Korea Travel Fair 2019 Sasar Wisatawan Muslim

Oleh : Andi Mardana | Rabu, 21 Agustus 2019 - 18:59 WIB

Pembukaan Korea Travel Fair 2019 di Jakarta, Selasa (20/8).(Andi Mardana)
Pembukaan Korea Travel Fair 2019 di Jakarta, Selasa (20/8).(Andi Mardana)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Dari tahun ke tahun pertumbuhan Islam di Korea semakin meningkat. Saat ini tercatat lebih dari 100 ribu muslim tinggal di Korea, baik yang merupakan penduduk asli maupun pendatang dan orang asing yang menetap.

Semakin meningkatnya wisatawan muslim di Korea, berdampak pada semakin berkembangnya lembaga, infrastruktur pelayanan publik, serta beragam industri yang ramah muslim, atau lebih dikenal dengan istilah Muslim Friendly.

Sebagai contohnya, pembangunan tempat ibadah di berbagai tujuan wisata utama, hotel, pusat perbelanjaan, bandara dan lainnya merupakan bukti keseriusan pemerintah Korea dalam mengembangkan wisata ramah muslim. Selain itu, restoran ramah muslim pun semakin banyak dan mudah dijumpai.

Korea Travel Fair 2019 di semester kedua ini merupakan salah satu upaya pemerintah Korea melalui Korea Trourism Organization (KTO) Jakarta Office untuk menarik jumlah wisatawan muslim dari Indonesia, yang merupakan salah satu negara pengirim wisatawan terbesar ke Korea.

Mengambil tema Muslim Friendly Korea Festival, acara ini akan dilaksanakan pada 6 - 8 September mendatang, di Kota Kasablanka. Acara ini akan mempromosikan wisata Korea yang ramah muslim dalam balutan ambience musim dingin.

Dalam pelaksanaannya kali ini, Korea Travel Fair akan terbagi menjadi tiga zona di tiga atrium mall Kota Kasablanka, yakni Grand Atrium yang diisi oleh 12 Travel Agent pilihan, yaitu Antavaya, ATS Vacation, Avia Tour, Bayu Buana Travel Services, Dwidaya Tour, Golden Rama, H.I.S Travel, KIA Tour & Travel, Obaja Tour & Travel, Rotama Tour, TX Travel, hingga WITA Tour akan memberikan penawaran menarik paket wisata Korea, terutama untuk wisata halal.

Di area Mosaic Walk pengunjung akan dapat menjumpai booth maskapai penerbangan, Bank Mandiri, serta beberapa kantor wisata regional Korea dari Seoul, Busan, Incheon dan Jeju. Organisasi Korea lain seperti Hanwa, KTO Korean Wave Division dan lainnya turut meramaikan area ini.

Salah satu yang menarik adalah K-Drama Zone, yang akan menghadirkan mini expo dari drama-drama korea yang dikenal hingga pelosok negeri.

Muslim Friendly Zone akan menempati area Food Society dengan mempromosikan tempat-tempat wisata Korea yang lengkap dengan fasilitas bagi pengunjung muslim.

Pengunjung dapat melihat replika Seoul Central Mosque, masjid yang di bangun pertama kali tahun 1976 di Itaewon, Seoul, dan menjadi pusat agama Islam Korea. Di Food Society ini juga akan hadir Muslim Friendly Korean Food dimana pengunjung dapat mencicipi jajanan khas Korea yang tentunya ramah bagi muslim.

Andrew Jonghoon Kim, direktur KTO Jakarta Office, mengatakan acara KTF 2019 di semester kedua ini merupakan acara yang spesial karena memiliki tema Muslim Friendly Korea Festival yang bertujuan untuk mempromosikan pariwisata ramah muslim di Korea kepada masyarakat Indonesia yang merupakan salah satu negara muslim terbesar di dunia dan pasar wisatawan penting bagi Korea.

"Kami harap acara ini dapat menjadi media yang positif bagi mayarakat Indonesia untuk lebih mengenal Korea yang ramah muslim," jelas Andrew di Jakarta, Selasa (20/8).

Selain itu, berbagai promosi dan penawaran menarik seperti program cashback bank Mandiri serta penawaran menarik lainnya dari travel agent dan maskapai penerbangan diharapkan dapat menarik minat wisatawan untuk berwisata ke Korea.

