Diplomasi Budaya Lewat Sepotong Pizza

Oleh : Kormen Barus | Rabu, 03 April 2019 - 07:01 WIB

Stephen James McCarthy bersama tim managemen, menyapa masyarakat Indonesia di Hut ke 35 tahun Pizza Hut
Stephen James McCarthy bersama tim managemen, menyapa masyarakat Indonesia di Hut ke 35 tahun Pizza Hut

INDUSTRY.co.id, Jakarta-Melalui kuliner, budaya suatu bangsa dapat dikenal oleh bangsa lainnya. Amerika, memiliki pengaruh istimewa dalam percaturan  kuliner dunia.

Ada beragam produk kuliner khas "Uncle Sam", diantaranya Pizza Hut yang masuk ke Indonesia di tahun 1984. Di tangan kreatif  Dan Carney dan Frank Carney pembuat resep Pizza Hut dari Kansas, Amerika, kini Pizza Hut menjadi resto waralaba terbesar di dunia. Pizza yang merupakan resep asli Italia sukses di up-grade menjadi produk kuliner mendunia.

Menandai Hut ke 35 tahun restoran Pizza Hut di Indonesia, Stephen James McCarthy, Presdir PT Sarimelati Kencana Tbk,  bersama tim,  menggelar rangkaian even menarik dalam balutan romantisme nostalgia keluarga Indonesia.

Awal kehadiran Pizza Hut di Indonesia,  tim inti  membuat formulasi pizza yang  jauh dari kesan otentik. Masyarakat Amerika mengenal pizza sebagai snack terbuat dari adonan tipis terigu,  diberi topping saus tomat, daging, dan sayuran dengan lapisan keju cair. Disantap hangat tanpa dipping.  Berbeda cara penyajian pizza untuk masyarakat Indonesia, berkulit tebal tetapi lembut dengan olesan, isi, dan topping banyak. Tersaji hangat dengan dipping berupa saus sambal dan saus tomat. Walau dianggap aneh oleh orang Amerika, penyajian pizza seperti ini justru digemari di sini.

Beragam inovasi terus dilakukan untuk memuaskan pelanggan, salah satunya dengan meng up- grade bagian pinggir pizza yang keras dan hambar, dengan tekstur lembut dan kokoh. Di dalamnya diisi dengan olahan daging dan keju cair.  Inovasi ini kemudian menjadi signature dish yang bisa dinikmati pada  varian 6diantaranya Stuffed Crust Keju dan Crown Crust.

Dengan tim managemen handal, Pizza Hut sukses dan berkembang sebagai mid casual dinning restaurant terdepan di Indonesia,  dengan signature dish Pizza serta menu tambahan yang tersedia secara ala carte seperti olahan pasta dan salad, aneka snack, olahan nasi, dessert, hingga minuman segar, teh dan kopi yang digemari pembeli.

Up-grade dari resep otentik yang menyelaraskan dengan selera konsumen Indonesia, inovasi dengan beragam menu yang diimbangi dengan kualitas bahan, seni memasak, serta kecekatan pramusaji di bawah bimbingan managemen berpengalaman menjadikan pizza hut sebagai salah satu resto waralaba yang legend, dan menjadi bagian kuliner  keluarga Indonesia.

Cerita menarik kami dapatkan dari mantan chef yang pernah bekerja di restoran Pizza Hut. Chef  menceritakan rahasia lezat sajian di Pizza Hut, bahan-bahan yang digunakan merupakan  jenis bahan berkualitas yang sebagian diracik secara home made.  Sebagian lagi dibeli dengan harga mahal. Saus dan keju menjadi kunci rahasia kelezatan olahan pizza. Faktor lain kesuksesan Pizza Hut, layanan profesional dari chef dan pramusaji yang bertugas. Mereka selalu menghindari komplen pelanggan sehubungan dengan layanan dan kualitas makanan yang disajikan. Selain telah menjadi bagian dari etos kerja, juga akan berpengaruh terhadap prestasi mereka.

35 tahun Pizza mewarnai kuliner Indonesia, ada pesan penting yang  disosialisasikan buat seluruh pelanggan berupa kebersamaan yang diwarnai dengan suasana guyub, khas keluarga Indonesia.

