Pabrik Transformator Terbesar di Asia Tenggara Kini Beroperasi di Cikarang

Oleh : Ridwan | Kamis, 16 Maret 2017 - 08:06 WIB

Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto Pada Peresmian Pabrik Transformator Tenaga PT XD Sakti Indonesia di Jawa Barat
Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto Pada Peresmian Pabrik Transformator Tenaga PT XD Sakti Indonesia di Jawa Barat

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Kementerian Perindustrian saat ini tengah memprioritaskan pengembangan industri penunjang pembangkit listrik di Indonesia.

Sektor ini sangat potensial mengingat kebutuhan pasokan energi dalam negeri yang semakin besar. Selain itu, sektor ini juga mampu malampaui pertumbuhan ekonomi.

"Industri penunjang pembangkit listrik harus dapat mendukung pemenuhan kebutuhan energi yang diperlukan dalam peningkatan nilai tambah produksi," ungkap Menteri Perindustrian, Airlangga Hartarto pada Peresmian Pabrik Transformator Tenaga PT XD Sakti Indonesia di Jawa Barat (15/32017).  

Indonesia saat ini telah masuk dalam jajaran 10 besar negara yang industrinya memberikan kontribusi terhadap nilai tambah dunia. Pemenuhan kebutuhan energi mutlak diperlukan untuk mempertahankan posisi tersebut.  

"Beroperasinya pabrik PT XD Sakti Indonesia yang memproduksi transformator tenaga bertegangan 70-500 kilo volt (kV) diharapkan dapat berkontribusi dalam transmisi dan distribusi tenaga listrik," tambah Menperin.

Dengan kemampuan industri nasional dalam memproduksi komponen, mulai dari trafo, transmisi hingga kabel, maka kebutuhan penunjang untuk program pembangkit listrik 35.000 Mega Watt yang diikuti dengan program transmisi 46.000 kilometer diharapkan bisa sepenuhnya diproduksi di dalam negeri.  

Pabrik yang diresmikan hari ini memiliki kapasitas produksi sebesar 10.896 MVA per tahun, yang menjadikannya pabrik transformator tenaga terbesar di Asia Tenggara.

"Kami berharap, diresmikannya pabrik ini memberikan kesempatan penyerapan tenaga kerja yang lebih banyak dan ikut andil dalam peningkaan pengembangan SDM, " tutup Airlangga.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kisah Miko dan dua rekan grabfood mengantar makanan di saat corona

Selasa, 31 Maret 2020 - 12:30 WIB

Kisah Para Ojol Pahlawan di Musim Corona: Saya Harus Bekerja, Karena Pelanggan adalah Pembawa Rezeki buat Saya dan Keluarga

Bagi saya memastikan kebersihan makanan yang saya antar dan kepuasan pelanggan adalah prioritas utama. Karena saya percaya bahwa pelanggan adalah pembawa rezeki, penghidupan saya dan keluarga,"…

Cheverly Amalia

Selasa, 31 Maret 2020 - 12:00 WIB

Cheverly Amalia Sedih Film The 3rd Guest yang Diproduserinya Terhambat Wabah Virus Corona

Serangan Virus Corona tidak mematikan nyawa manusia tapi juga semua lini bisnis yang bersentuhan dengan banyak orang dalam satu tempat. Seperti yang dialami produksi film The 3rd Guest, lantaran…

Nasabah mengambil dananya di Agen BRIlink

Selasa, 31 Maret 2020 - 11:50 WIB

Solusi Physical Distancing, Uang Pensiun Bisa Diambil di Dekat Rumah

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk terus berperan aktif dalam mencegah penyebaran virus corona (COVID-19) di Indonesia. Adanya imbauan untuk melakukan physical distancing oleh Pemerintah,…

OPPO Berikan Bantuan APD

Selasa, 31 Maret 2020 - 11:50 WIB

Penanggulangan Wabah CONVID-19, OPPO Berikan Bantuan APD

Bantuan ini diserahkan OPPO dan J&T Express pada 19 Maret yang lalu.

Suasana wisma atlet kemayoran

Selasa, 31 Maret 2020 - 11:45 WIB

Satu lagi Pasien Covid-19 di RS Darurat Wisma Atlet Meninggal Dunia

Satu pasien positif COVID-19 yang menjalani perawatan di Rumah Sakit Darurat COVID-19 Wisma Atlet, Jakarta, meninggal dunia.