Sulis Usdoko: Karyawan Perlu Meningkatkan Kesadaran Mengenai Bencana

Oleh : Wiyanto | Senin, 17 Juni 2019 - 18:09 WIB

Simulasi gempa di Perum Jamkrindo
Simulasi gempa di Perum Jamkrindo

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Perum Jamkrindo melaksanakan simulasi kejadian gempa di kantor pusat Perum Jamkrindo, Jakarta, Senin (17/6/2019). Melalui simulasi tersebut, seluruh karyawan Perum Jamkrindo diharapkan makin menyadari potensi dan bahaya bencana alam seperti gempa bumi sehingga pada saat dibutuhkan, sudah memiliki cukup pengetahuan untuk bertindak.

Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko menjelaskan, simulasi kejadian dan evakuasi bencana gempa adalah hal penting untuk penghuni sebuah gedung bertingkat. ”Indonesia berada di wilayah cincin api yang potensi kejadian gempanya cukup tinggi. Simulasi kejadian dan evakuasi dari bencana gempa sangat penting. Pengetahuan mengenai hal-hal detail sangat penting dimiliki oleh setiap karyawan,” ujar Sulis saat pelaksanaan simulasi kejadian gempa.

Menurut Sulis Usdoko, karyawan atau sumber daya manusia (SDM) merupakan modal penting bagi perusahaan (human capital) sehingga setiap perusahaan berkewajiban untuk melakukan upaya optimal dalam melindungi karyawan dari setiap kejadian bencana. ”Revolusi industri 4.0 memang akan mendorong penggunaan teknologi yang lebih masif. Namun, peran karyawan akan tetap penting dalam menggerakkan industri,” kata Sulis.

Simulasi kejadian gempa merupakan salah satu agenda Perum Jamkrindo dalam meningkatkan pengetahuan karyawan mengenai bencana. Peningkatan pengetahuan dan kesadaran karyawan mengenai bencana, termasuk gempa bumi sangat penting. Hanya melalui input pengetahuan dan kesadaran yang sesuai, karyawan bisa mengambil tindakan penyelamatan saat terjadi bencana. Selain itu, karyawan juga diharapkan untuk bisa mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan dan mengikuti setiap petunjuk.

Persiapan simulasi gempa sudah dilaksanakan sejak Maret 2019 melalui serangkaian rapat dan persiapan prosedur. Pada Senin, persiapan sudah dilaksanakan sejak pagi hari. Adapun, simulasi dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dilanjutkan dengan pengumuman evakuasi, dan menuju titik kumpul yakni di Taman Silangit, depan kantor pusat Perum Jamkrindo.

Setelah semua karyawan berkumpul, petugas dari setiap lantai melakukan presensi kepada semua karyawan di setiap lantai untuk memastikan bahwa semua karyawan sudah berkumpul. Sambil menunggu proses presensi, tim keselamatan gedung yakni pengelola Gedung Jamkrindo melakukan pemeriksaan keamanan gedung, terkait struktur gedung, kondisi lift, dan kelistrikan.

Sambil menunggu pemeriksaan gedung, tim juga mengumpulkan informasi dari pemerintah dan pihak terkait. Setelah semua dinyatakan aman, para karyawan masuk ke gedung lagi untuk melaksanakan kegiatan seperti biasa.

”Setiap detail dari semua proses simulasi sangat penting dan semua karyawan harus memahami setiap detail itu untuk menjamin keamanan masing-masing. Simulasi bencana akan dilaksanakan rutin dan diharapkan dari setiap simulasi, ada evaluasi untuk pembelajaran, baik bagi korporasi maupun bagi para karyawan,” ujar Sulis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karna Brata Lesmana (Kedua dari kanan), pengusaha asal Jakarta yang Mengaku Jadi Korban Pembatalan Sertifikat Lahan Miliknya

Selasa, 23 Juli 2019 - 23:03 WIB

Pengusaha Ini Membantah Pernyataan Yusril

Jakarta - Salah satu penyebab terjadinya masalah pertanahan di Indonesia adalah tak adanya kepastian hukum. Kerap terjadi dalam kasus sengketa lahan, klaim atas bukti kepemilikan yang sah. Jika…

200 anak panti asuhan merayakan Hari Anak Nasional dengan melakukan berbagai hal menarik di Haluun by Haluu.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:03 WIB

Keceriaan 200 Anak Panti Rayakan HAN di Baluun By Haluu World

Berbagai aktivitas seru seperti ber-selfie ria di Baluun Exhibition hingga bermain sambil berkenalan dengan teman baru.

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:00 WIB

Labuan Bajo NTT Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Premium

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa menjadi destinasi ekowisata yang berkelas atau destinasi pariwisata premium.

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:59 WIB

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Sebuah konferensi besar di dunia yang didatangi para pelaku bisnis digital dan para startup, RISE 2019 diadakan selama tiga hari di Hong Kong Convention Centre pada tanggal 8 Juli 2019 hingga…

Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:50 WIB

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Keterampilan bersosialisasi, IQ, dan kreatifitas anak akan selesai di usia 12 tahun.