Pemudik Bisa Gunakan Tol Pandaan-Malang Gratis Hingga Lebaran

Oleh : Herry Barus | Selasa, 14 Mei 2019 - 11:30 WIB

Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)
Presiden Jokowi (Dok Industry.co.id)

INDUSTRY.co.id - Malang- Presiden Joko Widodo menyatakan bahwa Jalan Tol Pandaan-Malang Seksi I-III, yakni Pandaan-Singosari digratiskan hingga Lebaran 2019 sebagai bentuk uji coba dan mamperkenalkannya kepada masyarakat.

"Tadi saya bisik-bisik dengan Ibu Menteri BUMN, jangan bayar dulu sampai lebaran, sebagai percobaan," kata Presiden Jokowi saat meresmikan Tol Pandaan-Malang Seksi I-III di lokasi Gerbang Pintu Keluar Tol Pandaan-Malang Seksi III, yakni Gerbang Tol Singosari, Kabupaten Malang, Jawa Timur, Senin (13/5/2019)

Kepala Negara menyatakan bahwa permintaannya telah disetujui oleh Menteri BUMN Rini Sumarno, penggratisan Tol Pandaan-Malang yang baru diresmikan ini, yakni Seksi I-III yang memiliki panjang 30,7 km ini bisa dilakukan.

"Sudah dijawab bisa. Masa yang minta Presiden diberi," kata Jokowi yang disambut tepuk tangan para hadirin.

Presiden mengatakan Tol Surabaya-Malang ini sudah lama ditunggu oleh masyarakat karena akses ke kota yang terkenal dengan Kota Wisata ini memakan waktu lama, yakni 3 hingga 3,5 jam.

"Dulu bisa 3 jam, bahkan bisa 3,5 jam. Sekarang (tol) ini sudah jadi diperkirakan bisa ditempuh satu jam," kata Presiden.

Kepala Negara mengakui bahwa pembangunan Tol Pandaan-Malang ini belum selesai, masih sekitar 7,8 km lagi yang harus diselesaikan maksimal akhir tahun.

"Tadi sudah saya kejar, agar ini diselesaikan maksimal akhir tahun. Syukur kalau bisa maju," harap Kepala Negara seperti dilansir Antara.

Presiden berharap dengan tol yang bisa menghubungkan Kota Surabaya hingga Kota Malang ini bisa mempercepat aktivitas barang, orang dan jasa.

Dengan tol ini, kata Jokowi, bisa mendorong Malang dan sekitarnya menjadi kawasan wisata yang terkoneksi sehingga akan memicu pertumbuhan ekonominya yang semakin meningkat.

Jalan Tol Pandaan-Malang memiliki total panjang 38,5 km yang terdiri dari lima seksi, yakni Seksi 1 adalah Pandaan hingga Purwodadi sepanjang 15,5 km; seksi 2 Purwodadi-Lawang sepanjang 8,05 km; seksi 3 Lawang-Singosari sepanjang 7,10 km; Seksi 4 Singosari-Pakis sepanjang 4,75 km; dan Seksi 5 Pakis-Malang sepanjang 3,11 km.

Hadir dalam peresmian Tol Pandaan-Malang ini di antaranya Menteri BUMN Rini Sumarno, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indarparawansa,

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Oreo Pokemon hadir di Indonesia mulai Mei 2024 mendatang.

Jumat, 26 April 2024 - 00:11 WIB

Oreo Pastikan Hadirkan Kepingan Langka Pokemon ke Indonesia

Kolaborasi edisi terbatas dua merek ikonik dunia OREO dan Pokémon segera hadir dan menginspirasi seluruh penggemarnya di Indonesia.

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Pertahankan Kepemimpinan di Industri Asuransi Jiwa

Kamis, 25 April 2024 - 23:56 WIB

Prudential Indonesia dan Prudential Syariah Umumkan Hasil Kinerja Perusahaan Yang Solid Selama 2023

Prudential Indonesia terus melanjutkan komitmennya melindungi dan mendukung nasabah dengan pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp17 triliun atau lebih dari Rp46 miliar per hari.

Bincang Duta Baca Indonesia di Kabupaten Buleleng, Bali.

Kamis, 25 April 2024 - 23:23 WIB

Bincang Duta Baca Indonesia, Kabupaten Buleleng Bali Siap Atasi Globalisasi Lewat Perpustakaan

Menurut Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, tantangan globalisasi harus disikapi dengan adaptif agar perpustakaan tidak termarginalkan. Literasi juga diharap bisa menjawab tantangan…

Bank DKI gelar halal bihalal

Kamis, 25 April 2024 - 21:52 WIB

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Sebagai BUMD Penyumbang Dividen Terbesar

Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) DKI Jakarta…

Sidharth Malik, CEO, CleverTap

Kamis, 25 April 2024 - 19:51 WIB

CleverTap Boyong 10 Penghargaan Bergengsi di Stevie Awards 2024

CleverTap, platform engagement all-in-one, membawa pulang 10 penghargaan bergengsi dari Stevie Awards 2024, platform penghargaan bisnis pertama di dunia. Perusahaan mendapat pengakuan global…