Polwan Cantik Vivick Tjangkung Luncurkan Buku Melawan Teror Narkoba 8 Penjuru

Oleh : Ilham Bintang | Minggu, 29 September 2019 - 16:00 WIB

Polwan Cantik Vivick Tjangkung Luncurkan Buku Melawan Teror Narkoba 8 Penjuru
Polwan Cantik Vivick Tjangkung Luncurkan Buku Melawan Teror Narkoba 8 Penjuru

INDUSTRY.co.id - Masih ingat polwan muda, cantik,   yang berhasil membekuk Ratu Ekstasi Zarima Mirafsur lebih duapuluh tahun lalu?

Ya, dia : Vivick Tjangkung. Perempuan  kelahiran Ende-Flores 15 Maret 1971, waktu diutus ke Texas, Amerika Serikat untuk  menangkap artis Zarima. Peristiwa itu terjadi tahun 1996.

Praktis sejak itulah Vivick bersama tim ditugaskan di Direktorst Reserse Polda Metro Jaya untuk mengungkap banyak kasus narkoba. Termasuk  pengungkapqn kasus laboratorium gelap yang memproduksi narkoba di Tanah Air. Untuk urusan penanggulangan narkoba, Vivick salah satu ahlinya. Berkat itu tidak heran jika ia mengantongi banyak penghargaan dari institusi tempat dia bernaung dan Kapolri.

Vivick Tjangkung yang saat ini berpangkat Komisaris Polisi debgan jabatan Kasat Narkoba Polres di Jakarta Selatan,  tentulah memiliki segudang pengalaman. Tak heran jika peluncuran bukunya  “ Melawan Teror Narkoba 8 Penjuru” Kamis (26/9/2019)  petang di Basque Bar De Tapas, lantai 8 Noble House,  Mega Kuningan, Jakarta, mendapat perhatian serius dari tamu undangan.

Pada kesempatan itu dua pakar penanggulangan narkoba, Irjen Pol ( Purn) Dr Benny Mamoto dan Prof Aleksius Jemady, Ph.D tampil membedah buku Vivick.

Di antara tamu undangan, tampak antara lain Komjen Pol ( Purn) Gories Mere, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Bastoni Purnama, Romo Benny,  Brigjen ( Pol) Ahli BNN dr Victor Pudjiadi,  pengacara Henry Yosodiningrat, Gabriel Mahal, dan Henky Sanjaya.

Buku Vivick setebal 168 halaman yang diterbitkan oleh Grasindo  berisi berbagai pengalaman suka duka Vivick Tjangkung dalam melaksanakan tugas pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Penanganan pengguna narkoba dari kalangan artis dan selebriti dibahas satu bab khusus 

 

“ Janji Selebritas”.  Bab lain yang tak kurang serunya kisah tentang kepungan narkoba dari luar dan dalam. Bab berikutnya penulis mengingatkan perlunya masyarakat Indonesia bersama- sama melawan kejahatan narkoba.

Dalam pengantarnya Vivick Tjangkung mengungkap kisah di tahun 2018, saat dia menangani kasus balita yang dijebloskan oleh bapaknya jadi kurir narkoba. “ Saya terenyak menghadapi fakta yang amat mengerikan, “ kata Vivick.

Turut memberi pengantar di buku itu, DR ( HC) Karni Ilyas, Benny Mamoto,  dan Aleksius Jemadu yang tampil membedah pada acara peluncuran.

Ilham Bintang, Wartawan Senior

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT SUCOFINDO (Persero) melaksanakan kegiatan web seminar (webinar) guna mendukung peningkatan daya saing industri melalui kalibrasi peralatan operasi secara berkala.

Rabu, 23 September 2020 - 21:10 WIB

Dukung Peningkatan Daya Saing Industri, SUCOFINDO Sharing Pentingnya Kalibrasi Peralatan Operasi Secara Berkala

Jakarta (22/09) - PT SUCOFINDO (Persero) melaksanakan kegiatan web seminar (webinar) guna mendukung peningkatan daya saing industri melalui kalibrasi peralatan operasi secara berkala.

Tingkatkan Kolaborasi, Pemprov DKI dan Bank DKI gandeng Gopay untuk Mudahkan pembayaran pajak

Rabu, 23 September 2020 - 20:37 WIB

Mudahkan Pembayaran Pajak! Kini Pemprov DKI dan Bank DKI Gandeng Gopay

Jakarta – Permudah warga Jakarta melakukan pembayaran PBB secara praktis, Bank DKI dan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Provinsi DKI Jakarta berkolaborasi dengan GoPay, uang elektronik bagian…

Kunjungan Mappilu PWI Dipimpin oleh Sekretaris Jenderal PWI Pusat

Rabu, 23 September 2020 - 20:30 WIB

Aziz Syamsuddin: Pensiunan ASN dan TNI-POLRI Perlu Jeda 5 Tahun Terjun ke Politik

Sekertaris Mappilu PWI mengatakan wacana yang dilontarkan Aziz terkait perlunya jeda lima tahun bagi pensiunan ASN dan TNI-Polri untuk terjun ke politik praktis menjadi wacana yang patut didiskusikan…

Serah terima bantuan PT PP ke Rumah Sakit Polri Kramat Jati

Rabu, 23 September 2020 - 20:26 WIB

PTPP Salurkan Bantuan Logistik ke Rumah Sakit di Jakarta

PT PP (Persero) Tbk, menyalurkan kebutuhan logistik Tim Medis ke Rumah Sakit Polri dan Rumah Sakit Umum Daerah Pasar Minggu. Bantuan logistic yang diberikan kepada masing-masing Rumah Sakit…

Robert Alberts Pelatih Persib Bandung (Foto Dok PR)

Rabu, 23 September 2020 - 18:00 WIB

Ini Alasan Pelatih PERSIB Robert Berikan Sesi Latihan Bek Lebih Awal

Pelatih Robert Alberts mengungkapkan pentingnya materi latihan yang spesifik bagi pemain di setiap posisi. Oleh sebab itu, dalam agenda latihan di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Rabu 23…