Siloam Manado Pemutaran Film Tiga Dimensi Terkait Kesehataan Otak

Oleh : Herry Barus | Selasa, 01 Oktober 2019 - 10:00 WIB

Siloam Denpasar Kembangkan DSA Terkait Penanganan Kasus Stroke
Siloam Denpasar Kembangkan DSA Terkait Penanganan Kasus Stroke

INDUSTRY.co.id- Manado-Siloam Hospital Manado, menggelar nonton bareng dengan mengajak seluruh masyarakat Manado dan Sulawesi Utara tentang kesehatan otak manusia, lewat pemutaran film tiga dimensi, "The Amazing Human Brain and the Potential Catastrophe", di cinemax Bahu Mal, Sabtu (28/9/2019)

"Pemutaran film tiga dimensi tersebut, berisikan pesan-pesan preventif kepada masyarakat, yang mendalam untuk mendeteksi masalah apapun di otak," Kata Ahli Bedah Saraf Indonesia, Prof. Dr. Dr. dr. Eka Wahjoepramono, Sp.Bs, PhD, di Manado.

Dr. Eka, yang sehari-harinya adalah ketua Tim bedah saraf Siloam Hospital, Karawaci dan Dekan Fakultas Kedokteran UPH itu, mengatakan, dengan pemutaran film dan mengundang masyarakat umum serta para mahasiswa kedokteran dan para dokter untuk menonton, bisa membuat masyarakat sadar dan tertarik melakukan pemeriksaan kesehatan otak.

Dia mengakui besar sekali dana masyarakat dan pemerintah terbuang karena penyakit yang bersumber dari otak, sehingga diharapkan memotivasi masyarakat memeriksakan kesehatan otak, sebagian tindakan preventif.

"Dengan film ini diharapkan bisa dan mau melakukan cek up sehingga bisa tahu jika ada yang tak beres seperti adanya gejala stroke dan lainnya," katanya.

Dalam pemutaran film tiga dimensi itu, ditunjukkan bagaimana pemeriksaan otak, dan tindakan operasi di otak yang harus ditempuh untuk menyelamatkan nyawa, dilakukan tim dr. Eka.

Sementara Dr. dr. Maximillian Oleh, Sp.BS (K), ahli bedah saraf Siloam Hospital Manado, mengatakan, pemeriksaan otak itu sangat perlu, karena sekali rusak otak tak bisa diperbaiki lagi, sehingga perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan otak dengan MRI dan MRA.

"Jika ada indikasi rusak, lebih cepat bisa dilakukan tindakan, jangan sampai terlalu parah rusaknya, karena tidak bisa diobati," katanya.

Demikian juga Prof. Dr. dr. Eko Prasetyo, Sp. BS, mengatakan diaognosa dini melakukan brain chek up dan chek ini, karena dengan mengetahui lebih awal lebih murah dan mudah pengobatannya.

"Jika ditemukan ada perdarahan di otak, maka yang penting adalah waktu, jangan menunda segera lakukan tindakan operasi segera jangan menunda, untuk kesehatan," katanya.

Selain pemutaran film, juga ada testimoni dari beberapa orang yang pernah melakukan operasi otak dan operasi di tulang belakang, seperti mantan Bupati Minahasa, Vreeke Runtu, yang mengaku dioperasi sejak 2005 di Siloam Hospitals Lippo Village oleh dr Eka, dan sampai sekarang masih sehat. 

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kebun sawit

Kamis, 17 Oktober 2019 - 18:07 WIB

KIP: Informasi Dokumen HGU di Papua dan Papua Barat Tertutup Bagi Publik

akarta – Majelis Komisioner Komisi Informasi Pusat (KIP) memutuskan informasi dokumen Hak Guna Usaha (HGU) di Provinsi Papua dan Papua Barat sebagai informasi publik yang bersifat tertutup.

Topping Off Tower B Apartemen Emerald Bintaro

Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:30 WIB

Resmi Gelar Topping Off Tower B, Apartemen Emerald Bintaro Yakinkan Millenials Pasti Bisa Beli Hunian Ideal

Perkembangan zaman, teknologi, dan gaya hidup ternyata mempengaruhi kemampuan generasi millennials untuk memiliki hunian. Banyak pakar memperkirakan bahwa millennials akan mengalami kesulitan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 17 Oktober 2019 - 15:36 WIB

BNI Syariah Gandeng Setneg dan Barokah Syariah Properti terkait Pembiayaan Perumahan

Jakarta - BNI Syariah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Setneg) dan PT Barokah Syariah Properti terkait pembiayaan pemilikan rumah…

Lukisan Liu Hsin Ying Taiwan

Kamis, 17 Oktober 2019 - 15:00 WIB

Empat Pelukis Wanita Taiwan Pamerkan Lukisan di WTC 2 Jakarta

Ethereal Minds memberi penghormatan pada karya-karya 4 (empat) seniman kontemporer Taiwan; Yang Yi Shiang, Liu Hsin Ying, Huang Chia Ning dan Wang Liang Yin. Istilah kecantikan Ethereal secara…

United Tractors

Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:26 WIB

United Tractors Gelar Kompetisi SOBAT

PT United Tractors Tbk (UT) menciptakan generasi muda yang siap bekerja, mandiri dan berkarakter melalui program Sekolah Binaan United Tractors (SOBAT). SOBAT merupakan program yang dilakukan…