Pemudik Bisa Gunakan Tol Pandaan-Malang Gratis Hingga Lebaran

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 Mei 2019 - 11:30 WIB

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)
Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Malang- Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi I-III, yakni Pandaan-Singosari digratiskan hingga Lebaran 2019 sebagai bentuk uji coba dan mamperkenalkannya kepada masyarakat.

"Tadi saya bisik-bisik dengan Ibu Menteri BUMN, jangan bayar dulu sampai lebaran, sebagai percobaan," kata Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Pandaan-Malang Seksi I-III di lokasi Gerbang Pintu Keluar Tol Pandaan-Malang Seksi III, yakni Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (13/5/2019)

Kepala Negara menyatakan bahwa permintaannya telah disetujui oleh Menteri BUMN Rini Sumarno, penggratisan Tol Pandaan-Malang yang baru diresmikan ini, yakni Seksi I-III yang memiliki panjang 30,7 km ini bisa dilakukan.

"Sudah dijawab bisa. Masa yang minta Presiden diberi," kata Jokowi yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Presiden mengatakan Tol Surabaya-Malang ini sudah lama ditunggu oleh masyarakat karena akses ke kota yang terkenal dengan Kota Wisata ini memakan waktu lama, yakni 3 hingga 3,5 jam.

"Dulu bisa 3 jam, bahkan bisa 3,5 jam. Sekarang (tol) ini sudah jadi diperkirakan bisa ditempuh satu jam," kata Presiden.

Kepala Negara mengakui bahwa pembangunan Tol Pandaan-Malang ini belum selesai, masih sekitar 7,8 km lagi yang harus diselesaikan maksimal akhir tahun.

"Tadi sudah saya kejar, agar ini diselesaikan maksimal akhir tahun. Syukur kalau bisa maju," harap Kepala Negara seperti dilansir Antara.

Presiden berharap dengan tol yang bisa menghubungkan Kota Surabaya hingga Kota Malang ini bisa mempercepat aktivitas barang, orang dan jasa.

Dengan tol ini, kata Jokowi, bisa mendorong Malang dan sekitarnya menjadi kawasan wisata yang terkoneksi sehingga akan memicu pertumbuhan ekonominya yang semakin meningkat.

Jalan Tol Pandaan-Malang memiliki total panjang 38,5 km yang terdiri dari lima seksi, yakni Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,5 km; seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 km; seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 km; Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km; dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 km.

Hadir dalam peresmian Tol Pandaan-Malang ini di antaranya Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa,

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pekerja bangunan konstruksi. (Soe Jong Chon/Bloomberg)

Kamis, 04 Juni 2020 - 14:25 WIB

Inilah 11 Sektor yang Diizinkan Beroperasi pada Masa Pandemi Covid-19

Jakarta-SIKM hanya akan diberikan kepada pekerja yang karena pekerjaannya melakukan perjalanan keluar dan/atau masuk wilayah Provinsi DKI Jakarta.

Raymond Muaya

Kamis, 04 Juni 2020 - 14:15 WIB

TikTok Ajak Kreator BerbagiIlmu dan Berkesempatan Mendapat Hadiah Total 700 Juta

TikTok, platform destinasi video singkat menghadirkan BerbagiIlmu, sebuah kompetisi bagi semua pengguna untuk saling berbagi ilmu pengetahuan di berbagai bidang, termasuk pengetahuan umum, bahasa…

Petani sedang membajak sawah dengan tractors (Doc: Kementan)

Kamis, 04 Juni 2020 - 14:05 WIB

HKTI Dukung Strategi Kementan Siapkan Pasokan Pangan

Dalam menghadapi pandemi Covid-19, HKTI sebagai organisasi sosial yang bergerak di bidang agrikultur dan pengembangan pedesaan tidak tinggal diam dalam mendukung penyediaan pangan. Berkoordinasi…

Danon SN-IPB Berdayakan Masyarakat Terdampak Pandemi

Kamis, 04 Juni 2020 - 14:00 WIB

Danon SN-IPB Berdayakan Masyarakat Terdampak Pandemi

Diberlakukannya protokol kesehatan seperti PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) di sejumlah daerah merupakan salah satu langkah pemerintah untuk mencegah penyebaran virus COVID-19 di Indonesia.…

Kepala SKK Migas, Dwi Soetjipto (ist)

Kamis, 04 Juni 2020 - 13:48 WIB

Pembatasan COVID-19, Pelaksanaan Proyek Hulu Migas Justru Terealisasi Lebih Cepat

Deputi Operasi SKK Migas, Julius Wiratno melaporkan adanya 1 (satu) proyek tahun 2020 yang akan dapat direalisasi lagi pada Juli 2020, yaitu Proyek Meliwis yang akan dilaksanakan oleh Ophir…