Waskita Karya Bangun Laboratorium Matematika di SMPN 19 Purworejo

Oleh : Herry Barus | Selasa, 22 Oktober 2019 - 08:00 WIB

Waskita Karya Bangun Laboratorium Matematika di SMPN 19 Purworejo
Waskita Karya Bangun Laboratorium Matematika di SMPN 19 Purworejo

INDUSTRY.co.id - Jakarta- PT Waskita Karya (Persero) Tbk (Kode Saham: WSKT) sebagai Badan Usaha Milik Negara yang memiliki peran agen pembangunan di bidang infrastruktur, Waskita Karya terus memberikan kontribusi positif untuk seluruh masyarakat dan stakeholders dalam membangun Indonesia. Hal ini diwujudkan melalui pembangunan di berbagai sektor antara lain bidang pendidikan dan melalui Waskita Peduli membantu pemulihan pembangunan ruang Laboratorium Matematika, di SMPN 19 Purworejo, Jawa Tengah.

“Pemulihan pembangunan ruang Laboratorium Matematika ini pun bertujuan untuk mendukung kreativitas para pengajar khusus nya para guru di SMPN 19 Purworejo yang diharapkan dapat memberikan memotivasi kepada guru - guru di sekolah lainnya.” Terang Director of Human Capital Management & System Development PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Hadjar Seti Adji saat meresmikan ruang Laboratorium Matematika, Jumat (18/10/2019).

Hadjar pada peresmian Laboratorium Matematika ini juga memberikan motivasi kepada para guru SMPN 19 Purworejo, guru-guru matematika dan kepala sekolah di sekitar SMPN 19 Purworejo. Saat memberikan motivasi, Hadjar memakai beberapa contoh, salah satunya contoh seorang anak yang bisa bernyanyi dan bermain piano di salah satu ajang pencarian bakat walau ia seorang penyandang disabilitas.

“Coba perhatikan, anak ini penyandang disabilitas namun dia bisa memukau para juri dengan permainan piano dan nyanyiannya. Bahkan ia mendapatkan golden buzzer yang artinya anak itu langsung menuju ke babak final. Bahkan di final ia menang. Itu semua karena ketekunan kita, kepercayaan diri kita. Kita harus percaya diri kita bisa. Jangan pesimis,” lanjut Hadjar.

Kepercayaan diri ditambahkan Hadjar juga ada dalam diri guru matematika SMPN 19 Purworejo bernama Juli Eko Sarwono. Hadjar menerangkan, Juli Eko yakin murid-muridnya suatu saat akan mencintai matematika. Nilai matematika murid-muridnya akan bagus dengan metode alat peraga.

Sebagai informasi, sistem pendidikan saat ini, dimana para peserta didik dipacu dan dilatih untuk terus mengembangkan keterampilan ilmiah yang dimiliki seperti mencari, mengumpulkan, mengamati, bereksperimen, dan menyimpulkan data yang telah ada Dan dengan bantuan media pembelajaran serta sumber belajar yang sudah disiapkan lembaga sekolah, sangat berpengaruh terhadap perkembangan keterampilan berpikir peserta didik. Salah satu sumber belajar yang efektif untuk mencapai kompetensi yang diharapkan bagi peserta didik adalah laboratorium.

Pada tingkat pendidikan dasar yaitu Sekolah Menengah Pertama, laboratorium yang tersedia umumnya adalah laboratorium IPA, laboratorium bahasa dan laboratorium komputer. Lain dari itu sangat jarang. Andaikata ada, laboratorium tersebut merupakan inovasi guru atau sekolah untuk mendobrak keterbatasan yang ada. Sumber belajar yang dipakai dalam pendidikan merupakan suatu sistem yang terdiri sekumpulan bahan atau situasi yang diciptakan dengan sengaja dan dibuat agar memungkinkan siswa belajar sesuai dengan kemampuan individu.

