Kementan Manfaatkan Bonus Demografi Melalui Modernisasi Pertanian

Oleh : Wiyanto | Sabtu, 13 Juli 2019 - 14:16 WIB

Alsintan Tekan Biaya Olah Tanah Cabai Hingga 90 Persen (Foto Dok Industry.co.id)
Alsintan Tekan Biaya Olah Tanah Cabai Hingga 90 Persen (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id

Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) terus menyiapkan sarana dan prasarana menghadapi bonus demografi yang diperkirakan mencapai 64 persen. Pasalnya, bonus ini akan menghadirkan besarnya komposisi usia produktif ketimbang usia non produktif.

"Karena itu, kami terus membuat kebijakan dan program terobosan seperti mentransformasi pertanian tradisional menjadi modern serta meningkatkan kualitas SDM," ujar Kepala Pusat Data dan Informasi Kementan, Ketut Kariyasa, Jumat (12/7).

Kariyasa mengatakan, melalui modernisasi sektor pertanian menjadi menarik karena serba teknologi dan digital. Terobosan ini juga diharapkan membuka mata anak muda untuk terjun langsung ke sektor pertanian.

"Apalagi sejak tahun 2014, Kementan telah mendistribusikan bantuan alat mesin pertanian dalam jumlah besar, yakni lebih dari 400 ribu unit," katanya.

Kariyasa mengatakan, seluruh bantuan terbukti telah memberi manfaat besar, terlebih untuk menghadapi era revolusi industri 4.0. Namun disisi lain, bantuan dan bonus itu dapat memberi ancaman jika tidak dikelola dengan baik.

"Terutama dari aspek penyediaan lapangan pekerjaan yang sesuai dengan SDM," katanya.

Melalui modernisasi, kata Kariyasa, generasi muda akan merasa bangga karena sektor pertanian mampu memberikan pendapatan yang tidak kalah besar dengan upah seorang pegawai lain. Pertanian juga tidak melulu bergelut dengan lumpur dan terpaan sinar matahari.

"Cara bekerja pertanian tidak lagi mengandalkan otot yang sangat meletihkan. Tapi, di era ini, pertanian sudah menggunakan alsintan," katanya.

Di samping itu, pemanfaatan alsintan berdampak besar pada nilai ekonomi petani hingga 80 persen, kemudian menghemat biaya produksi hingga 31 persen dan meningkatkan produktivitas hingga 33 persen.

Pada saat yang sama, Kementan juga terus berupaya meningkatkan kualitas dan keterampilan SDM, khususnya para petani milenial dengan membangun 10 Polbangtan sebagai wahana pencetakan pengusaha muda.

"Untuk mewujudkan Polbangtan yang berkelas dunia, kualitas materi dan metode pengajarannya pun terus diperbaiki dan disesuaikan dengan tuntutan dan perkembangan jaman," katanya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri PUPR Basuki Tinjau Renovasi Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan di Pamekasan

Sabtu, 30 Maret 2024 - 09:45 WIB

Menteri PUPR Basuki Tinjau Renovasi Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan di Pamekasan

Setelah meresmikan Rusun untuk santri/santriwati di Pamekasan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono meninjau progres renovasi Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan…

Astra Infra Siap Hadirkan Perjalanan Mudik Lebaran Penuh Makna

Sabtu, 30 Maret 2024 - 08:32 WIB

Astra Infra Siap Hadirkan Perjalanan Mudik Lebaran Penuh Makna

Mudik lebaran merupakan salah satu momen yang paling dinanti oleh masyarakat Indonesia. Sebagai momen besar silaturahmi keluarga, arus mudik lebaran turut meningkatkan mobilitas masyarakat yang…

dr. Attaubah Mufid dan dr. Reza Gladys bersama rekor MURI yang kembali mereka raih lewat Glafidsya Aesthetic Clinic yang mereka dirikan 11 tahun lalu.

Sabtu, 30 Maret 2024 - 08:01 WIB

Klinik Dokter Reza Gladys dan Dokter Attaubah Mufid Kembali Sabet Rekor MURI

Glafidsya Aesthetic Clinic, klinik kecantikan yang didirikan dr. Attaubah Mufid dan dr. Reza Gladys kembali meraih rekor MURI kategori Pemesanan Perawatan Wajah Terbanyak Secara Daring Dalam…

Ratna Listy, Veline Ratu Ayu, Madeena, Trio Ganteng-Ganteng Cantik Siap Buka Bareng Anak Yatim-piatu

Sabtu, 30 Maret 2024 - 06:12 WIB

Ratna Listy, Veline Ratu Ayu, Madeena, Trio Ganteng-Ganteng Cantik Siap Buka Bareng Anak Yatim-piatu

Ratna Listy, Veline Ratu Ayu, Madeena, Trio Perkusi Ganteng Ganteng Cantik, Madeena dan Artis Film Syirik Meriahkan Tasyakuran Satu Dekade FORWAN yang bakal digelar di Yayasan Cahaya Alam Pondok…

Ganteng Ganteng Cantik Pukau Ratusan Anak Yatim Di Tasyakuran Saru Dekade FORWAN.

Sabtu, 30 Maret 2024 - 06:04 WIB

Ganteng Ganteng Cantik Pukau Ratusan Anak Yatim Di Tasyakuran Satu Dekade FORWAN.

Trio Perkusi Ganteng Ganteng Cantik yang beranggotakan Mecca el umroh (Dica) , Al hadid, Terrence tampil memukau ratusan anak yatim-piatu binaan Yayasan Cahaya Alam dalam acara Tasyakuran Satu…