Lebaran Asik di Taman Impian Jaya Ancol

Oleh : Herry Barus | Senin, 03 Juni 2019 - 12:00 WIB

Taman Impian Jaya Ancol (Foto Dok Industry.co.id)
Taman Impian Jaya Ancol (Foto Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Jakarta– Setidaknya ada 21 wahana baru dengan 2 Internasional show siap meriahkan Libur Lebaran Kita Semua di kawasan wisata terpadu Ancol Taman Impian. Bagi masyarakat yang memutuskan untuk menghabiskan waktu libur lebarannya di Jakarta dan berniat datang ke Ancol dapat simak beberapa tips berikut ini agar liburan bisa lebih seru dan asyik.

Rika Lestari Departement Head Corporate Communications  PT Taman Impian Jaya Ancol menginformasikan: (Senin 3/6/2019)

1. Pilih Akses Terbaik

Kawasan Ancol Taman Impian dapat diakses dengan beragam moda transportasi mulai dari kendaraan pribadi, transportasi umum Transjakarta sampai KRL commuterline. Apabila menggunakan kendaraan pribadi bisa melalui tol dalam kota dan keluar di Ancol, ataupun akses Jalan Benyamin Sueb Kemayoran maupun Jalan Gunung Sahari.

Pengunjung juga bisa menggunakan moda transportasi umum untuk mencapai Ancol dengan bus transjakarta koridor PGC – Ancol dan juga KRL Commuterline menuju stasiun Jakarta Kota atau Kampung Bandan. Shelter bus transjakarta langsung berada tepat di depan loket Dufan. Sedangkan untuk yang dari stasiun dapat melanjutkan perjalanan dengan angkutan umum dengan jarak yang tidak terlampau jauh.

2. Kenali Sistem Parkir Terpusat

Seperti yang telah diterapkan pada tahun sebelumnya, guna mengatur lalu lintas di kawasan rekreasi Ancol Taman Impian, maka diberlakukan sistem parkir terpusat (sentral parkir) selama tiga hari berturut-turut mulai 6 – 8 Juni 2019. Pengunjung yang masuk kawasan rekreasi dengan menggunakan kendaraan roda dua dan roda empat atau lebih akan langsung diarahkan ke kantong parkir yang telah disediakan. Tidak perlu khawatir karena kantong parkir yang tersedia mampu menampung sekitar 12.000 kendaraan roda empat (mobil)  dan 17.000 kendaraan roda dua (motor).

Tidak perlu khawatir karena manajemen Ancol menyiapkan kendaraan bus wara wiri yang dilengkapi pemandu wisata berjumlah 80 unit dengan ukuran besar dan sedang serta 8 unit kendaraan khusus disabilitas, Ibu hamil dan manula. Pengunjung juga dapat menggunakan kereta sato sato dan sepeda motor Ancol e-bike sebagai alat transportasi di dalam kawasan Ancol yang dapat diakses secara gratis.

Khusus periode 5 – 9 Juni 2019, peminjaman Ancol e-bike diberikan gratis untuk jangka waktu 30 menit dan setelah tanggal tersebut dapat dipinjam dengan sistem bayar Rp. 10.000 untuk durasi setiap 30 menit. Jika berminat, pengunjung dapat mendatangi 3 titik lokasi peminjamannya yang berada di kawasan Ancol. Moda transportasi ini disediakan sekitar 60 unit.

Perlu diperhatikan, pengunjung wajib parkir kendaraan pada tempatnya, karena jika parkir di sembarang tempat akan dipindahkan oleh mobil derek kerjasama dengan Dinas Perhubungan ke lokasi parkir yang benar.

3. Banyaknya Fasilitas Toilet dan Musala

Dalam hal pemenuhan kebutuhan sarana ibadah dan sanitasi, Manajemen Ancol Taman Impian telah siapkan mushollah dan toilet permanen dan portable. Secara eksisting, ada 2 (dua) Masjid besar yaitu Masjid Baiturrahman Ancol yang terletak di kawasan Parkir Sentral B yang posisinya mendekati unit rekreasi Sea World dan Ocean Dream Samudra serta Masjid Al Firdaus yang terletak di dalam kawasan Dunia Fantasi. Sementara untuk musholla tersebar di 13 titik kawasan pantai dan Pasar Seni.

