Sulis Usdoko: Karyawan Perlu Meningkatkan Kesadaran Mengenai Bencana

Oleh : Wiyanto | Senin, 17 Juni 2019 - 18:09 WIB

Simulasi gempa di Perum Jamkrindo
Simulasi gempa di Perum Jamkrindo

INDUSTRY.co.id

Jakarta – Perum Jamkrindo melaksanakan simulasi kejadian gempa di kantor pusat Perum Jamkrindo, Jakarta, Senin (17/6/2019). Melalui simulasi tersebut, seluruh karyawan Perum Jamkrindo diharapkan makin menyadari potensi dan bahaya bencana alam seperti gempa bumi sehingga pada saat dibutuhkan, sudah memiliki cukup pengetahuan untuk bertindak.

Direktur MSDM, Umum, dan Kepatuhan Perum Jamkrindo Sulis Usdoko menjelaskan, simulasi kejadian dan evakuasi bencana gempa adalah hal penting untuk penghuni sebuah gedung bertingkat. ”Indonesia berada di wilayah cincin api yang potensi kejadian gempanya cukup tinggi. Simulasi kejadian dan evakuasi dari bencana gempa sangat penting. Pengetahuan mengenai hal-hal detail sangat penting dimiliki oleh setiap karyawan,” ujar Sulis saat pelaksanaan simulasi kejadian gempa.

Menurut Sulis Usdoko, karyawan atau sumber daya manusia (SDM) merupakan modal penting bagi perusahaan (human capital) sehingga setiap perusahaan berkewajiban untuk melakukan upaya optimal dalam melindungi karyawan dari setiap kejadian bencana. ”Revolusi industri 4.0 memang akan mendorong penggunaan teknologi yang lebih masif. Namun, peran karyawan akan tetap penting dalam menggerakkan industri,” kata Sulis.

Simulasi kejadian gempa merupakan salah satu agenda Perum Jamkrindo dalam meningkatkan pengetahuan karyawan mengenai bencana. Peningkatan pengetahuan dan kesadaran karyawan mengenai bencana, termasuk gempa bumi sangat penting. Hanya melalui input pengetahuan dan kesadaran yang sesuai, karyawan bisa mengambil tindakan penyelamatan saat terjadi bencana. Selain itu, karyawan juga diharapkan untuk bisa mengikuti prosedur yang sudah ditetapkan dan mengikuti setiap petunjuk.

Persiapan simulasi gempa sudah dilaksanakan sejak Maret 2019 melalui serangkaian rapat dan persiapan prosedur. Pada Senin, persiapan sudah dilaksanakan sejak pagi hari. Adapun, simulasi dimulai sekitar pukul 09.00 WIB dilanjutkan dengan pengumuman evakuasi, dan menuju titik kumpul yakni di Taman Silangit, depan kantor pusat Perum Jamkrindo.

Setelah semua karyawan berkumpul, petugas dari setiap lantai melakukan presensi kepada semua karyawan di setiap lantai untuk memastikan bahwa semua karyawan sudah berkumpul. Sambil menunggu proses presensi, tim keselamatan gedung yakni pengelola Gedung Jamkrindo melakukan pemeriksaan keamanan gedung, terkait struktur gedung, kondisi lift, dan kelistrikan.

Sambil menunggu pemeriksaan gedung, tim juga mengumpulkan informasi dari pemerintah dan pihak terkait. Setelah semua dinyatakan aman, para karyawan masuk ke gedung lagi untuk melaksanakan kegiatan seperti biasa.

”Setiap detail dari semua proses simulasi sangat penting dan semua karyawan harus memahami setiap detail itu untuk menjamin keamanan masing-masing. Simulasi bencana akan dilaksanakan rutin dan diharapkan dari setiap simulasi, ada evaluasi untuk pembelajaran, baik bagi korporasi maupun bagi para karyawan,” ujar Sulis.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Jumat, 13 Desember 2019 - 11:33 WIB

Perlakuan Benih Cegah Serangan Hama dan Penyakit

Karawang Pengendalian hama atau Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) tidak harus selalu dilakukan pada saat pertanaman sudah tumbuh. Akan tetapi bisa dilakukan juga pada benih padi sebelum ditanam.

Pengurus Asosiasi Bela Hak Cipta yang dipimpin oleh Erwanda Lukas alias Papa T Bob ( berdiri, paling kiri) beraudiensi dengan Komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) James F Sundah, Rien Uthami Dewi, Yessi Kurniawan dan Rapin Mudiarjo Kawaradji (Duduk).

Jumat, 13 Desember 2019 - 11:06 WIB

Di Hadapan Musisi Senior, LMKN Tegaskan Pembagian Royalti 2 X Setahun

Lembaga Manajemen Kolektif Nasional atau LMKN yang merupakan Lembaga resmi yang berwenang memungut royalti dan menyalurkannya ke pemilik karya dan hak cipta, menegaskan bahwa mereka menyalurkan…

Bank Permata (Foto Industry News)

Jumat, 13 Desember 2019 - 10:37 WIB

PermataBank Akan Dibeli Bankok Bank

Jakarta – Sehubungan dengan pelaksanaan Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat yang diumumkan oleh pemegang saham mayoritas, Standard Chartered Bank (Standard Chartered) dan PT Astra International…

Bahana Artha Ventura Salurkan Pinjaman Program Kemitraan untuk Menggenjot Mitra Binaan Naik Kelas

Jumat, 13 Desember 2019 - 09:00 WIB

Bahana Artha Ventura Salurkan Pinjaman Program Kemitraan untuk Menggenjot Mitra Binaan Naik Kelas

Semakin gencar menjalin kerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk meningkatkan efektifitas penyaluran kredit Program Kemitraan (PK) demi mendorong Usaha Menengah, Kecil dan Mikro…

Pegadaian Raih Penghargaan sebagai BUMN Terbaik 2019

Jumat, 13 Desember 2019 - 08:54 WIB

Pegadaian Raih Penghargaan sebagai BUMN Terbaik 2019

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan laporan keuangan Desember 2018 setiap perusahaan yang masuk dalam kategori. Lalu, kinerja bisnis perusahaan yang terus mendorong upaya-upaya untuk…