AIA Bukukan Kinerja Kuat Pada Semester Pertama 2019

Oleh : Hariyanto | Jumat, 30 Agustus 2019 - 18:53 WIB

AIA Group
AIA Group

INDUSTRY.co.id - Jakarta – AIA Group Limited (AIA) melaporkan kinerja yang kuat di enam bulan pertama yang berakhir 30 Juni 2019 dengan pertumbuhan dua digit di metrik keuangan utama kami. Nilai bisnis baru (VONB) meningkat 20% berdasarkan kurs tetap, dibanding periode enam bulan sebelumnya yang berakhir 30 Juni 2018.

Tingkat pertumbuhan berdasarkan kurs tetap adalah sebagai berikut:

Pertumbuhan nilai bisnis baru yang sangat kuat. VONB tumbuh 20% menjadi US$2.275 juta; Annualised new premiums (ANP) meningkat 9% menjadi US$3.443 juta; Margin VONB naik 6,2 pps menjadi 65,6%

Hasil laba operasional yang kuat dan peningkatan imbal hasil. Laba operasi setelah pajak (OPAT) naik 12% menjadi US$2.898 juta; Laba operasi embedded value (EV) meningkat 11% menjadi US$4.523 juta; Imbal hasil operasi EV (operating ROEV) naik 30 bps menjadi 17,3%.

Alur kas dan posisi modal yang kuat. Ekuitas EV sebesar US$61,4 miliar; EV sebesar US$59,7 miliar, naik US$5,2 miliar dari 31 Desember 2018; Underlying free surplus generation sebesar US$2.804 juta, meningkat 15%; Free surplus sebesar US$16,1 miliar, naik US$1,3 miliar dari 31 Desember 2018; Rasio solvabilitas untuk AIA Company Limited (AIA Co.) sebesar 415% berdasarkan HKIO.

Peningkatan dividen interim yang kuat. Pertumbuhan dividen interim sebesar 14% menjadi 33,30 sen Hong Kong persaham. Ng Keng Hooi, Group Chief Executive and President, AIA, mengatakan, AIA terus menunjukkan rekam jejak pertumbuhan yang konsisten dengan membukukan peningkatan dua digit di metrik keuangan utama pada semester pertama 2019.

"Nilai bisnis baru meningkat 20% menjadi US$2.275 juta. Kami juga mencatat peningkatan laba operasional setelah pajak sebesar 12% dan pertumbuhan underlying free surplus generation sebesar 15%," kata Ng Keng Hooi melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id,  Jumat (30/8/2019).

Dia mengatakan, jajaran Dewan mencatat peningkatan dividen interim sebesar 14% pada 2019 yang mencerminkan  kinerja keuangan yang kuat dan menunjukkan optimisme kami terhadap outlook Grup.

“Bisnis AIA di Tiongkok merupakan segmen pasar dengan pertumbuhan terpesat dengan pertumbuhan VONB sebesar 34%. Saya juga senang dengan beroperasinya pusat penjualan dan layanan baru kami di Tianjin dan Shijiazhuang, Hebei pada akhir Juli. Bisnis kami di Hong Kong kembali mencatat kinerja kuat dengan peningkatan VONB sebesar 19%, sebagai hasil dari pertumbuhan luas di seluruh segmen nasabah dan saluran distribusi," ungkapnya.

Ia menambahkan, pertumbuhan VONB dalam bisnis di Thailand dan Malaysia didukung oleh fokus berkelanjutan dalam meningkatkan profesionalisme agen dan mengembangkan kemitraan bancassurance yang strategis. Di pasar lainnya, pertumbuhan VONB sebesar 17% merupakan kontribusi dari kinerja kuat di Australia, Filipina dan Vietnam.

“Distribusi keagenan AIA mencatat pertumbuhan VONB sebesar 21% sementara strategi Premier Agency kami meraih peningkatan dalam agen aktif dan produktivitas. Saya senang AIA dapat mempertahankan posisi nomor satu untuk anggota Million Dollar Round Table dengan 12.000 anggota terdaftar. VONB dari kemitraan bisnis kami meningkat 17%, didukung oleh pertumbuhan kemitraan  bancassurance kami di seluruh wilayah," tambahnya.

Ia menilai, kinerja kuat AIA pada semester pertama 2019 mencerminkan fokus konsistennya dalam menerapkan prioritas strategis dan diperkuat oleh keuntungan kompetitif strategis di wilayah Asia Pasifik. Ditengah ketidakpastian pasar, model bisnis yang beragam, kuat dan berkualitas tinggi menempatkan AIA di posisi menguntungkan di pasar asuransi jiwa Asia di mana pertumbuhan tetap stabil.

"Di perayaan 100 tahun AIA, kami tetap yakin terhadap outlook jangka panjang AIA. Kami akan terus berfokus dalam memberikan nilai berkelanjutan jangka panjang bagi para pemegang saham dan membantu jutaan nasabah kami Hidup Lebih Sehat, Lebih Lama, Lebih Baik," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Topping Off Tower B Apartemen Emerald Bintaro

Kamis, 17 Oktober 2019 - 16:30 WIB

Resmi Gelar Topping Off Tower B, Apartemen Emerald Bintaro Yakinkan Millenials Pasti Bisa Beli Hunian Ideal

Perkembangan zaman, teknologi, dan gaya hidup ternyata mempengaruhi kemampuan generasi millennials untuk memiliki hunian. Banyak pakar memperkirakan bahwa millennials akan mengalami kesulitan…

BNI Syariah. (Foto: IST)

Kamis, 17 Oktober 2019 - 15:36 WIB

BNI Syariah Gandeng Setneg dan Barokah Syariah Properti terkait Pembiayaan Perumahan

Jakarta - BNI Syariah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia (Setneg) dan PT Barokah Syariah Properti terkait pembiayaan pemilikan rumah…

Lukisan Liu Hsin Ying Taiwan

Kamis, 17 Oktober 2019 - 15:00 WIB

Empat Pelukis Wanita Taiwan Pamerkan Lukisan di WTC 2 Jakarta

Ethereal Minds memberi penghormatan pada karya-karya 4 (empat) seniman kontemporer Taiwan; Yang Yi Shiang, Liu Hsin Ying, Huang Chia Ning dan Wang Liang Yin. Istilah kecantikan Ethereal secara…

United Tractors

Kamis, 17 Oktober 2019 - 14:26 WIB

United Tractors Gelar Kompetisi SOBAT

PT United Tractors Tbk (UT) menciptakan generasi muda yang siap bekerja, mandiri dan berkarakter melalui program Sekolah Binaan United Tractors (SOBAT). SOBAT merupakan program yang dilakukan…

ManageEngine

Kamis, 17 Oktober 2019 - 13:37 WIB

ManageEngine Ambil Pendekatan Holistik Keamanan Akses Istimewa untuk TI Enterprise

PAM360 Menyediakan Pengelolaan Akan Hak Akses Istimewa, Korelasi Data Akses Istimewa dengan Platform-platform Pengelolaan TI Lainnya