Permudah Transaksi, OttoPay Jalin Kerja Sama dengan Aplikasi Pembayaran Digital dari Bank

Oleh : Ridwan | Rabu, 13 November 2019 - 08:20 WIB

OttoPay jalin kerja sama dengan aplikasi pembayaran digital dari Bank
OttoPay jalin kerja sama dengan aplikasi pembayaran digital dari Bank

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Aplikasi pembayaran non tunai, OttoPay menjalin kerja sama dengan berbagai bank yang memiliki aplikasi pembayaran digital. 

Hal ini dilakukan agar dapat mengakomodasi konsumen yang saat ini memiliki pilihan bertransaksi dengan bermacam-macam aplikasi dan merupakan nasabah berbagai bank yang berada di Indonesia. 

Kerja sama yang baru saja dilakukan oleh OttoPay yaitu dengan aplikasi pembayaran digital ONe Mobile dari bank OCBC NISP. Dengan adanya kerja sama ini tentunya dapat memperluas bisnis karena memberikan lebih banyak pilihan aplikasi pembayaran digital dari sisi pembeli dan keuntungan bagi pihak bank dapat menjangkau lebih banyak nasabah.

Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Budi Hartono, menjelaskan, sesuai dengan misi kami, yaitu membangun ekosistem dan solusi pembayaran digital yang terintegrasi, maka kami berupaya mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak, sehingga dapat menghubungkan antara pedagang dan pembeli di seluruh Indonesia. 

"Hal ini kami lakukan tidak hanya melalui media kode QR, tetapi juga melalui layanan Payment Point Online Bank (PPOB) yang dapat melayani pembayaran listrik, air, BPJS, pulsa, dan voucher game," kata Budi di Jakarta (12/11).

Budi berharap dengan terjalinnya kerja sama OttoPay dengan ONe Mobile dari OCBC NISP akan lebih mempermudah nasabah OCBC untuk dapat melakukan transaksi di warung-warung Mitra OttoPay yang ada dilingkungan sekitar mereka tinggal.

Saat ini OttoPay dapat menerima transaksi melalui beberapa aplikasi pembayaran digital yang sudah bekerjasama diantaranya aplikasi ONe Mobile dari OCBC NISP, JakOne dari Bank DKI, BRIS Online dari Bank BRI, Ottocash, dan True Money. Untuk proses top up saldo, OttoPay sudah bekerjasama dengan Bank Ina, Bank Mandiri, Alfamart, dan akan dikembangkan untuk bank dan kanal lainnya.

Dalam rangka penerapan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dilakukan Bank Indonesia, mulai Desember 2019 kode QR yang digunakan oleh OttoPay akan mengikuti standarisasi Quick Response Indonesia Standard (QRIS) sesuai arahan Bank Indonesia. QRIS memungkinkan semua pemain dompet digital atau pelaku industri sistem pembayaran, baik bank maupun fintech dapat membaca satu kode QR yang ada pada pedagang, sehingga para pedagang tidak perlu memiliki banyak kode QR berbeda dari masing-masing aplikasi pembayaran digital.

Keuntungan bertransaksi digital, selain dapat menghemat waktu, karena pelanggan hanya perlu memindai kode QR saja, pedagang tidak perlu repot mencari uang kembalian, selain itu penggunaan kode QR juga dapat meminimalisasi atau mengurangi antrean pelanggan. Setelah dilakukan pembayaran melalui scan kode QR, nominal uang akan diterima langsung oleh pedagang melalui aplikasi ataupun rekening bank. 

Saat ini ada 1,2 juta warung Mitra OttoPay yang tersebar di Indonesia, dimana Mitra OttoPay ini tidak hanya terdapat di kota-kota besar tapi juga menjangkau kota kedua hingga kota ketiga sehingga dapat mendukung peningkatan produktifitas UMKM hingga ke pelosok. Diharapkan hingga akhir tahun 2019, jumlah Mitra OttoPay meningkat hingga 1,3 juta. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

30 Tamtama Infanteri Kodam XVI/Pattimura Kunjungi Satgas Pamrahwan Maluku

Minggu, 08 Desember 2019 - 04:00 WIB

30 Tamtama Infanteri Kodam XVI/Pattimura Kunjungi Satgas Pamrahwan Maluku

Sebanyak 30 siswa Tamtama kejuruan Infanteri Dodiklatpur Kodam XVI/Pattimura Angkatan 2019 mengunjungi Satuan Tugas Operasi Pengamanan Daerah Rawan (Satgas Ops Pamrahwan) Maluku Batalyon Infanteri…

Aksi Heroik Prajurit TNI Yonif 754 Kostrad dan Warga Kibarkan Bendera Merah Putih di Asmat

Minggu, 08 Desember 2019 - 03:30 WIB

Aksi Heroik Prajurit TNI Yonif 754 Kostrad dan Warga Kibarkan Bendera Merah Putih di Asmat

Prajurit TNI Satgas Pamrahwan Batalyon Infanteri 754/Eme Neme Kangasi (Yonif 754/ENK) Kostrad bersama dengan warga masyarakat Kampung Agats, melakukan aksi heroik dengan mengibarkan bendera…

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P

Minggu, 08 Desember 2019 - 03:00 WIB

Panglima : Tugas TNI Menjaga Stabilitas Keamanaan Negara

Panglima TNI Marsekal TNI Dr. (H.C.) Hadi Tjahjanto, S.I.P. menghadiri sekaligus sebagai pembicara pada acara Silaturahmi Nasional Ulama, Umaro, TNI, dan Polri, yang bertemakan “Peran Ulama,…

Bakamla RI Gelar Bimtek Peningkatan Maturitas SPIP

Minggu, 08 Desember 2019 - 02:30 WIB

Bakamla RI Gelar Bimtek Peningkatan Maturitas SPIP

Badan Keamanan Laut (Bakamla) RI targetkan peningkatan maturitas Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP) menjadi Level 3 sesuai dengan arahan Presiden RI yaitu pada level 3. Hal ini disampaikan…

Marinir Pecahkan Rekor MURI Menembak Terbanyak

Minggu, 08 Desember 2019 - 02:00 WIB

Marinir Pecahkan Rekor MURI Menembak Terbanyak

Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal (Mayjen) TNI (Mar) Suhartono, M.Tr (Han) membuka lomba menembak Dankormar Cup tahun 2019 di Lapangan Tembak FX. Soepramono, Karang Pilang Surabaya.…