Permudah Transaksi, OttoPay Jalin Kerja Sama dengan Aplikasi Pembayaran Digital dari Bank

Oleh : Ridwan | Rabu, 13 November 2019 - 08:20 WIB

OttoPay jalin kerja sama dengan aplikasi pembayaran digital dari Bank
OttoPay jalin kerja sama dengan aplikasi pembayaran digital dari Bank

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Aplikasi pembayaran non tunai, OttoPay menjalin kerja sama dengan berbagai bank yang memiliki aplikasi pembayaran digital. 

Hal ini dilakukan agar dapat mengakomodasi konsumen yang saat ini memiliki pilihan bertransaksi dengan bermacam-macam aplikasi dan merupakan nasabah berbagai bank yang berada di Indonesia. 

Kerja sama yang baru saja dilakukan oleh OttoPay yaitu dengan aplikasi pembayaran digital ONe Mobile dari bank OCBC NISP. Dengan adanya kerja sama ini tentunya dapat memperluas bisnis karena memberikan lebih banyak pilihan aplikasi pembayaran digital dari sisi pembeli dan keuntungan bagi pihak bank dapat menjangkau lebih banyak nasabah.

Direktur PT Reksa Transaksi Sukses Makmur, Budi Hartono, menjelaskan, sesuai dengan misi kami, yaitu membangun ekosistem dan solusi pembayaran digital yang terintegrasi, maka kami berupaya mengembangkan kerja sama dengan berbagai pihak, sehingga dapat menghubungkan antara pedagang dan pembeli di seluruh Indonesia. 

"Hal ini kami lakukan tidak hanya melalui media kode QR, tetapi juga melalui layanan Payment Point Online Bank (PPOB) yang dapat melayani pembayaran listrik, air, BPJS, pulsa, dan voucher game," kata Budi di Jakarta (12/11).

Budi berharap dengan terjalinnya kerja sama OttoPay dengan ONe Mobile dari OCBC NISP akan lebih mempermudah nasabah OCBC untuk dapat melakukan transaksi di warung-warung Mitra OttoPay yang ada dilingkungan sekitar mereka tinggal.

Saat ini OttoPay dapat menerima transaksi melalui beberapa aplikasi pembayaran digital yang sudah bekerjasama diantaranya aplikasi ONe Mobile dari OCBC NISP, JakOne dari Bank DKI, BRIS Online dari Bank BRI, Ottocash, dan True Money. Untuk proses top up saldo, OttoPay sudah bekerjasama dengan Bank Ina, Bank Mandiri, Alfamart, dan akan dikembangkan untuk bank dan kanal lainnya.

Dalam rangka penerapan Gerbang Pembayaran Nasional (GPN) yang dilakukan Bank Indonesia, mulai Desember 2019 kode QR yang digunakan oleh OttoPay akan mengikuti standarisasi Quick Response Indonesia Standard (QRIS) sesuai arahan Bank Indonesia. QRIS memungkinkan semua pemain dompet digital atau pelaku industri sistem pembayaran, baik bank maupun fintech dapat membaca satu kode QR yang ada pada pedagang, sehingga para pedagang tidak perlu memiliki banyak kode QR berbeda dari masing-masing aplikasi pembayaran digital.

Keuntungan bertransaksi digital, selain dapat menghemat waktu, karena pelanggan hanya perlu memindai kode QR saja, pedagang tidak perlu repot mencari uang kembalian, selain itu penggunaan kode QR juga dapat meminimalisasi atau mengurangi antrean pelanggan. Setelah dilakukan pembayaran melalui scan kode QR, nominal uang akan diterima langsung oleh pedagang melalui aplikasi ataupun rekening bank. 

Saat ini ada 1,2 juta warung Mitra OttoPay yang tersebar di Indonesia, dimana Mitra OttoPay ini tidak hanya terdapat di kota-kota besar tapi juga menjangkau kota kedua hingga kota ketiga sehingga dapat mendukung peningkatan produktifitas UMKM hingga ke pelosok. Diharapkan hingga akhir tahun 2019, jumlah Mitra OttoPay meningkat hingga 1,3 juta. 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Cibinong New City

Minggu, 05 Juli 2020 - 22:17 WIB

Winner Group Hadirkan Cibinong New City, CBD Pertama Di Cibinong

Pengembang properti asal Batam, Winner Group berkolaborasi dengan Sapta Group, yang merupakan anak perusahaan PT. Bumi Citra Permai, Tbk,. tengah mengembangkan Cibinong New City. Proyek prestisius…

Pesan Protokol Kesehatan di Sosial Media Facebook Presiden Jokowi

Minggu, 05 Juli 2020 - 20:13 WIB

Jokowi Unggah Pesan Berperilaku di Era New Normal, Netizen: Gregetan Pak, Orang Pada Gak Sadar, Malah Buka Maskernya Baru Batuk

Presiden Joko Widodo (Jokowidalam sebuah postingan di platform sosial media Facebook miliknya @Presiden Joko Widodo, Minggu (5/7) menjelaskan bagaimana masyarakat berperilaku dalam tatanan hidup…

Ilustrasi Uang (ist)

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:53 WIB

Kabar Gembira! Pemerintah Tetapkan Dana Desa Rp71,19 Triliun, Keluarga Penerima Manfaat Mendapat Rp2,7 juta

Pemerintah telah menerbitkan PMK 50/2020 yang mengubah ketentuan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Desa yang mengatur relaksasi persyaratan, tahapan penyaluran, serta prioritas penggunaan Dana Desa.…

Lerby Eliandry Bali United FC

Minggu, 05 Juli 2020 - 18:00 WIB

Lerby Penggawa Bali United Sap Berlatih Bersama Tim

Kompetisi Liga 1 2020 yang akan diselenggarakan kembali pada bulan Oktober mendatang mendapat respon positif dari salah satu penyerang Bali United. Kabar baik ini berdasarkan surat resmi PSSI…

Ilustrasi Rapid Test (ist)

Minggu, 05 Juli 2020 - 17:31 WIB

Pakar Anggap Rapid Test Tak Akurat Cuma Jadi Ladang Bisnis, Netizen: Semoga di Laknat Dunia Akhirat

Program Rapid Test atau tes cepat untuk mengetahui dugaan awal virus Covid-19 yang digunakan oleh otoritas kesehatan dan Pemerintah dinilai berbagai pihak sudah tidak lagi layak untuk diteruskan.…