Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati Bakal Calo Wali Kota Surabaya

Oleh : Herry Barus | Selasa, 03 Desember 2019 - 06:00 WIB

Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati
Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati

INDUSTRY.co.id - Surabaya-Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan Arek-Arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari serangan penjajah.

Surabaya juga sempat menjadi kota terbesar di Hindia Belanda dan menjadi pusat niaga di Nusantara yang sejajar dengan Hong-Kong dan Shanghai pada masanya. Tidaklah heran bila ada dua pelabuhan yang melayani Surabaya, yakni Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Ujung.

Menjelang pemilihan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya 2020, bursa kandidat bakal calon wali kota semakin ramai diperbincangkan masyarakat Surabaya mengingat kebutuhan Kota Surabaya pasca Risma akan sangat mendesak untuk melanjutkan pembangunan di berbagai sektor yang semakin kompleks dan menjadikan Surabaya sebagai Kota Maritim.

Salah satu bakal calon wali kota Surabaya ternyata ada dari mantan perwira tinggi Angkatan Laut, yaitu Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati yang pernah menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara Angkatan Laut Surabaya, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut dan terakhir sebagai Tenaga Pengkaji Bidang Sismennas Lemhanas RI.

Untung Suropati merupakan perwira berkualifikasi penerbang helikopter TNI AL (Puspenerbal) yang sebagian masa dinasnya banyak dihabiskan di bidang operasi dan memiliki kualifikasi yang jarang ada yakni kemampuan tri media, sebagai marinir, penerbang, dan pelaut.

"Indonesia masih butuh dipimpin ketegasan prajurit dan sosok smart, semua ada pada Pak Untung Suropati," ujar salah satu warga, Sri Chandra Yasmina .

Sejumlah warga Surabaya lainnya juga berharap Untung Suropati dapat maju sebagai calon wali kota Surabaya yang didukung PDIP. Seperti yang dilontarkan Raden Sahid dan Sulton Padjadjaran, Supriyadi di berbagai media sosial.

"Teman-teman Surabaya, tidak ada salahnya melirik bakal calon wali kota Surabaya satu ini, seorang purnawirawan Laksda yang memiliki komitmen kuat pada kearifan leluhur nusantara," himbau Damar Shashangka.

Sementara itu, wartawan senior Dar Edi Yoga yang lama bertugas meliput di lingkungan militer juga mendukung Untung Suropati sebagai bakal calon wali kota Surabaya karena dinilai sebagai sosok yang cerdas, jujur, memiliki wawasan luas, dan bertanggung jawab terhadap tugas dan jabatan yang diembankan selama ini.

"Saya yakin masyarakat Surabaya mendukung penuh Untung Suropati sebagai wali kota Surabaya, mengingat Surabaya sebagai Kota Pelaut yang membutuhkan sosok tegas dan berwibawa," ujar Dar Edi Yoga,.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun Jagung (Foto Dok Industry.co.id)

Sabtu, 25 Januari 2020 - 10:44 WIB

Stock dan Pasokan Jagung Jatim Cukup Aman

Ketersediaan jagung di Provinsi Jawa Timur diinformasikan masih aman. Perkembangan informasi ketersediaan jagung di Jawa Timur untuk musim tanam tahun 2020 mencapai 18.683 ha. Angka ini berdasarkan…

Implementasikan ISO 37001:2016, Wujudkan Krakatau Steel Bersih

Sabtu, 25 Januari 2020 - 09:00 WIB

Implementasikan ISO 37001:2016, Wujudkan Krakatau Steel Bersih

PT Krakatau Steel (Persero) Tbk melakukan pembenahan dalam aspek Good Corporate Governance dan mendorong implementasinya Krakatau Steel memulai langkahnya untuk menerapkan standar internasional…

Kalibre Siap Penuhi Berbagai Kebutuhan Tas Berkualitas di Kampanye Shopee 2.2 Men Sale

Sabtu, 25 Januari 2020 - 08:41 WIB

Kalibre Siap Penuhi Berbagai Kebutuhan Tas Berkualitas di Kampanye Shopee 2.2 Men Sale

Tas menjadi salah satu fashion item yang wajib dimiliki seseorang. Namun terkadang, saat ingin membeli tas, biasanya kita sering merasa bingung tas apa yang akan dibeli. Apalagi dengan seringnya…

Indonesia Motorprix Championship Seri 2020 Segera Digulirkan

Sabtu, 25 Januari 2020 - 08:32 WIB

Indonesia Motorprix Championship Seri 2020 Segera Digulirkan

Sukses pada seri perdananya tahun 2019 lalu, tvOne selaku official broadcaster bersama PT Oneprix Motorsport Manajemen dan Ikatan Motor Indonesia (IMI), kembali mempersembahkan Kejuaraan Nasional…

Aplikasi BTN Properti Mobile yang dapat diunduh melalui Google Playstore. (Foto: Abraham Sihombing)

Sabtu, 25 Januari 2020 - 05:17 WIB

Aplikasi BTN Properti Mobile Bantu Generasi Milenial Realisasikan Rumah Ideal

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Banjir yang terjadi di awal 2020 ini membuat hati dan pikiran pasangan pengantin baru Doni dan Anita, berkecamuk. Banjir telah memporak-porandakan rumah kontrakan…