Ciptadana Dukung Perkembangan Kesenian Nasional

Oleh : Herry Barus | Jumat, 22 November 2019 - 12:21 WIB

Ciptadana Art Program 2019
Ciptadana Art Program 2019

INDUSTRY.co.id - Jakarta-- Memutarbalikkan yang tak tersentuh dalam jangkauan kita adalah inti dari kreativitas dan merupakan wilayah dari seniman yang ditampilkan dalam Pameran Program Seni 2019 dan Kalendar Seni 2020 Ciptadana. Pameran yang diberi judul “Untouchables”, diselenggarakan mulai 21 November - 13 Desember 2019 di Ciptadana Center, Jakarta

Interaksi dengan dunia di sekitar kita bisa menjadi dangkal atau mendalam. Hal tersebut bisa lewat dalam sekejap mata, atau menyalakan rangkaian pemikiran yang menerangkan sejuta pertanyaan, konsep, dan kesimpulan, menterjemahkan pemahaman kedalam inti kehidupan.

“Pameran ini yang ke Sembilan (9) kali disponsori oleh Ciptanda. Sebagai perusahaan Sekuritas jasa Keuangan maka Ciptandana peru membuat keseimbangan hidup dan salah satunya dengan mengadakan pameran lukisan ini, “ ujar Thong Sennelius, Direktur  Ciptadana Capital, Rabu (21/11/2019)

Seniman berikut ini telah berpartisipasi dalam pameran di Ruang Seni Ciptadana:

  • 2011/2012 : Hanafi ( pameran tunggal )
  • 2012/2013 : Sunaryo ( pameran tunggal )
  • 2013/2014 : Pande Ketut Taman ( pameran tunggal )
  • 2014/2015 : Filippo Sciascia ( pameran tunggal )
  • 2015/2016 : Ichwan Noor, Anusapati, HediHaryanto, AwanSimatupang, TeguhSupriyono
  • 2016/2017 : Made Wianta ( Khusus kalender )
  • 2017/2018 : Made Wianta ( pameran tunggal )
  • 2018/2019 : Gusmen Heriadi ( pameran tunggal )
  • 2019/2020 : Nunung WS dan Natisa Jones ( pameran bersama )

 

“Menyampaikan sesuatu yang tidak berwujud secara visual adalah wilayah dari dua seniman Indonesia luar biasa yang gaya dan jamannya berbeda jauh, namun membagikan sebuah intuisi dan proses introspeksi yang memberitahukan kita penglihatan batin terdalam mereka dan refleksi terhadap dunia di sekitar kita … Nunung WS, dan Natisa Jones, “ujar Kurator Emmo Italiaander, di sela-sela pameran lukisan.

Pendekatan kreatif mereka mengikuti sebuah jalur yang berakar dalam instrospeksi, melalui hal itu sang seniman bermeditasi dan mengobservasi pembicaraan batin dan persepsi. Terkadang proses kreatif bersifat metafisik, dipelajari dan mendalam, pada kesempatan lain ia retak dengan energi yang tertangkap, dan memanifestasikan dirinya dalam bentuk pengerjaan seketika pada suatu media yang mengering dengan cepat dan secara bersamaan beberapa karya tercipta.

Nunung WS adalah seorang abstraksionis dengan karir membentang selama setengah abad. Ia menyerap apa yang ia lihat dan membiaskannya melalui perenungan dan lensa spiritual terdalamnya untuk mengekspresikan hidup melalui warna dan bentuk.

Natisa Jones, seorang ekspresionis, masih dalam masa - masa awal perjalanan seninya. Ia terpesona oleh hubungan pengalaman manusia dan proses kreatifnya, merangkum emosi dan pikiran, dan menunjukkan dengan tepat dinamika yang tidak dapat didefinisikan yang secara bersamaan memisahkan dan menyatukan kita bersama.

Kedua seniman tersebut adalah pencari pemahaman dan kebenaran dan berhubungan dengan dunia batin mereka. Terpisah generasi, mereka digerakkan dengan energi kreatif yang sama dan kemampuan untuk mengartikulasikan penglihatan pribadi mereka.

