ABC Sari Kacang Hijau Memulai Gerakan Kurangi Kemarahan di Media Sosial

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 26 September 2019 - 20:49 WIB

ABC Sari Kacang Hijau Memulai Gerakan Kurangi Kemarahan di Media Sosial
ABC Sari Kacang Hijau Memulai Gerakan Kurangi Kemarahan di Media Sosial

INDUSTRY.co.id - Jakarta, 26 September 2019 – Media sosial sangat banyak memberikan manfaat bagi penggunanya. Pada dasarnya, media sosial merupakan wadah untuk saling berbagi. Namun di sisi lain, hal tersebut juga memiliki efek negatif. Salah satunya adalah unggahan kemarahan dan kebencian yang terus meningkat dan sulit dikendalikan. Merunut pada data dari Crimson Hexagon, di Indonesia, dari awal tahun 2019, setidaknya ada lebih dari 70.000 pesan negatif beredar di media sosial setiap harinya, angka tersebut terus meningkat dari waktu ke waktu.

Selama dua tahun terakhir, ABC Sari Kacang Hijau secara konsisten terus mengkomunikasikan misinya untuk mengurangi kemarahan, dengan mengendalikan rasa lapar. Sebab, pada dasarnya orang akan mudah marah ketika mereka lapar, terutama mereka yang berada di rentang usia 18 – 30 tahun. Tahun 2018 lalu, ABC Sari Kacang Hijau membuat sebuah kampanye marketing untuk mengurangi kemarahan di lalu lintas. Tahun 2019 ini, ABC Sari Kacang Hijau meluncurkan sebuah inisiatif untuk mengurangi kemarahan di media sosial. Bekerja sama dengan Xquisite Informatics, ABC Sari Kacang Hijau menemukan korelasi antara saat-saat menjelang waktu makan dan meningkatnya luapan kemarahan di media online. Sebagai produk yang dapat membantu mencegah rasa lapar, ABC Sari Kacang Hijau ingin membantu mengurangi kemarahan di media sosial.

Dhiren Amin, Head of Marketing & R&D Kraft Heinz ABC Indonesia & Papua New Guinea, menjelaskan, “Sebagai merek asli Indonesia yang telah berkembang selama lebih dari 40 tahun, ABC percaya bahwa kami memiliki tanggung jawab untuk turut membangun Indonesia yang lebih baik. Kampanye yang ABC lakukan selama 2 tahun terkahir merupakan bukti dari komitmen tersebut. Setelah menciptakan gerakan tentang kesetaraan gender melalui Kecap ABC dan kesejahteraan anak melalui Sarden ABC; kini ABC melanjutkan misinya melalui ABC Sari Kacang Hijau untuk turut mengurangi kemarahan, termasuk di media sosial.  

“Sebagai merek makanan, kami percaya bahwa salah satu penyebab munculnya emosi marah adalah rasa lapar. Dengan tujuan untuk mengurangi kemarahan di media sosial, ABC Sari Kacang HIjau meluncurkan sebuah program kampanye Anti Maper (Marah Laper). Ini merupakan kampanye digital holistik, di mana kami bekerja sama dengan influencer dan salah satu platform media sosial di Indonesia. Melalui kampanye ini, kami menghimbau para pengguna media sosial untuk mengurangi unggahan kemarahan mereka, sebab faktanya mereka bukanlah marah, namun hanya lapar,” jelas Anissa Permatadietha, Marketing Manager Ready to Eat & Beverage, Kraft Heinz ABC Indonesia

Ahli gizi dr. Juwalita Surapsari, SpGK juga menjelaskan hubungan antara rasa lapar dan emosi marah. “Kondisi yang disebut Maper ini perlu diperkenalkan kepada publik agar dampaknya dapat sepenuhnya dipahami. Ketika orang mengabaikan rasa lapar, orang akan merasa lebih tidak senang dan mudah marah. Hal ini mengarah pada penyebaran emosi negatif, termasuk, apalagi di media sosial yang saat ini hanya tinggal mengetukkan jari saja,” jelas Juwalita. Lebih lanjut lagi ditambahkan bahwa kita semua dapat menghindari rasa Maper ini dengan mengkonsumsi nutrisi yang tepat. Pengaturan gula darah merupakan kunci untuk mengontrol emosi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Suasana Sunset di Pantai Senggigi (Lombok Barat, Nusa Tenggara Barat) (Foto:anekatempatwisata.com)

Minggu, 20 Oktober 2019 - 09:00 WIB

Senggigi NTB Sunset Jazz 2019 Digelar November Mendatang

Gubernur Nusa Tenggara Barat H. Zulkieflimansyah mengajak masyarakat serta wisatawan domestik dan mancanegara untuk datang ke kawasan wisata Senggigi, Kabupaten Lombok Barat untuk menghadiri…

Ketua MPR Bambang Soesatyo

Minggu, 20 Oktober 2019 - 08:00 WIB

Bamsoet Ajak Para Bikers Jadi Duta Nasionalisme

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) mengajak klub dan pecinta sepeda motor (bikers) menjadi duta nasionalisme. Para bikers harus mampu menjadi teladan dalam menjaga persatuan, menjunjung…

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Managing Director NBA Asia, Scott Levy seusai penandatanganan kerjasama kolaborasi NBA-Pemrov DKI Jakarta

Minggu, 20 Oktober 2019 - 07:20 WIB

NBA-Pemprov DKI Jakarta Jalin Kolaborasi Perluas Pengembangan Generasi Muda di Indonesia

National Basketball Association (NBA) dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta mengumumkan kolaborasi inovatif multi-tahun untuk memadukan kurikulum olahraga basket dan pengembangan kebugaran…

Presiden Jokowi dan Wapres M Amin, Foto Setkab)

Minggu, 20 Oktober 2019 - 07:00 WIB

Susunan Acara Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2019-2024

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) menggelar Sidang Paripurna MPR dalam rangka pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia masa jabatan 2019-2024 pada Minggu (20/10/2019) di…

Bio Farma Kini Kendalikan Kimia Farma dan Indonesia Farma

Minggu, 20 Oktober 2019 - 06:00 WIB

Bio Farma Kini Kendalikan Kimia Farma dan Indonesia Farma

Berita Dengan pertimbangan untuk memperkuat struktur permodalan dan meningkatkan kapasitas usaha Perusahaan Perseroan(Persero) PT Bio Farma, pemerintah memandang perlu menambah penyertaan modal…