Masuki Usia 30 Tahun, Kota Mandiri Jababeka Semakin Lengkap dan Menjanjikan

Oleh : Ridwan | Senin, 02 Desember 2019 - 08:05 WIB

Kota Mandiri Jababeka
Kota Mandiri Jababeka

INDUSTRY.co.id - Cikarang – Kota Jababeka merupakan pionir kota mandiri terbesar dan terlengkap di Indonesia yang dikembangkan oleh PT Jababeka Tbk. sejak tahun 1989. 

Kota mandiri bertaraf internasional ini berawal dari ide inovatif Setyono Djuandi Darmono (SD Darmino) yang merupakan Founder sekaligus Chairman Jababeka Group. 

Dirinya memiliki gagasan cemerlang untuk menciptakan seratus kota mandiri modern di Indonesia yang dapat menyediakan lapangan pekerjaan serta kehidupan yang lebih baik, salah satunya Kota Jababeka.

Pengembangan Kota Jababeka bermula dari pengembangan kawasan industri dimana telah sukses menarik perhatian investor ternama seperti Unilever, United Tractor, Loreal, Mattel, Lotte, Komatsu, Samsung, Nissin, Kraft, Astra Otopart, Kao, Kawan Lama dan lainnya. 

Tak butuh waktu lama untuk Kota Jababeka berkembang dengan pesat, hanya dalam waktu kurang dari lima tahun, PT Jababeka Tbk. telah sukses melantai di bursa saham Indonesia dan menjadikannya sebagai perusahaan pengembang swasta pertama yang terdaftar di BEI pada tahun 1994.

Keseriusan PT Jababeka Tbk. terbukti dalam pembangunan Kota Jababeka di Timur Jakarta yang telah menghadirkan beragam fasilitas dan sarana infrastruktur kelas dunia layaknya kota modern di negara maju yang tidak dapat ditemukan di kawasan manapun di Indonesia, mulai dari, Pembangkit listrik kota mandiri berkapasitas 130 MW oleh Bekasi Power Plant, President University sebagai pusat pendidikan internasional pertama di Timur Jakarta, Jababeka Golf & Country Club yang merupakan pionir lapangan golf bertaraf internasional di Koridor Timur Jakarta sekaligus destinasi favorit bagi ekspatriat.

Selanjutnya, Cikarang Dry Port yang hadir sebagai pelabuhan darat serta layanan Bea Cukai terpadu pertama dan satu-satunya di Indonesia, Joint Venture dengan PT Plaza Indonesia Realty dalam mengembangkan kawasan Mix Used seluas 16 Ha, Joint Venture dengan Creed Group serta Keihan Corporation asal Jepang dalam mengembangkan premium residential di kawasan Golf City Jababeka, Kawasan residensial premium dan komersial modern yang dikembangkan oleh Jababeka Residence yang merupakan salah satu anak usaha PT Jababeka Tbk.

Selain itu, perkembangan Kota Jababeka didukung dengan kemudahan aksesbilitas dan konektivitasnya dengan kota-kota besar di Indonesia dengan dukungan pembangunan infrastruktur yang lengkap. 

Disamping memiliki 3 akses tol langsung ke Jababeka (pintu tol Cikampek-Jakarta Km 29, Km 31, dan Km 34,7), stasiun dan jalur KRL Commuter Line, Elevated Highway Jakarta – Cikampek yang mulai beroperasi bulan Desember 2020, jalan tol JORR II yang akan rampung pada tahun 2020, MRT fase III Jakarta-Balaraja, LRT Jakarta-Cikarang, High Speed Train Jakarta-Bandung, Pelabuhan Patimban serta Bandara Internasional Kertajati yang telah beroperasi sejak Juli 2019. 

Kota Jababeka pun menyediakan beragam fasilitas yang telah disesuaikan dengan karakteristik penghuni kota mandiri, mulai dari kebutuhan dasar seperti Sekolah President University, BPK Penabur, Al-Azhar, 3 rumah sakit bertaraf nasional, sarana olahraga berkelas internasional, sarana transportasi, dan pusat perbelanjaan modern seperti Living Plaza Jababeka dan Hollywood Junction Lifestyle Center. 

Dengan lokasi yang tepat berada di tengah koridor Timur Jakarta dan pusat perekonomian negara, menjadikan Kota Jababeka memiliki keunggulan tersendiri. 

Kota Jababeka telah menjadi sorotan bagi banyak investor baik dari dalam dan luar negeri. Kota Jababeka memiliki konsep kota mandiri yang ideal untuk bisnis, komersial dan hunian. Berbagai pelaku bisnis saling berlomba-lomba untuk mengembangkan bisnisnya di kota mandiri ini, seperti halnya yang dilakukan oleh PT Kawan Lama Sejahtera Group yang baru saja meresmikan Living Plaza di Kota Jababeka pada tanggal 24 Oktober 2019 yang dilanjutkan dengan melakukan grand opening pada tanggal 29 November 2019.

