Pinjaman Online Akseleran ke Merchant Tokopedia Tumbuh Positif

Oleh : Hariyanto | Selasa, 21 Mei 2019 - 14:17 WIB

Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran
Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Fintech Peer-to-Peer (P2P) Lending Akseleran secara konsisten terus memberikan penyaluran pinjaman produktif kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Untuk sektor mikro, Akseleran memfasilitasi pinjaman online untuk merchant Tokopedia dengan rata-rata jumlah pinjaman sebesar Rp10 juta hingga Rp200 juta.

“Sejak bekerja sama dengan Tokopedia per Desember 2018, fasilitas pinjaman online yang kami berikan terus tumbuh positif. Hingga saat ini, Akseleran sudah menyalurkan miliaran rupiah dana pinjaman kepada puluhan merchant Tokopedia,” ujar Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Menurut Christo, bentuk kerja sama strategis dengan Tokopedia ini merupakan bentuk komitmen Akseleran dalam mendukung pertumbuhan UMKM yang memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di Tanah Air. Setidaknya, kata dia, kontribusi UMKM selama lima tahun terakhir terhadap PDB meningkat menjadi 60,34 persen dari sebelumnya 57,84 persen.

“Kami melihatnya bahwa merchant online juga bagian dari UMKM sektor ekonomi digital yang terus bertumbuh dan merchant tersebut pasti membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan bisnisnya sehingga kami hadirkan produk online merchant financing melalui Tokopedia. Besaran rata-rata pinjaman yang sudah disalurkan sebesar Rp60 juta dan kami gembira karena minat para merchant online di Tokopedia dalam mengajukan pinjaman ke Akseleran cukup besar,” jelas Christo.

Di samping itu, dia menyampaikan, Akseleran telah menyalurkan total pinjaman sebesar Rp440 miliar kepada 845 pinjaman hingga akhir April 2019. “Kami optimistis, dengan didukung juga oleh ekosistem keuangan yang semakin baik melalui peningkatan terhadap literasi keuangan mengenai P2P Lending, Akseleran mampu menyalurkan total pinjaman sebesar Rp1 triliun di akhir tahun ini demi mewujudkan inklusi keuangan menjadi realitas di Indonesia,” tambah Christo.

Business Development Senior Lead of Fintech Tokopedia, Helena, menjelaskan, Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia selalu berkomitmen mempermudah masyarakat dalam menciptakan peluang dan mencapai lebih, salah satunya melalui Mitra Toppers. 

"Layanan Mitra Toppers memudahkan masyarakat, khususnya penjual di Tokopedia yang saat ini sudah mencapai 5,5 juta, mendapatkan pinjaman modal dari berbagai bank dan lembaga keuangan lain yang terhubung dengan Tokopedia, salah satunya Akseleran untuk mengembangkan bisnisnya lebih lagi.” ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Noah

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:20 WIB

Dua Tahun Digarap, Noah Rilis Album 'Keterkaitan Keterikatan’

Ariel, Lukman, Uki, dan David melakukan serangkaian kegiatan yang diberi nama 7 Days in Paradise.

Fashion show di ajang Jakarta Youth Meet Up.(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Jakarta Youth Meet Up Wujudkan Inspirasi dan Selebrasi Anak Muda

Entusiasme anak muda terlihat dari banyaknya pengunjung yang terus berdatangan.

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp di Bangkok, Jumat (23/8).(Ist)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 19:57 WIB

Mahasiswa Indonesia Berbagi Konsep Pengolahan Limbah Tekstil di Ajang SCG ASEAN Camp

Kontribusi SCG di bidang Pendidikan, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di negara tempatnya beroperasi.

Pemancangan tiang pertama pembangunan pabrik baru Ikimura Group di KNIC (Foto: Industry.co.id)

Jumat, 23 Agustus 2019 - 18:30 WIB

Pabrik Baru Ikimura Group di KNIC Bakal Tambah Kapasitas Produksi Hingga Dua Kali Lipat

Perusahaan cutting tools terkemuka di Indonesia, PT. Ikimura Indotools Center menggelar acara pemancangan tiang pertama pembangunan pabrik barunya di Karawang New Industrial City (KNIC).

Dirjen Dukcapil Prof. Zudan Arif Fakrulloh

Jumat, 23 Agustus 2019 - 17:43 WIB

Meyakinkan dan Berdampak, GIS Ditjen Dukcapil Kemendagri Kembali Diakui Dunia

Kali ini melalui teknologi Geographic Information System (GIS), yaitu peta interaktif data kependudukan yang dibuat oleh Ditjen Dukcapil, kembali meyakinkan para juri dan penilai dari…