Kementerian PUPR dan Kementerian Pertanian Bersinergi untuk Program Ketahanan Pangan

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 09 November 2019 - 15:43 WIB

Bendung Copong
Bendung Copong

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR selama periode 2015-2019 telah menyelesaikan pembangunan jaringan irigasi baru seluas 1 juta hektar dan merehabilitasi sekitar 3 juta hektar.

“Pembangunan irigasi akan kita fokuskan pada 15 provinsi yang sesuai juga dengan fokus Kementerian Pertanian sehingga kita sinkron,” kata Menteri Basuki usai bertemu Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Pembangunan akan dilanjutkan pada 5 tahun kedepan sekitar 500 ribu hektar jaringan irigasi baru dan merehabilitasi 2,5 juta hektar.

Pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi merupakan komitmen Kementerian PUPR dalam mendukung terwujudnya ketahanan air dan pangan nasional. Salah satu jaringan irigasi yang telah dibangun Kementerian PUPR adalah Daerah Irigasi (DI) Leuwigoong seluas 5.313 hektar di Kabupaten Garut, yang merupakan salah satu lumbung padi di Provinsi Jawa Barat.

Sumber airnya berasal dari Bendung Copong dengan menyuplai 11 irigasi teknis seperti di Ciojar (73 ha), Cibuyutan Utara (531 ha), Situ Bagendit (409 ha), Citikey (528 ha), Cermot (107 ha), Citameng II (82 ha), Citameng III (91 ha), Citameng IV (498 ha), Cipacing (593 ha), Cibuyut (89 ha), Situhiang (70 ha) dan sisanya sawah tadah hujan seluas 2.242 ha.

Pemenuhan suplai air untuk pertanian juga dilakukan Kementerian PUPR dengan terus meningkatkan tampungan seperti pembangunan bendungan, embung, dan revitalisasi danau. Keberadaan bendungan dan suplai air dari irigasi diharapkan dapat menjadikan petani melakukan beberapa kali penanaman sehingga meningkatkan produksi pangan di Indonesia.

“Pembangunan bendungan diikuti dengan jaringan irigasi. Dengan demikian, bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” tutur Menteri Basuki.

Dalam pertemuan antara Menteri Basuki dengan Menteri Yasin Limpo juga dibahas dukungan Kementerian PUPR dalam pemanfaatan karet sebagai bahan baku aspal karet. Menteri Basuki menyampaikan Kementerian PUPR pada tahun 2019 telah melakukan penyerapan karet dari petani sekitar 30 ribu ton untuk bahan baku aspal karet.

“Kalau sebelumnya 30 ribu ton yang kita serap dari petani karet saat harga rendah, nanti kedepan kita tingkatkan sesuai dengan kemampuan PUPR,” kata Menteri Basuki.

Sementara Menteri Yasin Limpo mengapresiasi dukungan Kementerian PUPR pada sektor pertanian dan perkebunan selama ini, baik dalam pembangunan jaringan irigasi maupun pemanfaatan aspal karet.

“Hari ini komitmen yang paling tinggi dari Kementerian PUPR yang kami dapatkan adalah Bapak Menteri Basuki akan mensupport penuh di bidang pertanian, khususnya pada provinsi-provinsi unggulan di bidang pangan,” kata Menteri Yasin Limpo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kepala BKPM Bahlil (ist)

Minggu, 24 Januari 2021 - 16:45 WIB

Luar Biasa! RI Kebanjiran Investasi, Sudah 16 Perusahaan Relokasi Pabrik Senilai Rp100 Triliun, Bahlil: Masih Ada USD 40,5 Miliar Lagi yang Akan Masuk

Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menyatakan 16 perusahaan merelokasi usaha mereka ke Indonesia sepanjang 2020. Total investasi dari relokasi tersebut sebesar 7,15 miliar dolar AS atau…

Ilustrasi Swab Test Covid-19 (ist)

Minggu, 24 Januari 2021 - 15:35 WIB

Anggota Keluarga Terpapar Covid-19? Jangan Panik, Hubungi Satgas Covid Terdekat! Perawatan di Puskesmas hingga RS Dijamin Gratis...

Pemerintah melalui Tim Satgas Nasional Covid-19 terus meminta masyarakat agar dapat meningkatkan kedisiplinan dalam menerapkan protokol kesehatan. "Mengingat semakin banyaknya penularan COVID-19,…

Mendikbud Nadiem Anwar Makarim

Minggu, 24 Januari 2021 - 15:01 WIB

Waduh Bahaya! Ungkap Risiko Mengerikan dalam PJJ, Nadiem Desak Pemda Segera Lakukan Sekolah Tatap Muka

Risiko kehilangan kemampuan dan pengalaman belajar pada siswa atau lost learning muncul dalam pembelajaran jarak jauh (PJJ). Dengan demikian, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem…

GBG

Minggu, 24 Januari 2021 - 15:00 WIB

GBG: Enam Prediksi Layanan Finansial dan Lansekap Fraud di Tahun 2021

Tahun 2020 telah mendorong Lembaga Keuangan (LK) untuk mengedepankan perencanaan, implementasi dan optimalisasi teknologi, terlebih ketika sejumlah 71% pembuat keputusan di bidang teknologi…

Dirjen ILMATE Kemenperin Taufiek Bawazier

Minggu, 24 Januari 2021 - 14:00 WIB

Dukung Program Polisi 4.0, Kemenperin Siap Pasok Teknologi Canggih untuk Polri

Kementerian Perindustrian mendukung upaya kementerian dan lembaga yang menerapkan teknologi industri 4.0 dalam menopang aktivitasnya agar lebih produktif dan efisien, salah satunya Kepolisian…