Keindahan Alam dan Budaya Unggulan Industri Pariwisata NTT

Oleh : Herry Barus | Kamis, 16 Mei 2019 - 21:00 WIB

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)
Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

INDUSTRY.co.id - Kupang- Lembaga Sertifikasi Pariwisata (LSP) Anging Mamari menilai sektor pariwisata di Provinsi Nusa Tenggara Timur dapat menjadi daerah tujuan wisata dunia, karena beragam keindahan alam dan budayanya.

"Saya dua hari di Maumere, kabupaten Sikka sempat meninjau beberepa kawasan wisata di sana, dan resort. Keindahan alamnya sangat bagus," kata Sekretaris LSP Anging Mamari Gita Nelwan kepada Antara di Kupang, Senin (15/5/2019)

Ia mengaku walaupun hanya beberapa hari di Maumere, namun ia yakin daerah lain di NTT juga memiliki keindahan alam yang sangat luar biasa.

Gita mengaku bahwa dirinya bersama sejumlah rekan-rekannya sempat mendaki ke puncak gunung tiga warna danau Kelimutu untuk melihat keindahan alamnya.

"Pasaran wisata NTT ini sudah mendunia. Oleh karena itu tidak heran jika NTT saat ini menjadi daerah tujuan wisata," ujar dia.

NTT sendiri juga, menurut dia, mampu menjadi Bali keduanya Indonesia karena mempunyai daerah yang eksotis untuk dikunjungi.

Sebenarnya, baik Bali, Lombok dan NTT adalah daerah-daerah yang eksotis yang bisa dijual untuk meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat, katanya.

Namun semua itu kembali lagi ke pemerintah daerahnya, bagaimana mengelola kawasan wisata itu menjadi kawasan yang menghasilkan uang dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Tak hanya itu, dirinya menilai sumber daya manusia (SDM)-nya juga harus disiapkan, khususnya pelaku-pelaku usaha di sektor pariwisata.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi Biodiesel 20 Persen (B20)

Minggu, 19 Mei 2019 - 16:30 WIB

Tekan Impor Migas, Kemenperin Bakal Dongkrak Produksi Green Fuel

Kementerian Perindustrian (Kemenperin) tengah berusaha mendongkrak kontribusi industri nonmigas dengan mendorong produksi bahan bakar yang masih ketergantungan pada impor, di antaranya memproduksi…

Ilustrasi Ekspor (ist)

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:40 WIB

Ekspor Produk Manufaktur Masih Tertinggi

Industri pengolahan nonmigas konsisten memberikan kontribusi paling besar terhadap nilai ekspor nasional.

Industri Tekstil

Minggu, 19 Mei 2019 - 15:01 WIB

Upaya Pemerintah Dongkrak Produktivitas Industri Tekstil dan Pakaian Menuju Lima Besar Dunia

Berdasarkan Making Indonesia 4.0, industri TPT merupakan satu dari lima sektor manufaktur yang tengah diprioritaskan pengembangannya sebagai pionir dalam peta jalan penerapan revolusi industri…

Indonesia - Australia

Minggu, 19 Mei 2019 - 14:11 WIB

IA-CEPA Peluang Industri Manufaktur Nasional Tingkatkan Ekspor

IA-CEPA Peluang Industri Manufaktur, Australia merupakan salah satu mitra dagang penting dan potensial bagi Indonesia. Selain itu, Australia merupakan negara tujuan ekspor non-migas ke-17 dan…

Tokoin ingin menunjukan tekad dan semangatnya dalam memberikan dukungan pada penopang utama perekonomian Indonesia yakni MSME

Minggu, 19 Mei 2019 - 14:00 WIB

TOKOIN, Revolusi Masif Pengembangan Industri UMKM Berbasis Blockchain Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Nasional

Kuatnya pondasi sektor riil perekonomian dalam negeri telah dibuktikan UMKM lokal dalam berkontribusi terhadap pertumbuhan perekonomian nasional. Namun, mayoritas UMKM di Indonesia belum sepenuhnya…