Polwan Cantik Vivick Tjangkung Luncurkan Buku Melawan Teror Narkoba 8 Penjuru

Oleh : Ilham Bintang | Minggu, 29 September 2019 - 16:00 WIB

Polwan Cantik Vivick Tjangkung Luncurkan Buku Melawan Teror Narkoba 8 Penjuru
Polwan Cantik Vivick Tjangkung Luncurkan Buku Melawan Teror Narkoba 8 Penjuru

INDUSTRY.co.id - Masih ingat polwan muda, cantik,   yang berhasil membekuk Ratu Ekstasi Zarima Mirafsur lebih duapuluh tahun lalu?

Ya, dia : Vivick Tjangkung. Perempuan  kelahiran Ende-Flores 15 Maret 1971, waktu diutus ke Texas, Amerika Serikat untuk  menangkap artis Zarima. Peristiwa itu terjadi tahun 1996.

Praktis sejak itulah Vivick bersama tim ditugaskan di Direktorst Reserse Polda Metro Jaya untuk mengungkap banyak kasus narkoba. Termasuk  pengungkapqn kasus laboratorium gelap yang memproduksi narkoba di Tanah Air. Untuk urusan penanggulangan narkoba, Vivick salah satu ahlinya. Berkat itu tidak heran jika ia mengantongi banyak penghargaan dari institusi tempat dia bernaung dan Kapolri.

Vivick Tjangkung yang saat ini berpangkat Komisaris Polisi debgan jabatan Kasat Narkoba Polres di Jakarta Selatan,  tentulah memiliki segudang pengalaman. Tak heran jika peluncuran bukunya  “ Melawan Teror Narkoba 8 Penjuru” Kamis (26/9/2019)  petang di Basque Bar De Tapas, lantai 8 Noble House,  Mega Kuningan, Jakarta, mendapat perhatian serius dari tamu undangan.

Pada kesempatan itu dua pakar penanggulangan narkoba, Irjen Pol ( Purn) Dr Benny Mamoto dan Prof Aleksius Jemady, Ph.D tampil membedah buku Vivick.

Di antara tamu undangan, tampak antara lain Komjen Pol ( Purn) Gories Mere, Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Bastoni Purnama, Romo Benny,  Brigjen ( Pol) Ahli BNN dr Victor Pudjiadi,  pengacara Henry Yosodiningrat, Gabriel Mahal, dan Henky Sanjaya.

Buku Vivick setebal 168 halaman yang diterbitkan oleh Grasindo  berisi berbagai pengalaman suka duka Vivick Tjangkung dalam melaksanakan tugas pencegahan, pemberantasan penyalahgunaan narkoba. Penanganan pengguna narkoba dari kalangan artis dan selebriti dibahas satu bab khusus 

 

“ Janji Selebritas”.  Bab lain yang tak kurang serunya kisah tentang kepungan narkoba dari luar dan dalam. Bab berikutnya penulis mengingatkan perlunya masyarakat Indonesia bersama- sama melawan kejahatan narkoba.

Dalam pengantarnya Vivick Tjangkung mengungkap kisah di tahun 2018, saat dia menangani kasus balita yang dijebloskan oleh bapaknya jadi kurir narkoba. “ Saya terenyak menghadapi fakta yang amat mengerikan, “ kata Vivick.

Turut memberi pengantar di buku itu, DR ( HC) Karni Ilyas, Benny Mamoto,  dan Aleksius Jemadu yang tampil membedah pada acara peluncuran.

Ilham Bintang, Wartawan Senior

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Umrah di Mekkah

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:31 WIB

Meraih Keberkahan Bulan Syawal, Pegadaian Ajak Masyarakat Umrah Akbar Bersama

Pada momen perayaan ulang tahun Pegadaian ke-123 Tahun dan hari raya Idul Fitri 1445 Hijriyah yang jatuh pada bulan April ini, Pegadaian menyelenggarakan kegiatan Umrah Akbar Pegadaian dengan…

Pengurus BUMN Muda Pegadaian

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:18 WIB

Pegadaian Kukuhkan Pengurus BUMN Muda Pegadaian

PT Pegadaian melantik pengurus organisasi kepemudaan yang diinisiasi oleh Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Kementerian BUMN, yang tergabung dalam BUMN Muda Pegadaian di Ballroom The Gade…

MamyPoko Pants Skin Comfort, popok pertama cegah ruam 12 jam mengandung coconut oil.

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:14 WIB

MamyPoko Pants Skin Comfort, Popok Pertama di Indonesia Dengan All in 1 Skin Care Cegah Ruam 12 Jam

MamyPoko Pants Skin Comfort dari Uni-Charm, popok pertama di Indonesia dengan All in 1 Skin Care yang mengandung coconut oil, cegah ruam 12 jam.

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Selasa, 19 Maret 2024 - 13:04 WIB

Kolaborasi Kemenparekraf, KAI dan ASTINDO Hadirkan Bundling Paket Wisata Kereta Api

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) menjalin kolaborasi dengan PT. KAI/KA Wisata dan ASTINDO menghadirkan program "Bundling…

Penandatanganan Kontrak Subsidi Energi 2024

Selasa, 19 Maret 2024 - 12:40 WIB

Pertamina Siap Salurkan Subsidi Energi 2024 Tepat Sasaran

Pertamina siap menjalankan penugasan Pemerintah menyalurkan subsidi energi 2024 tepat sasaran. Melalui PT Pertamina Patra Niaga sebagai Subholding Commercial & Trading, Pertamina akan memastikan…