Komitmen Kaum Muda Diharapkan Tumbuh Terkait Perubahan Iklim

Oleh : Herry Barus | Selasa, 08 Oktober 2019 - 06:00 WIB

Kuasa Usaha Ad Interim Delegasi Uni Eropa, Charles-Michel Geurts.
Kuasa Usaha Ad Interim Delegasi Uni Eropa, Charles-Michel Geurts.

INDUSTRY.co.id - Jakarta-Uni Eropa dan Negara-negara Anggotanya resmi menutup rangkaian kegiatan Pekan Diplomasi Iklim di Indonesia pada hari Minggu (6/10/2019). Dalam acara penutupan tersebut, kaum muda Indonesia yang progresif berbagi pengalaman tentang bagaimana mereka menjadi pelopor ataupun panutan dalam upaya mengatasi keadaan darurat iklim. Mereka menyerukan pula agar kaum muda lainnya mengikuti jejak ambisi mereka.

 “Gerakan kaum muda secara global dalam aksi iklim merupakan bukti meningkatnya kesadaran di masyarakat bahwa perubahan iklim adalah kenyataan yang sudah semakin mendesak saat ini,” kata Kuasa Usaha Ad Interim Delegasi Uni Eropa, Charles-Michel Geurts.

“Selama Pekan Diplomasi Iklim, kami menyaksikan bahwa sudah banyak upaya dan program inovatif yang fokus pada iklim. Lebih menggembirakan lagi adalah mengetahui bahwa anak muda Indonesia berada di belakang gerakan dan komitmen ini,” tambah Charles-Michel Geurts.

Pekan Diplomasi Iklim 2019 – yang berlangsung dari 23 September hingga 6 Oktober – bertema  "Kaum Muda dan Aksi Iklim" karena semakin banyak orang muda memimpin aksi iklim, membuat suara mereka didengar, dan menuntut pemerintah, perusahaan dan kita semua untuk mengambil tindakan.

 Dalam Pekan Diplomasi Iklim tahun ini, Uni Eropa mempersembahkan 15 kegiatan dan bermitra dengan tujuh kedutaan besar Negara Anggota Uni Eropa, satu kementerian, 19 mitra institusi, organisasi dan komunitas, serta 12 pemimpin opini atau selebriti Indonesia. Kegiatan-kegiatan tersebut mengangkat beragam persoalan perubahan iklim: seputar pelestarian hutan dan lautan, energi terbarukan, pertanian yang berkelanjutan, produksi dan konsumsi yang bertanggungjawab, serta perencanaan tata kota yang berwawasan hijau. Acara digelar dalam berbagai format, mulai dari lokakarya, forum diskusi, kompetisi dan permainan, demo masak, siaran podcast, pembuatan ilustrasi dan komik kartun, program pembersihan lingkungan, hingga pertunjukan musik dan pemutaran film.

 “Uni Eropa mendukung kaum muda karena kami juga prihatin tentang perubahan iklim. Kami menghargai pula upaya mereka meningkatan perhatian dan kesadaran terhadap masalah yang menguatirkan dan mendesak ini. Uni Eropa berharap dapat melihat lebih banyak program komunitas kaum muda berjalan secara berkelanjutan di Indonesia. Kami tidak ingin kolaborasi yang konstruktif ini berakhir di sini, dan nuansa positif yang sudah terbangun ini memudar. Sebagai kelanjutan dari Pekan Diplomasi Iklim tahun ini, kami akan meneruskan kerjasama dengan mitra-mitra yang sudah ada, melalui kampanye yang kami sebut sebagai Greenmix,” ucap Geurts saat acara penutupan.

Acara penutupan Pekan Diplomasi Iklim 2019 ini dihadiri pula oleh Duta Besar Polandia Beata StoczyƄska dan Direktur Institut Français d’Indonésie Stephane Dovert. Para mitra Pekan Diplomasi Iklim turut juga mengungkapkan pengalaman mereka dari kegiatan selama dua minggu penuh, serta memberi kesan dan pesan mereka dalam berjuang melawan perubahan iklim. Mereka juga menuntut komitmen dan tindakan nyata dari kaum muda dan masyarakat dalam menanggapi tantangan iklim. Band musik The Rain tampil pula dengan membawakan lagu “Today for Our Tomorrow” yang mereka ciptakan secara khusus untuk menjadi lagu tema Pekan Diplomasi Iklim Uni Eropa dan Indonesia.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Salah satu model rumah yang dikembangkan PT BNI Syariah dan kepemilikannya ditawarkan melalui KPR BNI Griya Swakarya iB Hasanah. (Foto: Humas BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 23:09 WIB

Gapai Miliki Rumah Bersama BNI Syariah

Mempunyai rumah sendiri idaman bagi semua orang, tidak sedikit orang yang sudah punya anak sudah sudah besar-besar namun belum juga miliki hunian pribadi. Apalagi pengantin baru, tentunya sudah…

Sawah yang siap ditanam padi (Doc: Kementan)

Kamis, 28 Mei 2020 - 22:44 WIB

Sempat Kebanjiran, Pertanaman Padi di Lebak Masih Tetap Bisa Panen

Pasca banjir yang melanda ratusan rumah dan sawah siap panen di Kecamatan maja dan Sajira, Kabupaten Lebak, Banten, warga yang sebagian berprofesi sebagai petani sudah memulai aktifitas seperti…

BCA

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:30 WIB

IHSG Finish di Zona Hijau, Saham Bank BCA Naik 6,65 Persen

Pada akhir perdagangan Kamis (28/5/2020), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) finish di zona hijau sore ini. Pasar modal Indonesia ditutup naik 74,6 poin atau 1,60% ke level 4.716,18

Direktur Utama BNI Syariah Abdullah Firman Wibowo (Doc: BNI Syariah)

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:04 WIB

BNI Syariah Siap Perkuat Bisnis Remittance

PT Bank BNI Syariah masuk BUKU 3 dan optimis dapat meraih bisnis internasional seperti remittance. Modal inti BNI Syariah di atas Rp5 triliun.

Ilustrasi Pergerakan Saham

Kamis, 28 Mei 2020 - 20:00 WIB

Naik, PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk Cetak Penjualan Rp1,44 Triliun Sepanjang 2019

Emiten PT Jasuindo Tiga Perkasa Tbk (JTPE) cetak penjualan sebesar Rp1,44 triliun hingga periode 31 Desember 2019 naik dari penjualan Rp1,27 triliun hingga periode 31 Desember 2018.