Asaki: Semester II, Industri Keramik Nasional Lepas Landas

Oleh : Ridwan | Sabtu, 08 Juni 2019 - 17:35 WIB

Industri Keramik (Ist)
Industri Keramik (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) memproyeksi industri keramik nasional akan mulai lepas landas di semester kedua tahun ini. Pasalnya, proyek-proyek properti dan perumahan mulai bergulir.

Ketua Umum Asaki Edy Suyanto memproyeksi industri keramik Tanah Air dapat tumbuh mencapai 7% di akhir tahun ini dengan produksi nasional sebesar 420-440 juta m2.

"Biasanya proyek mulai bergulir di semester II. Semester I biasanya kan pembangunan properti dan perumahan juga tidak begitu baik, karena masalah cuaca. Tapi umumnya tren permintaan keramik meningkat di semester II," kata Edy di Jakarta, kemarin.

Disebutkan Edy beberapa industri keramik Tanah Air sudah mulai melakukan ekspansi penambahan fasilitas, seperti PT Muliakeramik Indahraya di Surabaya serta pembangunan pabrik baru PT Arwana Citramulia Tbk. (ARNA) di Ogan Ilir, Sumatera Selatan yang akan dimulai di bulan ini.

"Jadi, seluruh industri memang sudah memproyeksi tren permintaan keramik meningkat di semester II," imbuhnya.

Berdasarkan data Asaki, saat ini kapasitas terpasang industri keramik nasional mencapai 580 juta meter persegi (m2), terbesar keempat di dunia setelah China, India, dan Brasil. 

Kendati demikian, produksi keramik nasional tahun lalu baru berkisar 370-380 juta m2, atau baru mencapai 65,51% dari total kapasitas terpasang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Himpunan Kawasan Industri (HKI) Sanny Iskandar (Foto: Herlambang/Industry.co.id)

Kamis, 27 Februari 2020 - 20:01 WIB

Ditopang RUU Cipta Kerja, Kawasan Industri Bakal Makin Gesit Tarik Investasi

Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Bidang Pengembangan Kawasan Ekonomi Sanny Iskandar mengungkapkan bahwa pengembangan kawasan industri memiliki peran penting dalam menarik investasi…

Menteri PANRB Tjahjo Kumolo

Kamis, 27 Februari 2020 - 20:00 WIB

Pemkab Banggai Sulteng Terima Penghargaan SAKIP dari Pemerintah

Pemerintah Kabupaten Banggai, Sulawesi Tengah, merupakan satu dari enam daerah di wilayah III yang memperoleh predikat A dalam Sistem Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (SAKIP) tahun 2019.

Peluncuran naskah kebijakan Advancing Indonesia 4.0 (Foto: Ridwan/Industry.co.id)

Kamis, 27 Februari 2020 - 19:15 WIB

Luncurkan Naskah Kebijakan Advancing Indonesia 4.0, SwissCham Ingin Boyong Banyak Perusahaan Swiss Investasi di Tanah Air

Indonesian Chamber of Commerce (SwissCham Indonesia) hari ini meluncurkan naskah kebijakan dengan tema Advancing Indonesia 4.0: An Opportunity for Transformation. Naskah tersebut merupakan rangkaian…

Presiden Jokowi ( Setkab )

Kamis, 27 Februari 2020 - 19:00 WIB

Pemerintah Hormati Kebijakan Penangguhan Visa Umrah Arab Saudi

Pemerintah Republik Indonesia menghormati keputusan pemerintah Arab Saudi untuk menangguhkan visa bagi seluruh jemaah umrah di tengah mewabahnya virus korona secara global.

Cetak SDM Tangguh, Swiss German University Terapkan Kampus Merdeka

Kamis, 27 Februari 2020 - 18:55 WIB

Cetak SDM Tangguh, Swiss German University Terapkan Kampus Merdeka

Salah satu tren transformasi yang dilakukan adalah kebijakan Kampus Merdeka yang keempat, di mana SGU sebagai perguruan tinggi memberikan pelatihan kepada siswa untuk magang atau praktik kerja…