Pakai Open Source, Equnix Ungkap Bisa Hemat Ratusan Milyar Anggaran TI

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 27 Maret 2019 - 21:49 WIB

(kiri) Julyanto Sutandang, CEO PT Equnix Business Solutions memberikan presentasi kepada kalangan Enterprise mengenai keuntungan sistem Open Source, di Jakarta hari ini.
(kiri) Julyanto Sutandang, CEO PT Equnix Business Solutions memberikan presentasi kepada kalangan Enterprise mengenai keuntungan sistem Open Source, di Jakarta hari ini.

INDUSTRY.co.id, Jakarta- PT. Equnix Business Solutions (Equnix), perusahaan penyedia jasa solusi teknologi informasi (TI) berbasis Open Source, menggelar acara Enterprise PostgreSQL Professionals Gathering (EPPG) dengan topik “Migrasi dari Oracle ke PostgreSQL”.

Acara bagi kalangan profesional ini hadir sebagai upaya memberikan edukasi dari berbagai perspektif, baik teknis maupun bisnis, tentang tantangan dan solusi agar proses migrasi bisa dilakukan dengan baik, terkontrol, dan tidak berpotensi menimbulkan masalah di masa mendatang. 

Proses migrasi dari Database Management System (DBMS) Oracle ke PostgreSQL pada sebuah sistem produksi kritikal bukanlah perkara mudah. Perlu adanya penilaian, analisis, perencanaan dan perhitungan yang matang dan menyeluruh agar tidak menimbulkan masalah lain di masa mendatang. 

“Acara ini diadakan sebagai bagian dari bentuk tanggung jawab Equnix dalam membangun solusi dan ekosistem berkelas enterprise di pasar tanah air yang berbasiskan Open Source. Equnix memiliki tanggung jawab profesional dan moral untuk ikut mewujudkan kemandirian bangsa, terutama dalam hal penguasaan teknologi TI”, kata Julyanto Sutandang, CEO PT. Equnix Business Solutions dalam siaran persnya, Rabu (27/3/2019).  

Ia menambahkan, Equnix berhasil menghemat biaya lebih dari Rp. 300 miliar menghindarkan biaya yang dikeluarkan oleh klien untuk membayar solusi software database berbayar dan hal ini berarti pula turut menghemat cadangan devisa negara.

“Kami telah melakukan migrasi sistem layanan kritikal untuk menangani layanan yang mencakup seluruh Indonesia dari Closed Source ke PostgreSQL. Ada ketenangan yang benar-benar membuat kami bisa tidur nyenyak. Saat menggunakan solusi Closed Source, tim operasional kami disibukkan oleh patch, maintenance, dan tindakan lainnya yang harus kita lakukan. Setelah melakukan migrasi ke PostgreSQL, tentunya oleh penanganan dari ahlinya, benar-benar menjadi solusi yang menyeluruh dan sangat memuaskan“, kata Misbakhul Munir, Division Head-IT Operation & Support, PT EDI Indonesia.

Bagi Equnix, EPPG merupakan acara pertama yang digelar secara profesional, di luar acara komunitas. Sebelumnya, Equnix telah menyelenggarakan banyak acara sosialisasi PostgreSQL dalam bentuk komunitas dan telah menggelar 4 kali PostgreSQL Meetup di Jakarta dan Bandung. EPPG ini mengawali acara serupa yang akan membahas topik khusus yang berbeda setiap 2 bulan.

Equnix berharap EPPG dapat diadakan secara rutin sebagai saluran komunikasi antara pengguna solusi dan penyedia solusi di dalam negeri maupun regional. Berkat adanya saluran komunikasi tersebut, maka diharapkan dapat mewujudkan efisiensi biaya dan waktu.

Diskusi ini juga diharapkan dapat menghindarkan risiko kesalahan implementasi karena minimnya informasi, membantu mengembangkan ekosistem teknologi berbasiskan Open Source, yang pada akhirnya akan menguntungkan semua pihak pemangku kepentingan teknologi TI di Indonesia maupun regional.

 “Kami berharap acara ini mampu membuka wawasan kalangan bisnis dan profesional, serta dapat mengambil manfaat dari acara ini yang pada akhirnya akan menguntungkan kita semua sebagai satu bangsa Indonesia,” imbuh Julyanto. 

 

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ketua Umum Dekopin Nurdin Halid (ketiga dari kiri), Wakil Ketua Umum Agung Sudjatmiko (paling kiri), Plt Sekjen Dekopin Moh. Sukri (kedua dari kiri) mendampingi Deputi Perkoperasian Kementerian Koperasi Ahmad Zabadi (keempat dari kiri) dan Deputi IV Kementerian Koordinator Perekonomian RI Rudy Salahuddin (kedua dari kanan) saat membuka secara resmi Rapimnas Dekopin tahun 2022 di Jakarta, Jumat (25/11/2022). Foto: Dokumen PIP Dekopin. 

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:51 WIB

Kementerian Koperasi Minta Nurdin Halid Kawal Agenda-Agenda Strategis Gerakan Koperasi

Jakarta – Pemerintah meminta Ketua Umum Dewan Koperasi Indonesia Nurdin Halid untuk mengawal agenda-agenda strategis Gerakan Koperasi Indonesia, khususnya RUU Perkoperasian dan RUU Pengembangan…

Ketua PWI Pusat Atal S Depari dan Ketua HPN 2023, H Mirza Zulhadi

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:20 WIB

Ketua PWI Pusat Hadiri Rapat Jelang HPN di Medan

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2023 mendatang, Kota Medan, Sumatera Utara telah ditetapkan sebagai tuan rumah penyelenggara oleh Panitia Pusat HPN 2023. Ketua HPN 2023, H Mirza Zulhadi…

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman

Selasa, 06 Desember 2022 - 06:02 WIB

KASAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman Tinjau Latihan Puncak Ancab YTP 611/Awl

Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dr. Dudung Abdurachman mengungkapkan rasa bangganya saat memberikan pengarahan usai meninjau langsung latihan puncak Antar Kecabangan Batalyon…

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Selasa, 06 Desember 2022 - 05:00 WIB

Satgas Yonif Mekanis 203 AK Jalin Keceriaan Beersama Anak Anak

Keceriaan dan senyum anak-anak Pegunungan Tengah terpancar bersama personel Satgas Yonif Mekanis 203/AK dalam kegiatan lomba mewarnai di Desa Lowanom, Distrik Malagayneri, Kabupaten Lanny Jaya,…

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Selasa, 06 Desember 2022 - 04:30 WIB

Prajurit Korem 174 ATW Terima Penyuluhan Hukum

Personel Korem 174/ATWyang dipimpin oleh Kasrem 174/ATW Kolonel Inf Frits Wilem Rizard Pelamonia menerima penyuluhan hukum dari Tim Penyuluh Hukum Kumdam XVII/Cenderawasih TA. 2022 oleh Kakumdam…