Kemenperin Tak Henti-henti Lahirkan Startup Fesyen Muslim Berdaya Saing

Oleh : Ridwan | Sabtu, 16 November 2019 - 18:36 WIB

Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih saat menutup Inagurasi MOFP 2019 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)
Dirjen Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih saat menutup Inagurasi MOFP 2019 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian melalui Direktorat Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) terus melahirkan startup di sektor fesyen muslim. Hal ini direalisasikan melalui program Modest Fashion Project (MOFP) 2019.

"Harapan besar pada program MOFP ini dapat menjadi kegiatan yang bisa melahirkan startup di industri fesyen muslim secara berkelanjutan dan berdaya saing," ujar Direktur Jenderal IKMA Kemenperin Gati Wibawaningsih di Jakarta, Sabtu (16/11).

Guna mewujudkan Indonesia sebagai pusat fesyen muslim dunia, tambah Gati, pihaknya telah mempersiapkan berbagai langkah strategis. "Bukan hanya mendeklarasikan Indonesia layak menjadi kiblat fesyen dunia, namun juga menyiapkan Indonesia sebagai friendly halal tourism yang di dukung dengan industri halal Tanah Air," terangnya.

Indonesia sebagai salah satu negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia yaitu mencapai 222 juta jiwa atau 87% dari total penduduk dan diproyeksikan pada tahun 2030 jumlahnya mencapai 238 juta jiwa. Hal ini tentunya akan meningkatkan permintaan produk fesyen muslim nasional. Peluang pasar produk fesyen muslim juga terus mengalami peningkatan. 

Hal inilah yang menjadi pemacu bagi seluruh stakeholder industry fesyen untuk berperan aktif mewujudkan mimpi Indonesia menjadi salah satu kiblat fesyen muslim dunia 2020.

Sebagai bentuk komitmen Kementerian Perindustrian untuk mewujudkan Indonesia sebagai salah satu pusat fesyen muslim dunia, Direktorat Jenderal IKMA telah menyelenggarakan Indonesia Industrial Moslem Exhibition (ii-motion) 2020, yaitu pameran yang menampilkan potret industri yang berkaitan dengan gaya hidup halal di Indonesia meliputi komoditi fesyen, kosmetik, perhiasan, aksesoris, makanan dan minuman, serta platform digital yang mendukung industri halal dan ekonomi syariah.

Terselenggara dari tanggal 12-16 November 2019, Kemenperin menggelar Inagurasi MOFP sebagai acara puncak dari program MOFP tahun 2019 yang telah memilih 20 finalis terbaik dan akan menampilkan 10 finalis MOFP 2018.

Rangkaian kegiatan meliputi pameran, fashion show karya para finalis MOFP dan 16 desainer nasional, talkshow, sosialisasi, demo kecantikan, cosmetic day, grand final serta pengumuman dan penyerahan pemenang Kompetisi MOFP 2019 dan Kompetisi Kosmetik bagi startup IKM Kosmetik.

Jumlah peserta pameran sebanyak 50 peserta yang meliputi komoditi fesyen muslim, tas, alas kaki, kosmetik, perhiasan, aksesoris, kaca mata, kopi, makanan, dan aplikasi/platform digital.

Dari program ini, Para peserta MOFP 2019 akan dibina dengan program coaching selama 2 tahun oleh para desainer nasional sehingga terjadi proses pertukaran informasi dari para praktisi tanah air kepada para peserta MOFP tentang pengembangan bisnis fesyen di dalam dan luar negeri.

"Para IKM finalis akan menentukan strategi bisnis industri melalui proses business coaching di bawah arahan para mentor bisnis sehingga untuk ke depannya dapat menarik calon investor atau mitra bisnis," ungkap Gati.

Dengan telah diselenggarakannya awarding bagi peserta kompetisi MOFP 2019 dan  Kompetisi Startup kosmetik 2019, maka program MOFP 2019 telah berakhir dan akan berjumpa di MOFP 2020 dengan semarak yang berbeda untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi kiblat fesyen muslim dunia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pembukaan ATARU Mal

Jumat, 19 April 2024 - 17:17 WIB

ATARU Mal Delipark Medan Resmi Dibuka Sebagai Toko Terbesar di Indonesia

ATARU yang merupakan bagian dari Kawan Lama Group di bawah naungan PT ACE Hardware Indonesia Tbk resmi membuka toko terbesar di Indonesia dan hadir pertama kali di Kota Medan.

Dok. microchip

Jumat, 19 April 2024 - 17:08 WIB

Perluas Pasar Jaringan Otomotif, Microchip Akuisisi ADAS dan Digital Cockpit Connectivity Pioneer VSI Co. Ltd.

Microchip Technology Inc. mengumumkan rampungnya pengakuisisian VSI Co. Ltd. yang berbasis di Seoul, Korea, pelopor industri yang menyediakan teknologi dan produk konektivitas kamera, sensor,…

PathGen

Jumat, 19 April 2024 - 16:50 WIB

PathGen Raih Pendanaan dari East Ventures dan Royal Group Indonesia

PathGen atau PathGen Diagnostik Teknologi, sebuah startup bioteknologi kesehatan berbasis di Indonesia yang berfokus pada solusi pengujian molekuler memperoleh pendanaan dari East Ventures,…

PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE)

Jumat, 19 April 2024 - 16:19 WIB

PGE Perluas Pemanfaatan Teknologi Terobosan untuk Tingkatkan Efisiensi Pengembangan Panas Bumi

Mempertahankan keunggulan di industri panas bumi tak bisa dilakukan tanpa terus berinovasi dan memanfaatkan teknologi terbaru. Menunjukkan komitmen mengembangkan potensi energi panas bumi di…

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono

Jumat, 19 April 2024 - 14:51 WIB

Progress Capai 77%, Kementerian PUPR Targetkan Jalan Tol Bayung Lencir - Tempino - Jambi Rampung Awal 2025

Melanjutkan tinjauan dari Provinsi Sumatera Selatan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono didampingi dengan PJ Wakil Gubernur Jambi Abdullah Sani dan Anggota…