Usai Perpres Diteken, DFSK Bakal Kebut Penjualan Mobil Listrik

Oleh : Ridwan | Kamis, 25 Juli 2019 - 10:45 WIB

DFSK Glory E3
DFSK Glory E3

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur kendaraan listrik sudah ditunggu-tunggu para pelaku usaha. Pabrik asal China seperti DFSK misalnya yang mengaku sudah sangat siap menjual mobil listrik di Indonesia.

Soal ideal insentif bagi APM, General Manager Marketing PT Sokonindo Automobile, Permata Islam menyatakan, menyerahkan sepenuhnya pada pemerintah. "Pemerintah tentu sudah melakukan studi, serta ada perangkatnya, jadi kami hanya bisa mendukung," katanya di Jakarta (24/7).

Sebelumnya di bocoran perpres itu beberapa aspek yang bisa mendapatkan insentif antara lain terkait dengan pembangunan stasiun pengisian bahan bakar listrik.

Menanggapi hal itu, Permata berujar, DFSK berkomitmen sebagai produsen otomotif, sehingga fokusnya pada pengembangan produk kendaraan. "Soal kemudahan mengisi bahan bakar, kami sudah lengkapi mobil listrik kami dengan dual charging port," ujarnya.

Terkait adakah opsi bakal membangun pabrik baterai mobil listrik di Indonesia, Permata menyatakan, manajemen belum dapat menjabarkan rencana lebih detail.

Untuk pilihan jenis kendaraan listrik, DFSK sudah lama menembak jenis full electric vehicle (EV) dengan model Glory E3 milik perseroan. Pertimbangannya ialah jenis mobil itu memiliki satu jenis mesin dan dipandang lebih mudah dirawat.

Soal investasi, Permata mengungkapkan, pasti bakal ada investasi lagi ke depan yang dilakukan DFSK, apalagi setelah mobil listrik punya regulasi di pasaran. Tetapi, bentuk investasi pabrikan dalam waktu dekat belum dapat disampaikan.

Saat ini, DFSK telah memiliki pabrik dengan kapasitas terpasang 50.000 unit per tahun. Investasi yang memakan dana hingga 150 juta dollar AS itu utilitasnya masih belum 100 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Sosial Media (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 05:00 WIB

Pemblokiran Data di Papua dan Papua Barat

Untuk mempercepat proses pemulihan situasi keamanan dan ketertiban di Papua dan sekitarnya, setelah berkoordinasi dengan aparat penegak hukum dan instansi terkait, Kementerian Komunikasi dan…

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo. (Foto: Bamsoet.com)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 04:00 WIB

Bamsoet: Semua Pihak di Papua Harus Bisa Menahan Diri

Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta saudara-saudara sebangsa di Papua bisa menahan diri, begitupun dengan berbagai pihak lainnya dari mulai aparat TNI/Polri, pemerintah daerah, hingga…

Peta Nduga Papua (Foto Dok Industry.co.id)

Kamis, 22 Agustus 2019 - 03:07 WIB

Residen Jokowi Didorong Bentuk Special Envoy untuk Papua

Penyikapan pemerintah atas menguatnya rasisme terhadap warga Papua dan aksi unjuk rasa di Papua dan Papua Barat, menggambarkan ketidakmampuan (unable) atau keengganan (unwilling) pemerintah…

Bukti Komitmen Dukung Peningkatan Kompetensi Wartawan

Kamis, 22 Agustus 2019 - 00:12 WIB

LSPR Selenggarakan Uji Kompetensi Wartawan Bali

Bali-wartawan tergabung dari 13 media massa di Bali siap menjalankan Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan oleh LSPR-Bali dan ASEAN Public Relations Network (APRN) berkolaborasi…

Pengurus Pusat dan Dewan Pengawas AJPKM

Rabu, 21 Agustus 2019 - 23:52 WIB

Peresmian Asosiasi Jurnal Pengabdian Masyarakat (AJPKM)

Jakarta-Sebanyak 15 Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) dari 15 perguruan tinggi di Indonesia, mendeklarasikan berdirinya Asosiasi Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat…