Lewat PUPS, Trinitan Metals and Minerals Berharap Raih Dana Hingga Rp100 Miliar

Oleh : Abraham Sihombing | Rabu, 04 September 2019 - 09:00 WIB

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)
Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Harga saham PT Trinitan Metals and Mineral ditawarkan antara Rp270-300 per unit kepada investor publik melalui program Penawaran Umum Perdana Saham (PUPS). Dengan demikian, manajemen perusahaan pengolah logam dan bahan mineral (smelter) tersebut berharap dapat meraih dana antara Rp90-100 miliar melalui PUPS tersebut.

Dalam PUPS itu, perseroan menawarkan sebanyak-banyaknya 333.333.500 unit saham biasa atas nama. Itu mencapai 25 persen dari modal ditempatkan dan disetor Perseroan setelah PUPS yang dikeluarkan dari portepel perseroan bernilai nominal Rp 100 per unit.

Perseroan secara bersamaan juga menerbitkan sebanyak-banyaknya 333.333.500 unit Waran Seri I yang menyertai Saham Baru Perseroan. Itu mencapai sebanyak-banyaknya 33,33 persen dari total jumlah saham ditempatkan dan disetor penuh pada saat pernyataan pendaftaran PUPS.

“Sebesar 76,28% dari dana hasil PUPS itu akan digunakan untuk membiayai belanja modal, yakni pembelian mesin-mesin dan peralatan sejalan dengan pengembangan usaha dan perluasan area produksi di Gunung Putri, Bogor. Sisanya 23,72% akan digunakan untuk modal kerja perseroan,” papar Widodo Sucipto, Direktur perseroan, dalam acara paparan publik di Jakarta, Selasa (03/09/2019).

Widodo mengemukakan, pihaknya optimistis bahwa PUPS ini dapat membuka peluang pengembangan usaha perseroan menjadi lebih besar lagi. Dengan terbukanya kepemilikan modal kepada masyarakat umum, maka Perseroan juga berkesempatan untuk dapat mengakses berbagai alternatif pendanaan lain yang dapat membantu pertumbuhan usaha ke depan.

Pada PUPS ini, manajemen perseroan telah menunjuk PT Mirae Asset Sekuritas Indonesia sebagai Penjamin Pelaksana Emisi Saham.

PT Trinitan Metals and Minerals didirikan pada 2009. Ini adalah perusahaan pengolah logam dan bahan mineral (smelter) yang berfokus pada penggunaan teknologi yang ramah lingkungan untuk menghasilkan produk dengan kualitas terbaik, dengan produk akhir berupa Timbal (Pb) dan Antimoni (Sb).

Pada 2015, Perseroan menerapkan proses produksi Hydrometallurgy, yakni Electrolysis, dan Electrowinning. Hydrometallurgy adalah metode untuk memperoleh logam dari sumbernya dengan melibatkan reaksi-reaksi kimia dalam larutan.

Electrolysis adalah proses arus listrik yang dialirkan melalui larutan elektrolit, sehingga energi listrik diubah menjadi energi kimia. Proses ini lebih ramah lingkungan dan menghasilkan limbah yang sangat minim.

Electrowinning adalah proses yang digunakan untuk memperoleh logam dari konsentrasi metal yang ada di dalam larutan dengan menggunakan arus listrik melalui elektroda yang dimasukan ke dalam larutan tersebut.

Perseroan mampu menjalankan proses-proses modern ini dengan baik sehingga hampir tidak ada limbah yang dihasilkan. Hal ini sejalan dengan visi Perseroan sebagai aset bagi Bangsa dan Negara Indonesia dalam pengembangan dan pengolahan bahan sumber daya alam dan mineral yang ada di Indonesia.

Perusahaan yang berlokasi Jl Parung Tanjung, Gunung Putri ini memiliki satu pabrik berkapasitas produksi 39.700 metrik ton per tahun. Dalam waktu dekat, perseroan berencana meningkatkan kapastitas produksi untuk memenuhi permintaan pelanggan lokal dan luar negeri.

Richard Tandiono, Direktur Utama perseroan, mengemukakan, pihaknya berkomitmen untuk berinovasi dan terus meningkatkan kinerja Perseroan dan mengembangkan proses-proses yang ramah lingkungan, efektif dan efisien.

“Selain itu, kami juga berencana memproduksi berbagai produk baru seperti Ekstraksi Perak (Ag), Nikel (Ni), Timah Putih (Sn) dan Bismuth (Bi), kami dapat terus meningkatkan nilai bahan tambang di Indonesia serta dapat memurnikan lebih banyak jenis logam dan mineral ke depan,” papar Richard.

Saat ini, sekititar 71,1% dari produk Perseroan digunakan oleh para pelanggannya yang bergerak dibidang Industri Battery Manufacture, sebesar 11,9% untuk industri pembuat Antimony Trioxide, sebanyak 7,3% untuk industri Metals Processing (smelter), 4,7% untuk industry Solder, dan industri pertahanan sebesar 5,2%.

Sekitar 56% dari produk-produk tersebut dipasarkan di pasar lokal dan sisanya 44% diekspor ke berbagai negara, yakni Malaysia, Thailand, Korea, Jepang, China, dan Fiji. (Abraham Sihombing)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kota Podomoro Tenjo

Jumat, 26 April 2024 - 17:08 WIB

Kota Podomoro Tenjo Luncurkan Tiga Produk Properti Terbaru

Kota Podomoro Tenjo meluncurkan 3 (tiga) produk properti terbaru melalui pameran properti bertajuk “Fantastic Milenial Home; Langkah Mudah Punya Rumah” yang berlangsung selama tanggal 23…

Ilustrasi perumahan

Jumat, 26 April 2024 - 16:44 WIB

Bogor dan Denpasar Jadi Wilayah Paling Konsisten dalam Pertumbuhan Harga Hunian di Kuartal I 2024

Sepanjang Kuartal I 2024, Bogor dan Denpasar menjadi wilayah paling konsisten dan resilient dalam pertumbuhan harga dan selisih tertinggi di atas laju inflasi tahunan

Bank Raya

Jumat, 26 April 2024 - 16:33 WIB

Bank Raya Kembali Torehkan Pertumbuhan Laba Double Digit di Triwulan 1 Tahun 2024

Fokus Bank Raya di 2024 adalah berinvestasi pada pertumbuhan bisnis yang  berkualitas untuk menjadikan Bank Raya sebagai bank digital utama untuk segmen mikro dan kecil. Strategi pengembangan…

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Jumat, 26 April 2024 - 15:10 WIB

Frasers Group Asia dan MAPA Menjalin Kerjasama untuk Hadirkan Sports Direct Pertama di Indonesia, Berlokasi di Kota Kasablanka Mall

Sebagai bagian dari ekspansinya di Asia Tenggara, Sports Direct Malaysia, Sdn Bhd ("Frasers Group Asia") – afiliasi dari grup ritel internasional terkemuka Frasers Group plc ("Frasers Group",…

Pengamat hukum Dr. (Cand.) Hardjuno Wiwoho

Jumat, 26 April 2024 - 14:47 WIB

UU Perampasan Aset dan BLBI Jadi PR Prabowo-Gibran

Presiden dan Wakil Presiden (Wapres) terpilih, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka harus melanjutkan agenda pemberantasan korupsi yang sudah dicanangkan pemerintahan sebelumnya sebagai…