AIA Bukukan Kinerja Kuat Pada Semester Pertama 2019

Oleh : Hariyanto | Jumat, 30 Agustus 2019 - 18:53 WIB

AIA Group
AIA Group

INDUSTRY.co.id - Jakarta – AIA Group Limited (AIA) melaporkan kinerja yang kuat di enam bulan pertama yang berakhir 30 Juni 2019 dengan pertumbuhan dua digit di metrik keuangan utama kami. Nilai bisnis baru (VONB) meningkat 20% berdasarkan kurs tetap, dibanding periode enam bulan sebelumnya yang berakhir 30 Juni 2018.

Tingkat pertumbuhan berdasarkan kurs tetap adalah sebagai berikut:

Pertumbuhan nilai bisnis baru yang sangat kuat. VONB tumbuh 20% menjadi US$2.275 juta; Annualised new premiums (ANP) meningkat 9% menjadi US$3.443 juta; Margin VONB naik 6,2 pps menjadi 65,6%

Hasil laba operasional yang kuat dan peningkatan imbal hasil. Laba operasi setelah pajak (OPAT) naik 12% menjadi US$2.898 juta; Laba operasi embedded value (EV) meningkat 11% menjadi US$4.523 juta; Imbal hasil operasi EV (operating ROEV) naik 30 bps menjadi 17,3%.

Alur kas dan posisi modal yang kuat. Ekuitas EV sebesar US$61,4 miliar; EV sebesar US$59,7 miliar, naik US$5,2 miliar dari 31 Desember 2018; Underlying free surplus generation sebesar US$2.804 juta, meningkat 15%; Free surplus sebesar US$16,1 miliar, naik US$1,3 miliar dari 31 Desember 2018; Rasio solvabilitas untuk AIA Company Limited (AIA Co.) sebesar 415% berdasarkan HKIO.

Peningkatan dividen interim yang kuat. Pertumbuhan dividen interim sebesar 14% menjadi 33,30 sen Hong Kong persaham. Ng Keng Hooi, Group Chief Executive and President, AIA, mengatakan, AIA terus menunjukkan rekam jejak pertumbuhan yang konsisten dengan membukukan peningkatan dua digit di metrik keuangan utama pada semester pertama 2019.

"Nilai bisnis baru meningkat 20% menjadi US$2.275 juta. Kami juga mencatat peningkatan laba operasional setelah pajak sebesar 12% dan pertumbuhan underlying free surplus generation sebesar 15%," kata Ng Keng Hooi melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id,  Jumat (30/8/2019).

Dia mengatakan, jajaran Dewan mencatat peningkatan dividen interim sebesar 14% pada 2019 yang mencerminkan  kinerja keuangan yang kuat dan menunjukkan optimisme kami terhadap outlook Grup.

“Bisnis AIA di Tiongkok merupakan segmen pasar dengan pertumbuhan terpesat dengan pertumbuhan VONB sebesar 34%. Saya juga senang dengan beroperasinya pusat penjualan dan layanan baru kami di Tianjin dan Shijiazhuang, Hebei pada akhir Juli. Bisnis kami di Hong Kong kembali mencatat kinerja kuat dengan peningkatan VONB sebesar 19%, sebagai hasil dari pertumbuhan luas di seluruh segmen nasabah dan saluran distribusi," ungkapnya.

Ia menambahkan, pertumbuhan VONB dalam bisnis di Thailand dan Malaysia didukung oleh fokus berkelanjutan dalam meningkatkan profesionalisme agen dan mengembangkan kemitraan bancassurance yang strategis. Di pasar lainnya, pertumbuhan VONB sebesar 17% merupakan kontribusi dari kinerja kuat di Australia, Filipina dan Vietnam.

“Distribusi keagenan AIA mencatat pertumbuhan VONB sebesar 21% sementara strategi Premier Agency kami meraih peningkatan dalam agen aktif dan produktivitas. Saya senang AIA dapat mempertahankan posisi nomor satu untuk anggota Million Dollar Round Table dengan 12.000 anggota terdaftar. VONB dari kemitraan bisnis kami meningkat 17%, didukung oleh pertumbuhan kemitraan  bancassurance kami di seluruh wilayah," tambahnya.

Ia menilai, kinerja kuat AIA pada semester pertama 2019 mencerminkan fokus konsistennya dalam menerapkan prioritas strategis dan diperkuat oleh keuntungan kompetitif strategis di wilayah Asia Pasifik. Ditengah ketidakpastian pasar, model bisnis yang beragam, kuat dan berkualitas tinggi menempatkan AIA di posisi menguntungkan di pasar asuransi jiwa Asia di mana pertumbuhan tetap stabil.

"Di perayaan 100 tahun AIA, kami tetap yakin terhadap outlook jangka panjang AIA. Kami akan terus berfokus dalam memberikan nilai berkelanjutan jangka panjang bagi para pemegang saham dan membantu jutaan nasabah kami Hidup Lebih Sehat, Lebih Lama, Lebih Baik," pungkasnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Penyerang Sayap Persebaya Oktafianus Fernando Dikaruniai Putra Pertama

Sabtu, 06 Juni 2020 - 17:00 WIB

Penyerang Sayap Persebaya Oktafianus Fernando Dikaruniai Putra Pertama

Kabar gembira datang dari penyerang sayap Persebaya, Oktafianus Fernando. Kamis (4/6/2020) malam, istri tercinta Ofan melahirkan anak pertama mereka. Bayi berjenis kelamin laki-laki tersebut…

Dato Sri Taher Pemilik Bank Mayapada bersama Kuasa Hukum Yusril Ihza Mahendra

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:51 WIB

Bank Mayapada Perusahaan Dato Sri Tahir Disebut Tengah Hadapi Permasalahan, Yusril: Itu Hoax, Kami Akan Ambil Langkah Tegas!

Kuasa Hukum Bank Mayapada International Tbk, Yusril Ihza Mahendra dari IHZA & IHZA Law Firm, membantah berbagai rumors yang menyebutkan Bank Mayapada menghadapi masalah sehingga tidak mampu…

 Perwira Brigif 2 Marinir Gowes Bersama Tingkatkan Kebugaran dan Kebersamaan

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:30 WIB

Perwira Brigif 2 Marinir Gowes Bersama Tingkatkan Kebugaran dan Kebersamaan

Dalam rangka meningkatkan kebersamaan dan soliditas, Perwira Brigif 2 Marinir yaitu melaksanakan gowes bersama dari Bhumi Marinir Gedangan, Sidoarjo, menuju Markas Yonif 5 Marinir Ujung, Semampir,…

Ilustrasi Ahli Kesehatan Peneliti Obat Covid-19 (ist)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:08 WIB

Kabar Gembira...Peneliti Ungkap Obat Asam Lambung Ampuh Sembuhkan Pasien Positif Covid-19 Tanpa Efek Samping

Sebuah studi baru menemukan obat asam lambung bisa membantu mengatasi dan mempercepat pasien virus corona Covid-19 pulih. Bahkan efek obat asam lambung ini terasa dalam 24 hingga 48 jam.

Pemuda Katolik Siap Salurkan Bantuan Sosial Presiden kepada Masyarakat

Sabtu, 06 Juni 2020 - 16:00 WIB

Soal Bantuan Sosial Presiden, Ini Pernyataan Pemuda Katolik Jelang New Normal

Jakarta-Ketua Umum Pengurus Pusat Pemuda Katolik dr. Karolin Margret Natasa mengucapkan terimakasih dan apresiasi sebesar - besarnya kepada Presiden Republik Indonesia Bapak Ir. Joko Widodo…