Keindahan Alam dan Budaya Unggulan Industri Pariwisata NTT

Oleh : Herry Barus | Kamis, 16 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)
Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Kupang- Lembaga Sertifikasi Pariwisata (LSP) Anging Mamari menilai sektor pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur dapat menjadi daerah tujuan wisata dunia, karena beragam keindahan alam dan budayanya.

"Saya dua hari di Maumere, kabupaten Sikka sempat meninjau beberepa kawasan wisata di sana, dan resort. Keindahan alamnya sangat bagus," kata Sekretaris LSP Anging Mamari Gita Nelwan kepada Antara di Kupang, Senin (15/5/2019)

Ia mengaku walaupun hanya beberapa hari di Maumere, namun ia yakin daerah lain di NTT juga memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa.

Gita mengaku bahwa dirinya bersama sejumlah rekan-rekannya sempat mendaki ke puncak gunung tiga warna danau Kelimutu untuk melihat keindahan alamnya.

"Pasaran wisata NTT ini sudah mendunia. Oleh karena itu tidak heran jika NTT saat ini menjadi daerah tujuan wisata," ujar dia.

NTT sendiri juga, menurut dia, mampu menjadi Bali keduanya Indonesia karena mempunyai daerah yang eksotis untuk dikunjungi.

Sebenarnya, baik Bali, Lombok dan NTT adalah daerah-daerah yang eksotis yang bisa dijual untuk meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat, katanya.

Namun semua itu kembali lagi ke pemerintah daerahnya, bagaimana mengelola kawasan wisata itu menjadi kawasan yang menghasilkan uang dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Tak hanya itu, dirinya menilai sumber daya manusia (SDM)-nya juga harus disiapkan, khususnya pelaku-pelaku usaha di sektor pariwisata.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Raymond Muaya

Kamis, 04 Juni 2020 - 14:15 WIB

TikTok Ajak Kreator BerbagiIlmu dan Berkesempatan Mendapat Hadiah Total 700 Juta

TikTok, platform destinasi video singkat menghadirkan BerbagiIlmu, sebuah kompetisi bagi semua pengguna untuk saling berbagi ilmu pengetahuan di berbagai bidang, termasuk pengetahuan umum, bahasa…

Petani sedang membajak sawah dengan tractors (Doc: Kementan)

Kamis, 04 Juni 2020 - 14:05 WIB

HKTI Dukung Strategi Kementan Siapkan Pasokan Pangan

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, HKTI sebagai organisasi sosial yang bergerak di bidang agrikultur dan pengembangan pedesaan tidak tinggal diam dalam mendukung penyediaan pangan. Berkoordinasi…

Danon SN-IPB Berdayakan Masyarakat Terdampak Pandemi

Kamis, 04 Juni 2020 - 14:00 WIB

Danon SN-IPB Berdayakan Masyarakat Terdampak Pandemi

Diberlakukannya protokol kesehatan seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah daerah merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di Indonesia.…

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto (ist)

Kamis, 04 Juni 2020 - 13:48 WIB

Pembatasan COVID-19, Pelaksanaan Proyek Hulu Migas Justru Terealisasi Lebih Cepat

Deputi Operasi SKK Migas, Julius Wiratno melaporkan adanya 1 (satu) proyek tahun 2020 yang akan dapat direalisasi lagi pada Juli 2020, yaitu Proyek Meliwis yang akan dilaksanakan oleh Ophir…

Komite Pengusaha UMKM Indonesia Bersatu (KOPITU)

Kamis, 04 Juni 2020 - 13:37 WIB

Belajar dari Sejarah Krisis, KOPITU: UMKM Akan Tampil Lagi Sebagai Pahlawan Pemulihan Ekonomi RI

Jakarta-Ketua Umum Komite Pengusaha UMKM Indonesia Bersatu (KOPITU), Yoyok Pitoyo meminta seluruh UMKM di Indonesia untuk tetap optimis dalam menghadapi era new normal pandemi Covid-19 ini.