ABC Sari Kacang Hijau Memulai Gerakan Kurangi Kemarahan di Media Sosial

Oleh : Nina Karlita | Kamis, 26 September 2019 - 20:49 WIB

ABC Sari Kacang Hijau Memulai Gerakan Kurangi Kemarahan di Media Sosial
ABC Sari Kacang Hijau Memulai Gerakan Kurangi Kemarahan di Media Sosial

INDUSTRY.co.id - Jakarta, 26 September 2019 – Media sosial sangat banyak memberikan manfaat bagi penggunanya. Pada dasarnya, media sosial merupakan wadah untuk saling berbagi. Namun di sisi lain, hal tersebut juga memiliki efek negatif. Salah satunya adalah unggahan kemarahan dan kebencian yang terus meningkat dan sulit dikendalikan. Merunut pada data dari Crimson Hexagon, di Indonesia, dari awal tahun 2019, setidaknya ada lebih dari 70.000 pesan negatif beredar di media sosial setiap harinya, angka tersebut terus meningkat dari waktu ke waktu.

Selama dua tahun terakhir, ABC Sari Kacang Hijau secara konsisten terus mengkomunikasikan misinya untuk mengurangi kemarahan, dengan mengendalikan rasa lapar. Sebab, pada dasarnya orang akan mudah marah ketika mereka lapar, terutama mereka yang berada di rentang usia 18 – 30 tahun. Tahun 2018 lalu, ABC Sari Kacang Hijau membuat sebuah kampanye marketing untuk mengurangi kemarahan di lalu lintas. Tahun 2019 ini, ABC Sari Kacang Hijau meluncurkan sebuah inisiatif untuk mengurangi kemarahan di media sosial. Bekerja sama dengan Xquisite Informatics, ABC Sari Kacang Hijau menemukan korelasi antara saat-saat menjelang waktu makan dan meningkatnya luapan kemarahan di media online. Sebagai produk yang dapat membantu mencegah rasa lapar, ABC Sari Kacang Hijau ingin membantu mengurangi kemarahan di media sosial.

Dhiren Amin, Head of Marketing & R&D Kraft Heinz ABC Indonesia & Papua New Guinea, menjelaskan, “Sebagai merek asli Indonesia yang telah berkembang selama lebih dari 40 tahun, ABC percaya bahwa kami memiliki tanggung jawab untuk turut membangun Indonesia yang lebih baik. Kampanye yang ABC lakukan selama 2 tahun terkahir merupakan bukti dari komitmen tersebut. Setelah menciptakan gerakan tentang kesetaraan gender melalui Kecap ABC dan kesejahteraan anak melalui Sarden ABC; kini ABC melanjutkan misinya melalui ABC Sari Kacang Hijau untuk turut mengurangi kemarahan, termasuk di media sosial.  

“Sebagai merek makanan, kami percaya bahwa salah satu penyebab munculnya emosi marah adalah rasa lapar. Dengan tujuan untuk mengurangi kemarahan di media sosial, ABC Sari Kacang HIjau meluncurkan sebuah program kampanye Anti Maper (Marah Laper). Ini merupakan kampanye digital holistik, di mana kami bekerja sama dengan influencer dan salah satu platform media sosial di Indonesia. Melalui kampanye ini, kami menghimbau para pengguna media sosial untuk mengurangi unggahan kemarahan mereka, sebab faktanya mereka bukanlah marah, namun hanya lapar,” jelas Anissa Permatadietha, Marketing Manager Ready to Eat & Beverage, Kraft Heinz ABC Indonesia

Ahli gizi dr. Juwalita Surapsari, SpGK juga menjelaskan hubungan antara rasa lapar dan emosi marah. “Kondisi yang disebut Maper ini perlu diperkenalkan kepada publik agar dampaknya dapat sepenuhnya dipahami. Ketika orang mengabaikan rasa lapar, orang akan merasa lebih tidak senang dan mudah marah. Hal ini mengarah pada penyebaran emosi negatif, termasuk, apalagi di media sosial yang saat ini hanya tinggal mengetukkan jari saja,” jelas Juwalita. Lebih lanjut lagi ditambahkan bahwa kita semua dapat menghindari rasa Maper ini dengan mengkonsumsi nutrisi yang tepat. Pengaturan gula darah merupakan kunci untuk mengontrol emosi.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

Peluncuran Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version

Jumat, 29 Maret 2024 - 03:52 WIB

bubbME.AI Meluncurkan Game dan Lagu Tema, “Bae” - Rap Version di Indonesia Pavilion di SXSW 2024

Salah satu dari sepuluh startup di ‘Indonesia Pavilion’ SXSW 2024, bubbME.AI: Gim ponsel ‘peliharaan’ pertama di dunia yang memberikan edukasi dan mengatasi Kekerasan Berbasis Gender…

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Kamis, 28 Maret 2024 - 22:44 WIB

Kolaborasi Bank DKI dan PT Jalin Pembayaran Nusantara, Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

Jakarta – Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital.