Deklarasi Teman Juara, Ajak Generasi Milenial Berpartisipasi Kembangkan Pariwisata di Era Revolusi Industri 4.0

Oleh : Hariyanto | Sabtu, 24 Agustus 2019 - 19:55 WIB

Deklarasi Teman Juara
Deklarasi Teman Juara

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Arus globalisasi yang disertai dengan perkembangan teknologi mengharuskan Indonesia untuk memasuki era revolusi industri 4.0 yang menekankan pada pola digital economy, artificial intelligence, big data dan robotic atau dikenal dengan fenomena disruptive innovation. 

Dalam pidato kenegaraan beberapa waktu lalu, Presiden Joko Widodo menegaskan pentingnya meningkatkan SDM yang ada di Indonesia dalam menciptakan inovasi baru untuk bersiap menghadapi  ekonomi global.

Berdasarkan fakta tersebut maka pada hari ini, Sabtu (24/8/2019) diluncurkan Teman Juara sebagai organisasi kepariwisataan yang merupakan wadah bagi para milenial berkontribusi dalam mengembangkan pariwisata di Indonesia. 

Acara tersebut juga dibarengi Ngobrol Bareng Teman Juara dengan tema Juara di Industri 4.0 yang dihadiri oleh Tyovan Ari Widagdo (Inovator CEO Bahaso), Prof. Dr. Ir. Rokhmin Dahuri MS, (Akademisi), Reza Pahlevi (Kemenpar Republik Indonesia), Dochi Sadega, (Musisi, Pengusaha),  Bunga Jelitha (Puteri Indonesia 2017), Samsul B. Ibrahim (Ketua Umum Teman Juara) dan Andre Opa Sumual (Moderator). 

Ketua Dewan Pengarah Teman Juara, Andre JO. Sumual menjelaskan berdasarkan kekayaan dan budaya Indonesia menjadi komponen penting yang akan dilakukan Teman Juara untuk menciptakan dan menumbuhkan semangat juara diberbagai bidang. Andre menegaskan kehadiran Teman Juara seiring dengan pidato Presiden tentang Era SDM Unggul, Inovasi dan Industri 4.0. 

"Teman Juara akan menumbuhkan semangat juara di berbagai bidang. Misalnya ketika ada yang tidak pahaman tentang bagaimana mempromosikan potensi sebuah daerah dari berbagai aspek sosial ekonomi, digital, wisata, pengembangan desa dan sebagainya," kata Andre.

Pada kesempatan tersebut, Reza Pahlevi sebagai Perwakilan dari Kementerian Pariwisata mengajak seluruh masyarakat untuk bersama-sama membangun pariwisata Indonesia agar mampu bersaing di kancah dunia.

"Memang tidak ada yang bisa mengalakan Brazil dalam hal sepak bola. Tapi, Banyuwangi mampu mengalahkan Brazil dalam hal pariwisata. Jadi, mari kita bangun pariwisata Indonesia agar mampu bersaing," ungkap Reza.

Sementara, Ketua Umum Teman Juara, Samsul B. Ibrahim  mengungkapkan, dengan mewadahi kreasi generasi muda Teman Juara akan mempromosikan, menciptakan tren dan membuat generasi muda bangga sebagai kreator muda. 

"Karena secara  tracffict daerah yang belum  terjamah digital dan kurang diminati pariwisatanya.Teman Juara akan merespon dan melibatkan dengan  kehadiran para komunitas sejenis yang membuat sense of  supaya  kuat dan modern," ujar Samsul.

Samsul menegaskan dengan deklarasi Teman Juara mengajak anak muda, Kalangan Milenials untuk mengoptimalkan peran dan partisipasinya. Menurutnya, Teman Juara akan menjadi creator  untuk mempromosikan tempat pariwisata dan budaya dan daerahnya masing-masing.

"Teman Juara menggerakan generasi  muda dan  Milenial yang optimis untuk cinta,  daerah dan menginformasikannya dan ikut berperan dalam pembangunan optimis INDONESIA MAJU," tegas Samsul.

Sesuai visinya, lanjut Samsul, Teman Juara juga mendukung Program pemerintah ‘Desa Mandiri’ untuk membantu mempromosikan programnya ke era digital. Kedepannya, Teman Juara akan berkeinginan untuk bermitra dan berkolaborasi dengan Pemerintah. "Ini akan menjadi sinergi dan harmonisasi penting dengan semangat Teman Juara," kata Samsul.

Menurut Samsul Teman Juara akan mampu membantu program pemerintah terbentuknya UMKM dalam  mempercepat pertumbuhan ekonomi desa dan mendukung program pemerintah dalam meningkatkan daerah-daerah terpencil.

Samsul juga mengatakan, Teman Juara juga akan membantu program pemerintah menangkal paham radikal, in toleran, dan SARA,  dengan menumbuhkan semangat nasionalisme dan kebhinekaan pada generasi muda.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

SKYE Suites Sydney

Senin, 16 September 2019 - 13:40 WIB

SKYE Suite, Hotel Milik Pegusaha Kelahiran Indonesia Jadi Salah Satu yang Terbaik di Australia

SKYE Suites Sydney meraih posisi teratas sebagai Best Technology Hotel di HM Awards (Hotel Management Magazine) di Sydney pada Jumat malam waktu setempat.

Menteri PUPR Basuki dan para insinyur Muda

Senin, 16 September 2019 - 10:28 WIB

Menteri Basuki: Kolaborasi Insinyur Muda ASEAN Perlu Terus Ditingkatkan

Menteri Basuki berpesan untuk para insinyur muda ASEAN untuk dapat mempelajari lebih lanjut dan menerapkan konsep Lean Construction.

Tanaman kacang hijau

Senin, 16 September 2019 - 09:23 WIB

Kementan: Keuntungan Budidaya Kacang Hijau Menggiurkan

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) menilai budidaya kacang hijau akhir-akhir ini memberikan keuntungan yang mengiurkan. Mengapa demikian? Karena kacang hijau produksi dalam negeri ternyata…

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Senin, 16 September 2019 - 09:00 WIB

Gojek-Blibli Sepakat Tingkatkan Industri Pariwisata Melalui Platform Digital

Dua perusahaan berbasis digital yakni PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (Gojek) dan PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menyatakan dukungannya dalam pengembangan pariwisata melalui platform digital.

Ilustrasi Gula (Ist)

Senin, 16 September 2019 - 08:07 WIB

Swasembada Gula Putih di Depan Mata

Jakarta - Dorongan terus dilakukan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) terhadap investor di bidang gula untuk meningkatkan kapasitas produksi gula guna mencapai target memenuhi kebutuhan gula…