Vivo V15 Series Hadirkan Implementasi Fitur Berbasis AI

Oleh : Ridwan | Jumat, 17 Mei 2019 - 22:00 WIB

Vivo V15 Series
Vivo V15 Series

INDUSTRY.co.id - Jakarta – Mengikuti perkembangan kamera smartphone sebagai salah satu fitur esensial yang digunakan oleh konsumen bukan hanya dalam inovasi pada lensa atau sensor, namun juga bagaimana produsen smartphone membenamkan fitur Artificial Intelligence (AI) dalam meningkatkan pengalaman fotografi. 

Vivo juga turut ambil bagian dalam perkembangan teknologi kamera terintegrasi AI, salah satunya melalui vivo V15 Series.

"Pembenaman teknologi kecerdasan buatan tentu dilakukan vivo untuk mendukung kebutuhan konsumen dan meningkatkan pengalaman mobile mereka. Secara global, pengembangan fitur AI menjadi salah satu fokus penelitian vivo, dan kami telah memiliki AI Labs khusus untuk pengembangan kecerdasan buatan pada smartphone vivo" ujar Edy Kusuma, General Manager for Brand and Activation PT vivo Mobile Indonesia di Jakarta, Jumat (17/5).

Lembaga Riset dan Konsultan, Gartner, memperkirakan bahwa pada tahun 2022, 80% dari smartphone yang terdistribusi akan mengusung kemampuan AI sebagai salah satu keunggulannya, jauh meningkat dari data 10% pada tahun 2017. 

Salah satu dari 10 penggunaan AI yang esensial ke depan adalah “Personal Photographing” yaitu fitur AI pada smartphone yang dapat secara otomatis memperindah hasil foto berdasarkan preferensi estetika personal pengguna.

Personal Photographing pun semakin dimaksimalkan penggunaannya yang memungkinkan untuk menyeimbangkan tampilan alami objek dan kebutuhan retouching. 

Mengimplementasikan kebutuhan ini, fitur AI Face Beauty pada vivo V15 Series dapat mengidentifikasi gender subjek foto, warna tonal kulit, pencahayaan, serta struktur wajah untuk menciptakan setelan yang ideal.

Pengoperasian AI Face Beauty secara langsung atau real time dan tidak memerlukan aplikasi pihak ketiga memberikan kemudahan bagi pengguna untuk mengetahui hasil akhir foto setelahretouch bahkan ketika mengambil foto. Telah mempelajari hampir satu juta karakter wajah berbeda, algoritma AI Face Beauty pada vivo V15 pun memberikan hasil akhir yang lebih natural.

Lebih dari Fitur Memperindah Wajah

Personal Photographing di V15 Series juga diimplementasikan melalui fitur AI HDR dan AI Scene Recognition. Dengan hanya menekan satu tombol rana, AI HDR dari vivo V15 atau V15 Pro dapat menangkap lebih banyak bingkai dari rentang dinamis yang lebih luas daripada sebelumnya.

Selain itu, fitur AI Scene Recognition dapat mendidentifikasi hingga 17 ragam skenario dengan algoritma kecerdasan buatan berdasarkan pada database vivo, sehingga dapat menyesuaikan pengaturan seperti saturasi, ketajaman, dan kecerahan agar menghasilkan foto terbaik.

Lebih jauh dari sekedar pengindahan wajah, vivo juga memberikan keleluasaan pengguna untuk menyesuaikan bentuk tubuh melalui fitur AI Body Shaping. Fitur ini akan mengatur bentuk tubuh subjek agar terlihat lebih proporsial saat difoto atau direkam video. 

Adanya fitur AI Body Shapingpada vivo V15 ini sekaligus menunjukkan pemanfaatan inovasi AI yang lebih tinggi dengan menyempurnakan proporsi tubuh.

Mendukung pengembangan fitur kamera ini, vivo V15 Series juga menggunakan teknologi AI untuk mengoptimalkan kemampuan AI Smart Engine pada prosesornya. Pada seri V15 Pro, AI Smart Engine ini ditenagai oleh Qualcomm Snapdragon 675 AIE, sedangkan pada seri V15 mengandalkan Mediatek Helio P70 yang juga mendukung AI. 

Kedua prosesor bisa mengolah sumber daya CPU untuk berbagai pemrosesan AI yang kompleks, termasuk untuk fotografi. AI Smart Engine juga akan membiasakan diri dengan preferensi pengguna dan memprediksi berbagai skenario penggunaan secara efisien.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

 PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA)

Jumat, 29 Maret 2024 - 07:00 WIB

Ini Strategi ARNA Bidik Laba Bersih Rp461 Miliar di 2024

PT Arwana Citramulia Tbk (ARNA) berhasil membukukan penjualan bersih sebesar Rp2,4 triliun, serta laba bersih yamg mencapai Rp445,29 miliar sepanjang tahun 2023.

oeing 737-300F yang digunakan PT Cipta Krida Bahari (CKB Logistics) dengan rute Jakarta-Balikpapan-Timika-Jayapura yang mampu menampung 15-16 ton.

Jumat, 29 Maret 2024 - 05:50 WIB

Pertumbuhan Logistik Nasional Tembus 8%, CKB Logistics Optimalkan Bisnis Melalui Kargo Udara

Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) memperkirakan sektor logistik nasional tahun ini mengalami pertumbuhan tujuh sampai dengan delapan persen. Tak heran, bisnis logistik turut berperan dalam menggairahkan…

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:34 WIB

Pasar Murah 1000 Sembako Hingga Bazar Umum, HK Meriahkan Safari Ramadan BUMN

Menyemarakkan bulan suci Ramadhan 1445 H, Kementerian BUMN bersama PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) dan anak perusahaannya, PT Hakaaston (HKA) menggelar kegiatan Safari Ramadhan BUMN…

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:19 WIB

Menteri Basuki Dampingi Presiden Jokowi Resmikan Bendung dan Jaringan Irigasi Gumbasa, Pulihkan Pasokan Air untuk Sentra Pangan di Sigi

Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono, Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin,…

Direktur Utama Bank Mandiri Taspen memberikan Sambutan jelang Pengundian Pemenang Mandiri Taspen Bertabur Hadiah 900 juta dalam rangka ulang tahun ke-9

Jumat, 29 Maret 2024 - 04:06 WIB

Ini Para Pemenang Undian Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta

Bank Mandiri Taspen mengumumkan para pemenang program undian "Bertabur Hadiah Bank Mandiri Taspen 900 Juta" kemarin