Bali Kei Archipelago Festival 2019 Siap Digelar 1-3 Nopember 2019

Oleh : Amazon Dalimunthe | Jumat, 01 November 2019 - 04:42 WIB

Andi Manuhutu (kaus Hitam) bersama Panitia dan Pengisi acara Bali kei Achipelago Festival, Lala Suwages (paling Kanan) (amz)
Andi Manuhutu (kaus Hitam) bersama Panitia dan Pengisi acara Bali kei Achipelago Festival, Lala Suwages (paling Kanan) (amz)

INDUSTRY.co.id - TUAL - Bali-Kei Archipelago Festival 2019  siap digelar mulai hari ini (1 nopember 2019) hingga  3 nopember 2019 di Kepulauan Kei, Maluku Tenggara, Provinsi Maluku. Festival bertaraf internasional yang dipusatkan di Ohoililir menggabungkan antara Sportsventure dengan Industri kreatif ini  merupakan yang kedua kalnya digelar. Setelah diselengarakan pada tahun 2017 dan mendapat sambutan yang begitu baik dari masyarakat Kepulauan Kei dan para wisatawan.  

“Bali-Kei Archipelago Festival 2019 adalah sebuah program yang kita rencanakan untuk berjalan setiap tahun di Kepulauan Kei. Program ini kita buat untuk menunjang percepatan pembangunan pariwisata di Kepulauan Kei. Kita sebut  Bali Kei karena antara Bali dengan Kei memiliki hubungan antropologi dan historis yang erat,” ujar Andy Manuhutu sebagai Festival Director dari Bali-Kei Archipelago Festival.

Setiap penyelenggaraan, lanjut Andi Manuhutu, Bali Kei terus mengembangkan diri. “Jika tahun lalu hanya ada sportadventures, maka tahun ini kita tambah dengan festival kuliner dan festival anti sampah plastik. Dan tentu saja panggung hiburan yang menjadi salah satu daya tarik utama bagi pengunjung,” katanya.

Rangkaian acara Bali-Kei Archipelago Festival yang keduan ini disambut dengan antusias oleh seluruh masyarakat  kepulauan Kei terutama masyarakat Ohoililir yang terlibat langsung.  “Bali-Kei keren abis! Saya bersama keluarga bakal menyaksikan Bali kei karena saya sudah dengar ada  festival seperti ini diadakan di Maluku Tenggara. Panggung, sound system dan konsep semuanya juga bagus.  Saya tidak sabar untuk melihat seperti apa penyelenggaraan Bali Kei yang kedua ini, “ kata Ina Mainassy saat melihat lihat persiapan panggung Bali Kei di pantai Ohoililir, Kamis petang.

Andi Manuhutu selaku project director Bali Kei Archipelago Festival memang tidak main main utuk mewujudkan mimpinya menjadikan Kepulauan Kei sebagai sebaga destinasi wisata pilihan. Ia mendatangkan sejumlah ahli untuk mewujudkan mimpinya. Bahkan untuk pembuatan panggung ia mengajak kru yang telah berpengalaman menangani North Sea Jazz festival. “Ketika saya tawarkan konsep yang berbeda, mereka langsung mengatakan ingin ikut terlibat. Karena mewujudkan sesuatu yang belum pernah ada merupakan tantangan,” papar Andi yang pernah aktif sebagai seorang penyanyi ini.

Dipilihnya nama Bali Kei, bukan juga hanya sekedar mendompleng ketenaran pulau Bali sebagai destinasi wisata terbaik di dunia. “Ada sejarah panjang antara Pulau Bali dan Kepulauan Kei. Sejak jaman nenek moyang dulu, ada kerajaan Hindu Bali di kepulauan Kei yang merupakan cikal bakal masyarakat kepulaua Kei. Sisi lainnya ya kita namakan Bali Kei agar para wisatawan mau datang ke Kei sebagai alternative Bali. Saya berharap ekosistem pariwisata kepulauan Kei ikut tumbuh dan berkembang sejalan dengan penyelengaraan Bali Kei Archipelago Festival. Itu tujuan utamanya, “ tukas Andi Manuhutu. (AMZ)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustraai United Airlines (ist)

Minggu, 12 Juli 2020 - 00:05 WIB

Prospek Industri Penerbangan Suram, United Airlines Bakal PHK 36 Ribu Karyawan

Maskapai United Airlines asal Amerika Serikat dikabarkan akan melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) terhadap separuh total pekerjanya atau sebesar 36. 000 karyawan dikarenakan penurunan penumpang…

Ilustrasi Klaster Pangan (Photo by iNews)

Sabtu, 11 Juli 2020 - 22:10 WIB

Lewat Corporate Farming, Klaster Pangan BUMN Bersinergi Genjot Produktivitas Pertanian

Dalam rangka peningkatan produktivitas pertanian, PT Sang Hyang Seri (Persero) (SHS), PT Pertani (Persero), dan Klaster Pangan BUMN menjalin kerjasama pengembangan pertanian di lahan HGU SHS…

Dirjen IKMA Kemenperin Gati

Sabtu, 11 Juli 2020 - 22:00 WIB

Kemenperin Fasilitasi Perlindungan KI untuk Pelaku Industri Kecil dan Menengah

Kementerian Perindustrian terus fokus pada pengembangan industri kecil dan menengah (IKM), termasuk memfasilitasi para pelaku IKM dalam hal perlindungan kekayaan intelektual (KI). Dirjen IKMA…

CIMB Niaga Syariah

Sabtu, 11 Juli 2020 - 21:15 WIB

CIMB Niaga Syariah Serahkan Bantuan Ambulans untuk Warga Bandung Barat

Unit Usaha Syariah (UUS) PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga Syariah) menyerahkan bantuan satu unit mobil ambulans bagi warga Desa Puncaksari, Sindangkerta.

Kunjungan Menteri Edhy Prabowo ke PT Japfa Comfeed Indonesia

Sabtu, 11 Juli 2020 - 20:15 WIB

Genjot Budidaya Ikan, Menteri Edhy Prabowo Kunjungi PT Japfa Comfeed Indonesia

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Edhy Prabowo, mengunjungi PT Iroha Sidat Indonesia (ISI) yang merupakan bagian dari PT Suri Tani Pemuka, anak usaha PT Japfa Comfeed Indonesia…