Karena hal tersebut melalui Waskita Peduli, PT Waskita Karya (Persero) Tbk tergerak untuk memberikan bantuan pemulihan pembangunan ruang laboratorium matematika berupa bangunan fisik dan sarana pendukung belajar mengajar seperti meja, kursi dan telah selesai dibangun pada bulan September 2019.

“Saya sangat bersyukur sekali PT Waskita Karya (Persero) Tbk sangat peduli dengan pendidikan anak-anak SMPN 19 Purworejo. Hal itu terbukti dengan kesediaan Waskita membangun ruang Laboratorium Matematika. Semoga ke depan Waskita bisa semakin sukses dan terus tumbuh berkembang,” kata Kepala Sekolah SMPN 19 Purworejo Wahyudi Waluyojati.

Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto yang memberikan pidato usai Hadjar menyampaikan motivasi mengaku sangat terinspirasi dari apa yang dijelaskan oleh Hadjar. Tak hanya Sukmo saja, namun semua peserta yang hadir di acara peresmian juga terinspirasi dari apa yang disampaikan oleh Hadjar.

“Belum pernah ada motivator yang membuat saya terinspirasi seperti ini,” beber Sukmo Widi.

Ruang Laboratorium Matematika biasa digunakan oleh Juli Eko Sarwono yang merupakan guru Matematika SMPN 19 Purworejo. Biasanya Juli Eko mengajar Matematika dengan metode memakai alat peraga. Metode itu terbilang jitu untuk diterapkan pada anak usia SMP. Karena pelajar mampu mengimajinasikan rumus-rumus yang ada dalam buku dengan menerapkan langsung pada berbagai alat peraga.

Turut mendampingi Director of Human Capital Management & System Development PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Hadjar Seti Adji yaitu Senior Vice President Corporate Secretary PT Waskita Karya (Persero) Tbk, Shastia Hadiarti, Kepala Dinas Dikpora Kabupaten Purworejo, Sukmo Widi Harwanto, Kepala Sekolah SMPN 19 Purworejo, Wahyudi Waluyojati dan Guru Matematika SMPN 19 Purworejo, Juli Eko Sarwono.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ditjen PKH Kementan kordinasi cegah virus dampak kematian Kerbau

Sabtu, 20 April 2024 - 15:46 WIB

Kementan Sigap Tangani Kasus Kematian Ternak Kerbau Pampangan di Sumsel

Beberapa waktu lalu telah terjadi kasus kematian ternak kerbau pampangan di sejumlah wilayah Sumatera Selatan. Kasus ini tercatat mulai tanggal 15 Maret hingga 6 April 2024, terutama di Desa…

BNI apresiasi Thomas dan Uber Cup

Sabtu, 20 April 2024 - 13:52 WIB

Indonesia Juara di All England dan BAC, BNI Apresiasi dan Dukung Tim Thomas & Uber Cup

PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas prestasi gemilang para atlet bulu tangkis Indonesia dalam dua turnamen bergengsi, All England 2024…

Menparekraf Sandiaga Uno

Sabtu, 20 April 2024 - 11:45 WIB

Menparekraf Sandiaga Uno Beberkan Transformasi Pariwisata Pascapandemi dalam Forum PBB di New York

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno menghadiri undangan PBB untuk berbicara pada high level meeting "UN General Assembly Sustainability Week" di New…

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Sabtu, 20 April 2024 - 10:59 WIB

Sambut Hari Kartini, Hutama Karya Resmikan Fasilitas Daycare

Menyambut Hari Kartini 2024, PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) secara resmi meluncurkan Daycare dan Sekolah Harmony Montessori di lingkungan perusahaan. Fasilitas ini diresmikan oleh…

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

Sabtu, 20 April 2024 - 10:06 WIB

OYO Berikan Layanan Komprehensif bagi Acara yang Diselenggarakan Pemerintah

OYO implementasikan kesuksesan bisnis akomodasi pemerintahan di India dengan sediakan layanan integrasi akomodasi, transportasi dan katering untuk berikan layanan komprehensif bagi acara yang…