Bank BRI Bangun Semangat Nasionalisme Lewat Siswa Mengenal Nusantara

Oleh : Wiyanto | Jumat, 16 Agustus 2019 - 17:28 WIB

BRI lepas siswa di Jaya Pura untuk belajar kearifan lokal lain
BRI lepas siswa di Jaya Pura untuk belajar kearifan lokal lain

INDUSTRY.co.id - Jayapura – PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk melaksanakan program Siswa Mengenal Nusantara (SMN) di Jayapura, Papua. Sebanyak 56 siswa yang berasal dari Papua dan Sulawesi Selatan mengikuti kegiatan SMN untuk mempelajari kearifan dan kesenian lokal dari daerah lain. Selain itu kegiatan yang berlangsung selama satu minggu mulai Rabu (14/8) bertujuan untuk mengenalkan siswa kepada keragaman budaya dan kekayaan alam.

“Bank BRI berpartisipasi aktif untuk memupuk rasa nasionalisme para pelajar. Melalui kegiatan ini diharapkan generasi muda pada khususnya dan masyarakat pada umumnya dapat turut merasakan kehadiran Bank BRI sebagai salah satu Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki jaringan perbankan terbesar di Indonesia,” ungkap Corporate Secretary Bank BRI Bambang Tribaroto di Jakarta, Jumat (16/8/2019).

Program SMN merupakan program pertukaran pelajar yang diselenggarakan oleh BUMN di bawah koordinasi Kementerian BUMN RI. Kementerian BUMN menunjuk Bank BRI bersama dengan Yodya Karya yang bertanggung jawab untuk merekrut dan menyeleksi putra-putri terbaik di Provinsi Papua untuk dikirimkan ke Sulawesi Selatan serta menerima putra-putri terbaik dari Provinsi Sulawesi Selatan yang dikirimkan ke Provinsi Papua, di mana dalam rekrutmen dan seleksinya dibantu oleh Dinas Pendidikan Provinsi Papua.

Jika dirinci, jumlah peserta program SMN dari Provinsi Papua yang dikirimkan ke Sulawesi Selatan sebanyak 29 siswa, sedangkan peserta SMN dari Provinsi Sulawesi Selatan yang dikirmkan ke Papua sebanyak 27 siswa. Masing-masing kontingen juga didampingi oleh 2 orang guru teladan dan 1 orang pendamping dari Dinas Pendidikan.

Lebih lanjut Bambang mengungkapkan, kegiatan SMN merupakan program tahunan yang sudah dilakukan oleh Bank BRI sejak tahun 2015 lalu. “Harapan kami program ini dapat meningkatkan national building para pelajar dalam rangka mewujudkan sumber daya manusia Indonesia yang unggul,” imbuhnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Inovasi Laptop Acer gapai costumer

Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:41 WIB

Acer Geber Pangsa Pasar Pelajar, Pekerja Work From Home

Acer optimis penjualan laptop keluarannya akan diserap pasar. Apalagi masa pandemi corona virus covid-19, menuntut bekerja atau sekolah dari rumah. Tentunya laptop pilihan yang nyaman.

Padi organik, cikal bakal pertanian organik Indonesia di masa depan. (Foto: Liputan6)

Rabu, 12 Agustus 2020 - 22:06 WIB

Pupuk Organik, Penopang Pertanian Organik Indonesia di Masa Depan

Jakarta - Rani baru pulang dari sebuah pasar swalayan di kawasan pusat kegiatan bisnis ibukota. Dia mengeluhkkan mahalnya harga sayur-mayur dan buah-buahan organik yang ditawarkan pasar swalayan…

Wapres KH Maruf Amin, Menaker, Dirut BPJAMSOSTEK Agus Susanto dan Kemenko PMK

Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:25 WIB

Wujudkan Perlindungan Bagi Seluruh Pekerja, Wapres Serahkan Paritrana Award 2019

Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan (BPJAMSOSTEK) kembali memberikan apresiasi kepada pemerintah daerah dan para…

Anggota Komisi XI DPR RI Puteri Anetta Komarudin

Rabu, 12 Agustus 2020 - 20:18 WIB

DPR Cantik Ini Minta Pemerintah Kebut BLT untuk Genjot Daya Beli Masyarakat

Wabah pandemi Covid-19 turut memukul kinerja perekonomian nasional pada kuartal II-2020. Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat angka pertumbuhan ekonomi kuartal II-2020 sebesar minus 5,32 persen…

Anggota Badan Legislasi DPR RI Arteria Dahlan

Rabu, 12 Agustus 2020 - 19:55 WIB

Arteria PDIP: Maju Pilkada Anggota DPR Harusnya Tidak Perlu Mundur, Cukup Cuti

Tim Kuasa DPR RI memberikan keterangan untuk Perkara Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 22/PUU-XVIII/2020 mengenai pengujian Undang-Undang (UU) Nomor 10 Tahun 2016 tentang Perubahan Kedua Atas UU…