Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati Bakal Calo Wali Kota Surabaya

Oleh : Herry Barus | Selasa, 03 Desember 2019 - 06:00 WIB

Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati
Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati

INDUSTRY.co.id - Surabaya-Surabaya terkenal dengan sebutan Kota Pahlawan karena sejarahnya yang sangat diperhitungkan dalam perjuangan Arek-Arek Suroboyo dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa Indonesia dari serangan penjajah.

Surabaya juga sempat menjadi kota terbesar di Hindia Belanda dan menjadi pusat niaga di Nusantara yang sejajar dengan Hong-Kong dan Shanghai pada masanya. Tidaklah heran bila ada dua pelabuhan yang melayani Surabaya, yakni Pelabuhan Tanjung Perak dan Pelabuhan Ujung.

Menjelang pemilihan calon wali kota dan wakil wali kota Surabaya 2020, bursa kandidat bakal calon wali kota semakin ramai diperbincangkan masyarakat Surabaya mengingat kebutuhan Kota Surabaya pasca Risma akan sangat mendesak untuk melanjutkan pembangunan di berbagai sektor yang semakin kompleks dan menjadikan Surabaya sebagai Kota Maritim.

Salah satu bakal calon wali kota Surabaya ternyata ada dari mantan perwira tinggi Angkatan Laut, yaitu Laksamana Muda TNI (Purn) Untung Suropati yang pernah menjabat sebagai Komandan Pangkalan Udara Angkatan Laut Surabaya, Kepala Dinas Penerangan Angkatan Laut dan terakhir sebagai Tenaga Pengkaji Bidang Sismennas Lemhanas RI.

Untung Suropati merupakan perwira berkualifikasi penerbang helikopter TNI AL (Puspenerbal) yang sebagian masa dinasnya banyak dihabiskan di bidang operasi dan memiliki kualifikasi yang jarang ada yakni kemampuan tri media, sebagai marinir, penerbang, dan pelaut.

"Indonesia masih butuh dipimpin ketegasan prajurit dan sosok smart, semua ada pada Pak Untung Suropati," ujar salah satu warga, Sri Chandra Yasmina .

Sejumlah warga Surabaya lainnya juga berharap Untung Suropati dapat maju sebagai calon wali kota Surabaya yang didukung PDIP. Seperti yang dilontarkan Raden Sahid dan Sulton Padjadjaran, Supriyadi di berbagai media sosial.

"Teman-teman Surabaya, tidak ada salahnya melirik bakal calon wali kota Surabaya satu ini, seorang purnawirawan Laksda yang memiliki komitmen kuat pada kearifan leluhur nusantara," himbau Damar Shashangka.

Sementara itu, wartawan senior Dar Edi Yoga yang lama bertugas meliput di lingkungan militer juga mendukung Untung Suropati sebagai bakal calon wali kota Surabaya karena dinilai sebagai sosok yang cerdas, jujur, memiliki wawasan luas, dan bertanggung jawab terhadap tugas dan jabatan yang diembankan selama ini.

"Saya yakin masyarakat Surabaya mendukung penuh Untung Suropati sebagai wali kota Surabaya, mengingat Surabaya sebagai Kota Pelaut yang membutuhkan sosok tegas dan berwibawa," ujar Dar Edi Yoga,.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jumat, 29 Maret 2024 - 19:29 WIB

Sosialisasi BP2MI di Indramayu, Warkop Digital Persiapkan CPMI Jadi Juragan

Jakarta-Pengelola usaha Warkop Digital memanfaatkan momentum pelaksanaan program sosialisasi Penempatan dan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang digelar Badan Perlindungan Pekerja…

Tzuyang

Jumat, 29 Maret 2024 - 18:42 WIB

Jadi Pilihan Youtuber Korea Mukbang, Langkah Awal Sambal Bakar Indonesia Go Internasional

YouTuber cantik asal Korea Selatan, Tzuyang, kembali melakukan aksi mukbang yang membuat heboh jagad dunia maya. Kali ini, perempuan berusia 26 tahun tersebut mukbang 28 menu di Sambal Bakar…

Dana uang tunai

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:58 WIB

Cuan di Bulan Ramadan, BRI Bayarkan Dividen Tunai Rp35,43 Triliun

PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk membayarkan dividen tunai senilai Rp35,43 triliun atau sebesar Rp235 per saham kepada Pemegang Saham pada 28 Maret 2024. Seperti diketahui, sesuai dengan…

Dok. Kemenperin

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:05 WIB

Kemenperin Dorong Pelaku IKM Berperan Mengisi Potensi Pasar Kendaraan Listrik

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) berkomitmen untuk terus mendukung percepatan dalam pengembangan ekosistem kendaraan listrik di tanah air. Salah satu upaya strategisnya adalah mendorong…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:56 WIB

Catat Kinerja Gemilang, Menperin Agus: Investasi Sektor Mamin Diminati Investor Nasional Dan Global

Industri makanan dan minuman merupakan salah satu sektor strategis dan memiliki peran penting dalam menopang pertumbuhan ekonomi Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan kontribusi sektor tersebut terhadap…