Hal yang paling dinantikan para pecinta wisata di setiap pelaksanaan acara travel fair adalah promo tiket murah. Asiana Airlines, Cathay Pasific, Korean Air, dan Thai Airways siap untuk memberikan harga terbaik untuk rute penerbangan ke Korea.

"Sabre Indonesia hadir sebagai rekan GDS (Global Distribution System) resmi yang akan mempermudah dan memperlancar pemesanan tiket pesawat selama acara berlangsung," kata Andrew.

Selanjutnya yang dicari penyuka jalan-jalan adalah promo belanja dari bank. Bank Mandiri sebagai official bank partner ‘Korea Travel Fair 2019’ juga telah mempersiapkan sejumlah penawaran menarik bagi pengunjung yang akan mengunjungi Korea.

Vira Widiyasari, Senior Vice President Credit Cards Group Bank Mandiri, mengatakan Korea Selatan masih menjadi destinasi favorit bagi nasabah Bank Mandiri. Hal tersebut terbukti dari adanya peningkatan transaksi Mandiri Kartu Kredit di atas 15% pada bulan Juli 2019.

"Atas dasar tersebut, Bank Mandiri senantiasa memberikan penawaran terbaik bagi pemegang Mandiri Kartu Kredit ingin berlibur ke Korea Selatan," imbuhnya.

Bagi calon wisatawan yang bertransaksi menggunakan Mandiri Kartu Kredit di ajang ‘Korea Travel Fair 2019’ dapat memperoleh keuntungan tambahan, antara lain tiket dengan harga spesial dengan cashback hingga Rp3,5 juta, cicilan 0% hingga 12 bulan, diskon hingga 50% dengan fiestapoin, program #spend&get; e-voucher hingga Rp 500 ribu tanpa kuota, serta masih banyak penawaran menarik lainnya untuk pemegang Mandiri Kartu.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jaringan ATM BRI (Foto st)

Kamis, 23 Januari 2020 - 18:05 WIB

Fee Based Income BRI Tercatat Rp14,29 Triliun

Perseroan juga berhasil mengakselerasi Fee Based Income. Hingga akhir Desember 2019, perolehan FBI BRI tercatat Rp 14,29 Triliun atau tumbuh 20,1% yoy.

Bank Indonesia Nobatkan BRI Sebagai Bank Pendukung UMKM Terbaik

Kamis, 23 Januari 2020 - 17:56 WIB

Dana Murah BRI Capai 57,71 Persen

Direktur Utama Bank BRI Sunarso menyatakan, pada sisi Dana Pihak Ketiga (DPK), hingga akhir tahun 2019, DPK BRI berhasil menembus angka di atas Rp 1.000 triliun yakni mencapai Rp 1.021,39 triliun…

S.D. Darmono (dok Jababeka)

Kamis, 23 Januari 2020 - 17:48 WIB

Kawasan Industri dan Pertumbuhan 7 Persen

Dengan pasar yang besar, Indonesia masih akan menjadi daya tarik bagi investor asing untuk berinvestasi. Capaian 6-7 persen sebenarnya masih sangat mungkin. Hanya saja perlu adanya gebrakan.…

Penandatanganan perjanjian kerjasama teknologi digitalisasi bisnis pengendalian hama antara ASPPHAMI dan DATUM

Kamis, 23 Januari 2020 - 17:40 WIB

ASPPHAMI - DATUM Teken Kerjasama Tingkatkan Teknologi Digitalisasi Bisnis Pengendalian Hama

Asosiasi Perusahaan Pengendalian Hama Indonesia (ASPPHAMI) bersama perusahaan teknologi informasi dan komunikasi asal Malaysia, DATUM menandatangani Perjanjian Kerja Sama (PKS) untuk meningkatkan…

Jaringan ATM BRI (Foto st)

Kamis, 23 Januari 2020 - 17:22 WIB

2019, BRI Bukukan Laba Rp 34,41 Triliun

PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk kembali menorehkan kinerja positif dan diatas rata-rata industri perbankan nasional. Tercatat, di sepanjang tahun 2019 perseroan mencetak laba sebesar…