Gandeng Kadin, Alibaba Latih Pebisnis dan Startup Indonesia

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 22 Mei 2019 - 09:55 WIB

Alibaba (Ist)
Alibaba (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta - Alibaba Group bekerja sama dengan Kamar Dagang dan Industri Indonesia (Kadin) membuka pendaftaran bagi pelaku usaha konvensional dan perusahaan rintisan (startup) di Indonesia untuk dilatih memanfaatkan inovasi teknologi digital dengan tema Alibaba Netpreneur Training Indonesia, dalam mentransformasikan bisnis para peserta.

"Program ini kami selenggarakan atas kerja sama dengan Kadin Indonesia," kata Corporate Affairs Alibaba Indonesia, Dian Safitri di Beijing, China, seperti dikutip, Selasa (21/5/2019).

Menurutnya, program tersebut untuk menjawab berbagai kebutuhan para pelaku usaha dari berbagai bidang agar tetap kompetitif di era digital. Program tersebut digelar di kantor pusat Alibaba di Kota Hangzhou, Provinsi Zhejiang, pada 29 Juli-7 Agustus 2019. Waktu pendaftaran paling lambat 15 Juni 2019.

"Program ini terbuka untuk para pendiri, co-founder atau pemilik bisnis visioner dari perusahaan rintisan, digital, atau perusahaan tradisional yang telah beroperasi selama setidaknya dua tahun. Pengusaha perempuan dan pengusaha berumur di bawah 45 tahun sangat direkomendasikan untuk mendaftar," imbuhnya.

Pelatihan dan kunjungan lapangan tidak dipungut biaya, namun para peserta menanggung biaya perjalanan, akomodasi, dan pengeluaran pribadi selama di Hangzhou.

Vice President of Global Initiatives Alibaba Group, Brian A Wong mengatakan, Indonesia merupakan negara ketiga setelah Rwanda dan Malaysia yang mendapatkan program tersebut. Sejak 2018 Alibaba Business School telah mengadakan berbagai program pelatihan, termasuk bagi pelaku bisnis di Indonesia.

"Dalam program ini kami menggunakan pembelajaran dari pengalaman Alibaba dan mitra-mitra kami dengan merancang kurikulum khusus untuk Indonesia," kata Brian.

Menurut dia, para peserta akan memperoleh pemahaman tentang faktor-faktor keberhasilan Alibaba dan berbagai peluang yang dapat dimanfaatkan dari ekonomi digital.

"Kami akan membagikan perjalanan panjang yang telah kami lakukan selama dua dekade terakhir di China. Perjalanan transformasional yang telah dilalui oleh perusahaan tradisional di China juga akan menjadi pelajaran yang berharga bagi pengusaha dan pemimpin usaha Indonesia. Kami berharap, para peserta dapat menjadi lebih inovatif dan adaptif di era digital," ujarnya.

Pelatih berpengalaman di Alibaba akan memberikan inspirasi dan memberdayakan para peserta agar bisa memanfaatkan teknologi digital secara maksimal. "Peserta juga akan belajar bagaimana menerapkan pengetahuan ini menjadi bisnis sehari-hari dan meraih kesuksesan, baik secara lokal maupun global," ujar Brian

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Kunjungan Kehormatan (Courtessy Call) dan Pertemuan dengan Menteri Pertahanan (Menhan) Republik Federal Nigeria

Senin, 06 Juli 2020 - 10:10 WIB

Perkuat Kerjasama Militer Pertahanan, Atase Pertahanan RI Dampingi Dubes RI-Abuja Bertemu dengan Menhan Nigeria

Untuk memperkuat diplomasi dan hubungan kerjasama militer pertahanan antara kedua negara, pejabat Atase Pertahanan (Athan) RI Kolonel Arh Bangun Manahan Tanjung mendampingi Duta Besar LBBP RI…

ITDC Kembali Salurkan Masker Bagi Pedagang Asongan

Senin, 06 Juli 2020 - 09:10 WIB

ITDC Kembali Salurkan Masker Bagi Pedagang Asongan

PT Pengembangan Pariwisata Indonesia (Persero) atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), BUMN pengembang dan pengelola kawasan pariwisata The Nusa Dua Bali dan The Mandalika Lombok,…

KPBI dan PT Asia Sejahtera Mina Jalin Kerjasama Pembelian dan Penjualan Kembali Resi Gudang Rumput Laut

Senin, 06 Juli 2020 - 08:48 WIB

KPBI dan PT Asia Sejahtera Mina Jalin Kerjasama Pembelian dan Penjualan Kembali Resi Gudang Rumput Laut

Dalam kerjasama ini, KPBI melakukan pembelian atas Resi Gudang dari komoditas rumput laut yang dimiliki oleh PT Asia Sejahtera Mina Tbk, dengan ketentuan akan dilakukan pembelian kembali dalam…

Ilustrasi Walikota Surabaya Risma dan Gubernur Jatim Khofifah (ist)

Senin, 06 Juli 2020 - 08:30 WIB

Gawat! Penambahan Pasien Positif 1.607 Orang per Hari, Yurianto: Jatim Tertinggi Cetak 552 Kasus Baru

Mata rantai penularan virus SARS-CoV-2 belum berhenti. Hingga saat ini menurut hasil konfirmasi data gugus tugas nasional ada penambahan kasus positif COVID-19 berjumlah 1.607 orang sehingga…

Presiden Jokowi (ist)

Senin, 06 Juli 2020 - 08:11 WIB

Tolong Catat! Jokowi: Tatanan Hidup Baru Ini Bukan untuk Mengekang, Tapi untuk Kesehatan Kita Bersama

Presiden Joko Widodo (Jokowidalam sebuah postingan di platform sosial media Facebook miliknya @Presiden Joko Widodo, Minggu (5/7) menjelaskan bagaimana masyarakat berperilaku dalam tatanan hidup…