Living Plaza Jababeka merupakan pusat perbelanjaan modern pertama di Kota Jababeka yang terbesar di Indonesia dengan luas hingga 3,8 Ha. Living Plaza Jababeka menghadirkan lebih dari 50 tenant ternama seperti Ace Hardware, Informa, Toys Kingdom, Pendopo, Ataru, Bebek Tepi Sawah, Marugame Udon & Tempura, Saigon Delight, Steak 21, Dapur Solo, KFC, Cabe Merah, Solaria, Imperial Kitchen, Chatime, Fore, Starbuck, Excelso, CGV Cinemas, Bike Colony dan Pet Kingdom.

Sutedja S. Darmono, President Director Jababeka Residence optimis kawasan Jababeka menjadi salah satu kawasan yang berprospek tinggi di Koridor Timur Jakarta.

"Dngan adanya berbagai fasilitas yang semakin lengkap ditambah dengan berbagai keunggulan yang dimiliki Kota Jababeka, kami sangat optimis, kawasan Jababeka menjadi salah satu kawasan yang berprospek tinggi di Koridor Timur Jakarta," kata Sutedja melalui keterangan persnya di Cikarang, Senin (2/12).

Dirinya menambahkan, bahwa saat ini telah ada 8 developer besar di koridor Timur Jakarta (Jababeka, Summarecon, Lippo Cikarang, Sirius Surya Sentosa, Pollux Properti Indonesia, PP Properti, Damai Putra Group, dan Sinarmas Land) yang telah berkomitmen untuk bersama-sama membangun dan memajukan potensi kawasan Timur Jakarta dari sisi pembangunan fasilitas komersial & residensial serta kawasan kota mandiri yang memiliki nilai investasi tinggi dan terintegrasi.

Jababeka Residence juga menghadirkan “Promo Anniversary 30 tahun Jababeka” dalam rangka menyambut hari jadi Kota Jababeka yang telah genap berusia 30 tahun. Promo kali ini berbeda dengan promo yang ada sebelumnya, dimana calon investor disuguhkan beragam promo menarik dan terbatas mulai dari special discount, cicilan tanpa bunga, dan unit yang siap pakai.

Calon investor dapat memilih produk yang sesuai dengan kebutuhannya, mulai dari hunian modern seperti Monroe Tower, Candi Residence dan Cortes Town House yang siap untuk dihuni pada tahun 2020, Sevilla Town House, Monaco Town House, Ruko Sevilla, Ruko Monaco yang berada di kawasan Sport City hingga Ruko Sudirman Boulevard yang akan serah terima pada awal  tahun 2020.

Handoyo Lim, General Manager Corporate Marketing Jababeka Residence menuturkan, saat inilah waktu yang tepat untuk berinvestasi di Kota Jababeka yang memiliki fasilitas yang sangat lengkap didalamnya ditambah infrastruktur yang sangat maju

Dirinya menambahkan, Kota Jababeka merupakan kawasan kota mandiri masa depan yang layak disebut sebagai One Stop Smart Living dimana penghuninya dapat bekerja, tinggal, berekreasi dan berbisnis di dalam satu kawasan. 

"Kedepannya Jababeka akan semakin melengkapi dirinya dengan beragam fasilitas dan produk unggulan lainnya sehingga dapat menguatkan identitasnya sebagai kota mandiri terlengkap serta destinasi investasi dan hunian yang berpotensi tinggi di Koridor Timur Jakarta," terang Handoyo.

Captive market Jababeka yang terus bertambah setiap tahunnya, memberikan peluang yang menjanjikan bagi para investor.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…

Adi Nugroho, Praktisi HRD, Mahasiswa Magister Fakultas Management Technology President University.

Kamis, 25 April 2024 - 19:40 WIB

Anda Lulusan SMK : Penting Untuk Memiliki Strategi 'Memasarkan' Diri

Perkembangan teknologi dan komunikasi telah membawa manusia pada era industry 4.0. Perkembangan tersebut membawa perubahan disetiap lini kehidupan termasuk di ranah Pendidikan dan industri.…

Diskusi bertajuk Tuntutan Implementasi Bisnis Properti & Pembiayaan Hijau (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 25 April 2024 - 19:33 WIB

Kian Prospektif, Stakeholder Harap Insentif Properti Hijau

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) terus berupaya mendorong konsep bisnis berkelanjutan di sektor properti termasuk sektor pembiayaannya.

Direktur Utama PT Pegadaian, Damar Latri Setiawan

Kamis, 25 April 2024 - 17:21 WIB

Pegadaian Catat Laba Rp.1,4 T di Kuartal I/2024

PT Pegadaian mencatat kinerja positif pada periode tiga bulan pertama di Tahun 2024. Tercatat pertumbuhan Aset sebesar 14,3% yoy dari Rp. 76,1 triliun naik menjadi Rp. 87 triliun. Kemudian Outstanding…