Jadi Episentrum Wirausaha Muda dan Industri Kreatif, DSC|X Gelar Roadshow di Jakarta

Oleh : Hariyanto | Rabu, 24 Juli 2019 - 07:20 WIB

DSC|X Gelar Roadshow di Jakarta (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)
DSC|X Gelar Roadshow di Jakarta (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perhelatan besar kompetisi kewirausahaan Diplomat Success Challenge ke-10 tahun 2019 / (DSC|X) yang digagas oleh Wismilak Foundation menggelar roadshow pamungkas di Jakarta.

Ajang yang hingga kini meraih antusiasme tinggi kepesertaan dari para wirausahawan muda nasional sejak dibuka pendaftarannya secara daring pada 15 Mei lalu dihelat di Estubizi Business Center, Jakarta Selatan.

Roadshow Jakarta menghadirkan narasumber mumpuni dibidang kewirausahaan seperti Mentor Nasional DSC|X 2019 sekaligus Founder & CEO Asumsi.co, Pangeran Siahaan dan Irfan Goldfather, penggagas Gold.inc, serta Andi Saptari dari Coworking Indonesia.

Roadshow DSC|X Jakarta dihelat di Estubizi Business Center, sebuah ruang kerja bersama yang digagas oleh Benyamin Ruslan bersama Simaeru Indonesia Raya untuk mendukung penggiat startup dan UKM agar mampu mengembangkan bisnis dan berjejaring serta berkolaborasi secara kreatif antar para wirausawan.

Penggagas DSC|X sekaligus Marketing Community & Event Manager Wismilak Edric Chandra menyampaikan, Roadshow DSC|X #BikinGebrakan di Jakarta adalah wujud 10 tahun komitmen kuat untuk turut serta memperkuat ekosistem wirausaha lndonesia. Ia mengungkapkan, DSC|X masih memiliki agenda roadshow antar kampus yang akan dimulai di akhir Juli hingga Agustus di 9 kota.

"Akan ada tiga perguruan tinggi di tiap kota yang turut berpartisipasi pada rangkaian kegiatan ini, antara lain Institut Teknologi 10 Nopember, Universitas Mahardika, Universitas Ciputra, Universitas Brawijaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Muhammadiyah Malang, Universitas Gajahmada, Universitas Negeri Yogyakarta, dan beberapa perguruan tinggi lainnya, Di kesempatan roadshow di Jakarta ini, para peserta akan diberikan pengetahuan mengenai wawasan kewirausahaan dan informasi terkait dengan mekanisme submisi proposal DSC|X." kata Edric di Jakarta, Selasa (23/7/2019)

Edric menjelaskan, perhelatan DSC|X tahun 2019 ini telah menerima ribuan proposal, namun begitu waktu penerimaan proposal ide bisnis peserta masih terbuka hingga 17 Agustus mendatang. Sejauh ini demograh peserta terbesar masih di Pulau Jawa, dengan proposal bisnis terbanyak berasal dari Jawa Tengah disusul Jawa Timur.

Proposal bisnis dan propinsi Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi serta kawasan Timur Indonesia lainnya juga sudah cukup banyak masuk. Ini adalah hal yang menggembirakan, sesuai dengan ekspektasi DSC bahwa program ini bisa dijangkau dan diikuti oleh seluruh masyarakat Indonesia.

Untuk kategori bisnis, kategori usaha Makanan dan Minuman masih menjadi kategori bisnis yang paling diminati. Hal ini lumrah, mengingat pertumbuhan industri ini di Indonesia sangat tinggi. Selain itu, kategori start-up digital menjadi kategori yang juga diminati banyak pendaftar DSC untuk tahun ini.

Hingga saat Ini, DSC X 2019 juga sudah menerima proposal bisnis dari kategori agrobisnis, kriya & fashion serta kategori teknologi terapan. Untuk usua peserta, lebih dari 80% pendaftar DSC|X tahun 2019 adalah kaum millenial dengan 80% diantaranya berusia 20-25 tahun. Hal ini membuktikan bahwa anak muda Indonesia saat ini tidak lagi berorientasi sebagai job-seeker, tetapi lebih kepada job creator alias pencipta lapangan kerja.

