AMMDes Mampu Kikis Jamilah dan Tingkatkan Kemakmuran Petani

Oleh : Ridwan | Jumat, 12 April 2019 - 18:10 WIB

Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)
Presiden Joko Widodo bersama Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto saat melihat AMMdes di GIIAS 2018 (Foto: Dok. Liputan6)

INDUSTRY.co.id - Bogor – Kementerian Perindustrian terus mendorong penggunaan Alat Mekanik Multifungsi Pedesaan (AMMDes) di berbagai desa di Indonesia. Selain untuk meningkatkan produktivitas, ketangguhan mesin dan luasnya daya jelajah yang dimiliki AMMDes digadang-gadang mampu mengurangi tingginya jumlah angka kematian ibu melahirkan (Jamilah). 

Direktur Industri Maritim Alat Transportasi dan Alat Pertahanan Kementerian Perindustrian Putu Juli Andika mengatakan, fleksibilitas desain dan juga ketangguhan yang dimiliki AMMDes dapat dimanfaatkan oleh perangkat desa dan juga masyarakat untuk sama-sama mengurangi angka kematian ibu melahirkan. 

"AMMDes memiliki teknologi yang sama dengan kendaraan 4 WD (Wheels Drive), sehingga memiliki kekuatan untuk menembus medan berat dan menjemput, serta mengantar ibu hamil ke rumah sakit terdekat. Jadi kita bisa sama-sama mengurangi angka kematian," kata Putu saat Workshop & Family Gathering Forum Wartawan Industri (Forwin) di Puncak, Bogor, Jumat (12/4).

Berdasarkan data World Helath Organization (WHO), jumlah kematian ibu melahirkan di Indonesia pada tahun 2016 lalu menduduki peringkat kedua di ASEAN. Oleh karena itu, Kemenperin menilai penggunaan AMMDes sangat tepat untuk mengurangi angka kematian ibu melahirkan yang hingga saat ini masih menjadi momok bagi kalangan keluarga khususnya di desa-desa.

Dijelaskan Putu, nantinya AMMDes akan dilengkapi dengan sistem keamanan yang sangat baik, karena keempat bannya sudah dilengkapi dengan disc brake dan memiliki daya laju hingga 55 km/jam. Unit yang suku cadangnya didominasi oleh pabrikan dalan negeri ini juga dilengkapi dengan teknologi engine power take off (PTO), sehingga membuat AMMDes tidak mudah slip saat berhadapan dengan medan licin.

"Jadi memang AMMDes sangat cocok digunakan dalam medan yang minim infrastruktur," jelas Putu.

Bahkan, lanjutnya, salah satu lembaga kesehatan internasional yaitu United States Agency for International Development (USAID) juga berencana mennggunakan sebagai ambulance feeder di wilayah-wilayah yang bermedan berat dan juga mninim infrastruktur jalan. 

Tidak hanya untuk mengurangi angka kematian ibu melahirkan, kehadiran AMMDes juga diharapkan dapat meningkatkan produktivitas petani di desa. Sifatnya yang multiguna membuat AMMDes memiliki keunikan tersendiri yang tidak dimiliki oleh jenis mobil pedesaan lainnya. 

"Melalui AMMDes, petani dapat menikmati hasil tanamannya dengan elbih baik," terang Putu.

Mengacu pada data riset yang dilakukan Kementerian Perindustrian di Sukabumi dan Cianjur, Jawa Barat, rata-rata ongkos angkut hasil bumi ke kota menghabiskan dana sekitar Rp1,7 juta per bulan. Hal itu disebabkan oleh kecilnya ruang pengangkutan yang digunakan oleh petani untuk menjual hasil taninya ke kota.

"Selama ini para petani menjual hasil taninya ke kota menggunakan sepeda motor, sehingga jarak pengangkutan jadi terlihat lebih jauh. Namun, dengan menggunakan AMMDes, ongkos kirim menyusut menjadi Rp900 ribu-an," tutupnya.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Fasilitas panel surya di area atap gedung utama kantor PT Solusi Bangun Indonesia Tbk Pabrik Tuban, sebagai implementasi penggunaan Energi Baru dan Terbarukan (EBT) untuk mencapai target dekarbonisasi.

Rabu, 01 Mei 2024 - 22:33 WIB

Melalui Operational Excellence, SIG Catatkan Laba Sebesar Rp472 Miliar pada Kuartal I Tahun 2024 di Tengah Kontraksi Permintaan Semen Domestik

Jakarta– PT Semen Indonesia (Persero) Tbk (SIG) melaporkan kinerja keuangan konsolidasian pada kuartal I tahun 2024 dengan ringkasan sebagai berikut:

Titi Kamal hadir di pameran wisata Arab Saudi yang digelar di Mall Kota Kasablanka Jakarta tanggal 1-5 Mei 2024.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:48 WIB

Arab Saudi Gelar Pameran Wisata, Titi Kamal Beberkan Keseruannya

Sepanjang pameran 'Visit Saudi, Beyond Umrah', penawaran eksklusif dan terbatas diberikan kepada masyarakat Indonesia berupa penerbitan visa ke Arab Saudi dalam waktu 24 jam.

Braveheart Center, Brawijaya Hospital Saharjo.

Rabu, 01 Mei 2024 - 21:10 WIB

Brawijaya Hospital Saharjo Hadirkan BraveHeart Center, Pusat Layanan Jantung, Pembuluh Darah dan Otak

Didukung oleh Tim medis yang berpengalaman serta fasilitas diagnostic yang lengkap, BraveHeart Center, Brawijaya Hospital Saharjo mampu menangani kasus–kasus kompleks pada jantung, pembuluh…

HINT Metaverse EDP, parfum berteknologi AI.

Rabu, 01 Mei 2024 - 20:55 WIB

HINT Metaverse EDP, Parfum Berteknologi AI Hadir di Shopee Dengan Berbagai Promo Eksklusif

Brand parfum HINT berkolaborasi dengan AI Technology, menghadirkan HINT Metaverse EDP dengan aroma fruity-floral yang futuristik dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih hidup.

Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya

Rabu, 01 Mei 2024 - 18:50 WIB

Kembali Digelar, Komodo Travel Mart Bakal Dongkrak Sektor Parekraf di Labuan Bajo

Komodo Travel Mart sebuah forum yang mempertemukan buyer dan seller di bidang pariwisata untuk destinasi pariwisata super prioritas Labuan Bajo akan digelar pada 6 hingga 9 Juni 2024 di Labuan…