Realitas memanifestasikan dirinya dimata pengamat, yang meliputi para pengamat, seniman yang menciptakan karya - karya, dan setiap orang yang menikmatinya. Esensi dari karya -  karya akan membawa penikmat yang berpikiran terbuka ke tingkatan lain dari pemahaman dan penemuan diri, yang bebas dan tak lekang oleh waktu.

Misi Ciptadana Art Program 2019

Program Seni Ciptadana didedikasikan untuk mendorong dialog yang bermakna antara komunitas bisnis nasional dan pentas seni Indonesia yang dinamis.

Ciptadana percaya bahwa manfaat timbal-balik tercipta ketika perusahaan secara aktif terlibat dengan seniman, budaya, dan seni, sehingga menghasilkan pembibitan silang yang kemudian dapat dimanfaatkan untuk mendapatkan inspirasi, wawasan, dan sinergi.

Bermitra dengan para seniman besar dan seni yang hebat, Ciptadana memberikan tambahan perspektif pada caranya memandang dan berinteraksi dengan pemangku kepentingan dan lingkungan bisnis, serta meningkatkan citra publik serta mereknya.

Program ini diinisiasi dan diciptakan oleh Emmo Italiaander, creative director dan konsultan merek, kurator / produser, yang telah menjalankannya selama 9 tahun. Tujuan Program Seni Ciptadana adalah untuk memperkenalkan seni indah yang menyegarkan mata, dan yang membangkitkan semangat serta mendidik.

Program Seni Ciptadana adalah sebuah acara tahunan, yang memilih dan menampilkan seorang seniman atau sekelompok seniman untuk pameran tunggal atau kelompok di Ruang Seni Ciptadana Lantai 5.

Program ini mencakup: Pameran selama tiga minggu; bincang ‘temu seniman’; dan tur media sehari penuh bersama seniman. Sebuah kalender Seni, yang menampilkan 12 karya terbaik yang dipajang di Pameran, dibagikan dalam pembukaan acara tersebut.

Agenda Seni Ciptadana Art Program 2019:

  • Pameran dibuka untuk publik

22 November – 13 Desember 2019, pukul 09.00 WIB-17.00 WIB

  • Art Talk:

23 November 2019, pukul 14.30 WIB – 16.30 WIB

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bahana TCW

Selasa, 16 April 2024 - 15:16 WIB

Berkinerja baik, Bahana ETF Bisnis 27 Diganjar Penghargaan sebagai Best ETF Indeks dalam Best Mutual Funds Award 2024

Masyarakat Indonesia telah familiar dengan berbagai jenis investasi termasuk reksa dana. Beberapa produk reksa dana yang secara umum hadir di tengah masyarakat Indonesia yakni reksa dana pasar…

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Selasa, 16 April 2024 - 14:03 WIB

Halalbihalal Idul Fitri 1445 H, Menteri Basuki Ingatkan Insan PUPR Perbarui Niat Kerja untuk Ibadah

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menggelar kegiatan Halalbihalal di kantor Kementerian PUPR pada hari pertama masuk kantor usai Libur Idul Fitri 1445 H, Selasa (16/4/2024),…

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Selasa, 16 April 2024 - 13:53 WIB

Atasi Downtime, Simak Strategi Ini Agar Hybrid Meeting Berjalan Lancar

Penerapan sistem kerja hybrid di Indonesia semakin bertambah. Survei Logitech mengenai "Hybrid Work Trend & Insights Indonesia 2023" menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan (27%) dalam…

Xiaomi Ramadan Xtra

Selasa, 16 April 2024 - 10:48 WIB

Promo Ramadan Xtra Xiaomi Hadirkan Potongan Harga Hingga 800 Ribu Rupiah

Ramadan 2024 menjadi istimewa karena suasana telah kembali normal, memungkinkan setiap orang sepenuhnya mengabdikan diri pada ibadah, doa, serta memperkuat ikatan keluarga dan kerabat.

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Selasa, 16 April 2024 - 10:12 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Tinjau Arus Balik Lebaran 1445 H/2024

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto bersama Menko PMK Muhadjir Effendy, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan arus…