Indonesia Jadi Pasar Produk Halal Malaysia

Oleh : Ahmad Fadli | Rabu, 27 Maret 2019 - 10:33 WIB

Ilustrasi Sertifikasi Halal (Ist)
Ilustrasi Sertifikasi Halal (Ist)

INDUSTRY.co.id, Jakarta -Indonesia memiliki potensi pasar produk halal yang besar, seiring dengan populasi penduduk serta jumlah umat muslimnya. Namun potensi ini bukan saja dimanfaatkan pelaku usaha lokal, tapi pemain asing pun mulai gencar membidik pasar Indonesia, salah saunya Malaysia.

Dewan Pemasaran dan Perdagangan Islam Antarabangsa (DPPIA) atau juga dikenal dengan World Islamic Marketing and Trade Chamber (WIMTC), sebuah LSM yang fokus pada promosi dan pemasaran produk-produk halal unggulan buatan UMKM dan industri kecil asal Malaysia melakukan kunjungan ke Indonesia.

Kunjungan tersebut sekaligus melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman dengan PT Wahyu Promo Citra, sebagai penyelenggara Halal Indonesia Expo yang akan datang dengan Agen Berita Mi'Raj News yang merupakan agensi berita Islam di Indonesia.

Industri halal kini semakin berkembang di banyak negara di dunia termasuk di negara-negara non muslim.

DPPIA Malaysia sendiri sudah memasarkan dan mempromosikan produk-produk halal unggulan dari para pengusaha Muslim di Malaysia maupun negara lainnya secara internasional memasuki pasar Eropa, Kanada, hingga Korea.

Sementara itu DPPIA sendiri belum menghadirkan produk-produknya di Indonesia. “Indonesia memiliki potensi yang besar untuk Industri halal. Kami ingin meramaikan industri halal Indonesia dengan produk-produk unggulan kami.” ujar Zuraini, Presiden DPPIA.§11Q

Lebih lanjut, DPPIA ingin mempersiapkan Program Misi Khusus Bisnis Matching B2B antara pengusaha UMKM Malaysia dengan para pembeli dari Indonesia yang direncanakan digelar pada Juli mendatang. 

 

“Kesepakatn ini penting bagi langkah kami masuk ke pasar Indonesia. Kami harap kerja sama ini dapat mewujudkan manfaat bersama dari kegiatan yang akan direncanakan dan diimplementasikan di masa depan,” kata Zuraini.

 

Penandatanganan nota kesepahaman berlangsung di kantor MATRADE Jakarta, dan disaksikan langsung oleh Trade Commisioner Kedutaan Besar Kerajaan Malaysia untuk Indonesia di Jakarta, Harman.

 

“Kami memfasilitasi terbentuknya kerja sama antar Malaysia dan Indonesia. Dengan adanya MoU antar kedua pihak ini  diharapkan dapat memberi manfaat bagi semua pihak.” ujar Harman.

 

Pihak DPPIA, Mi Raj News dan PT. Wahyu Promo Citra menyambut baik kerja sama ini. “Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah berperan mewujudkan kerja sama ini,”  kata Zuber, Deputi Presiden DPPIA

 

Malaysia External Trade Development Corporation (MATRADE) adalah sebuah agensi promosi perdagangan Malaysia yang berperan memfasilitasi perusahaan-perusahaan Malaysia untuk mengakses pasar global.

 

Program kerja MATRADE antara lain mengorganisir riset pasar, konsultasi perdagangan, dan promosi ekspor. MATRADE terlibat secara aktif mendampingin perusahaan asing yang ingin berbisnis di Malaysia. MATRADE memiliki perwakilan di kota-kota besar diseluruh dunia salah satunya Jakarta yang bertempat di Plaza Mutiara, Mega Kuningan.

Komentar Berita

Industri Hari Ini

Property Guru Awards 2024 kembali digelar

Sabtu, 20 April 2024 - 09:16 WIB

PropertyGuru Indonesia Property Awards 2024 Memperkenalkan Kategori Baru

PropertyGuru Indonesia Property Awards adalah bagian dari rangkaian PropertyGuru Asia Property Awards regional, yang memasuki tahun ke-19 pada tahun 2024.

Girl grup Arize rilis single keempat, Say Yes.

Sabtu, 20 April 2024 - 08:10 WIB

Formasi Baru, Girl Grup Arize Percaya Diri Rilis Single Say Yes

Dalam single Say Yes, girl grup Arize tampil dalam formasi baru. Berempat dengan beberapa diantaranya wajah baru yang memiliki kemampuan saling melengkapi.

Sabtu, 20 April 2024 - 07:24 WIB

Leet Media Luncurkan “Pertamina Renjana Cita Srikandi” yang disupport oleh Pertamina, Siap Dukung Pemberdayaan Perempuan

Dalam rangka mendorong pemberdayaan perempuan Indonesia, Leet Media dengan bangga mempersembahkan Pertamina Renjana Cita Srikandi, yang akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024 di Senayan…

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Sabtu, 20 April 2024 - 06:12 WIB

Omega Hotel Management Segera Meluncurkan Restoran Indonesia "Ramela - Cultural Taste of Indonesia"

Omega Hotel Management dengan bangga akan segera meluncurkan restoran terbaru mereka yang menampilkan kekayaan kuliner Indonesia, "Ramela - Cultural Taste of Indonesia". Restoran ini akan menjadi…

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Sabtu, 20 April 2024 - 05:12 WIB

Aslog Dankormar Tandatangani Naskah Memorandum

Menjelang acara Serah Terima Jabatan (Sertijab) Asisten Logistik Komandan Korps Marinir (Aslog Dankormar) dilaksanakan memorandum Serah Terima Jabatan dari pejabat lama Kolonel Marinir Tri Subandiyana,…