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan PT Hutama Karya Infrastruktur (HKI) ditunjuk sebagai pemenang lelang Pembangunan Jalan Trans Papua ruas…

RS Siloam Cinere Depok

Jumat, 19 April 2024 - 06:46 WIB

Siloam Hospitals Jantung Diagram : Parkinson Dapat Dicegah, Proses Pengobatan Berdasarkan Kondisi Pasien

Parkinson adalah penyakit progresif pada otak dan sistem saraf yang memengaruhi kemampuan tubuh untuk bergerak. Penyebab utama Parkinson adalah kerusakan sel saraf pada area substantia nigra…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 05:45 WIB

Tinjau Ruas Tol Palembang - Betung, Menteri Basuki: Tuntas Awal 2025

Dalam kunjungan kerjanya ke Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel), Kamis (18/04/2024), Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono melakukan peninjauan progres pembangunan…

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Kamis, 18 April 2024 - 22:02 WIB

Perkuat Ketahanan Pangan, ID Food bersama Kostrad Lakukan Panen dan Penanaman Budidaya Padi Tahap II di Lahan Strategis

Subang – Dalam rangka mendukung peningkatan produksi beras nasional, Holding BUMN Pangan ID Food melakukan kolaborasi bersama Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) melalui pengembangan…

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Kamis, 18 April 2024 - 21:30 WIB

Top! Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Jakarta-Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD)…