Tepis Isu Relokasi, NBA Buka Peluang Ekspansi ke Las Vegas

Oleh : Ridwan | Minggu, 07 Juli 2019 - 10:05 WIB

NBA
NBA

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perjalanan panjang harus ditempuh oleh NBA hingga mereka berujung pada format liga yang sekarang. Format liga yang melibatkan 30 tim dengan 2 wilayah dan memainkan 82 gim di musim reguler.

Perjalanan panjang di sini terjadi sejak pertama kali liga ini berdiri dengan masih menggunakan nama Basketball Association of America (BAA).

Dalam prosesnya, NBA memang memindahkan markas beberapa tim dengan aspek-aspek tertentu. Salah satunya adalah masalah operasional seperti kepemilikan tim, stadion, hingga kebijakan sebuah kota atau negara bagian itu sendiri. 

Kota-kota yang dulunya memiliki tim NBA dan kini sudah tidak lagi, antara lain: Seattle, San Diego, San Francisco, Cincinnati, Kansas City, hingga kota di Kanada, Vancouver.

Belakangan ini, seiring dengan terbukanya Komisioner NBA Adam Silver terhadap ide-ide memperbaik kualitas NBA, muncul wacana untuk mengembalikan tim NBA ke beberapa kota di atas. Salah satu yang paling sering disuarakan untuk mendapatkan tim NBA kembali adalah Seattle.

Dalam sebuah wawancara dengan Las Vegas Review-Journal, Silver rupanya menepis isu tersebut. Ia mengaku tidak akan ada tim yang akan berpindah kota (relokasi) dalam waktu dekat. Namun, Silver tak menutup kemungkinan untuk melakukan ekspansi (perluasaan/penambahan) tim di masa mendatang. Salah satu kota yang menarik perhatian NBA adalah Las Vegas, sebuah kota yang terletak di negara bagian Nevada.

"Saat kami belum punya tim NBA di Las Vegas, saya rasa ekspansi ke kota ini akan menarik," terang Silver. 

"Kami mampir ke sini setidaknya dua minggu dalam satu tahun, dan atensi kota ini benar-benar luar biasa. Saya rasa kami menghitung sekitar 30 ribu kamar hotel tersewa di hari-hari di mana kami hadir ke sini. Semua orang terlihat cukup senang menikmati pertandingan dan kota ini." katanya.

Dua minggu yang dimaksud oleh Silver adalah penyelenggaraan NBA Summer League. Sudah dua musim terakhir turnamen musim panas ini diikuti oleh seluruh tim NBA. Menariknya, penjualan tiket di gelaran “sampingan” ini juga meningkat luar biasa. Di tahun ini saja, tiket di gelaran dua hari pertama sudah ludes terjual.

Wacana ini akan sangat menarik ditunggu kelanjutannya. Pasalnya, jika ada tambahan tim, maka jelas semua sistem NBA akan berubah. Mulai dari pembagian wilayah atau bertambahnya jumlah pemain hingga besarnya ruang gaji.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kredit Pintar Roadshow ke Yogyakarta

Jumat, 20 September 2019 - 16:00 WIB

Mendukung Pembangunan Ekonomi Daerah, Kredit Pintar Roadshow ke Yogyakarta

Mendukung pertumbuhan ekonomi daerah, Kredit Pintar, perusahaan financial technology (Fintech) peer-to-peer (P2P) lending yang merupakan penyedia solusi kebutuhan akses pembiayaan bagi perorangan…

ASEAN Federation Cardiology Congress Menambah Pengetahuan Terbaru Penyakit Jantung

Jumat, 20 September 2019 - 15:40 WIB

ASEAN Federation Cardiology Congress Menambah Pengetahuan Terbaru Penyakit Jantung

Penyakit kardiovaskular masih menjadi ancaman dunia (global threat) dan merupakan penyakit yang berperan utama sebagai penyebab kematian di seluruh dunia. Badan kesehatan dunia (WHO) mendorong…

Bank BTN. (Foto: Istimewa)

Jumat, 20 September 2019 - 15:12 WIB

Relaksasi LTV Pacu Penyaluran KPR Non Subsidi BTN

Jakarta-Angin segar bagi sektor perbankan datang dari Bank Indonesia (BI) yang memangkas Suku Bunga Acuan atau BI 7 Days Reverse Repo Rate (DRRR) menjadi 5,25% atau turun sebesar 25 basis point

Kepala Biro Pariwisata dan Komunikasi Pemerintah Kota Taipe, Liu Yi-Ting (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Jumat, 20 September 2019 - 15:10 WIB

Hadir di Kompas Travel Fair 2019, Undiscovered Taipe Promosikan Kota Ramah Muslim

Kota Taipe, Taiwan turut berpartisipasi dalam pameran pariwisata terbesar di Indonesia "Kompas Travel Fair 2019". Bertema Undiscovered Taipe, paviliun dibuka langsung oleh Duta Besar Kamar Dagang…

Managing Director Business Development & Marketing PT Modernland Realty Tbk., David Iman Santosa yang mewakili township Jakarta Garden City saat menerima penghargaan Property Awards 2019

Jumat, 20 September 2019 - 14:30 WIB

Jakarta Garden City Raih Penghargaan PropertyGuru Indonesia Property Awards 2019

Perumahan skala kota (township) Jakarta Garden City seluas 370 hektar, yang dikembangkan PT Mitra Sindo Sukses, anak perusahaan dari PT Modernland Realty Tbk. di Jakarta Timur meraih penghargaan…