Asaki: Semester II, Industri Keramik Nasional Lepas Landas

Oleh : Ridwan | Sabtu, 08 Juni 2019 - 17:35 WIB

Industri Keramik (Ist)
Industri Keramik (Ist)

INDUSTRY.co.id - Jakarta - Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (Asaki) memproyeksi industri keramik nasional akan mulai lepas landas di semester kedua tahun ini. Pasalnya, proyek-proyek properti dan perumahan mulai bergulir.

Ketua Umum Asaki Edy Suyanto memproyeksi industri keramik Tanah Air dapat tumbuh mencapai 7% di akhir tahun ini dengan produksi nasional sebesar 420-440 juta m2.

"Biasanya proyek mulai bergulir di semester II. Semester I biasanya kan pembangunan properti dan perumahan juga tidak begitu baik, karena masalah cuaca. Tapi umumnya tren permintaan keramik meningkat di semester II," kata Edy di Jakarta, kemarin.

Disebutkan Edy beberapa industri keramik Tanah Air sudah mulai melakukan ekspansi penambahan fasilitas, seperti PT Muliakeramik Indahraya di Surabaya serta pembangunan pabrik baru PT Arwana Citramulia Tbk. (ARNA) di Ogan Ilir, Sumatera Selatan yang akan dimulai di bulan ini.

"Jadi, seluruh industri memang sudah memproyeksi tren permintaan keramik meningkat di semester II," imbuhnya.

Berdasarkan data Asaki, saat ini kapasitas terpasang industri keramik nasional mencapai 580 juta meter persegi (m2), terbesar keempat di dunia setelah China, India, dan Brasil. 

Kendati demikian, produksi keramik nasional tahun lalu baru berkisar 370-380 juta m2, atau baru mencapai 65,51% dari total kapasitas terpasang.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Jababeka

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:20 WIB

Acting in Concert Picu Perubahan Pengendalian KIJA

PT Kawasan Industri Jababeka Tbk (KIJA) berpotensi mengalami gagal bayar notes senilai USD300 juta. Karena terjadi perubahan pengendali sebagaimana dimaksud dalam perjanjian terkait dengan notes yang…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:05 WIB

Lampaui Rata-rata Nasional, Realisasi Anggaran Kemenperin 2018 Capai 92,28%

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) terus mengoptimalkan alokasi anggaran bagi organisasinya dalam rangka mendorong pengembangan industri nasional.

Danau Matano, Sulawesi Selatan. (Foto: IST)

Kamis, 18 Juli 2019 - 11:00 WIB

Pemerintah Siapkan 10 Danau Dipersiapkan Sebagi Destinasi Pariwisata

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merevitalisasi 10 di antara 15 danau prioritas yang dikembangkan sebagai destinasi pariwisata alam di Indonesia.

Adhi S lukman, Ketua Gabungan pengusaha makanan dan minuman indonesia ( Gapmmi )

Kamis, 18 Juli 2019 - 10:00 WIB

Industri Mamin Butuhkan Pasokan Garam Industri

- Industri makanan dan minuman sedang mengalami kekurangan pasokan garam industri, sedangkan stok saat ini untuk kebutuhan kurang dari satu bulan, kata Ketua Gabungan Pengusaha Makanan dan Minuman…

BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara

Kamis, 18 Juli 2019 - 09:30 WIB

BCA Dukung Pelestarian Keragaman Budaya Nusantara

Keberagaman kultur dan budaya yang tersebar di semua wilayah di Indonesia mengharuskan adanya sikap apresiasi dan saling menghormati sehingga tercipta situasi yang kondusif untuk pertumbuhan…