Pernah Jadi ART dan Tak Tamat SD, Mak Sariyah Sukses Jadi Produsen Sari Lemon Sheila Fresh

Oleh : Hariyanto | Selasa, 03 September 2019 - 11:05 WIB

Mak Sariyah sukses jadi produsen sari lemon
Mak Sariyah sukses jadi produsen sari lemon

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Siapa sangka, Emak Sariyah yang sebelumnya pernah berprofesi sebagai asisten rumah tangga, lewat inovasinya dalam memproduksi sari lemon, saat ini sudah memanen hasil jerih payahnya.

Mak Sariyah, demikian orang menyapanya, adalah tipikal ibu rumah tangga pekerja keras. Demi kebutuhan keluarganya, ia sebelumnya pernah melakoni pekerjaan sebagai asisten rumah tangga. Selain pekerjaan itu, dirinya juga pernah bekerja sebagai pemeras lemon.

Demi memenuhi kebutuhan ekonomi keluarga termasuk biaya sekolah anaknya, sederet pekerjaan lain juga pernah dilakukannya, seperti bekerja di butik sambil tetap berjualan. 

“Dulu memang saya pernah menjadi pemeras lemon. Pengalaman ini membuat saya mengerti bagaimana mengolah dan memeras lemon, sampai kemudian disajikan sebagai minuman sehat. Pernah juga kerja di butik untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan biaya sekolah anak. Alhamdulillah sekarang anak saya bisa kuliah,” kata Mak Sariyah.

Mak Sariyah bercerita, pada 2014 dirinya didaulat menjadi UKM Binaan Dinas Perikanan di Kota Depok, Jawa Barat. Ketika itu dirinya membuat usaha kerupuk berbahan baku rumput laut. Dibantu sang suami, Aki Salim, ia menjajakkan barang dagangannya secara keliling di kawasan Depok.

Suka dan duka dalam bisnis pun pernah dialaminya. Dengan modal minim, diakuinya, banyak kendala yang dilaluinya dalam menjalankan usahanya tersebut.

“Dulu saya pernah mendapat pesanan kerupuk rumput laut, tapi kondisinya saya sedang tidak ada uang sama sekali untuk produksi. Akhirnya saya nekat pinjam dana agar bisa produksi. Pesanan itu pun bisa saya penuhi. Lalu, saya dan suami mengantarnya, tapi saat sampai tidak langsung dibayar, besok bilangnya. Saya lihat-lihatan tuh sama si Aki,” kata Mak Sariyah sambil tersenyum.

Menurut wanita paruh baya ini, banyak pengalaman pahit lain yang diingatnya hingga kini, misalnya motor yang dipakai untuk mengantar pesanan kerupuk mendadak mogok di jalan, dan lain-lain. Tapi semua itu tak pernah menyurutkan nyali dan semangatnya dalam berwirausaha. Bahkan, itulah pendorong yang memecutnya untuk bisa meraih sukses.

Setelah sekian lama berbisnis kerupuk, ia mulai terpikir untuk merintis usaha lain. Usaha tersebut sesuai dengan keahliannya dalam memeras lemon. Akhirnya, dibuatlah produk perasan sari lemon asli dengan nama Sheila Fresh.

Bisnis ini pun bukan tanpa rintangan. Agar produknya sukses menembus pasar, Mak Sariyah tak pernah bosan menawarkan produknya ke banyak orang. Jerih payahnya terbayar sudah, sebab kini produknya sudah dinikmati banyak orang, terutama para pejuang diet di Tanah Air.

Untuk tenaga produksi, saat ini Mak Sariyah dibantu oleh anak-anaknya: Santi Susela, Reni Alvianti, Sheila Febrianti, para menantu, dan juga para tetangganya. “Alhamdulillah, saat ini Sheila Fresh mulai dikenal oleh masyarakat dan dapat sejajar dengan produk minuman lainnya,” ujarnya.

Dibawah bendera usaha CV Sumber Rejeki, Sheila Fresh menghadirkan ekstrak sari lemon asli dengan sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh. “Untuk semakin memudahkan masyarakat, saat ini tidak perlu lagi memeras jeruk lemon untuk mendapatkan sari lemonnya, karena telah tersedia sari lemon tanpa campuran apapun, dikemas dalam botol food grade standar SNI,” ujarnya.

Sukses menjadi produsen sari lemon, ke depan Mak Sariyah berharap agar bisa membuka lapangan pekerjaan lebih banyak lagi buat masyarakat sekitarnya. Wanita yang tidak tamat Sekolah Dasar (SD) ini juga tidak lupa menyisihkan sebagin rezekinya untuk anak-anak yatim dan membangun rumah ibadah. 

Terkait usahanya kini, lebih lanjut, Mak Sariyah menjelaskan sejumlah manfaat mengonsumi sari lemon. Selain untuk diet, sari lemon juga dapat menjaga kesehatan pada mulut. Seperti menghentikan pendarahan pada gusi dan menyingkirkan bau mulut.  

“Air lemon juga bisa berfungsi sebagai detoks alami yang  sangat aman buat tubuh, menurunkan risiko penyakit jantung dengan kandungan antioksidan yang terdapat di dalamnya. Terkait manfaat dan info seputar Sheila Fresh ini konsumen bisa menemukannya di Instagram @agen_besar_sari_lemon,” imbuh dia.

Diet alami dengan sari lemon ini, kata dia, adalah solusi diet enak yang nggak bikin enek. “Produk ini 100% tanpa bahan tambahan apapun. Cara minumnya juga mudah, cukup 2 sendok makan untuk satu gelas air,” pungkas Sariyah.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Industri Kimia Hulu (Direktur IKHU), Wiwik Pudjiastuti

Jumat, 26 April 2024 - 11:32 WIB

Masih Banyak Sentimen Negatif, Kemenperin Tegaskan Impor PE dan PP Tak Perlu Pertimbangan Teknis

Pemerintah telah mengambil langkah responsif untuk menanggapi isu-isu yang dapat mengganggu kelangsungan usaha, salah satunya melalui pemberlakuan peraturan terbaru mengenai kebijakan dan pengaturan…

SIAM 2024 Maroko

Jumat, 26 April 2024 - 11:20 WIB

Kemenperin Perkenalkan Produk Mesin Pertanian Indonesia Kepada Pelaku Bisnis Maroko di SIAM Menkes 2024

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bersama Kedutaan Besar Republik Indonesia di Rabat, Maroko menggelar The Indonesia – Morocco Business Forum on Strengthening Industrial Cooperation dalam…

Ini perlengkapan rumah tangga

Jumat, 26 April 2024 - 10:21 WIB

Penjualan 2023 Melesat, Panca Anugrah Wisesa Buka Showroom Baru di PIK 2

PT Panca Anugrah Wisesa Tbk (MGLV) sebagai emiten yang bergerak di bidang perdagangan besar peralatan dan perlengkapan rumah tangga sepanjang tahun 2023 sukses meraih lonjakan penjualan hingga…

Kerjasama di Hanover Messe

Jumat, 26 April 2024 - 10:14 WIB

Indonesia Jalin 13 Perjanjian Kerja Sama Industri Senilai Lebih dari Rp5 Triliun di Hannover Messe 2024

Keikutsertaan Indonesia dalam Hannover Messe 2024 bertujuan untuk mewujudkan kerja sama industri dan penanaman modal asing. Pada penyelenggaraan ajang pameran industri terkemuka dan berpengaruh…

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

Jumat, 26 April 2024 - 09:59 WIB

J&T Express Kembali Hadirkan J&T Connect Run 2024, Tiket Telah Resmi Dijual

&T Express, perusahaan ekspedisi berskala global kembali menghadirkan J&T Connect Run setelah menuai kesuksesan di tahun pertamanya pada 2023 lalu. Masih mengusung tema "Run Together, Share…