Permudah Transaksi, OttoPay Jalin Kerja Sama dengan Aplikasi Pembayaran Digital dari Bank

Oleh : Ridwan | Rabu, 13 November 2019 - 08:20 WIB

OttoPay jalin kerja sama dengan aplikasi pembayaran digital dari Bank
OttoPay jalin kerja sama dengan aplikasi pembayaran digital dari Bank

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Aplikasi pembayaran non tunai, OttoPay menjalin kerja sama dengan berbagai bank yang memiliki aplikasi pembayaran digital. 

Hal ini dilakukan agar dapat mengakomodasi konsumen yang saat ini memiliki pilihan bertransaksi dengan bermacam-macam aplikasi dan merupakan nasabah berbagai bank yang berada di Indonesia. 

Kerja sama yang baru saja dilakukan oleh OttoPay yaitu dengan aplikasi pembayaran digital ONe Mobile dari bank OCBC NISP. Dengan adanya kerja sama ini tentunya dapat memperluas bisnis karena memberikan lebih banyak pilihan aplikasi pembayaran digital dari sisi pembeli dan keuntungan bagi pihak bank dapat menjangkau lebih banyak nasabah.

Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Budi Hartono, menjelaskan, sesuai dengan misi kami, yaitu membangun ekosistem dan solusi pembayaran digital yang terintegrasi, maka kami berupaya mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak, sehingga dapat menghubungkan antara pedagang dan pembeli di seluruh Indonesia. 

"Hal ini kami lakukan tidak hanya melalui media kode QR, tetapi juga melalui layanan Payment Point Online Bank (PPOB) yang dapat melayani pembayaran listrik, air, BPJS, pulsa, dan voucher game," kata Budi di Jakarta (12/11).

Budi berharap dengan terjalinnya kerja sama OttoPay dengan ONe Mobile dari OCBC NISP akan lebih mempermudah nasabah OCBC untuk dapat melakukan transaksi di warung-warung Mitra OttoPay yang ada dilingkungan sekitar mereka tinggal.

Saat ini OttoPay dapat menerima transaksi melalui beberapa aplikasi pembayaran digital yang sudah bekerjasama diantaranya aplikasi ONe Mobile dari OCBC NISP, JakOne dari Bank DKI, BRIS Online dari Bank BRI, Ottocash, dan True Money. Untuk proses top up saldo, OttoPay sudah bekerjasama dengan Bank Ina, Bank Mandiri, Alfamart, dan akan dikembangkan untuk bank dan kanal lainnya.

Dalam rangka penerapan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dilakukan Bank Indonesia, mulai Desember 2019 kode QR yang digunakan oleh OttoPay akan mengikuti standarisasi Quick Response Indonesia Standard (QRIS) sesuai arahan Bank Indonesia. QRIS memungkinkan semua pemain dompet digital atau pelaku industri sistem pembayaran, baik bank maupun fintech dapat membaca satu kode QR yang ada pada pedagang, sehingga para pedagang tidak perlu memiliki banyak kode QR berbeda dari masing-masing aplikasi pembayaran digital.

Keuntungan bertransaksi digital, selain dapat menghemat waktu, karena pelanggan hanya perlu memindai kode QR saja, pedagang tidak perlu repot mencari uang kembalian, selain itu penggunaan kode QR juga dapat meminimalisasi atau mengurangi antrean pelanggan. Setelah dilakukan pembayaran melalui scan kode QR, nominal uang akan diterima langsung oleh pedagang melalui aplikasi ataupun rekening bank. 

Saat ini ada 1,2 juta warung Mitra OttoPay yang tersebar di Indonesia, dimana Mitra OttoPay ini tidak hanya terdapat di kota-kota besar tapi juga menjangkau kota kedua hingga kota ketiga sehingga dapat mendukung peningkatan produktifitas UMKM hingga ke pelosok. Diharapkan hingga akhir tahun 2019, jumlah Mitra OttoPay meningkat hingga 1,3 juta. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Jumat, 26 April 2024 - 06:47 WIB

Grup RS Siloam dan NUS Yong Loo Lin School of Medicine dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology

Grup RS Siloam, National University of Singapore (NUS) Yong Loo Lin School of Medicine, dan Mochtar Riady Institute for Nanotechnology (MRIN) menjalin kerjasama strategis untuk memajukan penelitian…

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Jumat, 26 April 2024 - 06:39 WIB

Halalbihalal HPJI, Menteri Basuki Ingatkan untuk Terus Tingkatkan Kualitas Jalan

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono menghadiri agenda halalbihalal Himpunan Pengembang Jalan Indonesia (HPJI) di Jakarta, Kamis (25/4). Hadir mendampingi Menteri…

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Jumat, 26 April 2024 - 05:21 WIB

Kepala Bakamla RI Orasi Ilmiah di Hadapan Ribuan Mahasiswa Universitas Bengkulu

Kepala Bakamla RI Laksdya TNI Dr. Irvansyah, S.H., M.Tr.Opsla., berkunjung ke Provinsi Bengkulu dalam rangka mengisi Orasi Ilmiah Dies Natalis Universitas Bengkulu ke-42. Kegiatan berlangsung…

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Jumat, 26 April 2024 - 05:16 WIB

Panglima Jenderal TNI Agus Subiyanto Hadiri Halal Bihalal PP Muhammadiyah di UMJ

Panglima TNI Jenderal TNI Agus Subiyanto menghadiri acara Silaturrahim Halal Bihalal 1445 H Pimpinan Pusat Muhammadiyah berlangsung di Gedung Cendekia Lantai dasar, auditorium KH. A. Azhar Basyir,…

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.