Kementerian PUPR dan Kementerian Pertanian Bersinergi untuk Program Ketahanan Pangan

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 09 November 2019 - 15:43 WIB

Bendung Copong
Bendung Copong

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan Kementerian PUPR selama periode 2015-2019 telah menyelesaikan pembangunan jaringan irigasi baru seluas 1 juta hektar dan merehabilitasi sekitar 3 juta hektar.

“Pembangunan irigasi akan kita fokuskan pada 15 provinsi yang sesuai juga dengan fokus Kementerian Pertanian sehingga kita sinkron,” kata Menteri Basuki usai bertemu Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo di Jakarta, Jumat (8/11/2019).

Pembangunan akan dilanjutkan pada 5 tahun kedepan sekitar 500 ribu hektar jaringan irigasi baru dan merehabilitasi 2,5 juta hektar.

Pembangunan dan rehabilitasi jaringan irigasi merupakan komitmen Kementerian PUPR dalam mendukung terwujudnya ketahanan air dan pangan nasional. Salah satu jaringan irigasi yang telah dibangun Kementerian PUPR adalah Daerah Irigasi (DI) Leuwigoong seluas 5.313 hektar di Kabupaten Garut, yang merupakan salah satu lumbung padi di Provinsi Jawa Barat.

Sumber airnya berasal dari Bendung Copong dengan menyuplai 11 irigasi teknis seperti di Ciojar (73 ha), Cibuyutan Utara (531 ha), Situ Bagendit (409 ha), Citikey (528 ha), Cermot (107 ha), Citameng II (82 ha), Citameng III (91 ha), Citameng IV (498 ha), Cipacing (593 ha), Cibuyut (89 ha), Situhiang (70 ha) dan sisanya sawah tadah hujan seluas 2.242 ha.

Pemenuhan suplai air untuk pertanian juga dilakukan Kementerian PUPR dengan terus meningkatkan tampungan seperti pembangunan bendungan, embung, dan revitalisasi danau. Keberadaan bendungan dan suplai air dari irigasi diharapkan dapat menjadikan petani melakukan beberapa kali penanaman sehingga meningkatkan produksi pangan di Indonesia.

“Pembangunan bendungan diikuti dengan jaringan irigasi. Dengan demikian, bendungan yang dibangun dengan biaya besar dapat bermanfaat karena airnya dipastikan mengalir sampai ke sawah-sawah milik petani,” tutur Menteri Basuki.

Dalam pertemuan antara Menteri Basuki dengan Menteri Yasin Limpo juga dibahas dukungan Kementerian PUPR dalam pemanfaatan karet sebagai bahan baku aspal karet. Menteri Basuki menyampaikan Kementerian PUPR pada tahun 2019 telah melakukan penyerapan karet dari petani sekitar 30 ribu ton untuk bahan baku aspal karet.

“Kalau sebelumnya 30 ribu ton yang kita serap dari petani karet saat harga rendah, nanti kedepan kita tingkatkan sesuai dengan kemampuan PUPR,” kata Menteri Basuki.

Sementara Menteri Yasin Limpo mengapresiasi dukungan Kementerian PUPR pada sektor pertanian dan perkebunan selama ini, baik dalam pembangunan jaringan irigasi maupun pemanfaatan aspal karet.

“Hari ini komitmen yang paling tinggi dari Kementerian PUPR yang kami dapatkan adalah Bapak Menteri Basuki akan mensupport penuh di bidang pertanian, khususnya pada provinsi-provinsi unggulan di bidang pangan,” kata Menteri Yasin Limpo.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Umum dan Hukum LPDB-KUMKM Jaenal Aripin

Sabtu, 07 Desember 2019 - 00:14 WIB

LPDB Dorong KUKM Manggarai Barat Hasilkan Produk Premium

Jakarta-Lembaga Pengelola Dana Bergulir - Koperasi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (LPDB - KUMKM) bersinergi dengan sejumlah stakeholder dan lembaga terkait untuk meningkatkan kualitas koperasi…

Direktur Utama Telkom Ririek Adriansyah (ketiga dari kiri) dan Direktur Consumer Service Telkom Siti Choiriana

Jumat, 06 Desember 2019 - 23:07 WIB

Grand Final IndiHome eSports League Lahirkan Pemain eSports Profesional Indonesia

Jakarta – Setelah berjalan hampir satu tahun terakhir, IndiHome eSports League telah sampai pada babak grand final yang digelar pada 6-8 Desember 2019 di Telkom Landmark Tower.

realme X2 Pro

Jumat, 06 Desember 2019 - 22:00 WIB

Ini Fitur-Fitur Yang Menjadikan realme X2 Pro The Real Flagship King

Setelah sukses meluncurkan produk-produk terbaik di segmen kelas menengah, 27 November lalu realme resmi bertarung ke pasar smartphone premium dengan meluncurkan realme X2 Pro.

Boyband EXO

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:01 WIB

Menelisik 7 Tahun Perjalanan Karier dari Boyband EXO

Setelah tiga tahun lamanya, boyband ternama asal Korea Selatan, EXO kembali menggelar konser di Indonesia pada tanggal 23 November 2019 kemarin. Tak pelak, konser bertajuk EXO PLANET #5 EXplOration…

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Jumat, 06 Desember 2019 - 18:00 WIB

Fuad Rizal Jadi Plt Dirut Garuda Indonesia

Dewan Komisaris Garuda Indonesia pada hari ini, Jumat (6/12/2019) telah menyampaikan SK Dewan Komisaris No. DEKOM/SKEP/011/2019 tanggal 5 Desember 2019 yang menetapkan Fuad Rizal sebagai Plt.…