Tea Masters Cup Hadirkan Kompetisi Teh Terbesar Pertama di Indonesia

Oleh : Andi Mardana | Jumat, 26 Juli 2019 - 20:41 WIB

Tea Masters Cup.(ist)
Tea Masters Cup.(ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Tea Masters Cup, sebuah kompetisi teh terbesar di dunia digelar pertama kalinya di Indonesia. Kompetisi ini bertujuan menemukan seorang master teh terampil dan mampu mengolah ragam jenis teh sehingga menghasilkan minuman teh terbaik untuk para pecinta teh.

Kompetisi ini dibagi dalam tiga kategori yakni, Tea Preparation, Tea Pairing dan Tea Mixology. Tea Masters Cup diselenggarakan sejak 2013, di lebih dari 20 negara seluruh dunia.

Para pemenang kejuaraan Tea Masters Cup tingkat nasional akan bertemu pada putaran final dunia dan berkompetisi untuk menjadi seorang master teh internasional. Kompetisi ini terbuka untuk tingkat professional maupun amatir dan melibatkan mereka untuk mencicipi, menyiapkan hingga menyajikan minuman teh terbaiknya.

Oza Sudewo, Indonesian Tea Specialist yang mewakili Tea Masters Cup, mengatakan Indonesia saat ini menempati urutan ke-7 sebagai penghasil teh terbesar di dunia.

"Kami berharap melalui kompetisi ini mampu mengembangkan pasar dan budaya teh asli Indonesia ke seluruh dunia yang sekaligus akan mendidik masyarakat dalam menciptakan komunitas teh yang lebih kuat," jelas Oza salam siaran persnya Jumat (26/7).

Sebagai salah satu negara penghasil teh berkualitas terbaik, lanjut Oza, kehadiran Indonesia akan menjadi sangat penting untuk mengembangkan ragam budaya teh sebagai minuman pilihan yang memiliki berbagai karakter dan keharuman yang khas.

Ragam teh semakin banyak diminati sebagai minuman pilihan masyarakat sekaligus menjadi komoditas ekspor yang unggul untuk Indonesia. Teh yang berasal dari budaya timur ini juga dikenal sebagai salah satu minuman yang bermanfaat untuk kesehatan.

Di Indonesia sendiri, kehadiran budaya minum teh telah diadaptasi sejak lama sebagai penghilang penat dan mampu membantu ketenangan diri. Budaya ini tidak terlepas dari mutu teh Indonesia yang dikenal memiliki kandungan katekin (antioksidan alami) tertinggi di dunia dengan mayoritas produksi teh Indonesia adalah teh hitam kemudian diikuti oleh teh hijau.

Melalui Tea Masters Cup, para peserta akan diajak untuk terampil mengedepankan kembali sebuah seni mengolah teh, mengenal jenis teh yang digunakan hingga bagaimana tingkatan kualitas teh yang dihasilkan. Persaingan para calon master teh ini juga dalam hal menghafal teh dan mengenali bahan dari minuman berbasis multikomponen teh.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso di Universitas Sebelas Maret

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:20 WIB

Wimboh Dikukuhkan jadi Guru Besar Tidak Tetap FEB UNS

Surakarta—Untuk pertama kalinya, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta mengukuhkan guru besar tidak tetap di bidang Ilmu Manajemen Risiko pada Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Beliau…

Singapore Airlines (SIA) Grup (Foto Ist)

Minggu, 25 Agustus 2019 - 09:00 WIB

SIA-BCA Travel Fair 2019 Tawarkan Harga dan Paket Perjalanan Menarik

Singapore Airlines (SIA) bersama Bank Central Asia (BCA) kembali menyelenggarakan Singapore Airlines – BCA Travel Fair 2019 pada tanggal 23 – 25 Agustus 2019. Travel fair ini akan diselenggarakan…

Petani santri milenial

Minggu, 25 Agustus 2019 - 08:13 WIB

Dorong Kerjasama Program Santri Tani dan OPOP

Surabaya - Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa), sekaligus koordinator OPOP Training Center, Mohammad…

Kepala Badan Karantina Kementan di Sumbar

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:43 WIB

Sumbar Ekspor Cangkang Sawit Ke Jepang

Padang -  Kementerian Pertanian melalui Badan Karantina Pertanian (Barantan) melepas 22,8 ribu ton produk turunan sawit asal Sumatera Barat. Produk turunan sawit  masing-masing minyak sawit…

Direktur Utama BNI Syariah, Abdullah Firman Wibowo di UGM

Minggu, 25 Agustus 2019 - 07:24 WIB

BNI Syariah Dorong Kedaulatan Pangan Melalui Ekonomi Syariah

Jogjakarta - BNI Syariah berusaha mendorong kedaulatan pangan. Salah satunya dilakukan dengan partisipasi bank di acara Seminar Nasional Hasil Penelitian Sosial Ekonomi Pertanian yang diadakan…