Kementrian BUMN Siapkan Inalum Untuk Ambil Alih Freeport

Oleh : Hariyanto | Senin, 06 Maret 2017 - 10:38 WIB

PT Freeport Indonesia. (Ist)
PT Freeport Indonesia. (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) telah menyiapkan PT Inalum untuk mengambil alih saham PT Freeport Indonesia (Freeport).

Hal ini sesuai dengan perintah Peraturan Menteri (Permen) Nomor 9 Tahun 2017 tentang Tata Cara Divestasi Pada Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batu Bara yang merupakan aturan turunan dari PP Nomor 1 Tahun 2017 tentang izin usaha pertambangan mineral dan batu bara.

Pemerintah melalui Menteri BUMN wajib memberikan jawaban tertulis atas penawaran divestasi saham dalam jangka waktu paling lambat 30 hari kalender sejak berakhirnya jangka waktu evaluasi dan negosiasi.

Jika pemerintah tidak berminat atau tidak memberikan jawaban tertulis dalam waktu tersebut, penawaran akan dilakukan secara berjenjang kepada Pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten, BUMN dan BUMD, dan Badan Usaha Swasta Nasional.

Kemudian, jika pemerintah Daerah Provinsi dan Pemerintah Daerah Kabupaten tidak berminat mama IUP Operasi Produksi atau IUPK Operasi Produksi wajib menawarkan divestasi saham kepada BUMN dan BUMN dengan cara lelang.

"Pihak Indonesia sudah didefinisikan prioritasnya adalah pemerintah pusat, pemda, kabupaten kota, BUMN, BUMD, dan swasta. Prioritasnya seperti itu. Jadi kalau pemerintah menugaskan BUMN untuk menampung divestasi Freeport, BUMN secara operasional dan finansial siap," kata Staf Khusus Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin di Pelabuhan Sunda Kelapa, Jakarta, Jumat (3/3/2017).

Untuk mendapatkan valuasi saham Freeport, BUMN tengah mengupayakan holding pertambangan. Dengan begitu, empat perusahaan tambang BUMN akan menjadi satu, yakni PT Inalum, PT Antam, PT Bukit Asam dan PT Timah dengan induk holding PT Inalum.

"Siapa BUMN-nya? Yaitu BUMN holding industri pertambangan, yaitu Inalum. Yang memiliki 65% dari Antam, Bukit Asam, Timah, dan 9,36% dari Freeport,"pungkasnya. (Hry/inl)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Seruan Masyarakat Menyelamatkan Tanah

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:52 WIB

Seruan Masyarakat Untuk Menyelamatkan Tanah Bergaung di Kota-Kota Besar Indonesia

Desakan ini terus menggaung seiring dengan diselenggarakan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) COP15 Perserikatan Bangsa-Bangsa Untuk Melawan Desertifikasi (UNCCD) di Abidjan, Pantai Gading, 9-20…

Danau Tekapo, Selandia Baru (www.tripzilla.id)

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:45 WIB

Mulai Juli 2022, Selandia Baru Buka Perbatasan sepenuhnya untuk Wisatawan Asing

Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern baru-baru ini mengumumkan bahwa negara itu akan sepenuhnya membuka kembali perbatasan internasionalnya mulai 31 Juli 2022. Hal yang serupa juga berlaku…

Tim Indonesia, Arabic Braille Converter

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:44 WIB

Bikin Bangga, Tim Indonesia Masuk Lima Besar Hackathon Microsoft AI for Accessibility Tingkat Asia Pasifik

Tim dari Indonesia, Arabic Braille Converter, berhasil terpilih sebagai lima besar kompetisi Hackathon Microsoft AI for Accessibility (AI4A) tingkat Asia Pasifik. Di tahun ketiganya, Hackathon…

 Maybank Indonesia Hadirkan Solusi untuk Wujudkan Properti Idaman Melalui Pembiayaan Properti iB

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:38 WIB

Terungkap Cara Maybank Indonesia Wujudkan Properti Idaman Melalui Pembiayaan Properti iB

Jakarta – PT Bank Maybank Indonesia, Tbk. (Maybank Indonesia atau Bank) melalui Unit Usaha Syariah (UUS) Maybank menggiatkan kembali produk pembiayaan properti yang ditujukan bagi seluruh…

Peresmian PLTGU di Kawasan Industri Tenayan Riau

Selasa, 17 Mei 2022 - 11:38 WIB

PLTGU di Kawasan Industri Tenayan Riau Beroperasi, Daya Kelistrikan Sumatera Bakal Naik Jadi 7.266 MW

Pembangkit Listrik Tenaga Gas Uap (PLTGU) Riau berkapasitas 275 megawatt (MW) yang berlokasi di Kawasan Industri Tenayan, Pekanbaru, Riau telah diresmikan pada Kamis (12/5/2022).