Bank BRI Bangun Semangat Nasionalisme Lewat Siswa Mengenal Nusantara

Oleh : Wiyanto | Jumat, 16 Agustus 2019 - 17:28 WIB

BRI lepas siswa di Jaya Pura untuk belajar kearifan lokal lain
BRI lepas siswa di Jaya Pura untuk belajar kearifan lokal lain

INDUSTRY.co.id - Jayapura – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Jayapura, Papua. Sebanyak 56 siswa yang berasal dari Papua dan Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan SMN untuk mempelajari kearifan dan kesenian lokal dari daerah lain. Selain itu kegiatan yang berlangsung selama satu minggu mulai Rabu (14/8) bertujuan untuk mengenalkan siswa kepada keragaman budaya dan kekayaan alam.

“Bank BRI berpartisipasi aktif untuk memupuk rasa nasionalisme para pelajar. Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dapat turut merasakan kehadiran Bank BRI sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki jaringan perbankan terbesar di Indonesia,” ungkap Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto di Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Program SMN merupakan program pertukaran pelajar yang diselenggarakan oleh BUMN di bawah koordinasi Kementerian BUMN RI. Kementerian BUMN menunjuk Bank BRI bersama dengan Yodya Karya yang bertanggung jawab untuk merekrut dan menyeleksi putra-putri terbaik di Provinsi Papua untuk dikirimkan ke Sulawesi Selatan serta menerima putra-putri terbaik dari Provinsi Sulawesi Selatan yang dikirimkan ke Provinsi Papua, di mana dalam rekrutmen dan seleksinya dibantu oleh Dinas Pendidikan Provinsi Papua.

Jika dirinci, jumlah peserta program SMN dari Provinsi Papua yang dikirimkan ke Sulawesi Selatan sebanyak 29 siswa, sedangkan peserta SMN dari Provinsi Sulawesi Selatan yang dikirmkan ke Papua sebanyak 27 siswa. Masing-masing kontingen juga didampingi oleh 2 orang guru teladan dan 1 orang pendamping dari Dinas Pendidikan.

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan, kegiatan SMN merupakan program tahunan yang sudah dilakukan oleh Bank BRI sejak tahun 2015 lalu. “Harapan kami program ini dapat meningkatkan national building para pelajar dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul,” imbuhnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Harjunot Ali

Sabtu, 21 September 2019 - 21:00 WIB

Harjunot Ali Kembali Main Film Horor

Harjunot Ali dikenal sebagai bintang film drama mumpuni. Kalau kemudian Harjunot mau terlibat di film genre horor, karena ia melihat dari sutradara dan rumah produksi yang menggarapnya.

Cashbac Kembali Hadirkan Promo “Tanggal Tua, Rasa Muda”

Sabtu, 21 September 2019 - 19:59 WIB

Cashbac Kembali Hadirkan Promo “Tanggal Tua, Rasa Muda”

Bagi banyak orang, tanggal tua diwajibkan untuk menghemat pengeluaran. Tapi, kini Cashbac melepaskan kekhawatiran tersebut dengan menghadirkan Promo Tanggal Tua, Rasa Muda dengan memberikan…

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Sabtu, 21 September 2019 - 18:00 WIB

Perhatian Dunia Pendidikan, Pengusaha Joune Ganda Terima Penghargaan

Ikatan Guru Indonesia(IGI) memberikan penghargaan “Anugerah Pendidikan Indonesia 2019” (API 2019) sebagai wujud apresiasi terhadap komitmen dan kontribusi bagi dunia pendidikan oleh pejabat…

Penjualan perdana OPPO A9 2020

Sabtu, 21 September 2019 - 17:41 WIB

OPPO Lakukan Penjualan Perdana Perangkat Teranyar A9 2020 di Bekasi

Setelah resmi diperkenalkan pada 17 September 2019 kemarin, OPPO melakukan penjualan perdana perangkat A9 2020 di enam kota yakni Bekasi, Jakarta, Bandung, Balikpapan, Medan dan Bali.

Menteri Pariwisata (Menpar), Arief Yahya seusai meluncurkan masterplan pengembangan wisata religi di Kecamatan Tanara

Sabtu, 21 September 2019 - 17:40 WIB

Menpar Luncurkan Masterplan Pengembangan Wisata Religi di Kecamatan Tanara

Masterplan pengembangan wisata religi mulai diterapkan di Kecamatan Tanara, Kabupaten Serang, Banten, seiring dengan diluncurkannya rencana induk tersebut.