Desa Wisata Bertajuk Industrial Tourism

Oleh : Ridwan | Rabu, 15 Mei 2019 - 11:20 WIB

Co – Founder Industrial Tourism World (ITW) Jababeka Sandy Rudiana saat menjadi pembicara dalam seminar 'Forum Bisnis Pariwisata' (Dok.Industry)
Co – Founder Industrial Tourism World (ITW) Jababeka Sandy Rudiana saat menjadi pembicara dalam seminar 'Forum Bisnis Pariwisata' (Dok.Industry)

INDUSTRY.co.id - Bandung - Sekolah Tinggi Pariwisata (STP) NHI Bandung kembali menggelar 'Forum Bisnis Pariwisata'. Event ini merupakan tahun ke-6 diadakan, dimana pada tahun ini mengusung tema 'Aktivitas Wisata Desa'.

Hadir sebagai narasumber yaitu Co-Founder Industrial Tourism World (ITW) Jababeka Sandy Rusdiana bersama Tatiek Kancanianthi selaku Trainer Social Entrepreneur Desa Tegalwaru dan Nurdiansyah Dalidjo selaku Penjelajah Rempah Traveller. 

Pada kesempatan tersebut, lima grand finalis juga mempresentasikan ide bisnis pariwisata mereka masing–masing untuk memperebutkan hadiah sejumlah total Rp 16 juta dan berkesempatan untuk direalisasikan oleh investor dari Perisai Group. 

Adapun kelima Grand Finalis tersebut adalah Devita Chandra Ayu, Dwi Riski Putri, Mega Prameswari, Mayang Putri, dan Emia Sola Vide.

Dalam paparannya, Sandy menjelaskan bahwa desa merupakan cerminan suatu wilayah siap dinyatakan sebagai tempat wisata. 

"Dengan dikembangkannya desa wisata diharapkan akan mengedukasi para warga untuk siap menghadapi dan menyajikan kegiatan wisata kekinian, dimana wisata industri bisa juga menjadi salah satu concern buat desa untuk mengembangkan potensi pariwisatanya," kata Sandy di Bandung (14/5) kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Sandy juga mengajak pada seluruh peserta yang hadir untuk dapat berfikir "Out of The Box" bahwa yang berkesempatan menjadi desa wisata bukan saja milik suatu desa yang sudah dianugerahkan keindahan alam yang luar biasa, tetapi desa wisata itu bisa diciptakan dari kegiatan perindustrian yang dimiliki suatu desa.

Seperti contoh industri makanan ringan, industri pakaian, industri kerajinan tangan, dan industri rumahan lainnya dapat menjadikan suatu Desa sebagai objek destinasi kunjungan. 

"Ini yang sedang kita bangun di Jababeka melalui wisata industri dan www.industrial-tourism.com," tutup Sandy.(Robert)

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:59 WIB

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Sebuah konferensi besar di dunia yang didatangi para pelaku bisnis digital dan para startup, RISE 2019 diadakan selama tiga hari di Hong Kong Convention Centre pada tanggal 8 Juli 2019 hingga…

Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:50 WIB

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Keterampilan bersosialisasi, IQ, dan kreatifitas anak akan selesai di usia 12 tahun.

Distya Tarworo Endri selaku Senior Brand Manager Pepsodent.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:42 WIB

Berikan Perlindungan Menyeluruh Si Kecil Sejak Hari Pertama Sekolah

Orangtua harus melindungi anak tidak hanya dalam aspek psikologis, tetapi juga aspek kesehatan gigi dan mulut.

Indonesia dan Jepang Kembali Berkolaborasi dalam Seminar Medis yang diselenggarakan oleh Japan-Indonesia Medical Collaboration Association (JIMCA)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:39 WIB

Indonesia dan Jepang Kembali Berkolaborasi dalam Seminar Medis yang diselenggarakan oleh Japan-Indonesia Medical Collaboration Association (JIMCA)

apan-Indonesia Medical Collaboration Association (JIMCA), (Kantor Pusat: Chuo-ku,Tokyo, Ketua: Satoshi Kusuda), sebuah organisasi non-profit yang didirikan oleh Japan Medical Instruments,Co.,…

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:30 WIB

Pemerintah Bidik Pengembangan KEK di Jawa Tengah dan Jawa Timur

Pemerintah terus medorong pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) baru, terutama pada lokasi yang telah memiliki industri existing.