"Silahkan datang sambil bernostalgia mengenang kembali pertama kali menikmati pizza puluhan tahun silam, kata Stephen James Mc Carthy di acara media Garhering 35 th Pizza Hut Berbagi Bahagia Bersama Indonesia, di outlet Pizza Hut Menara Cakrawala, (dahulu Djakarta Theatre). "Kami tawarkan promo spesial 35 persen plus ekstra keju gratis untuk seluruh menu pizza, kecuali pizza sensasi delight. Juga berlaku  untuk jenis pasta tertentu. Promo berlaku selama Senin hingga Jum'at, dari pukul 14.00 - 17.00, berlaku hingga tgl 28 April 2019, untuk makan di tempat, pesan bawa pulang, dan pesan antar.

Buat yang hobi mengabadikan kenangan sambil selfi beramai-ramai dapat memanfaatkan kompetisi #Rayakan Bersama untuk berbagi cerita bersama Pizza Hut, dengan menggunggah foto saat berada di resto ke sosial media Pizza Hut Indonesia.

Selain program charity berbagi pizza dan pasta kepada masyarakat yang berdomisili di sekitar restoran, komunitas pekerja sosial, dan panti asuhan.

"Yuk, Menjadi Chef di Pizza Hut

Bagi pengunjung yang pernah merasakan sensasi bersantap di Pizza Hut tentu akan dibuat penasaran seputar resep yang digunakan dan kiat mengolah pizza selezat resto Pizza Hut. Ingin tahu seputar proses produksi pizza? Anda bisa mengikuti Pizza Making Class yang bisa diikuti oleh umum dengan melalukan reservasi. Program ini hanya berlaku di sejumlah outlet tertentu dengan menghubungi bagian markerting dan promosi.

          

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Diskusi webinar Bintaro Jaya High Rise (BJHR)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:25 WIB

Bintaro Jaya High Rise Ajak Masyarakat Investasi Properti di Masa Pandemi Covid-19

Ternyata, masa pandemi ini justru menjadi momen emas untuk membeli properti, karena harganya yang cenderung stagnan karena adanya perlambatan pertumbuhan ekonomi.

Perdagangan saham di IDX (Rizki Meirino/Industry.co.id)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:06 WIB

Penjualan Menurun, PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk Cetak Rp260,22 miliar Hingga Maret 2020

Emiten PT Saraswati Anugerah Makmur Tbk (SAMF) catat penjualan Rp260,22 miliar hingga periode 31 Maret 2020 turun dari penjualan Rp353,53 miliar di periode sama tahun sebelumnya.

Suasana konferensi pers virtual Dampak Sosial dan Ekonomi Fintech Lending di Indonesia (Studi Kasus Investree 2017-2019). (Foto: Humas Investree)

Jumat, 03 Juli 2020 - 19:00 WIB

Fintech Lending Berperan Besar untuk Dukung Inklusi Keuangan di Indonesia

Jakarta - Lembaga Demografi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (LD FEB UI), memaparkan hasil riset terbarunya dalam konferensi pers bertajuk ‚ÄúDampak Sosial dan Ekonomi Fintech…

Jajaran Manajemen Baru PT Adhi Commuter Properti

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:58 WIB

Perkuat Perusahaan, PT Adhi Commuter Properti Perkenalkan Jajaran Manajemen Baru

Jajaran manajemen baru tersebut antara lain terdiri dari Direktur Utama Rizkan Firman, Direktur Pemasaran Indra Syahruzza N, Direktur Keuangan, Manajemen Risiko dan SDM Mochamad Yusuf, Direktur…

PT Adhi Commuter Properti

Jumat, 03 Juli 2020 - 18:52 WIB

Raih Nilai Kontrak Hingga 90% Dari Target, PT Adhi Commuter Properti Kian Cemerlang di Usia yang ke-2

Di tahun ini, Adhi Commuter Properti senantiasa mengembangkan bisnis strategis LRT City di Jabodetabek dengan memperbanyak portofolio produk properti, baik hunian vertikal (high rise building)…