Bali Kei Archipelago Festival 2019 Siap Digelar 1-3 Nopember 2019

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 01 November 2019 - 04:42 WIB

Andi Manuhutu (kaus Hitam) bersama Panitia dan Pengisi acara Bali kei Achipelago Festival, Lala Suwages (paling Kanan) (amz)
Andi Manuhutu (kaus Hitam) bersama Panitia dan Pengisi acara Bali kei Achipelago Festival, Lala Suwages (paling Kanan) (amz)

INDUSTRY.co.id - TUAL - Bali-Kei Archipelago Festival 2019  siap digelar mulai hari ini (1 nopember 2019) hingga  3 nopember 2019 di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Festival bertaraf internasional yang dipusatkan di Ohoililir menggabungkan antara Sportsventure dengan Industri kreatif ini  merupakan yang kedua kalnya digelar. Setelah diselengarakan pada tahun 2017 dan mendapat sambutan yang begitu baik dari masyarakat Kepulauan Kei dan para wisatawan.  

“Bali-Kei Archipelago Festival 2019 adalah sebuah program yang kita rencanakan untuk berjalan setiap tahun di Kepulauan Kei. Program ini kita buat untuk menunjang percepatan pembangunan pariwisata di Kepulauan Kei. Kita sebut  Bali Kei karena antara Bali dengan Kei memiliki hubungan antropologi dan historis yang erat,” ujar Andy Manuhutu sebagai Festival Director dari Bali-Kei Archipelago Festival.

Setiap penyelenggaraan, lanjut Andi Manuhutu, Bali Kei terus mengembangkan diri. “Jika tahun lalu hanya ada sportadventures, maka tahun ini kita tambah dengan festival kuliner dan festival anti sampah plastik. Dan tentu saja panggung hiburan yang menjadi salah satu daya tarik utama bagi pengunjung,” katanya.

Rangkaian acara Bali-Kei Archipelago Festival yang keduan ini disambut dengan antusias oleh seluruh masyarakat  kepulauan Kei terutama masyarakat Ohoililir yang terlibat langsung.  “Bali-Kei keren abis! Saya bersama keluarga bakal menyaksikan Bali kei karena saya sudah dengar ada  festival seperti ini diadakan di Maluku Tenggara. Panggung, sound system dan konsep semuanya juga bagus.  Saya tidak sabar untuk melihat seperti apa penyelenggaraan Bali Kei yang kedua ini, “ kata Ina Mainassy saat melihat lihat persiapan panggung Bali Kei di pantai Ohoililir, Kamis petang.

Andi Manuhutu selaku project director Bali Kei Archipelago Festival memang tidak main main utuk mewujudkan mimpinya menjadikan Kepulauan Kei sebagai sebaga destinasi wisata pilihan. Ia mendatangkan sejumlah ahli untuk mewujudkan mimpinya. Bahkan untuk pembuatan panggung ia mengajak kru yang telah berpengalaman menangani North Sea Jazz festival. “Ketika saya tawarkan konsep yang berbeda, mereka langsung mengatakan ingin ikut terlibat. Karena mewujudkan sesuatu yang belum pernah ada merupakan tantangan,” papar Andi yang pernah aktif sebagai seorang penyanyi ini.

Dipilihnya nama Bali Kei, bukan juga hanya sekedar mendompleng ketenaran pulau Bali sebagai destinasi wisata terbaik di dunia. “Ada sejarah panjang antara Pulau Bali dan Kepulauan Kei. Sejak jaman nenek moyang dulu, ada kerajaan Hindu Bali di kepulauan Kei yang merupakan cikal bakal masyarakat kepulaua Kei. Sisi lainnya ya kita namakan Bali Kei agar para wisatawan mau datang ke Kei sebagai alternative Bali. Saya berharap ekosistem pariwisata kepulauan Kei ikut tumbuh dan berkembang sejalan dengan penyelengaraan Bali Kei Archipelago Festival. Itu tujuan utamanya, “ tukas Andi Manuhutu. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yohanes Jeffry Johary , Managing Director OCS Indonesia (kiri) berdialog dengan narasumber lainnya pada kegiatan yang bertajuk “Global Facilities Management Trends in the 2024 Indonesian Market”

Selasa, 23 April 2024 - 16:08 WIB

OCS dan Solenis Indonesia Ungkap Tren-Tren Utama dalam Industri FM yang Relevan dengan Berbagai Sektor Industri di Tanah Air

Jakarta- OCS Indonesia, perusahaan terkemuka penyedia layanan jasa dan manajemen fasilitas (FM), berkolaborasi dengan Diversey, bagian dari Solenis, untuk membahas secara mendalam mengenai tren-tren…

Acer serahkan bibit mangrove ke SeaSoldier di Tanggerang

Selasa, 23 April 2024 - 13:59 WIB

Acer Indonesia Tanam Ribuan Mangrove

Sebagai bentuk perwujudan komitmen berkelanjutan perusahaan dalam melestarikan lingkungan, Acer Indonesia hari ini memulai penanaman ribuan mangrove, yang merupakan bagian dari rangkaian perayaan…

Bitcoin

Selasa, 23 April 2024 - 13:56 WIB

Kenapa Harga Bitcoin Selalu Fluktuasi? Inilah 7 Alasan Utamanya!

Harga Bitcoin dipasaran selalu mengalami perubahan. Kondisi naik dan turun harga Bitcoin ini tentunya menjadi pekerjaan rumah bagi para investor untuk menganalisa setiap perubahan dan mencari…

Presiden Prabowo dan Wapres Gibran

Selasa, 23 April 2024 - 13:08 WIB

Hormati Putusan MK, Persis Ucapkan Selamat kepada Prabowo-Gibran

Usai melalui berbagai rangkaian sidang Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU), Mahkamah Konstitusi Republik Indonesia (MK RI) memutuskan sengketa Pemilihan Presiden 2024 yang menolak permohonan…

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Selasa, 23 April 2024 - 12:31 WIB

Tinjau Proyek Pembangunan Tol Bayung Lencir- Tempino Seksi 3 , Meteri PUPR Apresiasi Kinerja Hutama Karya

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono meninjau pembangunan Proyek Jalan Tol Trans Sumatra (JTTS) Bayung - Lencir - Tempino Seksi 3 garapan PT Hutama Karya (Persero)…