Raih ASRRAT 2019, APP Sinar Mas Tunjukkan Konsistensi Penerapan Standar Pelaporan Keberlanjutan Global

Oleh : Krishna Anindyo | Rabu, 27 November 2019 - 13:29 WIB

Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2019
Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2019

INDUSTRY.co.id - Bali, Untuk ketujuh kalinya Asia Pulp & Paper (APP) Sinar Mas meraih penghargaan pada ajang Asia Sustainability Reporting Rating (ASRRAT) 2019 yang sebelumnya lebih dikenal dengan Sustainability Reporting Awards. 

Penghargaan tersebut diserahkan oleh Michele Lemmens, regional head ASEAN Hub at Global Reporting Initiative (GRI), didampingi oleh Ali Darwin, CSRA Chairman, board of director National Center for Sustainability Reporting (NCSR) kepada Manajer Sustainability & Stakeholder Engagement APP Sinar Mas Sera Noviany.

Tahun ini, APP Sinar Mas meraih penghargaan untuk kategori perak, serta berkompetisi dengan 50 perusahaan dan organisasi lainnya di Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Bangladesh untuk mendapat penilaian terbaik dalam pengaplikasian standar GRI dalam laporan keberlanjutannya.

“Terpilihnya APP Sinar Mas untuk ketujuh kalinya ini menjadi bukti komitmen kami dalam menerapkan standar pelaporan yang terdepan dan transparan atas praktik bisnis berkelanjutan yang kami lakukan selama ini,” kata Chief Sustainability Officer APP Sinar Mas Elim Sritaba.

Dalam Laporan Keberlanjutan tahun 2018, APP Sinar Mas melaporkan kemajuan yang berhasil diraih terkait target-target yang ada dalam Peta Jalan Keberlanjutan APP Sinar Mas : Visi 2020 (APP Sustainability Roadmap: Vision 2020 / SRV2020). 

Kemajuan yang dilaporkan meliputi peningkatan dalam manajemen operasional pabrik, dan juga keberhasilan program di bidang perlindungan hutan sebagaimana yang tertuang dalam Kebijakan Konservasi Hutan (Forest Conservation Policy).

“Di sisi operasional pabrik kami, APP Sinar Mas telah berhasil menurunkan jumlah sampah (solid waste) yang dibuang ke landfill lebih dari 41%, dan mengurangi 24% intensitas air dalam proses produksi dibanding pada awal penerapan SRV2020. Kami juga berhasil menurunkan luas area yang terkena dampak kebakaran hutan menjadi 0,07% dari total area konsesi pemasok kayu, menurunkan tingkat perubahan tutupan hutan (deforestasi) yang disebabkan oleh pihak ketiga di area kawasan lindung pemasok APP Sinar Mas menjadi 0,14%, serta telah menerapkan program Desa Makmur Peduli Api (DMPA) pada 284 desa di sekitar konsesi perusahaan,” tutur Elim.

Pada tahun sebelumnya, APP Sinar Mas meraih penghargaan perunggu pada ajang yang sama. Standar GRI bertujuan untuk membantu pelaku bisnis, pemerintah, dan organisasi lain memahami dan mengkomunikasikan dampak bisnis bagi keberlanjutan ekonomi, lingkungan, dan sosial. 

Sejak tahun 2007, APP Sinar Mas telah menyusun Laporan Keberlanjutan berdasarkan standar GRI yang menjadi acuan standar laporan keberlanjutan tingkat global.

Melalui penghargaan tersebut, NCSR selaku penyelenggara mengapresiasi komitmen APP Sinar Mas sebagai salah satu perusahaan yang terdepan dan konsisten dalam menerapkan standar Global Reporting Initiative (GRI) untuk pelaporan keberlanjutannya. 

“Kami berharap pencapaian ini dapat mendorong peningkatan bukan hanya tentang bisnis semata, melainkan turut berkontribusi untuk meningkatkan ekonomi masyarakat, serta menjaga lingkungan, melalui produk, inovasi, dan komitmen keberlanjutan kami. Karena kami percaya melalui dukungan dari berbagai pihak, kontribusi yang kami lakukan hari ini adalah untuk kebaikan di masa yang akan datang” tutup Elim.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Rusun Pasar Jumat

Minggu, 31 Mei 2020 - 11:28 WIB

Hampir Rampung, Progres PSN Rusun Pasar Jumat Capai 88 Persen

Rusun Pasar Jumat berdiri di atas lahan seluas 5.300 meter persegi berada di Komplek Perumahan Kementerian PUPR yang tidak jauh dari Stasiun moda transportasi berbasis rel Mass Rapid Transit…

Gilang Widya Purnama Di Depan Bus Wisata Type Baru, Avante H8

Minggu, 31 Mei 2020 - 11:00 WIB

Pengusaha PO Bus Gilang Widya Siapkan Skema Alternatif Atasi Dampak Covid-19 di Bisnis Bus Wisata

Salah satu sektot yang juga terkena imbas pembatasan aktivitas social dan penutupan wisata dalam mengaantisipasi penyebaran wabah virus Corona (Covid 19) adalah bisnis perusahan bus wisata.

BP-AKR Membagikan Paket Alat Pelindung Diri Bagi Tenaga Medis di Beberapa Rumah Sakit Jakarta dan Surabaya

Minggu, 31 Mei 2020 - 10:30 WIB

BP-AKR Dukung Tenaga Medis di Tengah Pandemi Covid-19

PT. Aneka Petroindo Raya (BP-AKR) yang merupakan perusahaan joint venture antara bp dan AKR membagikan bantuan kepada tenaga medis di beberapa rumah sakit yaitu Rumah Sakit Citra Harapan di…

Bendungan Pidekso Wonogiri

Minggu, 31 Mei 2020 - 10:20 WIB

Terus Digenjot, Pembangunan Bendungan Pidekso Wonogiri Telah Mencapai 85 Persen

Bendungan Pidekso merupakan salah satu Proyek Strategis Nasional (PSN) di bidang Sumber Daya Air untuk mewujudkan ketahanan air dan pangan nasional.

Ilustrasi Tenaga Medis Covid-19 (ist)

Minggu, 31 Mei 2020 - 10:15 WIB

Catat, Pasien Positif Covid-19 Tembus 25.773, Pemerintah: Dibanding 33 Provinsi Lain, Penambahan Kasus di Jatim Tertinggi

Juru Bicara Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto menjelaskan bahwa berdasarkan data yang dihimpun Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Pemerintah mencatat jumlah akumulasi kasus…