Tea Masters Cup Hadirkan Kompetisi Teh Terbesar Pertama di Indonesia

Oleh : Andi Mardana | Jumat, 26 Juli 2019 - 20:41 WIB

Tea Masters Cup.(ist)
Tea Masters Cup.(ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tea Masters Cup, sebuah kompetisi teh terbesar di dunia digelar pertama kalinya di Indonesia. Kompetisi ini bertujuan menemukan seorang master teh terampil dan mampu mengolah ragam jenis teh sehingga menghasilkan minuman teh terbaik untuk para pecinta teh.

Kompetisi ini dibagi dalam tiga kategori yakni, Tea Preparation, Tea Pairing dan Tea Mixology. Tea Masters Cup diselenggarakan sejak 2013, di lebih dari 20 negara seluruh dunia.

Para pemenang kejuaraan Tea Masters Cup tingkat nasional akan bertemu pada putaran final dunia dan berkompetisi untuk menjadi seorang master teh internasional. Kompetisi ini terbuka untuk tingkat professional maupun amatir dan melibatkan mereka untuk mencicipi, menyiapkan hingga menyajikan minuman teh terbaiknya.

Oza Sudewo, Indonesian Tea Specialist yang mewakili Tea Masters Cup, mengatakan Indonesia saat ini menempati urutan ke-7 sebagai penghasil teh terbesar di dunia.

"Kami berharap melalui kompetisi ini mampu mengembangkan pasar dan budaya teh asli Indonesia ke seluruh dunia yang sekaligus akan mendidik masyarakat dalam menciptakan komunitas teh yang lebih kuat," jelas Oza salam siaran persnya Jumat (26/7).

Sebagai salah satu negara penghasil teh berkualitas terbaik, lanjut Oza, kehadiran Indonesia akan menjadi sangat penting untuk mengembangkan ragam budaya teh sebagai minuman pilihan yang memiliki berbagai karakter dan keharuman yang khas.

Ragam teh semakin banyak diminati sebagai minuman pilihan masyarakat sekaligus menjadi komoditas ekspor yang unggul untuk Indonesia. Teh yang berasal dari budaya timur ini juga dikenal sebagai salah satu minuman yang bermanfaat untuk kesehatan.

Di Indonesia sendiri, kehadiran budaya minum teh telah diadaptasi sejak lama sebagai penghilang penat dan mampu membantu ketenangan diri. Budaya ini tidak terlepas dari mutu teh Indonesia yang dikenal memiliki kandungan katekin (antioksidan alami) tertinggi di dunia dengan mayoritas produksi teh Indonesia adalah teh hitam kemudian diikuti oleh teh hijau.

Melalui Tea Masters Cup, para peserta akan diajak untuk terampil mengedepankan kembali sebuah seni mengolah teh, mengenal jenis teh yang digunakan hingga bagaimana tingkatan kualitas teh yang dihasilkan. Persaingan para calon master teh ini juga dalam hal menghafal teh dan mengenali bahan dari minuman berbasis multikomponen teh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Stop Kekerasan Terhadap Wartawan

Kamis, 02 April 2020 - 20:54 WIB

Setelah Tabrak SOP WHO, Oknum Protokol Anak Buah Walikota Palembang Tantang dan Ancam Wartawan Saat Press Confrence Covid-19

"Kami ini manusia juga, kenapa kami dikumpulkan di tempat berdesakan seperti ini, sesuai SOP WHO harus menjaga jarak minimal 1,5 meter untuk mencegah penyebaran Covid-19," ungkap satu wartawan.…

Dirjen Tanaman Pangan Suwandi saat tinjau banjir di Indramayu

Kamis, 02 April 2020 - 20:45 WIB

Kementan Kirim Benih ke 2.708 Hektar Lahan Terdampak Banjir Indramayu

Dampak iklim ekstrim yang terjadi di awal Maret 2020 mengakibatkan banjir di wilayah Kabupaten Indramayu, dampaknya dilaporkan banjir menggenangi beberapa areal persawahan. Dengan respon cepat,…

Pemasok bawang putih sedang berada di gudangang

Kamis, 02 April 2020 - 20:27 WIB

Harga Bawang Putih Melambung di Musim Corona, KPPU: Ingat Pemerintah Dapat Mem-Blacklist Anda Para Importir Nakal

KPPU sendiri telah meningkatkan pengawasannya atas sektor pangan guna menjaga agar tidak terdapat pelaku usaha yang secara bersama-sama menahan pasokan atau memberikan harga yang sangat tinggi…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Kamis, 02 April 2020 - 19:40 WIB

OJK Tindaklanjuti Perpu 1 2020

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyambut baik, mendukung dan menindaklanjuti penerbitan Perpu 1 Tahun 2020 dalam rangka menghadapi risiko penurunan perekonomian nasional dan stabilitas sistem…

Waskita Realty Siapkan 25 Wastafel Portabel Cegah Virus Covid 19

Kamis, 02 April 2020 - 18:00 WIB

Waskita Realty Siapkan 25 Wastafel Portabel Cegah Virus Covid 19

PT Waskita Karya Realty (Waskita Realty), anak perusahaan dari PT Waskita Karya, (Persero) Tbk, yang tengah mengembangkan berbagai hunian yang tersebar di kota-kota besar di Indonesia, turut…