Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

Oleh : Herry Barus | Kamis, 22 Agustus 2019 - 09:30 WIB

Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia
Menteri Rini: BUMN Ikut Cetak Atlet Muda Kelas Dunia

INDUSTRY.co.id - Jakarta- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini M. Soemarno mendorong BUMN terus berkontribusi untuk memajukan olahraga di Tanah Air melalui pembinaan atlet-atlet dan berbagai program pemberdayaan.

Hal itu diungkapkan Menteri Rini saat menyaksikan penandatanganan kerja sama antara PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk dan Yayasan Vamos Indonesia dalam mencetak pesepakbola Indonesia yang berkualitas di kantor pusat BNI pada Rabu (21/08/2019).

Melalui kerja sama ini, BNI dan Vamos memberangkatkan 19 pesepakbola muda ke Spanyol untuk berlatih di akademi sepakbola Palencia, Cordoba, dan Santander. 

"Saya senang BNI sudah memulai ini. Saya benar-benar menekankan pentingnya peran BUMN untuk kemajuan atlet-atlet yang berbakat sehingga mereka bisa sukses ke depannya. Saya terus berharap apa yang sudah dimulai oleh BNI ini ke depannya biaa diikuti BUMN BUMN lain," ungkap Menteri Rini.

Khusus di cabang olahraga sepak bola, Menteri Rini berharap kerjasama juga nantinya bisa diperluas ke negara-negara lain.

“Indonesia selalu haus akan prestasi di dunia sepakbola dan memiliki sebuah tim sepakbola yang cemerlang adalah mimpi yang diidamkan negeri ini. Segala upaya untuk mencetak bibit-bibit pesepakbola muda berbakat akan terus diperlukan. Ini menjadi bukti nyata BUMN turut hadir dalam membangkitkan prestasi sepakbola nasional,” ujar Rini.

Pelepasan Tim BNI Vamos Indonesia ini dilaksanakan di Menara BNI, Pejompongan, Jakarta yang dihadiri Direktur Utama BNI Achmad Baiquni, serta Founder Yayasan Vamos Indonesia Fanny Irawan.

Dukungan BNI ini hanyalah tahap awal dari perjuangan panjang dunia sepakbola Indonesia untuk berbicara di kompetisi bergengsi internasional. Akan tetapi, usaha serius dari berbagai pihak diharapkan akan semakin mendekatkan Indonesia kepada terbentuknya Tim Nasional yang dapat diandalkan, termasuk untuk berprestasi di kompetisi bergengsi internasional.

Perintah Presiden terhadap peningkatan persepakbolaan tanah air dicantumkan dalam Instruksi Presiden Nomor 03 Tahun 2019 tentang Percepatan Pembangunan Persepakbolaan Nasional. Instruksi ini ditujukan kepada 11 kementerian, 2 lembaga negara, serta para pemimpin daerah.

Yayasan Vamos Indonesia sendiri memiliki program yang nyata sejak 2016 antara lain dalam melakukan pencarian bibit atlit sepakbola Indonesia berbakat secara profesional, bekerjasama dengan sekolah sepakbola di Spanyol.

Yayasan ini juga secara konsisten mengirimkan bibit-bibit pesepakbola berbakat hasil seleksi ke akademi sepakbola di Spanyol  selama 2 tahun dan ikut bertanding di liga-liga Spanyol.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Pan Brothers Tbk (PBRX)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:30 WIB

Kinerja Ciamik, PT Pan Brothers Tbk Cetak Penjualan USD121,66 Juta hingga Maret 2020

Emiten PT Pan Brothers Tex dan entitas anak (PBRX) berhasil mencetak penjualan sebesar USD121,66 juta hingga periode 31 Maret 2020 naik dibandingkan penjualan USD112,88 juta di periode sama…

Ilustrasi Pasien Sembuh Covid-19 (ist)

Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:07 WIB

Alhamdulillah! Tren Pasien Sembuh COVID-19 Meningkat, Jakarta Tertinggi Disusul Jatim, Jabar, Sulsel dan Jateng

Juru Pemerintah untuk COVID-19 Achmad Yurianto mengatakan bahwa pasien sembuh dari COVID-19 cenderung semakin mengalami peningkatan. "Ini yang harus kita syukuri, bahwa sekarang semakin cenderung…

Rp 22 Miliar Donasi dari Dettol dan Harpic Guna Melawan COVID-19

Sabtu, 06 Juni 2020 - 07:00 WIB

Rp 22 Miliar Donasi dari Dettol dan Harpic Guna Melawan COVID-19

Memenuhi komitmennya untuk melawan pandemik COVID-19, Dettol dan Harpic, hari ini menyelesaikan #MelindungiGardaDepan, sebuah inisiatif guna melindungi tenaga kesehatan, garda depan perlawanan…

Wika Beton

Sabtu, 06 Juni 2020 - 06:30 WIB

Naik Tipis, PT Wijaya Karya Beton Tbk Cetak Laba Rp72,66 M hingga Maret 2020

Emiten infrastruktur PT Wijaya Karya Beton Tbk (WTON) meraih laba bersih tahun berjalan yang dapat diatribusikan ke pemilik entitas induk sebesar Rp72,66 miliar hingga periode 31 Maret 2020…

Melakukan Tindakan Mulia, Dua Prajurit TNI Peroleh Penghargaan dari Ketua MPR RI

Sabtu, 06 Juni 2020 - 06:00 WIB

Melakukan Tindakan Mulia, Dua Prajurit TNI Peroleh Penghargaan dari Ketua MPR RI

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo memberikan penghargaan kepada dua prajurit TNI yang bertugas di Pangkalan Angkatan Laut Maumere Nusa Tenggara Timur. Kedua prajurit, Serka MES Mohammad Sangidun…