Tepis Isu Relokasi, NBA Buka Peluang Ekspansi ke Las Vegas

Oleh : Ridwan | Minggu, 07 Juli 2019 - 10:05 WIB

NBA
NBA

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perjalanan panjang harus ditempuh oleh NBA hingga mereka berujung pada format liga yang sekarang. Format liga yang melibatkan 30 tim dengan 2 wilayah dan memainkan 82 gim di musim reguler.

Perjalanan panjang di sini terjadi sejak pertama kali liga ini berdiri dengan masih menggunakan nama Basketball Association of America (BAA).

Dalam prosesnya, NBA memang memindahkan markas beberapa tim dengan aspek-aspek tertentu. Salah satunya adalah masalah operasional seperti kepemilikan tim, stadion, hingga kebijakan sebuah kota atau negara bagian itu sendiri. 

Kota-kota yang dulunya memiliki tim NBA dan kini sudah tidak lagi, antara lain: Seattle, San Diego, San Francisco, Cincinnati, Kansas City, hingga kota di Kanada, Vancouver.

Belakangan ini, seiring dengan terbukanya Komisioner NBA Adam Silver terhadap ide-ide memperbaik kualitas NBA, muncul wacana untuk mengembalikan tim NBA ke beberapa kota di atas. Salah satu yang paling sering disuarakan untuk mendapatkan tim NBA kembali adalah Seattle.

Dalam sebuah wawancara dengan Las Vegas Review-Journal, Silver rupanya menepis isu tersebut. Ia mengaku tidak akan ada tim yang akan berpindah kota (relokasi) dalam waktu dekat. Namun, Silver tak menutup kemungkinan untuk melakukan ekspansi (perluasaan/penambahan) tim di masa mendatang. Salah satu kota yang menarik perhatian NBA adalah Las Vegas, sebuah kota yang terletak di negara bagian Nevada.

"Saat kami belum punya tim NBA di Las Vegas, saya rasa ekspansi ke kota ini akan menarik," terang Silver. 

"Kami mampir ke sini setidaknya dua minggu dalam satu tahun, dan atensi kota ini benar-benar luar biasa. Saya rasa kami menghitung sekitar 30 ribu kamar hotel tersewa di hari-hari di mana kami hadir ke sini. Semua orang terlihat cukup senang menikmati pertandingan dan kota ini." katanya.

Dua minggu yang dimaksud oleh Silver adalah penyelenggaraan NBA Summer League. Sudah dua musim terakhir turnamen musim panas ini diikuti oleh seluruh tim NBA. Menariknya, penjualan tiket di gelaran “sampingan” ini juga meningkat luar biasa. Di tahun ini saja, tiket di gelaran dua hari pertama sudah ludes terjual.

Wacana ini akan sangat menarik ditunggu kelanjutannya. Pasalnya, jika ada tambahan tim, maka jelas semua sistem NBA akan berubah. Mulai dari pembagian wilayah atau bertambahnya jumlah pemain hingga besarnya ruang gaji.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi tiket

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:49 WIB

Jangan Kelewatan, Ini 10 Tips Mendapatkan Tiket dan Voucher Belanja Online!

Berbelanja online telah menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, menawarkan kemudahan, variasi produk, dan tentu saja, kesempatan untuk menghemat uang melalui tiket dan voucher serta…

Renos

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Cari Furnitur dan Elektronik Rumah yang Murah? Datang ke Event Renos Gebyar Ramadhan Saja!

Di era yang serba cepat ini, mencari furnitur dan elektronik untuk rumah tidak lagi memerlukan waktu dan usaha yang banyak. Mulai dari mencari furnitur untuk kamar hingga elektronik rumahan…

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan membidik sektor pertanian melalui BSI Mitra Plasma Sawit. Kunjungan dilakukan ke salah satu kebun sawit di Sumatera.

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:20 WIB

Dorong Sustainable Banking, BSI Dukung Pembiayaan Sawit Bagi Petani Plasma

PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BSI) secara konsisten mendukung program pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emission (NZE) dari berbagai aspek. Salah satunya pembiayaan ramah lingkungan dengan…

Ilustrasi perumahan

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:16 WIB

Terdepan di Wilayah Jabodetabek, Bogor Catat Selisih Pertumbuhan Harga Hunian Tertinggi

Tren harga rumah di Indonesia mengalami peningkatan tahunan sebesar 2,4 persen pada bulan Februari 2024 dibandingkan sejak Februari 2023. Rumah123 mencatat Bogor mengalami kenaikan harga hunian…

Bank Tabungan Pensiun Nasional Tbk (BTPN)

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:44 WIB

Bank BTPN Akuisisi Dua Perusahaan Pembiayaan PT Oto Multiartha dan PT Summit Oto Finance

Akuisisi OTO dan SOF jadi tonggak penting bagi Bank BTPN dalam mendorong inovasi produk dan layanan yang semakin relevan dengan kebutuhan perbankan dan pembiayaan masyarakat Indonesia.