Lebaran Asik di Taman Impian Jaya Ancol

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Juni 2019 - 12:00 WIB

Taman Impian Jaya Ancol (Foto Dok Industry.co.id)
Taman Impian Jaya Ancol (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Setidaknya ada 21 wahana baru dengan 2 Internasional show siap meriahkan Libur Lebaran Kita Semua di kawasan wisata terpadu Ancol Taman Impian. Bagi masyarakat yang memutuskan untuk menghabiskan waktu libur lebarannya di Jakarta dan berniat datang ke Ancol dapat simak beberapa tips berikut ini agar liburan bisa lebih seru dan asyik.

Rika Lestari Departement Head Corporate Communications  PT Taman Impian Jaya Ancol menginformasikan: (Senin 3/6/2019)

1. Pilih Akses Terbaik

Kawasan Ancol Taman Impian dapat diakses dengan beragam moda transportasi mulai dari kendaraan pribadi, transportasi umum Transjakarta sampai KRL commuterline. Apabila menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui tol dalam kota dan keluar di Ancol, ataupun akses Jalan Benyamin Sueb Kemayoran maupun Jalan Gunung Sahari.

Pengunjung juga bisa menggunakan moda transportasi umum untuk mencapai Ancol dengan bus transjakarta koridor PGC – Ancol dan juga KRL Commuterline menuju stasiun Jakarta Kota atau Kampung Bandan. Shelter bus transjakarta langsung berada tepat di depan loket Dufan. Sedangkan untuk yang dari stasiun dapat melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum dengan jarak yang tidak terlampau jauh.

2. Kenali Sistem Parkir Terpusat

Seperti yang telah diterapkan pada tahun sebelumnya, guna mengatur lalu lintas di kawasan rekreasi Ancol Taman Impian, maka diberlakukan sistem parkir terpusat (sentral parkir) selama tiga hari berturut-turut mulai 6 – 8 Juni 2019. Pengunjung yang masuk kawasan rekreasi dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat atau lebih akan langsung diarahkan ke kantong parkir yang telah disediakan. Tidak perlu khawatir karena kantong parkir yang tersedia mampu menampung sekitar 12.000 kendaraan roda empat (mobil)  dan 17.000 kendaraan roda dua (motor).

Tidak perlu khawatir karena manajemen Ancol menyiapkan kendaraan bus wara wiri yang dilengkapi pemandu wisata berjumlah 80 unit dengan ukuran besar dan sedang serta 8 unit kendaraan khusus disabilitas, Ibu hamil dan manula. Pengunjung juga dapat menggunakan kereta sato sato dan sepeda motor Ancol e-bike sebagai alat transportasi di dalam kawasan Ancol yang dapat diakses secara gratis.

Khusus periode 5 – 9 Juni 2019, peminjaman Ancol e-bike diberikan gratis untuk jangka waktu 30 menit dan setelah tanggal tersebut dapat dipinjam dengan sistem bayar Rp. 10.000 untuk durasi setiap 30 menit. Jika berminat, pengunjung dapat mendatangi 3 titik lokasi peminjamannya yang berada di kawasan Ancol. Moda transportasi ini disediakan sekitar 60 unit.

Perlu diperhatikan, pengunjung wajib parkir kendaraan pada tempatnya, karena jika parkir di sembarang tempat akan dipindahkan oleh mobil derek kerjasama dengan Dinas Perhubungan ke lokasi parkir yang benar.

3. Banyaknya Fasilitas Toilet dan Musala

Dalam hal pemenuhan kebutuhan sarana ibadah dan sanitasi, Manajemen Ancol Taman Impian telah siapkan mushollah dan toilet permanen dan portable. Secara eksisting, ada 2 (dua) Masjid besar yaitu Masjid Baiturrahman Ancol yang terletak di kawasan Parkir Sentral B yang posisinya mendekati unit rekreasi Sea World dan Ocean Dream Samudra serta Masjid Al Firdaus yang terletak di dalam kawasan Dunia Fantasi. Sementara untuk musholla tersebar di 13 titik kawasan pantai dan Pasar Seni.

Untuk menunjang kebutuhan sanitasi, terdapat 21 titik fasilitas toilet eksisting dan ditambah lagi 7 toilet portable dan mobile. Diharapkan dengan penambahan sarana ini kebutuhan sanitasi dapat terakomodir dengan baik dan menambah kenyamanan pengunjung.

4. Perhatikan Pos Kesehatan dan Keamanan

Tidak hanya sarana dan prasarana yang ditingkatkan kualitas dan pelayanannya, petugas medis dan keamanan pun ditambah. Tim medis yang terdiri dari 2 orang dokter jaga, 19 orang tenaga tim medis dan 5 kendaraan ambulance yang disiagakan, siap membantu memberikan pertolongan pertama kepada seluruh pengunjung yang mengalami keluhan dan butuh penanganan medis.

