Usai Perpres Diteken, DFSK Bakal Kebut Penjualan Mobil Listrik

Oleh : Ridwan | Kamis, 25 Juli 2019 - 10:45 WIB

DFSK Glory E3
DFSK Glory E3

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Peraturan Presiden (Perpres) yang mengatur kendaraan listrik sudah ditunggu-tunggu para pelaku usaha. Pabrik asal China seperti DFSK misalnya yang mengaku sudah sangat siap menjual mobil listrik di Indonesia.

Soal ideal insentif bagi APM, General Manager Marketing PT Sokonindo Automobile, Permata Islam menyatakan, menyerahkan sepenuhnya pada pemerintah. "Pemerintah tentu sudah melakukan studi, serta ada perangkatnya, jadi kami hanya bisa mendukung," katanya di Jakarta (24/7).

Sebelumnya di bocoran perpres itu beberapa aspek yang bisa mendapatkan insentif antara lain terkait dengan pembangunan stasiun pengisian bahan bakar listrik.

Menanggapi hal itu, Permata berujar, DFSK berkomitmen sebagai produsen otomotif, sehingga fokusnya pada pengembangan produk kendaraan. "Soal kemudahan mengisi bahan bakar, kami sudah lengkapi mobil listrik kami dengan dual charging port," ujarnya.

Terkait adakah opsi bakal membangun pabrik baterai mobil listrik di Indonesia, Permata menyatakan, manajemen belum dapat menjabarkan rencana lebih detail.

Untuk pilihan jenis kendaraan listrik, DFSK sudah lama menembak jenis full electric vehicle (EV) dengan model Glory E3 milik perseroan. Pertimbangannya ialah jenis mobil itu memiliki satu jenis mesin dan dipandang lebih mudah dirawat.

Soal investasi, Permata mengungkapkan, pasti bakal ada investasi lagi ke depan yang dilakukan DFSK, apalagi setelah mobil listrik punya regulasi di pasaran. Tetapi, bentuk investasi pabrikan dalam waktu dekat belum dapat disampaikan.

Saat ini, DFSK telah memiliki pabrik dengan kapasitas terpasang 50.000 unit per tahun. Investasi yang memakan dana hingga 150 juta dollar AS itu utilitasnya masih belum 100 persen.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Toko Online Blanja.com

Rabu, 20 November 2019 - 15:44 WIB

Sambut HUT Ke-5, BLANJA.com Hadirkan Gamification

Guna memeriahkan ulang tahunnya yang ke-5, marketplace besutan Telkom ini meluncurkan gamification terbarunya yaitu Tiup Lilin yang menawarkan Kado BLANJA dan berbagai promo menarik.

Direktur Utama PT Jaya Real Property, Trisna Muliadi (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Rabu, 20 November 2019 - 15:01 WIB

Bangun Pasar Senen Blok 1 dan 2, Jaya Real Property Siap Gelontorkan Dana Sebesar Rp 900 Miliar

Sebelumnya pembangunan Pasar Senen ini direncanakan dilakukan untuk blok 5, namun karena alasan urgensi akibat kebakaran pada blok 1 dan blok 2 maka diputuskan untuk membangun blok tersebut…

Terowongan NYIIA

Rabu, 20 November 2019 - 14:30 WIB

Sambut Libur Nataru, Kementerian PUPR Kebut Pengerjaan Dua Underpass di Yogyakarta

Keberadaan 2 underpass ini sudah sangat dinantikan masyarakat karena dinilai akan memperlancar arus lalu lintas di sekitar bandara baru NYIA dan menuju ke Kaliurang.

Kementerian PUPR Bangun Kampus Masa Depan Penelitian Peradaban Islam

Rabu, 20 November 2019 - 14:12 WIB

Kementerian PUPR Bangun Kampus Masa Depan Penelitian Peradaban Islam

Pemerintah tengah membangun Kampus Universitas Islam Internasional Indonesia (UIII) sebagai kampus masa depan bagi kajian dan penelitian peradaban Islam di Indonesia sebagai negara dengan penduduk…

Ahmad Hudori, Mahasiswa Manajemen Teknologi S2 President University

Rabu, 20 November 2019 - 12:07 WIB

Teknologi Blockchain dan Marketing Digital di Industri 4.0

Era industri saat ini para pakar teknologi memprediksi bahwa industry apapun akan terdisrupsi oleh system yang bernama blockchain.