Perdagangan Perdana, Harga Saham Indonesian Tobacco Melesat 50%

Oleh : Abraham Sihombing | Kamis, 04 Juli 2019 - 10:22 WIB

Direksi dan Komisaris PT Indonesian Tobacco Tbk sedang mengamati papan perdagangan saham perseroan di BEI, Jakarta, Kamis (04/07/2019). Dari kanan ke kiri : Djonny Saksono (Presdir) dan Shirley Suwantina (Preskom). (Foto: Abe)
Direksi dan Komisaris PT Indonesian Tobacco Tbk sedang mengamati papan perdagangan saham perseroan di BEI, Jakarta, Kamis (04/07/2019). Dari kanan ke kiri : Djonny Saksono (Presdir) dan Shirley Suwantina (Preskom). (Foto: Abe)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Saham PT Indonesian Tobacco Tbk (ITIC), perusahaan pengolahan tembakau iris, pertama kali diperdagangkan di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Kamis (04/07/2019). Di perdagangan perdananya, harga ITIC naik 50% menjadi Rp330 per unit dibanding harga pada Penawaran Umum Perdana Saham (PUPS) sebelumnya sebesar Rp219 per unit.

Perseroan yang didirikan pada 1955 itu menjadi perusahaan ke-19 yang mencatatkan saham di BEI pada tahun ini. Perseroan juga memiliki merek dagang dengan jaringan pemasaran secara nasional maupun internasional. Adapun merek perseroan tersebut adalah Anggur Kupu, Lampion Lilin, Pohon Sagu, Roda Terbang dan Manna.

“Kami memperoleh tambahan modal sebesar Rp60,019 miliar dari PUPS tersebut. Itu karena kami menawarkan 274,06 juta unit saham seharga Rp219 per unit,” ujar Presiden Komisaris, Shirley Suwantina, pada acara perdagangan perdana di BEI, Kamis (04/07/2019).

Shirley menuturkan, seluruh dana yang diperoleh dari PUPS tersebut akan digunakan untuk membiayai pembelian bahan baku daun tembakau dari berbagai daerah di Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara Barat.

“Penawaran perdana saham kami yang dijamin oleh PT Phillip Sekuritas ini disambut baik oleh investor publik. Itu terlihat dari penawaran yang kami lakukan tersebut mengalami kelebihan permintaan (oversubscribed) lebih dari 165 kali,” papar Shirley.

Shirley optimistis, PUPS yang dilakukan ini dapat mengembangkan bisnis perseroan secara berkesinambungan. Itu karena peningkatan kapasitas pendanaan dapat sejalan dengan peningkatan persediaan daun tembakau yang merupakan bahan baku utama.

“Kondisi tersebut dapat terus menopang utilitas produksi, mengingat daun tembakau harus diolah dalam waktu yang cukup lama untuk dapat siap digunakan oleh perseroan untuk melakukan produksi,” tukas Shirley.

Di samping dapat memenuhi permintaan berkat pertambahan utilitas produksi dan perluasan pengenalan produk, demikian Shirley, perseroan melalui PUPS ini juga diharapkan dapat mengembangkan usaha dengan menciptakan varian baru untuk mengembangkan pasar.

“Kami yakin, para konsumen tembakau dapat menjadikan tembakau produksi perseroan sebagai substitusi yang sesuai, tentunya dengan harga yang lebih terjangkau dengan kualitas terbaik,” pungkas Shirley. (Abraham Sihombing)

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Direktur Usaha Mikro PT Bank Rakyat Indonesia, Tbk. Supari, di diskusi "Mendorong Usaha Mikro Bertahan di Masa Pandemi"

Selasa, 22 September 2020 - 23:15 WIB

BRI Ingatkan UMKM Agar Bantuan Presiden Digunakan Buat Modal Usaha

PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (Persero) mengharapkan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) memanfaatkan Bantuan Presiden (Banpres) untuk hal yang produktif agar usahanya bisa bangkit di era pandemi.

Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa (15/9/2020).

Selasa, 22 September 2020 - 18:57 WIB

Doktor ‘Matematika’ UGM Pimpin Dekopin Jateng, Nurdin Halid: Saya Percaya Sosok Dr. Walid

Jawa Tengah-Ketua Dekopinwil Jawa Tengah Doktor Walid menerima SK pengangkatan dirinya dari Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid Dalam Muswil Dekopin Jawa Tengah di Kota Semarang, Jawa Tengah, Selasa…

Dropbox sampah kemasan

Selasa, 22 September 2020 - 18:38 WIB

Dukung Indonesia Bebas Sampah, Tiga Perusahaan ini Berkolaborasi Hadirkan Program Dropbox Sampah Kemasan

Aksi kolaborasi ini juga merupakan wujud dukungan sektor swasta terhadap PP RI No 97 tahun 2017 tentang Kebijakan dan Strategi Nasional Pengelolaan Sampah Rumah Tangga dan Sampah Sejenis Sampah…

Presiden Joko Widodo

Selasa, 22 September 2020 - 18:22 WIB

Presiden Jokowi Instruksikan Percepatan Pembangunan Pelabuhan Patimban

Presiden Joko Widodo menginstruksikan dilakukannya percepatan pembangunan Pelabuhan Patimban yang berlokasi di Kabupaten Subang, Jawa Barat. Kehadiran pelabuhan utama baru tersebut akan berperan…

Persib Bandung FC

Selasa, 22 September 2020 - 18:00 WIB

PERSIB Siapkan Pemain-Pemain Profesional

Sama seperti Saiful, Ardi Maulana atau Dudung merupakan pemain PERSIB U-20 yang berhasil masuk daftar pemain Pangeran Biru untuk kompetisi Liga 1 2020. Selain mereka, ada Kakang Rudianto dan…