Kementerian PUPR dan Kementerian Pertanian Bersinergi untuk Program Ketahanan Pangan

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 09 November 2019 - 15:43 WIB

Bendung Copong
Bendung Copong

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR selama periode 2015-2019 telah menyelesaikan pembangunan jaringan irigasi baru seluas 1 juta hektar dan merehabilitasi sekitar 3 juta hektar.

“Pembangunan irigasi akan kita fokuskan pada 15 provinsi yang sesuai juga dengan fokus Kementerian Pertanian sehingga kita sinkron,” kata Menteri Basuki usai bertemu Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Pembangunan akan dilanjutkan pada 5 tahun kedepan sekitar 500 ribu hektar jaringan irigasi baru dan merehabilitasi 2,5 juta hektar.

Pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi merupakan komitmen Kementerian PUPR dalam mendukung terwujudnya ketahanan air dan pangan nasional. Salah satu jaringan irigasi yang telah dibangun Kementerian PUPR adalah Daerah Irigasi (DI) Leuwigoong seluas 5.313 hektar di Kabupaten Garut, yang merupakan salah satu lumbung padi di Provinsi Jawa Barat.

Sumber airnya berasal dari Bendung Copong dengan menyuplai 11 irigasi teknis seperti di Ciojar (73 ha), Cibuyutan Utara (531 ha), Situ Bagendit (409 ha), Citikey (528 ha), Cermot (107 ha), Citameng II (82 ha), Citameng III (91 ha), Citameng IV (498 ha), Cipacing (593 ha), Cibuyut (89 ha), Situhiang (70 ha) dan sisanya sawah tadah hujan seluas 2.242 ha.

Pemenuhan suplai air untuk pertanian juga dilakukan Kementerian PUPR dengan terus meningkatkan tampungan seperti pembangunan bendungan, embung, dan revitalisasi danau. Keberadaan bendungan dan suplai air dari irigasi diharapkan dapat menjadikan petani melakukan beberapa kali penanaman sehingga meningkatkan produksi pangan di Indonesia.

“Pembangunan bendungan diikuti dengan jaringan irigasi. Dengan demikian, bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” tutur Menteri Basuki.

Dalam pertemuan antara Menteri Basuki dengan Menteri Yasin Limpo juga dibahas dukungan Kementerian PUPR dalam pemanfaatan karet sebagai bahan baku aspal karet. Menteri Basuki menyampaikan Kementerian PUPR pada tahun 2019 telah melakukan penyerapan karet dari petani sekitar 30 ribu ton untuk bahan baku aspal karet.

“Kalau sebelumnya 30 ribu ton yang kita serap dari petani karet saat harga rendah, nanti kedepan kita tingkatkan sesuai dengan kemampuan PUPR,” kata Menteri Basuki.

Sementara Menteri Yasin Limpo mengapresiasi dukungan Kementerian PUPR pada sektor pertanian dan perkebunan selama ini, baik dalam pembangunan jaringan irigasi maupun pemanfaatan aspal karet.

“Hari ini komitmen yang paling tinggi dari Kementerian PUPR yang kami dapatkan adalah Bapak Menteri Basuki akan mensupport penuh di bidang pertanian, khususnya pada provinsi-provinsi unggulan di bidang pangan,” kata Menteri Yasin Limpo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…