Pemudik Bisa Gunakan Tol Pandaan-Malang Gratis Hingga Lebaran

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 Mei 2019 - 11:30 WIB

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)
Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Malang- Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi I-III, yakni Pandaan-Singosari digratiskan hingga Lebaran 2019 sebagai bentuk uji coba dan mamperkenalkannya kepada masyarakat.

"Tadi saya bisik-bisik dengan Ibu Menteri BUMN, jangan bayar dulu sampai lebaran, sebagai percobaan," kata Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Pandaan-Malang Seksi I-III di lokasi Gerbang Pintu Keluar Tol Pandaan-Malang Seksi III, yakni Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (13/5/2019)

Kepala Negara menyatakan bahwa permintaannya telah disetujui oleh Menteri BUMN Rini Sumarno, penggratisan Tol Pandaan-Malang yang baru diresmikan ini, yakni Seksi I-III yang memiliki panjang 30,7 km ini bisa dilakukan.

"Sudah dijawab bisa. Masa yang minta Presiden diberi," kata Jokowi yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Presiden mengatakan Tol Surabaya-Malang ini sudah lama ditunggu oleh masyarakat karena akses ke kota yang terkenal dengan Kota Wisata ini memakan waktu lama, yakni 3 hingga 3,5 jam.

"Dulu bisa 3 jam, bahkan bisa 3,5 jam. Sekarang (tol) ini sudah jadi diperkirakan bisa ditempuh satu jam," kata Presiden.

Kepala Negara mengakui bahwa pembangunan Tol Pandaan-Malang ini belum selesai, masih sekitar 7,8 km lagi yang harus diselesaikan maksimal akhir tahun.

"Tadi sudah saya kejar, agar ini diselesaikan maksimal akhir tahun. Syukur kalau bisa maju," harap Kepala Negara seperti dilansir Antara.

Presiden berharap dengan tol yang bisa menghubungkan Kota Surabaya hingga Kota Malang ini bisa mempercepat aktivitas barang, orang dan jasa.

Dengan tol ini, kata Jokowi, bisa mendorong Malang dan sekitarnya menjadi kawasan wisata yang terkoneksi sehingga akan memicu pertumbuhan ekonominya yang semakin meningkat.

Jalan Tol Pandaan-Malang memiliki total panjang 38,5 km yang terdiri dari lima seksi, yakni Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,5 km; seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 km; seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 km; Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km; dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 km.

Hadir dalam peresmian Tol Pandaan-Malang ini di antaranya Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa,

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Karna Brata Lesmana (Kedua dari kanan), pengusaha asal Jakarta yang Mengaku Jadi Korban Pembatalan Sertifikat Lahan Miliknya

Selasa, 23 Juli 2019 - 23:03 WIB

Pengusaha Ini Membantah Pernyataan Yusril

Jakarta - Salah satu penyebab terjadinya masalah pertanahan di Indonesia adalah tak adanya kepastian hukum. Kerap terjadi dalam kasus sengketa lahan, klaim atas bukti kepemilikan yang sah. Jika…

200 anak panti asuhan merayakan Hari Anak Nasional dengan melakukan berbagai hal menarik di Haluun by Haluu.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:03 WIB

Keceriaan 200 Anak Panti Rayakan HAN di Baluun By Haluu World

Berbagai aktivitas seru seperti ber-selfie ria di Baluun Exhibition hingga bermain sambil berkenalan dengan teman baru.

Pariwisata di Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur (Foto Ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 22:00 WIB

Labuan Bajo NTT Diharapkan Jadi Destinasi Wisata Premium

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya berharap Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur (NTT) bisa menjadi destinasi ekowisata yang berkelas atau destinasi pariwisata premium.

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:59 WIB

Mewakili Indonesia Wowbid Hadir di Konfrensi Teknologi Digital Rise 2019 di Hongkong

Sebuah konferensi besar di dunia yang didatangi para pelaku bisnis digital dan para startup, RISE 2019 diadakan selama tiga hari di Hong Kong Convention Centre pada tanggal 8 Juli 2019 hingga…

Rosdiana Setyaningrum MPsi, MHPEd, seorang Psikolog anak dan keluarga.(ist)

Selasa, 23 Juli 2019 - 21:50 WIB

Pentingnya Kembangkan Keterampilan Anak Saat SD

Keterampilan bersosialisasi, IQ, dan kreatifitas anak akan selesai di usia 12 tahun.