Kemenperin Pastikan Penurunan Bunga KUR Bakal Dongkrak Produksi IKM

Oleh : Ridwan | Kamis, 14 November 2019 - 10:02 WIB

Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih
Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) menyambut baik penurunan bunga kredit usaha rakyat (KUR). Hal ini dinilai akan meningkatkan kapasitas produksi industri kecil dan menengah (IKM).

"Ini bagus sekali, kami (Kemenperin) apresiasi sekali," kata Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kemenperin Gati Wibawaningsih saat dihubungi Industry.co.id di Jakarta, Kamis (14/11).

Menurut Gati, penurunan bunga KUR bakal mendongkrak kapasitas produksi IKM. "Dengan ini sudah pasti produksinya akan bertambah," terang Gati.

Seperti diketahui, pemerintah akhirnya memutuskan untuk menurunkan bunga kredit usaha rakyat (KUR) menjadi 6% dari sebelumnya 7%.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto mengungkapkan penurunan bunga KUR ini diharapkan bisa meningkatkan ekonomi kerakyatan.

"KUR yang didorong ke depan adalah yang pro kerakyatan. Per Januari 2020, bunga KUR akan turun dari 7% jadi 6%," kata Airlangga.

Airlangga menyebut Presiden Joko Widodo sudah memberi arahan kepada Kementerian untuk meningkatkan plafon KUR sebesar 36% menjadi Rp 190 triliun dari sebelumnya Rp 140 triliun.

"Tahun 2020 itu jadi Rp 190 triliun, ini akan ditingkatkan secara bertahap dan akan naik lebih dari 100%," jelas dia.

Hingga 2024, pemerintah menargetkan penyaluran KUR sebanyak Rp 325 triliun.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Pizza Hut NPC (ist)

Jumat, 03 Juli 2020 - 21:17 WIB

Horee, Pizza Hut Indonesia Beda Nasib dengan NPC Pemilik Waralaba di Amerika yang Bangkrut

Pizza Hut Indonesia angkat bicara terkait pengajuan resmi pailit restoran Pizza Hut di Amerika yang dimiliki oleh NPC International Inc.

MenkopUKM Teten Masduki, saat meninjau warung sembako di Gang Bates, Kelurahan Baru, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur

Jumat, 03 Juli 2020 - 21:10 WIB

Lewat Program Belanja di Warung Tetangga, MenkopUKM Bawa Toko Tradisional Saingi Ritel Modern

Program "Belanja di Warung Tetangga" yang diinisiasi Kementerian Koperasi dan UKM bersama BUMN Pangan dan diluncurkan pada medio April 2020 lalu, diyakini mampu membuat warung atau toko tradisional…

Diskusi webinar Bintaro Jaya High Rise (BJHR)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:25 WIB

Bintaro Jaya High Rise Ajak Masyarakat Investasi Properti di Masa Pandemi Covid-19

Ternyata, masa pandemi ini justru menjadi momen emas untuk membeli properti, karena harganya yang cenderung stagnan karena adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Perdagangan saham di IDX (Rizki Meirino/Industry.co.id)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:06 WIB

Penjualan Menurun, PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk Cetak Rp260,22 miliar Hingga Maret 2020

Emiten PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk (SAMF) catat penjualan Rp260,22 miliar hingga periode 31 Maret 2020 turun dari penjualan Rp353,53 miliar di periode sama tahun sebelumnya.

Suasana konferensi pers virtual Dampak Sosial dan Ekonomi Fintech Lending di Indonesia (Studi Kasus Investree 2017-2019). (Foto: Humas Investree)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:00 WIB

Fintech Lending Berperan Besar untuk Dukung Inklusi Keuangan di Indonesia

Jakarta - Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), memaparkan hasil riset terbarunya dalam konferensi pers bertajuk ‚ÄúDampak Sosial dan Ekonomi Fintech…