Jika pengunjung masih merasa bingung dan ingin bertanya, tidak perlu khawatir, sebab sekitar 1000 personil gabungan (internal, lifeguard, TNI, Polri, Satpol PP dan Pramuka) siap melayani dan memberikan informasi yang dibutuhkan. Pos pelyanan pengaduan pun tersebar di titik-titik keramaian sepanjang pantai. Petugas gabungan juga terus melakukan pemantauan dan patrol untuk menunjang rasa aman dalam berwisata. Selain itu pengunjung juga bisa langsung menghubungi Ancol Customer Care di 021-2922 2222.

5. Bawa Barang Secukupnya

Piknik dan liburan bersama keluarga memang lebih asyik apabila membawa perlengkapan seperti tikar, bekal makanan dan lain-lain. Namun manajemen Ancol telah menyediakan tempat peminjaman tikar yang bisa digunakan oleh semua pengunjung. Pada kawasan Ancol juga mudah untuk menemukan penjaja makanan baik yang restoran maupun stall makanan dengan harga yang relatif terjangkau, sehingga tidak perlu repot-repot membawa bekal makan dari rumah.

6. Harga Terjangkau dan Banyak Fasilitas

Jika saat libur lebaran sejumlah kawasan wisata menaikan harga tiketnya, maka Ancol Taman Impian tetap memberikan harga yang sama dan terjangkau. Untuk memasuki kawasan pantai, cukup membeli tiket Rp 25.000/ orang dan bagi yang membawa kendaraan Rp 25.000/mobil dan Rp 15.000/motor, harga ini tidak mengalami kenaikan dari hari-hari sebelumnya.

Bahkan dengan harga tiket tersebut pengunjung dapat menikmati sejumlah fasilitas gratis yang ada di dalam kawasan Ancol Taman Impian, seperti Bus Wara Wiri, Kereta Sato Sato, serta sejumlah sarana toilet dan musholla yang bersih dan nyaman.

Harga tiket unit rekreasi yang berada didalamnya, seperti Dunia Fantasi juga tidak mengalami kenaikan harga, bahkan pada periode libur lebaran untuk pembelian setiap tiketnya sudah otomatis memperoleh annual pass.

Untuk mengetahui informasi harga tiketnya, pengunjung dapat mengakses ancol.com/id/ticket. Kini pengunjung juga dapat melakukan pembelian tiket secara online di situs tersebut. Liburan akan semakin mudah dan efisien.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Petani desa di tengah sawah (Foto: Dok Industry.co.id)

Jumat, 13 Desember 2019 - 11:33 WIB

Perlakuan Benih Cegah Serangan Hama dan Penyakit

Karawang Pengendalian hama atau Organisme Pengganggu Tumbuhan (OPT) tidak harus selalu dilakukan pada saat pertanaman sudah tumbuh. Akan tetapi bisa dilakukan juga pada benih padi sebelum ditanam.

Pengurus Asosiasi Bela Hak Cipta yang dipimpin oleh Erwanda Lukas alias Papa T Bob ( berdiri, paling kiri) beraudiensi dengan Komisioner Lembaga Manajemen Kolektif Nasional (LMKN) James F Sundah, Rien Uthami Dewi, Yessi Kurniawan dan Rapin Mudiarjo Kawaradji (Duduk).

Jumat, 13 Desember 2019 - 11:06 WIB

Di Hadapan Musisi Senior, LMKN Tegaskan Pembagian Royalti 2 X Setahun

Lembaga Manajemen Kolektif Nasional atau LMKN yang merupakan Lembaga resmi yang berwenang memungut royalti dan menyalurkannya ke pemilik karya dan hak cipta, menegaskan bahwa mereka menyalurkan…

Bank Permata (Foto Industry News)

Jumat, 13 Desember 2019 - 10:37 WIB

PermataBank Akan Dibeli Bankok Bank

Jakarta – Sehubungan dengan pelaksanaan Perjanjian Pembelian Saham Bersyarat yang diumumkan oleh pemegang saham mayoritas, Standard Chartered Bank (Standard Chartered) dan PT Astra International…

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk

Jumat, 13 Desember 2019 - 10:00 WIB

Tugu Insurance Raih Top 20 Financial Institution & The Best CFO dari The Finance

PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) kembali mendapatkan penghargaan Top 20 Financial Institution dari The Finance. Berdasarkan riset yang dilakukan The Finance Institute,…

Bahana Artha Ventura Salurkan Pinjaman Program Kemitraan untuk Menggenjot Mitra Binaan Naik Kelas

Jumat, 13 Desember 2019 - 09:00 WIB

Bahana Artha Ventura Salurkan Pinjaman Program Kemitraan untuk Menggenjot Mitra Binaan Naik Kelas

Semakin gencar menjalin kerjasama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk meningkatkan efektifitas penyaluran kredit Program Kemitraan (PK) demi mendorong Usaha Menengah, Kecil dan Mikro…