Pinjaman Online Akseleran ke Merchant Tokopedia Tumbuh Positif

Oleh : Hariyanto | Selasa, 21 Mei 2019 - 14:17 WIB

Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran
Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Fintech Peer-to-Peer (P2P) Lending Akseleran secara konsisten terus memberikan penyaluran pinjaman produktif kepada para pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia. Untuk sektor mikro, Akseleran memfasilitasi pinjaman online untuk merchant Tokopedia dengan rata-rata jumlah pinjaman sebesar Rp10 juta hingga Rp200 juta.

“Sejak bekerja sama dengan Tokopedia per Desember 2018, fasilitas pinjaman online yang kami berikan terus tumbuh positif. Hingga saat ini, Akseleran sudah menyalurkan miliaran rupiah dana pinjaman kepada puluhan merchant Tokopedia,” ujar Christopher Gultom, Chief Credit Officer & Co-Founder Akseleran di Jakarta, Selasa (21/5/2019).

Menurut Christo, bentuk kerja sama strategis dengan Tokopedia ini merupakan bentuk komitmen Akseleran dalam mendukung pertumbuhan UMKM yang memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) di Tanah Air. Setidaknya, kata dia, kontribusi UMKM selama lima tahun terakhir terhadap PDB meningkat menjadi 60,34 persen dari sebelumnya 57,84 persen.

“Kami melihatnya bahwa merchant online juga bagian dari UMKM sektor ekonomi digital yang terus bertumbuh dan merchant tersebut pasti membutuhkan modal usaha untuk mengembangkan bisnisnya sehingga kami hadirkan produk online merchant financing melalui Tokopedia. Besaran rata-rata pinjaman yang sudah disalurkan sebesar Rp60 juta dan kami gembira karena minat para merchant online di Tokopedia dalam mengajukan pinjaman ke Akseleran cukup besar,” jelas Christo.

Di samping itu, dia menyampaikan, Akseleran telah menyalurkan total pinjaman sebesar Rp440 miliar kepada 845 pinjaman hingga akhir April 2019. “Kami optimistis, dengan didukung juga oleh ekosistem keuangan yang semakin baik melalui peningkatan terhadap literasi keuangan mengenai P2P Lending, Akseleran mampu menyalurkan total pinjaman sebesar Rp1 triliun di akhir tahun ini demi mewujudkan inklusi keuangan menjadi realitas di Indonesia,” tambah Christo.

Business Development Senior Lead of Fintech Tokopedia, Helena, menjelaskan, Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia selalu berkomitmen mempermudah masyarakat dalam menciptakan peluang dan mencapai lebih, salah satunya melalui Mitra Toppers. 

"Layanan Mitra Toppers memudahkan masyarakat, khususnya penjual di Tokopedia yang saat ini sudah mencapai 5,5 juta, mendapatkan pinjaman modal dari berbagai bank dan lembaga keuangan lain yang terhubung dengan Tokopedia, salah satunya Akseleran untuk mengembangkan bisnisnya lebih lagi.” ungkapnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Dirut BRI, Sunarso menerima penghargaan (Doc: BRI)

Kamis, 09 Juli 2020 - 22:43 WIB

Keren, Dirut BRI Sunarso Dinobatkan CEO Paling Visioner

Pandemi COVID-19 yang hingga saat ini masih terjadi menjadi akselerator transformasi di tubuh Bank BRI. Proses transformasi tersebut diapresiasi oleh majalah BUMN Track, dimana dalam ajang 9th…

Ilustrasi tambang batu bara (Foto Ist)

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:55 WIB

PT Bumi Resources Tbk Tegaskan Telah Bayar Keseluruhan Pokok dan Kupon Tranche A sebesar USD327,82 juta

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) menegaskan telah memproses pembayaran kesepuluh sebesar USD6,51 juta melalui agen fasilitas pada tanggal 8 Juli 2020, yang mewakili bunga pinjaman sebesar USD6,51…

 PT Pegadaian (Persero)

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:40 WIB

Pegadaian Terbitkan Obligasi Tahap II Senilai Rp1,5 Triliun

PT Pegadaian (persero) terbitkan Obligasi Berkelanjutan IV Pegadaian Tahap II Tahun 2020 (Obligasi Tahap II) senilai Rp1,5 triliun dan Sukuk Mudharabah Berkelanjutan I Pegadaian Tahap II Tahun…

Tokio Marine Life Insurance Indonesia mengadakan acara webinar My Turning Point, My New Normal melalui platform Zoom, pada hari ini, Kamis 9 Juli 2020.

Kamis, 09 Juli 2020 - 21:25 WIB

Tokio Marine Life Insurance Indonesia Dorong Masyarakat Bersikap Positif dan Cermat Kelola Keuangan di Era New Normal

Jakarta 09/7/20 – Sejak pandemi COVID-19 merebak awal tahun ini, perlambatan ekonomi pun menjadi tak terelakkan. Sejumlah data yang dipaparkan oleh ekonom, menteri dan juga para pengusaha…

Serahterima KartaNU Cilegon (Doc: BNI Syariah)

Kamis, 09 Juli 2020 - 20:55 WIB

Hore...Kartu Anggota NU Cilegon Berwujud ATM BNI Syariah

BNI Syariah menandatangani kerjasama dengan Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Cilegon terkait penerbitan kartu debit co-branding kartu anggota NU (KARTANU) yang bisa digunakan sebagai…