Untuk menunjang kebutuhan sanitasi, terdapat 21 titik fasilitas toilet eksisting dan ditambah lagi 7 toilet portable dan mobile. Diharapkan dengan penambahan sarana ini kebutuhan sanitasi dapat terakomodir dengan baik dan menambah kenyamanan pengunjung.

4. Perhatikan Pos Kesehatan dan Keamanan

Tidak hanya sarana dan prasarana yang ditingkatkan kualitas dan pelayanannya, petugas medis dan keamanan pun ditambah. Tim medis yang terdiri dari 2 orang dokter jaga, 19 orang tenaga tim medis dan 5 kendaraan ambulance yang disiagakan, siap membantu memberikan pertolongan pertama kepada seluruh pengunjung yang mengalami keluhan dan butuh penanganan medis.

Jika pengunjung masih merasa bingung dan ingin bertanya, tidak perlu khawatir, sebab sekitar 1000 personil gabungan (internal, lifeguard, TNI, Polri, Satpol PP dan Pramuka) siap melayani dan memberikan informasi yang dibutuhkan. Pos pelyanan pengaduan pun tersebar di titik-titik keramaian sepanjang pantai. Petugas gabungan juga terus melakukan pemantauan dan patrol untuk menunjang rasa aman dalam berwisata. Selain itu pengunjung juga bisa langsung menghubungi Ancol Customer Care di 021-2922 2222.

5. Bawa Barang Secukupnya

Piknik dan liburan bersama keluarga memang lebih asyik apabila membawa perlengkapan seperti tikar, bekal makanan dan lain-lain. Namun manajemen Ancol telah menyediakan tempat peminjaman tikar yang bisa digunakan oleh semua pengunjung. Pada kawasan Ancol juga mudah untuk menemukan penjaja makanan baik yang restoran maupun stall makanan dengan harga yang relatif terjangkau, sehingga tidak perlu repot-repot membawa bekal makan dari rumah.

6. Harga Terjangkau dan Banyak Fasilitas

Jika saat libur lebaran sejumlah kawasan wisata menaikan harga tiketnya, maka Ancol Taman Impian tetap memberikan harga yang sama dan terjangkau. Untuk memasuki kawasan pantai, cukup membeli tiket Rp 25.000/ orang dan bagi yang membawa kendaraan Rp 25.000/mobil dan Rp 15.000/motor, harga ini tidak mengalami kenaikan dari hari-hari sebelumnya.

Bahkan dengan harga tiket tersebut pengunjung dapat menikmati sejumlah fasilitas gratis yang ada di dalam kawasan Ancol Taman Impian, seperti Bus Wara Wiri, Kereta Sato Sato, serta sejumlah sarana toilet dan musholla yang bersih dan nyaman.

Harga tiket unit rekreasi yang berada didalamnya, seperti Dunia Fantasi juga tidak mengalami kenaikan harga, bahkan pada periode libur lebaran untuk pembelian setiap tiketnya sudah otomatis memperoleh annual pass.

Untuk mengetahui informasi harga tiketnya, pengunjung dapat mengakses ancol.com/id/ticket. Kini pengunjung juga dapat melakukan pembelian tiket secara online di situs tersebut. Liburan akan semakin mudah dan efisien.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin

PointStar gelar acara “Iftar Insights: Understand Retail Business Continuity & Operational Challenges during Ramadan”.

Jumat, 29 Maret 2024 - 00:47 WIB

PointStar Dukung Pemerintah Capai Target Pertumbuhan Lewat Transformasi Digital

PointStar berkomitmen untuk menyediakan solusi teknologi yang inovatif dan terdepan untuk membantu perusahaan ritel menghadapi tantangan perekonomian global dan lokal.