Tepis Isu Relokasi, NBA Buka Peluang Ekspansi ke Las Vegas

Oleh : Ridwan | Minggu, 07 Juli 2019 - 10:05 WIB

NBA
NBA

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perjalanan panjang harus ditempuh oleh NBA hingga mereka berujung pada format liga yang sekarang. Format liga yang melibatkan 30 tim dengan 2 wilayah dan memainkan 82 gim di musim reguler.

Perjalanan panjang di sini terjadi sejak pertama kali liga ini berdiri dengan masih menggunakan nama Basketball Association of America (BAA).

Dalam prosesnya, NBA memang memindahkan markas beberapa tim dengan aspek-aspek tertentu. Salah satunya adalah masalah operasional seperti kepemilikan tim, stadion, hingga kebijakan sebuah kota atau negara bagian itu sendiri. 

Kota-kota yang dulunya memiliki tim NBA dan kini sudah tidak lagi, antara lain: Seattle, San Diego, San Francisco, Cincinnati, Kansas City, hingga kota di Kanada, Vancouver.

Belakangan ini, seiring dengan terbukanya Komisioner NBA Adam Silver terhadap ide-ide memperbaik kualitas NBA, muncul wacana untuk mengembalikan tim NBA ke beberapa kota di atas. Salah satu yang paling sering disuarakan untuk mendapatkan tim NBA kembali adalah Seattle.

Dalam sebuah wawancara dengan Las Vegas Review-Journal, Silver rupanya menepis isu tersebut. Ia mengaku tidak akan ada tim yang akan berpindah kota (relokasi) dalam waktu dekat. Namun, Silver tak menutup kemungkinan untuk melakukan ekspansi (perluasaan/penambahan) tim di masa mendatang. Salah satu kota yang menarik perhatian NBA adalah Las Vegas, sebuah kota yang terletak di negara bagian Nevada.

"Saat kami belum punya tim NBA di Las Vegas, saya rasa ekspansi ke kota ini akan menarik," terang Silver. 

"Kami mampir ke sini setidaknya dua minggu dalam satu tahun, dan atensi kota ini benar-benar luar biasa. Saya rasa kami menghitung sekitar 30 ribu kamar hotel tersewa di hari-hari di mana kami hadir ke sini. Semua orang terlihat cukup senang menikmati pertandingan dan kota ini." katanya.

Dua minggu yang dimaksud oleh Silver adalah penyelenggaraan NBA Summer League. Sudah dua musim terakhir turnamen musim panas ini diikuti oleh seluruh tim NBA. Menariknya, penjualan tiket di gelaran “sampingan” ini juga meningkat luar biasa. Di tahun ini saja, tiket di gelaran dua hari pertama sudah ludes terjual.

Wacana ini akan sangat menarik ditunggu kelanjutannya. Pasalnya, jika ada tambahan tim, maka jelas semua sistem NBA akan berubah. Mulai dari pembagian wilayah atau bertambahnya jumlah pemain hingga besarnya ruang gaji.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Utama Karya Pastikan Truk Odol yang Melintas di Ruas Tolnya akan Dirazia

Sabtu, 29 Februari 2020 - 16:00 WIB

Hutama Karya Razia Truk ODOL yang Melintas di Ruas Tolnya

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) akan terus melakukan operasi ataskendaraan bermuatan lebih yang masuk kedalam kategori Over Dimension dan Over Load (ODOL).

Simulasi Pasien Corona di RSUP dr Kariadi Semarang

Sabtu, 29 Februari 2020 - 15:11 WIB

Terdapat 136 Pasien Suspect Virus Corona di Indonesia, 35 Pasien Dirawat di Jakarta

Sebaran pasien terduga suspect virus corona di indonesia yang dirawat selain di Jakarta teraebar juga di 22 provinsi, antara lain: Bali 21 orang, Jateng 13 Orang, Kepri 11 orang, Jabar 9 orang,…

Survei Lapangan Ibu Kota Baru

Sabtu, 29 Februari 2020 - 15:06 WIB

Bertemu Jokowi Soal Ibu Kota Baru, Ini Kata Tony Blair...

Presiden Joko Widodo menerima kedatangan delegasi Tony Blair Institute for Global Change yang dipimpin langsung oleh Tony Blair di Istana Merdeka, Jakarta, pada Jumat, 28 Februari 2020. Dalam…

Presiden Jokowi (Foto Biro Pers Setpres)

Sabtu, 29 Februari 2020 - 14:20 WIB

Presiden Jokowi: Yang Punya NPWP Ayo Lapor Pajak Lebih Awal, Ingat Ya Lapornya Sampai dengan 31 Maret 2020

Presiden juga mengingatkan kepada semua pihak yang telah memiliki nomor pokok wajib pajak (NPWP) untuk segera melaporkan SPT. Menurutnya, masih banyak yang telah memiliki NPWP tetapi belum melaporkan…

Para peserta Anabatic Digitalk 2020 Berfoto Bersama Usai Acara. (Foto: Istimewa)

Sabtu, 29 Februari 2020 - 13:57 WIB

Anabatic Gelar Digitalk 2020 tentang Kecerdasan Buatan di Yogyakarta

Yogyakarta - PT Anabatic Digital Raya, anak usaha PT Anabatic Technologies Tbk (ATIC) kembali menggelar forum diskusi teknologi bertajuk Digitalk dengan tema kecerdasan buatan dan proses automasi…