Terus Terang di Tengah Pemadaman Listrik Mendadak

Oleh : Herry Barus | Kamis, 12 September 2019 - 20:00 WIB

Terus Terang di Tengah Pemadaman Listrik Mendadak
Terus Terang di Tengah Pemadaman Listrik Mendadak

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Laras (28), seorang pemilik toko bunga, tidak dapat menyelesaikan pesanan pelanggan tepat waktu akibat pemadaman listrik mendadak baru-baru ini. Minimnya pencahayaan dari lilin tidak cukup baginya untuk merangkai bunga, sehingga pekerjaan itu harus tertunda selama beberapa jam sampai daya listrik menyala kembali.

 Agus (27), kehabisan lilin di warung-warung terdekat selama pemadaman massal dan harus bertahan dalam kegelapan hanya dengan dua buah lilin di rumahnya. Sementara itu, Dina (40), seorang ibu rumah tangga, hampir menyebabkan kebakaran ketika tidak sengaja menyenggol lilin saat listrik padam di malam hari.

Pemadaman listrik mendadak masih menjadi masalah di Indonesia, bahkan di daerah-daerah tertentu lebih sering terjadi. Pemadaman listrik yang tidak terduga bisa sangat menyulitkan, terutama ketika kita sedang melakukan hal yang sangat penting, dan tiba-tiba lampu mati. Signify (Euronext: LIGHT), pemimpin dunia di bidang pencahayaan, baru-baru ini menghadirkan solusi baru: Philips Rechargeable LED Bulb yang dapat memberikan cahaya cadangan hingga 3 jam secara terus-menerus saat listrik padam.

“Pencahayaan telah menjadi bagian penting dalam kehidupan kita. Kita tidak terbiasa berada dalam kegelapan di malam hari,” komentar Rami Hajjar, Country Leader Signify Indonesia, Kamis ( 12/9/2019)

“Pemadaman mendadak yang mencakup area yang luas dan berlangsung cukup lama belum lama ini, menjadi pengingat bagi banyak orang tentang betapa besarnya ketergantungan kita terhadap listrik dalam melakukan kegiatan sehari-hari, termasuk memiliki penerangan memadai setelah matahari terbenam.”

Selama pemadaman, masih banyak masyarakat di Indonesia yang menggunakan lilin sebagai sumber penerangan di malam hari. Namun, cahaya dari lilin seringkali terlalu redup dan juga berbahaya jika kita tidak berhati-hati. Sudah banyak terjadi kebakaran karena penggunaan lilin akibat keteledoran manusia yang membahayakan kehidupan orang-orang di rumah dan di lingkungan sekitarnya.

Menggunakan lampu darurat merupakan pilihan yang lebih aman. Signify baru-baru ini meluncurkan bohlam LED baru dengan baterai terintegrasi yang dapat diisi ulang, serta dilengkapi sirkuit deteksi. Sirkuit deteksi memungkinkan bohlam untuk membedakan antara sakelar yang dimatikan dengan listrik yang padam mendadak. Cadangan baterai berdaya tahan tinggi yang terdapat pada bohlam Philips Rechargeable LED ini memiliki siklus hidup lebih panjang, hingga 500 siklus pengisian penuh.

Bohlam baru Philips Rechargeable LED berfungsi sebagai bohlam normal ketika listrik menyala. Pengisian baterai terjadi saat bohlam dinyalakan dan akan beralih ke mode darurat ketika pemadaman listrik terjadi. Bohlam LED darurat ini hanya menggunakan daya 7 watt untuk 7.000 lumen, yang berarti lebih terang dengan konsumsi energi yang lebih rendah.

Bohlam Philips Rechargeable LED merupakan pelopor penggunaan desain tertutup untuk bohlam darurat, yang membuat bohlam aman dari  risiko korsleting karena kemasukan debu, air atau serangga. Baterai lithium berkualitas tinggi yang memiliki toleransi panas tinggi memungkinkan implementasi desain tertutup ini, sehingga menjadikannya lebih aman dan lebih tahan lama.

Bohlam darurat ini cocok dipasang di area-area penting di dalam rumah, seperti ruang keluarga, kamar anak, kamar mandi, dan area tangga, untuk mengurangi risiko kecelakaan di dalam rumah karena kurangnya cahaya ketika listrik padam.

Bohlam Philips rechargeable LED sekarang tersedia di toko ritel modern dan online

Komentar Berita

Industri Hari Ini

TSG Global Holdings Kembangkan Megaproyek di Republik Demokratik Kongo

Kamis, 23 Januari 2020 - 09:00 WIB

TSG Global Holdings Kembangkan Megaproyek di Republik Demokratik Kongo

The Sandi Group (TSG) Global Holdings bersama entitas bisnisnya yakni PT TSG Utama Indonesia dan Titan Global Capital Pte Ltd menggandeng 10 perusahaan Indonesia untuk berkolaborasi melakukan…

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Kamis, 23 Januari 2020 - 08:05 WIB

IHSG Terkonsolidasi Mengarah ke Zona Hijau

Secara teknikal IHSG melemah dibawah MA200 dengan signal negatif apabila lanjut melemah dan break out level support neckline dikisaran 6200. Meskipun demikian indikator stochastic tiba pada…

Menteri Sosial Juliari P Batubara

Kamis, 23 Januari 2020 - 08:00 WIB

Mensos Juliari Yakin Angka Kemiskinan Semakin Cepat Diturunkan

Pemerintah berhasil menurunkan angka kemiskinan menurun 0,19 persen poin menjadi 9,22 persen pada tahun 2019. Menteri Sosial Juliari P Batubara menjelaskan penurunan angka kemiskinan tersebut…

Upaya pengendalian hayati dengan memasang pias-pias berisi telur parasitoid Trichogramma sp. dipertanaman padi sejak usia tanaman muda.

Kamis, 23 Januari 2020 - 07:47 WIB

Agens Hayati, Jurus Kementan Antisipasi Dini Serangan Hama PBP

Jakarta-Hama Oenggerek Batang Padi (PBP) salah satu hama utama yang sering menyerang tanaman padi, yang dapat menyebabkan kerusakan dari tingkat ringan, sedang, berat hingga puso.

Hoshinoya Bali hadirkan program Batik Saya

Kamis, 23 Januari 2020 - 07:07 WIB

Hadirkan Program "Batik Saya", Hoshinoya Bali Ajak Pengunjung Ciptakan Batik Unik Anda Sendiri

Perusahaan manajemen terkemuka di Jepang dengan sejarah 105 tahun, Hoshino Resorts melalui salah satu merekya, Hoshinoya Bali akan mulai menawarkan aktivitas "Batik Saya" pada tanggal 1 Februari…