Doni Arya selaku perwakilan PT Wismilak Intil Makmur Tbk. menyampaikan, setelah rangkaian roadshow, ajang DSC|X akan memasuki tahap Regional Selection pada September-Oktober nanti. Ini merupakan tahap penyaringan peserta yang proposalnya lulus penilaian awal.

"Peserta akan melakukan presentasi langsung dalam waktu 90 detik dihadapan dewan juri. Proposal bisnis terbaik di tahap ini selanjutnya diuji kembali di babak National Selection." ungkap Doni

Lebih jauh, Doni memaparkan bahwa pada awalnya, Regional Selection hanya akan diselenggarakan di 3 kota. Tetapi melihat perkembangan dan animo pendaftar DSC tahun ini yang begitu tinggi, maka akan diadakan penambahan kota Regional Selection.

Sementara itu, Mentor Nasional DSC|X 2019 seka|igus Founder & CEO Asumsi.co. Pangeran Siahaan menyampaikan bahwa rangkaian ajang roadshow DSC|X yang digelar di 9 kota sejak Mei memperlihatkan animo dan antusiasme kaum muda yang demikian tinggi terhadap kewirausahaan.

Ajang DSC|X mengukuhkan komitmennya untuk tidak hanya mendukung semangat & dinamika dunia kewirausahaan muda di lndonesia namun juga secara langsung memberikan peluang bagi kaum muda untuk mewujudkan ide dan konsep bisnis mereka.

Roadshow pamungkas di Jakarta menghadirkan seorang Local Heroes sekaligus penggagas Gold.inc., lrfan Goldfather yang berhasil menggagas dan mengembangkan sebuah brand bertajuk Gold.inc. outlet yang menawarkan produk perhiasan emas untuk anak muda laki-Iaki dengan inovasi desain yang berbeda dan keren.

Irfan berpendapat bahwa Jakarta pantas menjadi creative industry hub karena memiliki semua faktor penunjangnya, dari mulai fasiiitas produksi hingga promosi. "Dalam kewirausahaan perlu 3 kekuatan, yaitu kolaborasi, komunitas dan konsistensi. Tiga hal tersebutlah yang saya aplikasikan dalam membangun bisnis Gold.inc." kata Irfan.

Ajang DSC|X, menurut Irfan, memiliki peran dan strategi yang tepat dimana selain memberikan solusi jitu bagi dunia kewirausahaan muda, sekaligus dukungan bagi ekosistem baru industri kreatif Indonesia.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri BUMN Erick Rhohir (Foto Ist)

Kamis, 18 April 2024 - 13:26 WIB

Menteri Erick Thohir Siapkan BUMN Antisipasi Dampak Ekonomi dan Geopolitik Global

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir memperingatkan BUMN untuk mengantisipasi dampak dari gejolak ekonomi dan geopolitik dunia. Erick mencontohkan inflasi AS sebesar 3,5 persen…

Candi Borobudur

Kamis, 18 April 2024 - 10:50 WIB

Dahsyat! Perputaran Ekonomi di Sektor Parekraf Selama Libur Lebaran Capai Rp369,8 Triliun

Peningkatan pergerakan masyarakat saat momen mudik dan libur lebaran tahun ini memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap sektor pariwisata dan ekonomi kreatif dengan perputaran ekonomi…

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

SILO Dukung Deteksi Kanker Dini Melalui #Selangkah 2024

PT Siloam International Hospitals Tbk. (SILO), anak usaha PT Lippo Karawaci Tbk. (LPKR) di sektor layanan kesehatan, berkomitmen mengembangkan industri kesehatan dengan memberikan layanan spesialisasi…

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Kamis, 18 April 2024 - 10:34 WIB

Menperin Agus Antisipasi Dampak Gejolak Geopolitik Dunia Bagi Sektor Industri

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus memantau situasi geopolitik dunia yang tengah bergejolak. Saat ini situasi Timur Tengah semakin memanas dengan adanya konflik Iran dan Israel baru-baru…

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Kamis, 18 April 2024 - 09:46 WIB

Turut Serta Dalam Pertumbuhan Ekonomi Nasional, Bank Sampoerna Bukukan Kinerja yang Baik

Penyaluran kredit yang dilakukan perbankan, termasuk PT Bank Sahabat Sampoerna (“Bank Sampoerna”) terus mengalami peningkatan seiring dengan pertumbuhan ekonomi nasional. Pada akhir tahun…