Emas Comex Jatuh Tertekan Penguatan Dolar AS

Oleh : Irvan AF | Kamis, 09 Maret 2017 - 09:07 WIB

Ilustrasi emas. (Ulrich Baumgarten/Getty Images)
Ilustrasi emas. (Ulrich Baumgarten/Getty Images)

INDUSTRY.co.id, Chicago - Emas berjangka di divisi COMEX New York Mercantile Exchange berakhir jatuh pada Rabu (Kamis pagi WIB), tertekan oleh dolar AS yang lebih kuat dan laporan pekerjaan swasta yang lebih baik dari perkiraan.

Kontrak emas yang paling aktif untuk pengiriman April turun 6,7 dolar AS atau 0,55 persen, menjadi menetap di 1.209,40 dolar AS per ounce.

Emas diletakkan di bawah tekanan karena Automated Data Processing (ADP) merilis sebuah laporan pada Rabu (8/3/2017) yang menunjukkan lapangan pekerjaan swasta di Amerika Serikat meningkat 298.000.

Para analis mencatat penambahan lapangan kerja swasta ini merupakan yang terkuat sejak Oktober 2015, dan memberikan tekanan ekstensif pada logam mulia, karena meningkatkan harapan untuk laporan ketenagakerjaan besar pada Jumat (10/3).

Sementara itu, indeks dolar AS naik 0,26 persen menjadi 102,08 pada pukul 18.00 GMT. Indeks adalah ukuran dari dolar AS terhadap sekeranjang mata uang utama.

Emas dan dolar AS biasanya bergerak berlawanan arah, yang berarti jika dolar AS naik maka emas berjangka akan jatuh, karena emas yang diukur dengan dolar menjadi lebih mahal bagi investor.

Para analis percaya bahwa data pekerjaan yang secara tak terduga positif akan berdampak pada ekspektasi untuk kenaikan suku bunga Fed. Investor sekarang percaya bahwa the Fed akan menaikkan suku bunga dari 0,75 ke 1,00 selama pertemuan FOMC Maret.

Menurut alat Fedwatch CME Group, probabilitas tersirat saat ini untuk menaikkan suku bunga dari 0,50 menjadi setidaknya 0,75 adalah 86 persen pada pertemuan Maret dan 80 persen untuk pertemuan Mei, bersama dengan peluang 7,0 persen kenaikan ke suku bunga 1,0.

Namun, penurunan emas dibatasi karena Dow Jones Industrial Average AS turun 38,37 poin, atau 0,18 persen pada pukul 18.36 GMT. Analis mencatat bahwa ketika ekuitas membukukan kerugian maka logam mulia biasanya naik, karena investor mencari tempat yang aman. Sebaliknya ketika ekuitas AS membukukan keuntungan maka logam mulia biasanya turun.

Para pedagang dalam sisa minggu ini menunggu laporan pekerjaan dari Automated Data Processing (ADP) pada Rabu, laporan klaim pengangguran mingguan pada Kamis, dan laporan pekerjaan besar pada Jumat (10/3).

Perak untuk pengiriman Mei turun 23,8 sen, atau 1,36 persen, menjadi ditutup pada 17,298 dolar AS per ounce. Platinum untuk pengiriman April turun 11,6 dolar AS, atau 1,21 persen, menjadi ditutup pada 949,50 dolar AS per ounce.

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Bus Uncal, Bus Wisata Bogor (Ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Keliling Bogor Gratis Naik Bus Uncal, Ini Rute dan Jadwalnya

Bagi kamu yang ingin berkeliling di Kota Bogor bisa naik bus Uncal. Ya, bus wisata gratis yang disediakan oleh Pemerintah Kota Bogor ini melayani wisatawan atau warga keliling kota hujan.

Artis Budhila

Senin, 23 Mei 2022 - 13:00 WIB

Budhila Mantan Manajer Aliando Syarief Kembali Ramaikan Industri Musik Nasional

Budhila bukan atas kemauannya berkat dorongan keluarga dan sahabatnya yang menyukai karakter suaranya.

MasterCard (ist)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:20 WIB

Mastercard Ciptakan Mesin Konversi Poin Pertama di Dunia untuk Mata Uang Game

Mastercard meluncurkan Mastercard Gamer Xchange (MGX), solusi yang siap digunakan dan merupakan yang pertama untuk membantu konsumen mengubah poin reward yang belum digunakan menjadi mata…

Hasil dan torehan prestasi cabang olahraga di SEA Games 2021 Vietnam tetap menjadi catatan bagi Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI), Zainudin Amali untuk melakukan evaluasi, khususnya cabor yang masuk dalam Desain Besar Olahraga Nasional (DBON). (foto:raiky/kemenpora.go.id)

Senin, 23 Mei 2022 - 12:18 WIB

Alhamdulilah! Indonesia Peringkat Tiga SEA Games 2021 Vietnam

Jakarta-Kontingen Indonesia berhasil masuk peringkat tiga besar SEA Games 2021 Vietnam. Indonesia bertengger di peringkat tiga dengan total perolehan 242 medali, yang terdiri dari 69 emas, 92…

Ilustrasi aset kripto

Senin, 23 Mei 2022 - 12:14 WIB

Optimistis Pasar Kripto Bakal Pulih, BitMEX Spot Diluncurkan

Beberapa bulan terakhir pasar kripto cenderung mengalami penurunan, meski begitu BitMEX optimistis pasar kripto akan berangsur pulih dan optimisme ini terlihat dari peluncuran BitMEX Spot sebagai…