Desa Wisata Bertajuk Industrial Tourism

Oleh : Ridwan | Rabu, 15 Mei 2019 - 11:20 WIB

Co – Founder Industrial Tourism World (ITW) Jababeka Sandy Rudiana saat menjadi pembicara dalam seminar 'Forum Bisnis Pariwisata' (Dok.Industry)
Co – Founder Industrial Tourism World (ITW) Jababeka Sandy Rudiana saat menjadi pembicara dalam seminar 'Forum Bisnis Pariwisata' (Dok.Industry)

INDUSTRY.co.id - Bandung - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung kembali menggelar 'Forum Bisnis Pariwisata'. Event ini merupakan tahun ke-6 diadakan, dimana pada tahun ini mengusung tema 'Aktivitas Wisata Desa'.

Hadir sebagai narasumber yaitu Co-Founder Industrial Tourism World (ITW) Jababeka Sandy Rusdiana bersama Tatiek Kancanianthi selaku Trainer Social Entrepreneur Desa Tegalwaru dan Nurdiansyah Dalidjo selaku Penjelajah Rempah Traveller. 

Pada kesempatan tersebut, lima grand finalis juga mempresentasikan ide bisnis pariwisata mereka masing–masing untuk memperebutkan hadiah sejumlah total Rp 16 juta dan berkesempatan untuk direalisasikan oleh investor dari Perisai Group. 

Adapun kelima Grand Finalis tersebut adalah Devita Chandra Ayu, Dwi Riski Putri, Mega Prameswari, Mayang Putri, dan Emia Sola Vide.

Dalam paparannya, Sandy menjelaskan bahwa desa merupakan cerminan suatu wilayah siap dinyatakan sebagai tempat wisata. 

"Dengan dikembangkannya desa wisata diharapkan akan mengedukasi para warga untuk siap menghadapi dan menyajikan kegiatan wisata kekinian, dimana wisata industri bisa juga menjadi salah satu concern buat desa untuk mengembangkan potensi pariwisatanya," kata Sandy di Bandung (14/5) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Sandy juga mengajak pada seluruh peserta yang hadir untuk dapat berfikir "Out of The Box" bahwa yang berkesempatan menjadi desa wisata bukan saja milik suatu desa yang sudah dianugerahkan keindahan alam yang luar biasa, tetapi desa wisata itu bisa diciptakan dari kegiatan perindustrian yang dimiliki suatu desa.

Seperti contoh industri makanan ringan, industri pakaian, industri kerajinan tangan, dan industri rumahan lainnya dapat menjadikan suatu Desa sebagai objek destinasi kunjungan. 

"Ini yang sedang kita bangun di Jababeka melalui wisata industri dan www.industrial-tourism.com," tutup Sandy.(Robert)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Yusuf Rony Kabarjay Lulus jadi TNI AD

Senin, 25 Mei 2020 - 22:47 WIB

Terharu, Cita-cita Yusuf Rony Kabarjay Menjadi Prajurit TNI AD Akhirnya Tercapai

Perjalanan panjang Yusuf Rony Kabarjay (20 th) seorang putra asli Papua dari Kampung Toray, Distrik Sota, akhirnya bisa lulus menjadi anggota TNI AD dalam pengumuman rekrutmen Secata PK Gel…

Arief pegawai Kemenag

Senin, 25 Mei 2020 - 19:40 WIB

Kisah Arief ASN Kemenag Buka Usaha Cukur Gratis plus Berbagi Sembako

Arief berencana meneruskan kegiatan amalnya ini usai lebaran dan selama pandemi. ASN yang akan segera memasuki masa pensiun ini ingin berkhidmah kepada masyarakat sesuai keahlian yang dimilikinya.…

Stefano Cugurra Pelatih Bali United (Foto Dok Tribunnews)

Senin, 25 Mei 2020 - 18:00 WIB

Bali United Tim Sampaikan Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H

Sebulan sudah umat Islam seluruh dunia menjalankan ibadah puasa sebelum menyambut hari raya kemenangan sukacita yang dimaknai dengan sebutan Idul Fitri. Tahun ini menjadi hari raya Idul Fitri…

Evan Dimas Persija

Senin, 25 Mei 2020 - 17:30 WIB

Evan Dimas Nikmati Ketupat Opor Ayam Saat Lebaran di Surabya

Gelandang Persija Jakarta Evan Dimas merasa senang bisa merayakan Lebaran bersama keluarganya di Surabaya, Jawa Timur.

Ruchman Basori (Kepala Subdit Sarana Prasarana dan Kemahasiswaan Diktis)

Senin, 25 Mei 2020 - 17:15 WIB

KIP Kuliah dan Perluasan Akses Pendidikan Tinggi

Beasiswa menjadi keharusan untuk memperluas akses anak bangsa mengenyam pendidikan tinggi. Salah satunya melalui beasiswa miskin dan berprestasi (Bidikmisi). Mulai tahun 2020, pemerintah telah…