Cargill Pertegas Kebijakan Nol-Pembakaran Untuk Dukung Masyarakat Lokal

Oleh : Hariyanto | Rabu, 19 Juni 2019 - 11:16 WIB

Cargill Pertegas Kebijakan Nol-Pembakaran
Cargill Pertegas Kebijakan Nol-Pembakaran

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Cargill terus meningkatkan proses pemantauan, pendeteksian dan pencegahan kebakaran di dalam dan di sekitar konsesi perkebunan kelapa sawit Cargill di Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat.

Sebagai bagian dari langkah tersebut, Cargill akan menyediakan pembaruan informasi secara daring yang dilakukan secara berkala mengenai pemantauan titik api di konsesi perkebunan kelapa sawit Perusahaan hingga akhir musim kemarau. 

Langkah ini menegaskan kembali komitmen berkelanjutan Cargill dalam menyediakan informasi yang transparan bagi para pemangku kepentingan serta meningkatkan upaya dalam membantu masyarakat di sekitar konsesi perkebunan kelapa sawit Cargill untuk mencegah dan melindungi lahan dari kebakaran.

“Melindungi lahan dari kebakaran merupakan upaya bersama yang melibatkan seluruh pemangku kepentingan. Agar dapat mencegah kebakaran lahan secara efektif dan membantu masyarakat menanggulangi kebakaran lahan, diperlukan kerja sama yang erat antara masyarakat setempat, pemerintah daerah dan kami dalam Program Desa Bebas Api Cargill.” kata Richard Low, Chief Executive Officer, Cargill Tropical Palm Holdings Pte Ltd melalui keterangan resmi yang diterima INDUSTRY.co.id, Rabu (19/6/2019).

Menerbitkan pembaruan informasi secara daring mengenai pemantauan titik api merupakan bagian dari kebijakan “No-Burn” atau kebijakan Tidak Membakar sejak 2005. Pada 2016, Cargill meluncurkan Program Desa Bebas Api Cargill bersama-sama dengan pemerintah daerah yang bertujuan memberdayakan masyarakat lokal untuk mencegah dan mengawasi lahan dari kebakaran yang berfokus kepada pecegahan dan deteksi kebakaran, pemantauan dan pencegahankebakaran lahan.

Hingga kini, Program Desa Bebas Api Cargill meliputi 26 desa di daerah rawan kebakaran di sekitar perkebunan kelapa sawit Cargill di Sumatera Selatan dan Kalimantan Barat.

Sebagai bagian dari program tersebut, anggota masyarakat dari berbagai desa yang berpartisipasi dalam program ini mengikuti serangkaian lokakarya pendidikan untuk meningkatkan keterampilan dan kemampuan mereka dalam menangani kebakaran lahan.

Cargill belum lama ini juga meningkatkan kemampuan dalam pemantauan titik api dengan menggunakan teknologi terbaru penginderaan termal di perkebunan Cargill yang terletak di Mukut, Banyuasin, Sumatera Selatan. 

Kamera penginderaan termal tersebut dapat mendeteksi titik api dan asap dalam radius lima kilometer di areal perkebunan seluas 9.000 hektar serta meningkatkansistem pendeteksian titik api yang dimiliki Cargill saat ini.

Ketika kamera penginderaan termal tersebut dipadukan dengan alat-alat pendeteksian yang sudah ada, seperti menara pantau api dan pesawat nirawak (drone), teknologi ini menghasilkan pemantauan yang lebih komprehensif terhadap daerah-daerah rawan kebakaran.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Presiden Jokowi(Foto Setkab)

Senin, 22 Juli 2019 - 06:49 WIB

Partai Politik Jangan Sandera Presiden Jokowi!

Presiden Joko Widodo dalam berbagai pernyataannya belakangan ini dapat disimpulkan tidak ingin lagi terjebak dengan kepentingan-kepentingan sempit parpai politik dalam melayani bangsa Indonesia…

Tim Rescue Jasa Marga Raih The Best Team Manager dalam Ajang MIREC

Senin, 22 Juli 2019 - 06:43 WIB

Tim Rescue Jasa Marga Raih The Best Team Manager dalam Ajang MIREC

Tim Rescue PT Jasa Marga (Persero) Tbk meraih _The Best Team Manager_ dalam ajang penanganan terhadap korban kecelakaan dan keselamatan berkendaraan tingkat internasional bertajuk Malaysia International…

Gedung Bank Mandiri

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:50 WIB

OJK Monitor Mitigasi IT Bank Mandiri

Jakarta - OJK terus memonitor upaya mitigasi yang dilakukan oleh Bank Mandiri dalam mengatasi permasalahan teknologi informasi bank tersebut. Perbankan harus memiliki dan menerapkan standard…

Ketua Dewan Komisioner OJK Wimboh Santoso bersama Gubernur BoT Thailand

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:13 WIB

OJK, Bank Sentral Thailand Kerjasamakan Pengaturan Pinjaman Online

Bangkok - Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengadakan pertemuan bilateral dengan Bank of Thailand (BoT) di Bangkok, Jumat (19/7) dalam rangka penguatan kerja sama peran sektor jasa keuangan di kedua…

Alice Norin (Foto Dok Industry.co.id)

Minggu, 21 Juli 2019 - 21:00 WIB

Alice Norin Akhirnya Main Film Horor

Tidak pernah sedikitpun kepikiran untuk bisa main film horor, karena sebelumnya ia selalu menolak main film setan-setanan. Tapi lantaran atas nama persahabatan dengan Shandy Aulia, akhirnya…