Pinjaman Online Akseleran ke Merchant Tokopedia Tumbuh Positif

Oleh : Hariyanto | Selasa, 21 Mei 2019 - 14:17 WIB

Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran
Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Fintech Peer-to-Peer (P2P) Lending Akseleran secara konsisten terus memberikan penyaluran pinjaman produktif kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Untuk sektor mikro, Akseleran memfasilitasi pinjaman online untuk merchant Tokopedia dengan rata-rata jumlah pinjaman sebesar Rp10 juta hingga Rp200 juta.

“Sejak bekerja sama dengan Tokopedia per Desember 2018, fasilitas pinjaman online yang kami berikan terus tumbuh positif. Hingga saat ini, Akseleran sudah menyalurkan miliaran rupiah dana pinjaman kepada puluhan merchant Tokopedia,” ujar Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Menurut Christo, bentuk kerja sama strategis dengan Tokopedia ini merupakan bentuk komitmen Akseleran dalam mendukung pertumbuhan UMKM yang memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di Tanah Air. Setidaknya, kata dia, kontribusi UMKM selama lima tahun terakhir terhadap PDB meningkat menjadi 60,34 persen dari sebelumnya 57,84 persen.

“Kami melihatnya bahwa merchant online juga bagian dari UMKM sektor ekonomi digital yang terus bertumbuh dan merchant tersebut pasti membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan bisnisnya sehingga kami hadirkan produk online merchant financing melalui Tokopedia. Besaran rata-rata pinjaman yang sudah disalurkan sebesar Rp60 juta dan kami gembira karena minat para merchant online di Tokopedia dalam mengajukan pinjaman ke Akseleran cukup besar,” jelas Christo.

Di samping itu, dia menyampaikan, Akseleran telah menyalurkan total pinjaman sebesar Rp440 miliar kepada 845 pinjaman hingga akhir April 2019. “Kami optimistis, dengan didukung juga oleh ekosistem keuangan yang semakin baik melalui peningkatan terhadap literasi keuangan mengenai P2P Lending, Akseleran mampu menyalurkan total pinjaman sebesar Rp1 triliun di akhir tahun ini demi mewujudkan inklusi keuangan menjadi realitas di Indonesia,” tambah Christo.

Business Development Senior Lead of Fintech Tokopedia, Helena, menjelaskan, Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia selalu berkomitmen mempermudah masyarakat dalam menciptakan peluang dan mencapai lebih, salah satunya melalui Mitra Toppers. 

"Layanan Mitra Toppers memudahkan masyarakat, khususnya penjual di Tokopedia yang saat ini sudah mencapai 5,5 juta, mendapatkan pinjaman modal dari berbagai bank dan lembaga keuangan lain yang terhubung dengan Tokopedia, salah satunya Akseleran untuk mengembangkan bisnisnya lebih lagi.” ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

BCA (Foto Dok Industry.co.id)

Jumat, 18 Oktober 2019 - 20:00 WIB

BCA: Outlook Ekonomi 2020, Optimistis Tetap Bertumbuh

Ekonomi Indonesia dinilai masih bisa tumbuh stabil tahun depan di tengah tantangan ekonomi global. Daya tahan ekonomi, yang ditopang oleh konsumsi masyarakat, serta efek kebijakan makro seperti…

Menperin Airlangga Hartarto bersama Mendag Enggartiasto Lukita dan Menkominfo Rudiantara saat menandatangani aturan IMEI

Jumat, 18 Oktober 2019 - 19:51 WIB

Tiga Menteri Jokowi Teken Aturan Perangi Peredaran Ponsel Ilegal

Pemerintah bertekad untuk memberikan perlindungan bagi industri handphone, komputer, dan tablet di dalam negeri, termasuk kepada para penggunanya.

Pentingnya Edukasi Mitigasi Bencana Sejak Dini

Jumat, 18 Oktober 2019 - 19:00 WIB

Pentingnya Edukasi Mitigasi Bencana Sejak Dini

Maraknya bencana alam yang terjadi di Indonesia, mulai dari kebakaran hutan, gempa bumi, gelombang pasang hingga letusan gunung merapi yang baru- baru ini terjadi menginisiasi Tim Pengabdian…

Mustika Ratu Dukung Tingkatkan Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia , Industry News, Berita Industry

Jumat, 18 Oktober 2019 - 18:00 WIB

Mustika Ratu Dukung Tingkatkan Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi Indonesia

APINDO sebagai organisasi pengusaha bersama International Strategic Partnership Center (ISPC) Indonesa menginisiasi penyelenggaraan Indonesia Trade and Investment Summit (ITIS) 2019. Selasa…

Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR, Danis Hidayat Sumadilaga (Hariyanto/INDUSTRY.co.id)

Jumat, 18 Oktober 2019 - 17:41 WIB

Kementerian PUPR Perpanjang Waktu Pendaftaran Sayembara Gagasan Desain Ibu Kota Baru

Perpanjangan batas waktu tersebut dilakukan untuk memberikan kesempatan bagi para calon peserta lain yang belum sempat mendaftar untuk turut berpartisipasi dalam sayembara desain Ibu Kota.