Komitmen PLN Terangi Pulau-Pulau Wisata Melalui DXI 2019

Oleh : Ahmad Fadli | Senin, 08 April 2019 - 12:31 WIB

PLN berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan DXI (Deep & Extreem Indonesia) 2019, sebuah perhelatan besar tahunan yang menghadirkan pameran, lomba dan diskusi seputar olah raga wisata bahari
PLN berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan DXI (Deep & Extreem Indonesia) 2019, sebuah perhelatan besar tahunan yang menghadirkan pameran, lomba dan diskusi seputar olah raga wisata bahari

INDUSTRY.co.id, Jakarta -  PT PLN (Persero) yang merupakan perusahaan negara di bidang kelistrikan dengan aset terbesar mencapai Rp1.377 triliun tertinggi dibanding BUMN lainnya di Indonesia bangga bahwa saat ini kondisi rasio elektrifikasi nasional sudah mencapai 98,3%.

Saat ini, PLN didukung sumber daya manusia berkualitas yang 70%, di antaranya adalah kaum milenial dan mereka adalah aset terbaik yang dipersiapkan memimpin negeri ini.

Dengan upaya melistriki Indonesia berlangsung di seluruh Indonesia, mulai dari Aceh, Nias dan seluruh Kepulauan Sumatera bagian Utara sampai ke Ternate, Sorong, dan Jayapura.

Itu sebabnya dengan tagline ‘Electricity Energy Optimism for A Better Life’, PLN berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan DXI  (Deep & Extreem Indonesia) 2019, sebuah perhelatan besar tahunan yang menghadirkan pameran, lomba dan diskusi seputar olah raga wisata bahari, selam, ajang petualangan outdoor ekstrem, yang kini memasuki tahun penyelenggaraan ke-13.

Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT  PLN (Persero), I Made Suprateka menyatakan, keikut sertaan PLN dalam kegiatan ini sejalan dengan komitmen PLN menerangi seluruh daerah di Indonesia, termasuk pulau dan daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T), yang sangat berpotensi menjadi daerah tujuan wisata, termasuk juga wisata ekstrim, yang semangatnya diusung dalam penyelenggaraan DXI 2019.

"PLN sudah berhasil menghilangkan pemadaman listrik secara bergiir yang terjadi tahun 2015, melalui pembangunan infrastruktur ketenagalistrikan secara berkesinambungan. Tidak hanya melalui cadangan daya listrik yang memadai dengan sistem yang besar, namun PLN sudah berhasil meningkatkan infrastruktur ketenagalistrikan hingga ke daerah-daerah yang sebelumnya tidak terjangkau akses listrik yaitu daerah 3T (Terdepan, Terluar, dan Tertinggal), “ katanya dalam kesempatan persiapan pelaksanaan pameran akhir Maret lalu.

Made menjelaskan, sehubungan dengan hal tersebut, PLN juga memiliki satu program yang dinamakan Program Listrik Pedesaan. Sampai bulan Desember 2018, jumlah desa yang sudah teraliri listrik mencapai 79.041 desa. Selama tahun 2015 sampai 2018, jumlah tambahan desa yang teraliri listrik mencapai 9.504 desa berlistrik.

“Dengan mengaliri desa dan juga menerangi daerah-daerah 3T, maka akan mendorong ekonomi setempat bertumbuh. Dengan bertumbuhnya ekonomi, akan berdampak pula meningkatnya kesejahteraan masyakat di daerah tersebut. Maka hal tersebut secara tidak langsung juga berdampak mempersatukan Indonesia, sekaligus mengangkat harkat hidup manusia,” jelas Made.

Secara terpisah, Ketua Panitia DXI 2019 Dharmawan Sutanto di Jakarta, Minggu (7/4/2019) menjelaskan, DXI 2019 merupakan transformasi dari event Deep and Extreme Indonesia yang sudah digelar sejak 2007 di Jakarta. Tahun ini gelaran yang diselenggarakan di Hall B Jakarta Convention Center, Senayan pada 4-7 April 2019, dibuka secara resmi oleh Ali  Mochtar Ngabalin, selaku Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden, sekaligus juga menjabat sebagai Ketua POSSI (Persatuan Olahraga Selam Selurh Indonesia) - Jakarta.

Menurut Dharmawan, DXI adalah even yang sudah lama dinantikan masyarakat, khususnya para penyelam, pelaku kegiatan outdoor dan olah raga air. DXI 2019 merupakan pameran internasional yang akan menampilkan berbagai variasi produk dan paket destinasi petualangan outdoor baik di laut maupun daratan.

Pengunjung memanfaatkan event ini untuk mendapatkan harga spesial berbagai peralatan selam, aktivitas alam, olah raga air, olah raga ekstrem, peralatan fotografi, gadget, aksesoris, dan pendukung aktifitas perjalanan wisata sampai kegiatan outdoor.

Selain mendukung pengembangan industri dan pasar pariwisata, even ini juga bertujuan memasyarakatkan olah-raga air khususnya selam dan olah raga ekstrem. Tujuan lain dari penyelenggaraan DXI 2019 adalah sekaligus mengkampanyekan dan mensosialisasikan upaya-upaya konservasi lingkungan khususnya laut dan kawasan wisata.

 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto

Rabu, 18 September 2019 - 18:15 WIB

Menperin Akui Investasi Korsel Perkuat Struktur Industri Manufaktur RI

Kementerian Perindustrian aktif menarik investor Korea Selatan untuk terus menanamkan modalnya di Indonesia agar bisa memperkuat struktur sektor manufaktur di dalam negeri. Langkah ini juga…

Gedung Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Jakarta

Rabu, 18 September 2019 - 17:12 WIB

Indonesia Fintech Expo 2019 Komitmen Regulator dan Industri Fintech Terhadap Inklusi Keuangan

Jakarta – Otoritas Jasa Keuangan, Bank Indonesia dan Asosiasi Fintech Indonesia (AFTECH) akan menyelenggarakan Indonesia Fintech Summit & Expo 2019 pada tanggal 23 dan 24 September 2019 di…

Kepala BPPI Kemenperin Ngakan Timur Antara

Rabu, 18 September 2019 - 17:05 WIB

Kemenperin Tunjuk 10 Perusahaan Jadi Pilot Pendampingan Industri 4.0

Kementerian Perindustrian telah melakukan pendampingan implementasi perdana industri 4.0 kepada 10 perusahaan manufaktur nasional.

Direksi PT Kimia Farma (Persero) Tbk

Rabu, 18 September 2019 - 17:00 WIB

Hasil Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa PT Kimia Farma (Persero) Tbk

PT Kimia Farma (Persero) Tbk (Kimia Farma) melaksanakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) di Jakarta pada Rabu, 18 September 2019. Keputusan RUSPLB menyetujui Penambahan Modal Perseroan…

realme 5 Quad Camera Si Calon Ponsel Terbaik di Kelas 2 Jutaan

Rabu, 18 September 2019 - 16:06 WIB

realme 5 Quad Camera Si Calon Ponsel Terbaik di Kelas 2 Jutaan

Biasanya ponsel kelas dua jutaan itu identik dengan ponsel-ponsel yang “berharap” ingin menjadi seperti ponsel kelas atas. Ini karena produk-produk yang ada di kelas tersebut mendapat tekanan…