Keberhasilan Geladi Yudha Dharma Tingkatkan Profesionalisme TNI

Oleh : Herry Barus | Sabtu, 09 November 2019 - 03:00 WIB

Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi
Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Keberhasilan Geladi Yudha Dharma tentunya tidak terlepas dari kesiapan para peserta dan penyelenggara yang telah menunjukkan motivasi, disiplin serta semangat berlatih dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan profesionalisme guna menghadapi tuntutan tugas TNI di masa mendatang.

Demikian amanat Kasum TNI Letjen TNI Joni Supriyanto yang dibacakan oleh Aspers Panglima TNI Marsda TNI Diyah Yudanardi saat menutup upaca Geladi Yudha Dharma Dikreg ke-46 Sesko TNI TA 2019, yang diikuti 145 Perwira Siswa (AD, AL, AU) di Aula Gatot Soebroto Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (8/11/2019).

Kasum TNI menjelaskan bahwa terdapat dua hal yang diyakini dapat meningkatkan kinerja dan memperbesar peluang keberhasilan yang ada, sekaligus dapat menjadi pembeda antara kemajuan hari ini dan esok, dalam rangka mendukung pelaksanaan tugas-tugas TNI.

Pertama, keberhasilan yang telah dicapai dalam latihan ini dengan segala kelemahan dan kekurangannya, hendaknya dijadikan tolok ukur dan bahan evaluasi untuk melangkah lebih jauh ke depan dengan penuh kesadaran dan objektivitas.

Kedua, refleksikan bagaimana upaya mengatasi dan menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapi, dengan segala daya kreativitas dan kapasitas ilmu pengetahuan, sehingga dapat diperoleh cara bertindak yang lebih efektif dan efisien.

Menurut Kasum TNI, produk berupa Naskah Rencana Kontinjensi (Renkon) TNI  yang telah disusun oleh para perwira siswa merupakan bahan sumbang saran dan masukan pemikiran, berupa antisipasi terhadap kemungkinan ancaman yang akan terjadi pada masa depan, dihadapkan pada kemampuan dan potensi sumber daya yang tersedia.

“Naskah Renkon TNI yang disusun oleh para perwira siswa, diharapkan juga dapat menjadi pembanding sekaligus sebagai masukan dalam penyusunan Renkon TNI Tahun 2020 yang disusun oleh Mabes TNI,” ujarnya.

Geladi Yudha Dharma merupakan rangkaian kegiatan Kurikulum Dikreg ke-46 Sesko TNI TA 2019 yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengetahuan dan keterampilan para Perwira Siswa Sesko TNI dalam menyusun dan merumuskan rencana Kontinjensi TNI dalam rangka Operasi Militer Perang (OMP).

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

herbalife

Minggu, 26 Januari 2020 - 22:58 WIB

15.000 Member Independen Herbalife Hadiri Spectacular 2020

Tangerang Selatan- Herbalife Nutrition Indonesia baru saja mengakhiri event besarnya, yaitu Herbalife Spectacular 2020 di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD, Tangerang Selatan. Event…

Legenda Sepak Bola Luis Figo

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:30 WIB

Legenda Sepak Bola Luis Figo Ikut Promosikan UEFA EURO 2020 akan Tayang di RCTI

Untuk Ke 7 kalinya MNC group menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020. MNC Group melalui RCTI dan PT MNC Vision Networks Tbk (MVN) dipercaya untuk menjadi Official Broadcaster UEFA EURO 2020…

Maskapai Garuda Indonesia

Minggu, 26 Januari 2020 - 18:00 WIB

Garuda Indonesia Tingkatkan Kewaspadaan Penyebaran Virus Pneumonia Wuhan

Maskapai nasional Garuda Indonesia meningkatan upaya antisipatif dan kewaspadaan atas merebaknya penyebaran virus pneumonia Wuhan atau novel coronavirus (nCoV) .

Diskusi Pencak Silat Betawi di TIM

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:17 WIB

Ini Arah Pencak Silat Betawi Sebagai Warisan Budaya Dunia tak Benda

Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) telah menetapkan pencak silat sebagai salah satu Warisan Budaya Takbenda (WBTb) Dunia dari Indonesia dalam…

Tol Hutama Karya

Minggu, 26 Januari 2020 - 16:00 WIB

Hutama Karya-BPJT dan ATI Gelar Aksi Keselamatan di Jalan Tol

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) kembali melanjutkan kampanye peningkatan kesadaran keselamatan dalam berkendara di jalan tol yang dikelolanya. Kampanye bertajuk SETUJU yang merupakan…