Tepis Isu Relokasi, NBA Buka Peluang Ekspansi ke Las Vegas

Oleh : Ridwan | Minggu, 07 Juli 2019 - 10:05 WIB

NBA
NBA

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Perjalanan panjang harus ditempuh oleh NBA hingga mereka berujung pada format liga yang sekarang. Format liga yang melibatkan 30 tim dengan 2 wilayah dan memainkan 82 gim di musim reguler.

Perjalanan panjang di sini terjadi sejak pertama kali liga ini berdiri dengan masih menggunakan nama Basketball Association of America (BAA).

Dalam prosesnya, NBA memang memindahkan markas beberapa tim dengan aspek-aspek tertentu. Salah satunya adalah masalah operasional seperti kepemilikan tim, stadion, hingga kebijakan sebuah kota atau negara bagian itu sendiri. 

Kota-kota yang dulunya memiliki tim NBA dan kini sudah tidak lagi, antara lain: Seattle, San Diego, San Francisco, Cincinnati, Kansas City, hingga kota di Kanada, Vancouver.

Belakangan ini, seiring dengan terbukanya Komisioner NBA Adam Silver terhadap ide-ide memperbaik kualitas NBA, muncul wacana untuk mengembalikan tim NBA ke beberapa kota di atas. Salah satu yang paling sering disuarakan untuk mendapatkan tim NBA kembali adalah Seattle.

Dalam sebuah wawancara dengan Las Vegas Review-Journal, Silver rupanya menepis isu tersebut. Ia mengaku tidak akan ada tim yang akan berpindah kota (relokasi) dalam waktu dekat. Namun, Silver tak menutup kemungkinan untuk melakukan ekspansi (perluasaan/penambahan) tim di masa mendatang. Salah satu kota yang menarik perhatian NBA adalah Las Vegas, sebuah kota yang terletak di negara bagian Nevada.

"Saat kami belum punya tim NBA di Las Vegas, saya rasa ekspansi ke kota ini akan menarik," terang Silver. 

"Kami mampir ke sini setidaknya dua minggu dalam satu tahun, dan atensi kota ini benar-benar luar biasa. Saya rasa kami menghitung sekitar 30 ribu kamar hotel tersewa di hari-hari di mana kami hadir ke sini. Semua orang terlihat cukup senang menikmati pertandingan dan kota ini." katanya.

Dua minggu yang dimaksud oleh Silver adalah penyelenggaraan NBA Summer League. Sudah dua musim terakhir turnamen musim panas ini diikuti oleh seluruh tim NBA. Menariknya, penjualan tiket di gelaran “sampingan” ini juga meningkat luar biasa. Di tahun ini saja, tiket di gelaran dua hari pertama sudah ludes terjual.

Wacana ini akan sangat menarik ditunggu kelanjutannya. Pasalnya, jika ada tambahan tim, maka jelas semua sistem NBA akan berubah. Mulai dari pembagian wilayah atau bertambahnya jumlah pemain hingga besarnya ruang gaji.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

CEO PATA Indonesia Chapter, Poernomo Siswoprasetijo bersama Bupati Kabupaten Dairi Eddy Keleng Ate Berutu saat menandatangani perjanjian kerja sama (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Selasa, 23 Juli 2019 - 13:50 WIB

Wujudkan Visi Buku Think Big Start Small Move Fast, PATA Indonesia Teken MoU Majukan Pariwisata Kabupaten Dairi

PATA Indonesia Chapter bekerjasama dengan President University menggelar acara Bedah Buku dan Penandatanganan Nota Kesepahaman antara PATA Indonesia Chapter dan Pemerintah Kabupaten Dairi, Sumatera…

Rudy Ramli di BPK

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:10 WIB

BPK Diminta Audit Investigasi Penjualan Saham Bank Permata

Jakarta - Rudy Ramli,   mendatangi Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk melaporkan adanya kerugiaan negara pada Kasus Bank Permata yang menelan uang negara melalui rekap bond senilai Rp 11,9…

Perayaan Tahun Baru di Monas ( Istimewa)

Selasa, 23 Juli 2019 - 12:00 WIB

Pameran Hologram Monas, Menampilkan Wajah Jakarta Dari Masa Ke Masa Melalui Instalasi Hologram

Monumen Nasional (Monas) merupakan salah satu destinasi utama Jakarta yang menampilkan sosok Jakarta sebagai kota modern pusat seni budaya. Sebagai ikon khas ibukota, Monas merupakan tempat…

Tokopedia gandeng Modalku luncurkan Modal Toko

Selasa, 23 Juli 2019 - 10:41 WIB

Tokopedia Gandeng Modalku Luncurkan Modal Toko

Tokopedia bekerja sama dengan Modalku resmi meluncurkan Modal Toko. Sebagai perkembangan dari layanan sebelumnya, yaitu Tokopedia Pinjaman Modal, Modal Toko memungkinkan penjual di Tokopedia…

Ketua Umum AAAJI Budi Tampubolon bersama anggota MDRT

Selasa, 23 Juli 2019 - 10:30 WIB

MDRT Indonesia Akan Gelar MDRT Day Indonesia

Jakarta-Million Dollar Round Table (MDRT) Indonesia akan menggelar MDRT Day Indonesia 2019 pada 6 Agustus 2019 di ICE BSD, Tanggerang.