Amran Wujudkan Kedaulatan Pangan untuk Masyarakat

Oleh : Wiyanto | Rabu, 02 Oktober 2019 - 14:21 WIB

Beras (Foto/Rizki Meirino)
Beras (Foto/Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman dinilai telah mampu mewujudkan swasembada pangan Indonesia, salah satunya pada produksi beras nasional.

"Hebatnya, Amran Sulaiman enggan dipuji. Buat Amran yang terpenting adalah terus bekerja dengan baik untuk pembangunan pertanian Indonesia," ujar pengamat politik Hendri Satrio, Senin (30/9/2019).

Menurut Hendri, prestasi kedaulatan pangan dan swasembada beras yang dihasilkan Amran Sulaiman selama ini membuktikan bahwa dirinya mampu mengemban tugas dan kepercayaan secara baik dari Presiden Jokowi dan masyarakat.

"Tentu saja langkah Amran Sulaiman yang berhasil mewujudkan swasembada beras akan memberikan rasa nyaman di masyarakat sebab tersedianya konsumsi utama, tidak kekurangan beras," ucap Hendri.

Hendri menuturkan, dengan bukti tercapainya swasembada beras di tangan Amran Sulaiman, seharusnya menjadi landasan pemerintah agar tak perlu lagi menetapkan impor.

Selain itu, Hendri berpendapat, Amran Sulaiman merupakan sosok Menteri yang tergolong banyak membuat gebrakan positif guna mendukung swasembada pangan.

Di antaranya, kata Hendri, gencarnya distribusi alat mesin pertanian (alsintan) serta benih terbaik untuk mencapai target panen raya. Hal itu juga akhirnya mendapatkan hasil memuaskan dengan meningkatnya ekspor pertanian.

Pada tahun 2018 Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan bila Indonesia mengalami surplus beras sebanyak 2,85 juta ton.

Dikesempatan lain, saat menghadiri peringatan Hari Tani Nasional 2019 di Pemalang, Jawa Tengah (30/9), Amran Sulaiman menyampaikan bahwa Perum Bulog masih menyimpan cadangan beras pemerintah sebesar 2,5 juta ton.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Warung Konsuler di Wilayah Calabria (Photo by Kemlu)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:15 WIB

Bantu WNI di Italia Selatan, KBRI Roma Adakan Warung Konsuler

Pelayanan kekonsuleran seperti pembaharuan paspor, diperlukan oleh para WNI yang berada di luar negeri, tidak terkecuali para WNI yang tinggal jauh dari kantor Perwakilan Indonesia.

Jasa Penagihan Hutang (Foto Dok Media Konsumen)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:09 WIB

Sejumlah Tips Pilih Jasa Penagihan Hutang

Jasa penagihan hutang di Indonesia banyak sekali jumlahnya, contohnya di Jabodetabek saja, lebih dari 100 biro jasa yang bergerak dalam bidang penagihan hutang. Yang harus diperhatikan adalah…

Diah Natalisa Deputi bidang Pelayanan Publik, Kementerian PANRB

Rabu, 21 Oktober 2020 - 11:00 WIB

Menyempurnakan UU Pelayanan Publik dari Berbagai Sisi

Undang-undang No. 25/2009 tentang Pelayanan Publik akan disempurnakan. Berbagai aspek disiapkan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk merevisi UU tersebut.…

Peresmian Jalan Presiden Joko Widodo di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.(Twitter/@jokowi)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:49 WIB

Dasyat! Nama Presiden Jokowi Diabadikan Jadi Nama Jalan di Uni Emirat Arab

Jakarta-Nama Presiden Joko Widodo diabadikan menjadi nama jalan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab (UEA) Peresmian President Joko Widodo Street dipimpin oleh Chairman Abu Dhabi Executive Office Sheikh…

Omnibus Law Cipta Lapangan Kerja (Foto Dok Biem.co)

Rabu, 21 Oktober 2020 - 10:18 WIB

Pemerintah Tegaskan Pembahasan UU Cipta Kerja Sudah Sangat Transparan

Pemerintah melalui Kementerian Hukum dan HAM kembali menegaskan bahwa proses panjang pembahasan UU Cipta Kerja yang sudah dimulai sejak Januari 2020 lalu sudah sangat transparan. Penegasan ini…