Indonesia Jadi Pasar Produk Halal Malaysia

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 27 Maret 2019 - 10:33 WIB

Ilustrasi Sertifikasi Halal (Ist)
Ilustrasi Sertifikasi Halal (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Indonesia memiliki potensi pasar produk halal yang besar, seiring dengan populasi penduduk serta jumlah umat muslimnya. Namun potensi ini bukan saja dimanfaatkan pelaku usaha lokal, tapi pemain asing pun mulai gencar membidik pasar Indonesia, salah saunya Malaysia.

Dewan Pemasaran dan Perdagangan Islam Antarabangsa (DPPIA) atau juga dikenal dengan World Islamic Marketing and Trade Chamber (WIMTC), sebuah LSM yang fokus pada promosi dan pemasaran produk-produk halal unggulan buatan UMKM dan industri kecil asal Malaysia melakukan kunjungan ke Indonesia.

Kunjungan tersebut sekaligus melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Wahyu Promo Citra, sebagai penyelenggara Halal Indonesia Expo yang akan datang dengan Agen Berita Mi'Raj News yang merupakan agensi berita Islam di Indonesia.

Industri halal kini semakin berkembang di banyak negara di dunia termasuk di negara-negara non muslim.

DPPIA Malaysia sendiri sudah memasarkan dan mempromosikan produk-produk halal unggulan dari para pengusaha Muslim di Malaysia maupun negara lainnya secara internasional memasuki pasar Eropa, Kanada, hingga Korea.

Sementara itu DPPIA sendiri belum menghadirkan produk-produknya di Indonesia. “Indonesia memiliki potensi yang besar untuk Industri halal. Kami ingin meramaikan industri halal Indonesia dengan produk-produk unggulan kami.” ujar Zuraini, Presiden DPPIA.§11Q

Lebih lanjut, DPPIA ingin mempersiapkan Program Misi Khusus Bisnis Matching B2B antara pengusaha UMKM Malaysia dengan para pembeli dari Indonesia yang direncanakan digelar pada Juli mendatang. 

 

“Kesepakatn ini penting bagi langkah kami masuk ke pasar Indonesia. Kami harap kerja sama ini dapat mewujudkan manfaat bersama dari kegiatan yang akan direncanakan dan diimplementasikan di masa depan,” kata Zuraini.

 

Penandatanganan nota kesepahaman berlangsung di kantor MATRADE Jakarta, dan disaksikan langsung oleh Trade Commisioner Kedutaan Besar Kerajaan Malaysia untuk Indonesia di Jakarta, Harman.

 

“Kami memfasilitasi terbentuknya kerja sama antar Malaysia dan Indonesia. Dengan adanya MoU antar kedua pihak ini  diharapkan dapat memberi manfaat bagi semua pihak.” ujar Harman.

 

Pihak DPPIA, Mi Raj News dan PT. Wahyu Promo Citra menyambut baik kerja sama ini. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan mewujudkan kerja sama ini,”  kata Zuber, Deputi Presiden DPPIA

 

Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE) adalah sebuah agensi promosi perdagangan Malaysia yang berperan memfasilitasi perusahaan-perusahaan Malaysia untuk mengakses pasar global.

 

Program kerja MATRADE antara lain mengorganisir riset pasar, konsultasi perdagangan, dan promosi ekspor. MATRADE terlibat secara aktif mendampingin perusahaan asing yang ingin berbisnis di Malaysia. MATRADE memiliki perwakilan di kota-kota besar diseluruh dunia salah satunya Jakarta yang bertempat di Plaza Mutiara, Mega Kuningan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Ngabuburit Lois Jeans: “ Coretan untuk sebuah kebaikan”

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:59 WIB

Ngabuburit Lois Jeans: “ Coretan untuk sebuah kebaikan”

epat di akhir bulan Mei 2019, Lois Jeans mengadakan acara “LOIS ngARTbuburit”. Sedikit berbeda dari tahun sebelumnya, kali ini acara Ngartbuburit diadakan di basecamp Rumah Harapan Indonesia…

Pesona Square Ramaikan Ramadhan dengan Program “ Blissful Ramadhan ”

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:44 WIB

Pesona Square Ramaikan Ramadhan dengan Program “ Blissful Ramadhan ”

Depok 25 Mei 2019, Seluruh umat muslim di dunia menyambut suka-cita datangnya bulan penuh berkah, Ya tentu saja bulan Ramadhan begitu dinanti semua umat islam. Dengan menyambutnya bulan Ramadhan…

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi membuka perhelatan tahunan FESTIVAL JAKARTA GREAT SALE

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:20 WIB

FJGS 2019 Resmi Dibuka oleh Gubernur DKI Jakarta

akarta, 25 Mei 2019 Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, resmi membuka perhelatan tahunan FESTIVAL JAKARTA GREAT SALE yang tahun ini mengangkat tema SHOPPING SPIRIT. Opening Ceremony diadakan…

Fajrin Rasyid, Co-Founder and President Bukalapak disambut hangat oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia di Malaysia yang diwakili oleh Harry Rusmana Irawan, Economic Counsellor Embassy of The Republic of Indonesia.

Minggu, 26 Mei 2019 - 23:04 WIB

Bukalapak Luncurkan BukaGlobal di Malaysia

Masih dalam rangkaian peluncuran inisiatif terbaru Bukalapak, BukaGlobal, yang menghubungkan lebih dari 4 juta pelapak Indonesia dengan regional konsumen di Singapura, Malaysia, Hongkong, Taiwan…

Direksi Mandiri Syariah bersama anak Yatim

Minggu, 26 Mei 2019 - 22:58 WIB

Mandiri Syariah Ajak 1000 Anak Yatim Belanja

Jakarta — PT Bank Syariah Mandiri (Mandiri Syariah) menyelenggarakan program Sahabat Belanja Yatim dengan mengajak 1000 anak yatim berbelanja pakaian lebaran untuk menyambut Idul Fitri 1440…