Indonesia Jadi Pasar Produk Halal Malaysia

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 27 Maret 2019 - 10:33 WIB

Ilustrasi Sertifikasi Halal (Ist)
Ilustrasi Sertifikasi Halal (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Indonesia memiliki potensi pasar produk halal yang besar, seiring dengan populasi penduduk serta jumlah umat muslimnya. Namun potensi ini bukan saja dimanfaatkan pelaku usaha lokal, tapi pemain asing pun mulai gencar membidik pasar Indonesia, salah saunya Malaysia.

Dewan Pemasaran dan Perdagangan Islam Antarabangsa (DPPIA) atau juga dikenal dengan World Islamic Marketing and Trade Chamber (WIMTC), sebuah LSM yang fokus pada promosi dan pemasaran produk-produk halal unggulan buatan UMKM dan industri kecil asal Malaysia melakukan kunjungan ke Indonesia.

Kunjungan tersebut sekaligus melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Wahyu Promo Citra, sebagai penyelenggara Halal Indonesia Expo yang akan datang dengan Agen Berita Mi'Raj News yang merupakan agensi berita Islam di Indonesia.

Industri halal kini semakin berkembang di banyak negara di dunia termasuk di negara-negara non muslim.

DPPIA Malaysia sendiri sudah memasarkan dan mempromosikan produk-produk halal unggulan dari para pengusaha Muslim di Malaysia maupun negara lainnya secara internasional memasuki pasar Eropa, Kanada, hingga Korea.

Sementara itu DPPIA sendiri belum menghadirkan produk-produknya di Indonesia. “Indonesia memiliki potensi yang besar untuk Industri halal. Kami ingin meramaikan industri halal Indonesia dengan produk-produk unggulan kami.” ujar Zuraini, Presiden DPPIA.§11Q

Lebih lanjut, DPPIA ingin mempersiapkan Program Misi Khusus Bisnis Matching B2B antara pengusaha UMKM Malaysia dengan para pembeli dari Indonesia yang direncanakan digelar pada Juli mendatang. 

 

“Kesepakatn ini penting bagi langkah kami masuk ke pasar Indonesia. Kami harap kerja sama ini dapat mewujudkan manfaat bersama dari kegiatan yang akan direncanakan dan diimplementasikan di masa depan,” kata Zuraini.

 

Penandatanganan nota kesepahaman berlangsung di kantor MATRADE Jakarta, dan disaksikan langsung oleh Trade Commisioner Kedutaan Besar Kerajaan Malaysia untuk Indonesia di Jakarta, Harman.

 

“Kami memfasilitasi terbentuknya kerja sama antar Malaysia dan Indonesia. Dengan adanya MoU antar kedua pihak ini  diharapkan dapat memberi manfaat bagi semua pihak.” ujar Harman.

 

Pihak DPPIA, Mi Raj News dan PT. Wahyu Promo Citra menyambut baik kerja sama ini. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan mewujudkan kerja sama ini,”  kata Zuber, Deputi Presiden DPPIA

 

Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE) adalah sebuah agensi promosi perdagangan Malaysia yang berperan memfasilitasi perusahaan-perusahaan Malaysia untuk mengakses pasar global.

 

Program kerja MATRADE antara lain mengorganisir riset pasar, konsultasi perdagangan, dan promosi ekspor. MATRADE terlibat secara aktif mendampingin perusahaan asing yang ingin berbisnis di Malaysia. MATRADE memiliki perwakilan di kota-kota besar diseluruh dunia salah satunya Jakarta yang bertempat di Plaza Mutiara, Mega Kuningan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ilustrasi pertumbuhan ekonomi.(Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 20:08 WIB

Pertumbuhan Ekonomi Kuat Pada Paruh Pertama 2019

Penggerak utama pertumbuhan pada triwulan kedua 2019 adalah konsumsi masyarakat maupun swasta.

Serah terima pemberian bantuan multivitamin anak di Palangkaraya. (Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:54 WIB

Kalbe Lakukan Aksi Peduli Bencana Asap Kabut di Palangkaraya

Pemberian masker, multivitamin kesehatan, dan permen pelega tenggorokan kepada masyarakat umum dan beberapa sekolah TK/SD di sekitar Palangaraya.

Karnaval yang diikuti oleh segenap warga Desa Kekait dalam meriahkan acara penutupan rangkaian Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial bagi para ibu dan anak, sekaligus dalam merayakan hari kemerdekaan Indonesia.(Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:40 WIB

Atasi Trauma Ibu dan Anak Paska Bencana dengan Terapi

Kekuatan sentuhan ibu ini telah memberi dampak positif bagi para Ibu dan Anak dengan trauma paska bencana.

Penutupan rangkaian Program Dukungan Kesehatan Mental dan Psikososial bagi para ibu dan anak di Desa Kekait, Lombok.(Ist)

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:33 WIB

168 Ibu di Lombok Alami Depresi Pasca Gempa

Program ini menunjukkan perubahan positif kesehatan mental para Ibu dan Anak yang terdampak bencana.

Kepala BPPI Kementerian Perindustrian, Ngakan Timur Antara

Senin, 19 Agustus 2019 - 19:05 WIB

Manfaatkan ‘Patent Mapping’, Kemenperin Cari Peluang Inovasi Pendukung Kendaraan Listrik

Kalangan peneliti maupun pengambil kebijakan yang terlibat dalam melakukan kegiatan inovasi perlu memiliki pemahaman mengenai paten. Hal tersebut beralasan, karena paten terkait dengan hak cipta.