Hutan Mangrove Sulut Jadi Destinasi Wisata

Oleh : Herry Barus | Rabu, 10 Juli 2019 - 14:00 WIB

Hutan (Foto Dok Industry.co.id)
Hutan (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Manado- Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey mengatakan, pemerintah daerah mengembangkan hutan mangrove sebagai salah satu destinasi wisata di provinsi berpenduduk lebih dari 2,6 juta jiwa itu.

"Ini (hutan mangrove) apabila dikembangkan, ditata dan ditunjang dengan infrastruktur pendukung kami optimistis dapat menjadi salah satu destinasi wisata di daerah ini," kata Gubernur Olly saat penanaman mangrove di Kelurahan Meras, Kecamatan Bunaken, Kota Manado, Selasa(9/6/20190

Penanaman mangrove di wilayah pesisir Bunaken ini diinisiasi Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja (OASE Kabinet Kerja).

"Pemerintah provinsi memberikan apresiasi atas upaya yang dilakukan OASE Kabinet Kerja dalam rangka pelestarian wilayah laut dan pesisir," kata Olly.

Program OASE Kabinet Kerja di wilayah pesisir Sulut ini, tidak hanya program Gerakan Nasional Peduli Mangrove tetapi juga dibarengi dengan pemulihan Daerah Aliran Sungai dan Kampung Hijau Sejahtera.

Menurut Gubernur, pada acara tersebut dilakukan penanaman sebanyak 5.000 pohon mangrove serta penebaran 300 ekor benih ikan kerapu.

Upaya yang dilakukan ini akan terus dilakukan untuk mengembalikan kondisi ekosistem laut yang lebih baik.

Gubernur menambahkan Sulut mempunyai 18.439,75 hektare luas area terumbu karang, namun sangat disayangkan seluas 8.325,51 hektare di antaranya mengalami kerusakan akibat proses alam dan ulah manusia sendiri.

"Adalah tugas kita semua menjaga anugerah dari pencipta alam semesta ini untuk generasi kini dan generasi yang akan datang, dan sudah sepatutnya kita melakukan pengelolaan lingkungan hidup dengan bijaksana,” ujar Olly.

Dia berharap keindahan, kekhasan, serta keanekaragaman kawasan hutan mangrove diharapkan mampu menarik minat wisatawan.(Ant)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

Kamis, 25 April 2024 - 14:41 WIB

Road to Devcon Ethereum Akan Diselenggarakan di Asia Tenggara, PINTU Gelar Ethereum Meetup Indonesia

PT Pintu Kemana Saja (PINTU), platform jual beli dan investasi crypto kembali melanjutkan rangkaian Road to Devcon Ethereum 2024 setelah di tahun 2023 lalu melakukan roadshow ke tiga universitas.

Dwidayatour Carnival 2024

Kamis, 25 April 2024 - 13:27 WIB

Dwidayatour Gelar Dwidayatour Carnival presented by.Mandiri di Gandaria City

Memasuki tahun ke-8, Dwidayatour Carnival presented by Mandiri digelar kembali. Pameran produk wisata yang kerap ditunggu-tunggu para pecinta travel ini akan kembali digelar di Gandaria City,…

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

Kamis, 25 April 2024 - 12:49 WIB

Mandala Finance Rilis Kinerja Keuangan Tahun 2023 dan Rencana Strategis Menuju Pertumbuhan Optimal

PT Mandala Multifinance Tbk mengumumkan kinerja keuangan Tahun Buku 2023, serta rampungnya proses akuisisi oleh MUFG Group, sebuahlangkah strategis yang diyakini akan membawa dampak positif…

Produk Amaterasun

Kamis, 25 April 2024 - 11:52 WIB

Amaterasun Hadirkan 100% Physical Sunscreen yang 'Almost No Whitecast'

Amaterasun, brand  kecantikan lokal yang dikenal sebagai “SPF Spesialist” dengan Intelligent DNA Guardian Technology™, yang dapat melindungi kulit hingga level DNA pertama di Indonesia…

Ilustrasi aset kripto

Kamis, 25 April 2024 - 11:51 WIB

Sah! fanC, Token untuk Konten Kreator Resmi Diperdagangkan di Indonesia

Aset kripto baru, Token fanC akan resmi diperdagangkan di Indonesia. Token ini mengadopsi teknologi blockchain yang mengembangkan teknologi internet terkini untuk pembuat konten, seperti NFT,…