Gandeng Kadin, Alibaba Latih Pebisnis dan Startup Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 22 Mei 2019 - 09:55 WIB

Alibaba (Ist)
Alibaba (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Alibaba Group bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) membuka pendaftaran bagi pelaku usaha konvensional dan perusahaan rintisan (startup) di Indonesia untuk dilatih memanfaatkan inovasi teknologi digital dengan tema Alibaba Netpreneur Training Indonesia, dalam mentransformasikan bisnis para peserta.

"Program ini kami selenggarakan atas kerja sama dengan Kadin Indonesia," kata Corporate Affairs Alibaba Indonesia, Dian Safitri di Beijing, China, seperti dikutip, Selasa (21/5/2019).

Menurutnya, program tersebut untuk menjawab berbagai kebutuhan para pelaku usaha dari berbagai bidang agar tetap kompetitif di era digital. Program tersebut digelar di kantor pusat Alibaba di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, pada 29 Juli-7 Agustus 2019. Waktu pendaftaran paling lambat 15 Juni 2019.

"Program ini terbuka untuk para pendiri, co-founder atau pemilik bisnis visioner dari perusahaan rintisan, digital, atau perusahaan tradisional yang telah beroperasi selama setidaknya dua tahun. Pengusaha perempuan dan pengusaha berumur di bawah 45 tahun sangat direkomendasikan untuk mendaftar," imbuhnya.

Pelatihan dan kunjungan lapangan tidak dipungut biaya, namun para peserta menanggung biaya perjalanan, akomodasi, dan pengeluaran pribadi selama di Hangzhou.

Vice President of Global Initiatives Alibaba Group, Brian A Wong mengatakan, Indonesia merupakan negara ketiga setelah Rwanda dan Malaysia yang mendapatkan program tersebut. Sejak 2018 Alibaba Business School telah mengadakan berbagai program pelatihan, termasuk bagi pelaku bisnis di Indonesia.

"Dalam program ini kami menggunakan pembelajaran dari pengalaman Alibaba dan mitra-mitra kami dengan merancang kurikulum khusus untuk Indonesia," kata Brian.

Menurut dia, para peserta akan memperoleh pemahaman tentang faktor-faktor keberhasilan Alibaba dan berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan dari ekonomi digital.

"Kami akan membagikan perjalanan panjang yang telah kami lakukan selama dua dekade terakhir di China. Perjalanan transformasional yang telah dilalui oleh perusahaan tradisional di China juga akan menjadi pelajaran yang berharga bagi pengusaha dan pemimpin usaha Indonesia. Kami berharap, para peserta dapat menjadi lebih inovatif dan adaptif di era digital," ujarnya.

Pelatih berpengalaman di Alibaba akan memberikan inspirasi dan memberdayakan para peserta agar bisa memanfaatkan teknologi digital secara maksimal. "Peserta juga akan belajar bagaimana menerapkan pengetahuan ini menjadi bisnis sehari-hari dan meraih kesuksesan, baik secara lokal maupun global," ujar Brian

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

PT Telkom Indonesia. (Foto: IST)

Senin, 19 Agustus 2019 - 15:33 WIB

Telkom Optimis Raih Kinerja yang Semakin Baik

Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) optimis mampu meningkatkan kinerja hingga akhir tahun 2019. Peningkatan pendapatan dan kontribusi dari bisnis digital serta Investasi pembangunan…

Bank BTN akan menjaga laju bisnis perseroan tetap on track hingga akhir 2019

Senin, 19 Agustus 2019 - 14:56 WIB

Aset BTN Tumbuh Tertinggi di Antara 15 Bank Besar

akarta-Bisnis PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk. yang terus melaju positif sukses mengantarkan perseroan mencatatkan diri sebagai bank dengan pertumbuhan aset tertinggi di antara 15 entitas…

Direktur Keuangan Telkom Harry M. Zen, saat paparan publik

Senin, 19 Agustus 2019 - 14:55 WIB

Telkom Ikuti Proses Tender BTS Menara Indosat

Jakarta - PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (TLKM) sedang mengikuti proses tender (Base Tranceiver Station/BTS) dari PT Indosat TBK (ISAT).

Arc by Crown Group

Senin, 19 Agustus 2019 - 14:30 WIB

Dua Menara Megah Crown Group Sabet Penghargaan Bergengsi dalam UDIA NSW Awards 2019

Pengembang properti terkemuka di Australia, Crown Group berhasil meraih penghargaan bergengsi untuk dua proyek huniannya di Sydney pada perhelatan UDIA NSW Awards for Excellence 2019, akhir…

Suryadi Willim, Marcomm Manager Evercoss

Senin, 19 Agustus 2019 - 13:41 WIB

Evercoss Optimis Validasi IMEI Berdampak Positif Terhadap Pertumbuhan Industri Ponsel Tanah Air

EVERCOSS brand smartphone nasional yang masih eksis di pasaran optimis terhadap rencana validasi IMEI akan berdampak positif terhadap industri smartphone tanah air.