Tea Masters Cup Hadirkan Kompetisi Teh Terbesar Pertama di Indonesia

Oleh : Andi Mardana | Jumat, 26 Juli 2019 - 20:41 WIB

Tea Masters Cup.(ist)
Tea Masters Cup.(ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tea Masters Cup, sebuah kompetisi teh terbesar di dunia digelar pertama kalinya di Indonesia. Kompetisi ini bertujuan menemukan seorang master teh terampil dan mampu mengolah ragam jenis teh sehingga menghasilkan minuman teh terbaik untuk para pecinta teh.

Kompetisi ini dibagi dalam tiga kategori yakni, Tea Preparation, Tea Pairing dan Tea Mixology. Tea Masters Cup diselenggarakan sejak 2013, di lebih dari 20 negara seluruh dunia.

Para pemenang kejuaraan Tea Masters Cup tingkat nasional akan bertemu pada putaran final dunia dan berkompetisi untuk menjadi seorang master teh internasional. Kompetisi ini terbuka untuk tingkat professional maupun amatir dan melibatkan mereka untuk mencicipi, menyiapkan hingga menyajikan minuman teh terbaiknya.

Oza Sudewo, Indonesian Tea Specialist yang mewakili Tea Masters Cup, mengatakan Indonesia saat ini menempati urutan ke-7 sebagai penghasil teh terbesar di dunia.

"Kami berharap melalui kompetisi ini mampu mengembangkan pasar dan budaya teh asli Indonesia ke seluruh dunia yang sekaligus akan mendidik masyarakat dalam menciptakan komunitas teh yang lebih kuat," jelas Oza salam siaran persnya Jumat (26/7).

Sebagai salah satu negara penghasil teh berkualitas terbaik, lanjut Oza, kehadiran Indonesia akan menjadi sangat penting untuk mengembangkan ragam budaya teh sebagai minuman pilihan yang memiliki berbagai karakter dan keharuman yang khas.

Ragam teh semakin banyak diminati sebagai minuman pilihan masyarakat sekaligus menjadi komoditas ekspor yang unggul untuk Indonesia. Teh yang berasal dari budaya timur ini juga dikenal sebagai salah satu minuman yang bermanfaat untuk kesehatan.

Di Indonesia sendiri, kehadiran budaya minum teh telah diadaptasi sejak lama sebagai penghilang penat dan mampu membantu ketenangan diri. Budaya ini tidak terlepas dari mutu teh Indonesia yang dikenal memiliki kandungan katekin (antioksidan alami) tertinggi di dunia dengan mayoritas produksi teh Indonesia adalah teh hitam kemudian diikuti oleh teh hijau.

Melalui Tea Masters Cup, para peserta akan diajak untuk terampil mengedepankan kembali sebuah seni mengolah teh, mengenal jenis teh yang digunakan hingga bagaimana tingkatan kualitas teh yang dihasilkan. Persaingan para calon master teh ini juga dalam hal menghafal teh dan mengenali bahan dari minuman berbasis multikomponen teh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Margot Van Der Poel

Senin, 18 November 2019 - 10:00 WIB

Coworking Space di Indonesia: Menciptakan Ruang Kerja yang Sehat dan Produktif

Saat ini, banyak pekerja lepas, atau biasa kita sebut freelancer, perusahaan start-up, hingga korporasi besar beralih menggunakan coworking space dibandingkan kantor konvensional untuk berinovasi…

Batik Air Mengakomodir Wisman Menuju Destinasi 10 Bali Baru

Senin, 18 November 2019 - 10:00 WIB

Batik Air Mengakomodir Wisman Menuju Destinasi 10 Bali Baru

Batik Air (kode penerbangan ID) member of Lion Air Group hari ini meresmikan penerbangan perdana internasional dari Nanning, Tingkok ke Jakarta. Rute baru ini dilayani tanpa henti (non-stop).…

Gedung Kementerian Pertanian

Senin, 18 November 2019 - 09:28 WIB

Anggur Janetes SP1 Idola Hortikultura Indonesia Masa Depan

Malang - Menanggapi respon beberapa pihak terkait penamaan varietas anggur hasil penemuan Balitbang Kementan, Kepala Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) Hermanto…

Check Up Kesehatan dan Berwisata di Malaysia

Senin, 18 November 2019 - 09:00 WIB

Check Up Kesehatan dan Berwisata di Malaysia

Secara umum, biaya berobat di RS Malaysia lebih terjangkau dibandingkan di Singapura. Bahkan bisa 3x lipat lebih murah.

Pengunjung mengamati papan elektronik yang memperlihatkan pergerakan IHSG di gedung BEI (Foto Rizki Meirino)

Senin, 18 November 2019 - 07:18 WIB

IHSG Berpotensi Menguat Naik

Jakarta - Pada perdagangan Senin (18/11/2019), Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) akan berada di level 6024 - 6202.