Siloam Manado Pemutaran Film Tiga Dimensi Terkait Kesehataan Otak

Oleh : Herry Barus | Selasa, 01 Oktober 2019 - 10:00 WIB

Siloam Denpasar Kembangkan DSA Terkait Penanganan Kasus Stroke
Siloam Denpasar Kembangkan DSA Terkait Penanganan Kasus Stroke

INDUSTRY.co.id- Manado-Siloam Hospital Manado, menggelar nonton bareng dengan mengajak seluruh masyarakat Manado dan Sulawesi Utara tentang kesehatan otak manusia, lewat pemutaran film tiga dimensi, "The Amazing Human Brain and the Potential Catastrophe", di cinemax Bahu Mal, Sabtu (28/9/2019)

"Pemutaran film tiga dimensi tersebut, berisikan pesan-pesan preventif kepada masyarakat, yang mendalam untuk mendeteksi masalah apapun di otak," Kata Ahli Bedah Saraf Indonesia, Prof. Dr. Dr. dr. Eka Wahjoepramono, Sp.Bs, PhD, di Manado.

Dr. Eka, yang sehari-harinya adalah ketua Tim bedah saraf Siloam Hospital, Karawaci dan Dekan Fakultas Kedokteran UPH itu, mengatakan, dengan pemutaran film dan mengundang masyarakat umum serta para mahasiswa kedokteran dan para dokter untuk menonton, bisa membuat masyarakat sadar dan tertarik melakukan pemeriksaan kesehatan otak.

Dia mengakui besar sekali dana masyarakat dan pemerintah terbuang karena penyakit yang bersumber dari otak, sehingga diharapkan memotivasi masyarakat memeriksakan kesehatan otak, sebagian tindakan preventif.

"Dengan film ini diharapkan bisa dan mau melakukan cek up sehingga bisa tahu jika ada yang tak beres seperti adanya gejala stroke dan lainnya," katanya.

Dalam pemutaran film tiga dimensi itu, ditunjukkan bagaimana pemeriksaan otak, dan tindakan operasi di otak yang harus ditempuh untuk menyelamatkan nyawa, dilakukan tim dr. Eka.

Sementara Dr. dr. Maximillian Oleh, Sp.BS (K), ahli bedah saraf Siloam Hospital Manado, mengatakan, pemeriksaan otak itu sangat perlu, karena sekali rusak otak tak bisa diperbaiki lagi, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan otak dengan MRI dan MRA.

"Jika ada indikasi rusak, lebih cepat bisa dilakukan tindakan, jangan sampai terlalu parah rusaknya, karena tidak bisa diobati," katanya.

Demikian juga Prof. Dr. dr. Eko Prasetyo, Sp. BS, mengatakan diaognosa dini melakukan brain chek up dan chek ini, karena dengan mengetahui lebih awal lebih murah dan mudah pengobatannya.

"Jika ditemukan ada perdarahan di otak, maka yang penting adalah waktu, jangan menunda segera lakukan tindakan operasi segera jangan menunda, untuk kesehatan," katanya.

Selain pemutaran film, juga ada testimoni dari beberapa orang yang pernah melakukan operasi otak dan operasi di tulang belakang, seperti mantan Bupati Minahasa, Vreeke Runtu, yang mengaku dioperasi sejak 2005 di Siloam Hospitals Lippo Village oleh dr Eka, dan sampai sekarang masih sehat. 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Utama LPDB-KUMKM Supomo

Sabtu, 06 Juni 2020 - 18:01 WIB

LPDB-KUMKM Restrukturisasi 40 Koperasi Terdampak Covid-19

Jakarta - Lembaga Pengelola Dana Bergulir Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Menengah (LPDB-KUMKM) membuat kebijakan relaksasi dan kelonggaran pembiayaan berupa program restrukturisasi pinjaman/pembiayaan…

Penyerang Sayap Persebaya Oktafianus Fernando Dikaruniai Putra Pertama

Sabtu, 06 Juni 2020 - 17:00 WIB

Penyerang Sayap Persebaya Oktafianus Fernando Dikaruniai Putra Pertama

Kabar gembira datang dari penyerang sayap Persebaya, Oktafianus Fernando. Kamis (4/6/2020) malam, istri tercinta Ofan melahirkan anak pertama mereka. Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut…

Dato Sri Taher Pemilik Bank Mayapada bersama Kuasa Hukum Yusril Ihza Mahendra

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:51 WIB

Bank Mayapada Perusahaan Dato Sri Tahir Disebut Tengah Hadapi Permasalahan, Yusril: Itu Hoax, Kami Akan Ambil Langkah Tegas!

Kuasa Hukum Bank Mayapada International Tbk, Yusril Ihza Mahendra dari IHZA & IHZA Law Firm, membantah berbagai rumors yang menyebutkan Bank Mayapada menghadapi masalah sehingga tidak mampu…

 Perwira Brigif 2 Marinir Gowes Bersama Tingkatkan Kebugaran dan Kebersamaan

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:30 WIB

Perwira Brigif 2 Marinir Gowes Bersama Tingkatkan Kebugaran dan Kebersamaan

Dalam rangka meningkatkan kebersamaan dan soliditas, Perwira Brigif 2 Marinir yaitu melaksanakan gowes bersama dari Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, menuju Markas Yonif 5 Marinir Ujung, Semampir,…

Pemuda Katolik Siap Salurkan Bantuan Sosial Presiden kepada Masyarakat

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:00 WIB

Soal Bantuan Sosial Presiden, Ini Pernyataan Pemuda Katolik Jelang New Normal

Jakarta-Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik dr. Karolin Margret Natasa mengucapkan terimakasih dan apresiasi sebesar - besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo…